May 30, 2020

Cuaca Panasnya Gila-gilaan

Gilaaaa panassss sekali cuacanya. Serasa masuk oven!. Dalam rumah dari 27 derajat C sudah bercucuran keringat. Diluar makin panas, maka dalam rumah ikutan lebih panas, sampai 30 derajat C. Mirip sekali seperti panasnya di Indonesia nih 🙁 . Hingga saat ini panas diluar rumah paling tinggi 38 derajat C.

Masah jam 7 pagi saja sudah terasa panasnya loh. Balkon depan yang biasanya berhembus udara dingin, sekarang udaranya panas. Angin pelit sekali, jarang bertiup.

Beberapa hal saat musim panas begini:

cepat emosi, hal sepele kadang cepat membuat ingin marah.

menyetrika pagi sekali, kadang jam 6 atau 6.30 pagi saat Ben masih tidur nyenyak, kalau si bocah bangun digangguin. Belakangan malah baju-baju Ben begitu kering, saya lipat dan langsung simpan. Malas nyetrika panas nih Ben! haha. Jadi yang disetrika baju kerja bapaknya Ben saja.

sementara malas berkebun, paling pas sudah gelap jam 22.30 atau jam 23 siram tanaman. Sering pagi-pagi sekali juga siram tanamannya. Kalau siram tanaman saat panas terik percuma, tanamannya sudah tidak bisa menyerap air dengan baik.

pertama kali naik bus supirnya yang wanita ini, bikin emosi jiwa. Saya tidak bisa menurunkan kereta dorong Benjamin, karena busnya tidak dibuat posisi menurun seperti biasa. Kalaupun posisi normal sebenarnya saya bisa menurunkannya. Entah saat itu jalanannya miring, atau si ibu supir membuat roda busnya miring ke kiri, jadi saya beneran kagok mau turun.

Kereta turun separuh saya naikkan lagi. Bu supir teriak dari tempat duduknya, nanya butuh bantuan atau tidak. Saya teriak (halus) ke bu supir minta diturunin pintunya. Bijaknya tuh kalau sudah tahu pintu bermasalah harusnya dia langsung singap bantu dong. Akhirnya ada wanita muda diluar yang sigap langsung naik ke bus dan bantu saya turunin kereta dorongnya. Sangking kesalnya sambil ngomel dengan bu supir, hampir lupa bilang terima kasih ke wanita muda tadi 😳 .

sebelum tidur malam mandi dulu. Habis mandi langsung tidur, mumpung badan masih adem. Kalau banyak gerak membuat panas badan lagi.

Masah ya di pusat elektronik, supermarket segede itu kipas angin habis!. Berarti tahun lalu panasnya tidak segila saat ini. Jadilah kami beli dyson hot and cool fan aja. Bapaknya Ben bayar cash, coba kredit aja seperti beli freezer waktu itu, kan ringan tiap bulan 50-90 euro aja hehe .

5 juli malam bunyi petir dan ternyata hujannya amit-amit cuma 10 detik kali. Tanah belum sempat basah, padahal saya sudah taruh semua pot tanaman ditempat bisa kena hujan *ketipu nih ya :mrgreen: .

saya jadi kangen berat main di mall-mall di Jakarta. Tidak belanja cuma buat ngadem ke mall karena AC nya kencang haha 😎 .

Benjamin bagaimana?

kalau si Ben rewel, saya ngomel “musim panas begini, jangan rewel Ben!. Emosi jiwa nih mama” begitu saya belakangan ngomel ke Ben. “Ntar pas winter aja rewelnya ya nak!” *nawar nih emaknya.

kasihan si Ben mandi keringat melulu. Rambutnya berulang kali saya lap karena basah keringat.

pakaian jadi pakai lengan pendek dan celana pendek, kadang pakai atasan saja dan sudah beberapa hari ini pakai diaper/celana dalam aja pas dirumah. Bapak dan anak modelnya sama gitu loh. Makanya ya musim panas saya tidak terima kunjungan, karena ntar dibilang porno haha.

sering saya kasih minum air putih. Botol minumnya taruh kulkas dulu, jadi airnya dingin. Walaupun Ben tidak minta minum tetap saya kasih.

Cuaca Panasnya Gila-gilaan. Gaya Benjamin saat musim Panas. Walaupun cuaca panasnya gila, Bos kicik tetap tiada lelah dan tiada henti beraktifitas. Semangatnya luar biasa
Gaya Benjamin saat musim Panas. Walaupun cuaca panasnya gila, Bos kicik tetap tiada lelah dan tiada henti beraktifitas. Semangatnya luar biasa

 

tiap sore hari saya kasih minum air jeruk 150 ml. Jeruk asli dong, peras sendiri. Jadi pengen beli alat peras elektrik supaya cepat perasnya.

biar kata cuaca panas lagi gila begini, Ben tidak bisa diam. Bergerak melulu, jalan kesana kemari, main ke semua ruang yang dia suka. Sudah dibilang “.. duduk Ben, istirahat, nonton tv kek, mainnya duduk, tiduran kek!”. Anaknya tidak mau dengar tetap hilir mudik kesana kemari. Padahal kalau banyak gerak semakin berkeringat!.

tiap hari mandi. Setelah mandi, berendam 30 menit main air. Senang sekali Ben kalau acara mandi begitu, ngoceh tiada henti sangking senangnya. Seringkali pintu ruang mandi sengaja dia tutup. Sudah ngerti pakai shower, cuma belum pas ditaruh diatas kepalanya haha. Bapaknya yang selalu memandikan, setelah pulang kerja. Karena panasnya gila banget, kalau sabtu minggu bapaknya Ben dirumah, jadi mandi dua kali. Siang sebelum tidur, lalu malam sebelum tidur. Mandi air dingin supaya segar.

jalan-jalan yang biasa siang hari, seringkali saya ubah jadi ngider-ngider pagi hari. Kalau tidak keluar rumah, si Ben rewel, jadi setiap hari harus ada jadwal lihat jalanan.

sangking nyamannya bus karena ac nya kencang, Ben seringkali tertidur pas kami dalam perjalanan pulang.

 

Apakah ditempatmu lagi gila juga panasnya?. Kalau lagi panas banget, hal apa yang biasanya paling enak kamu lakukan?.

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

94 thoughts on “Cuaca Panasnya Gila-gilaan

  1. Tinggal di Erdgeschoss dan Altbau Kak Nella, jadi…yang ada adalah musim dingin atau musim dingin sekali :D. Baru keluar rumah (setelah lewat pintu utama) terasa kalau musim panas.hehe. Sama yg terpanas pun pernah 38 tp suhu rumah paling tinggi cuma 20. Rumah kami ber-“AC” :D.
    Senangnya si Ben bisa mainan air lama-lama.

  2. serius sepanas itu mba? aku tipe yg ga kuat panas jg sih..makanya kalo ke eropa dulu ato k negara2 4 musim, aku pilih pas winter… jd ga prnh ngerasain summer di tempat2 bgitu gmn..katanya emg jauh lbh panas dr indonesia ya… :D..

  3. Di Jogja cuacanya agak labil mbak, Pagi dingin banget, siang panas banget –– ya ampun. Kalau panas emang bener-bener bikin nggak nyaman, bawaannya emosi gitu ya mbak ..
    Tapi itu si ben masih unyu-unyu aja sih, bikin adem mbak 😀

      1. Loh? ._. masa kalau dingin malah bagus mbak? bukannya kalau panas ya? kan tanaman butuh air kalau kepanasan *eh, iya nggak sih? wkwkw
        Aku kurang suka berkebun eh mbak ._. hihi

        wahaaa, tapi kalau rewel, beda lagi ya mbak :p wkwkw

  4. Di pontianak juga panas bangett mbak sekarang. Pernah 40 derajat. Tapi stabil di 33-34. Mana ditambah kabut asap pula. Jadi si K gak bisa keluar rumah. Kasian nanti sesak ?

  5. Di Palembang panas juga mbak. Kalo lagi panas enaknya cari minuman dingin. Es dogan (kelapa muda) tuh paling asyik. 😀

    1. Iya enakk banget panas2 minum es kelapa gitu 😀 . Aku pas ada simpan 1 kaleng air kelapa plus cincangan kelapanya, enakk banget, sayang cuma sedikit. Trus ada juga 1 L air kelapa, sdh habis juga. Klo beli mahal disini pdhl di tanah air murah banget yaa apalagi klo ke pasar tradisonal beli kelapa tuh airnya dibuang.

  6. Emang y kalo udah panas bisa bikin uring2an sendiri? klo Bali akir2 ini ga jelas, langit mendung trs tapi ada aja ttp sinar matahari, jadi ga panas2 bgt?

      1. Iya kak, jugaan kalo malem dingin, sebulan ini kayanya klo malem smpe subuh udah 24°C, jadi tumben tidur pake slimut belakangan?

  7. Kalau di sisi (Medan, Indonesia) panasnya kebangetan mbak. Tapi kalau sekarang udah mulai menurun sih 😀 hehe

    ( link newbietora.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 15.09.2016 )

  8. Kami “mejeng” di Schwimmbad akhir pekan lalu, “numpang” berendam karena kolam renangnya penuh. Sesekali jalan ke basement, soalnya adem ketimbang tingkat atas 🙁

  9. Kalo lagi panas paling enak ngadem di AC, dah itu aja cukup hehehe.. Ben minta berenang aja di kolam renang mini Ben :p

  10. Cuacanya ekstrim ya nel iya kawan ku yang disana kapan hari sampai 38 eh tiba tiba turun 29 trus kemarin 35 dan hari ini 23 wow naik turun gitu ya.
    di yogya aja 32 udah kaya diubun ubun apa lagi sampai 39.
    mantap sampai kering.

  11. Hari ini panas banget mbak. Drtd gak henti keringetan. Gak tahu nih napa hari ini panasnya gak ketulungan. Mama yang rewel. Itu pohon sirem lagi gak ya. Sirem gak ya. Hehehe.

    Ben rewelnya di Winter aja ya. Kasihan mamanya.

    1. Hai Ryan siram tanamannya pagi-pagi sekali saat masih sejuk. Kalau siang gak perlu siram tanaman, percuma tanamannya gak bisa menyerap air lagi dengan baik saat panas terik. Kadang aku juga kuatir loh lihat termometer luar ko naik melulu sampai diangka 35 derajat, kuatir tanamanku mati, tapi aku juga males keluar, panas bo haha.

  12. Hahaha asli aku ngakak bagian ngomel ke Ben. Rewel berdasarkan musim aja Ben, jadi sekarang pending dulu biar Mama ga tambah cranky hahaha.
    Di Den Haag panas sih Nel, tapi semingguan ini panasnya masih ada angin sepoi2 gitu. Paling ga tahan pas hari apa gitu sampai 38 mana musti sepedahan belanja, buka puasa masih 6 jam lagi, rasanya pengen minum es degan sabaskom saking panas minta ampun haha. Sekarang malah hujan nih dari tadipagi

    1. Hahaha iya Den, aku ngarepnya si Ben rewel ada musimnya aja, soalnya emosi jiwa sudah panas dengar anak rewel kombinasi tidak tepat 😀 . Pengen banget angin sepoi2 gitu, paling gak mengurangi rasa panas kan. Aku salut sekali dg yang berpuasa, puasanya lebih lama kan ya di eropa sini.

  13. Anak2 mah gak peduli panas y mba 🙂 Tetep aj ngider2
    Kalo cakrawala kmrn sampai biang keringat, tapi tetep aj kalo mandi dia gak kuat air dingin

    1. Iyaaa mbak Wulan, anak sih tetap asyik main, cuma ya itu krn terlalu banyak gerak ada saatnya jd rewel krn kepanasan. Adikku waktu kecil dulu klo biang keringat sama dokter dikasih bedak dingin cair, ampuh deh menghilangkan keringat. Klo gak kuat dingin pakai air hangat, beda2 sih daya tahan tubuh anak 🙂 .

      1. Bedak dingin cair ya mba, aku belum pernah pakai.
        Selama ini treatment nya lap air dan sering ganti baju.
        Kapan2 nyoba ah…
        Aku kalo panas2, anak2 kugiring kekamar mba, nyalain AC terserah dah mereka mau ngapain 🙂 tapi kadang bosan juga mereka

  14. “# cepat emosi, hal sepele kadang cepat membuat ingin marah.”
    HAHAHAHAHA Aku ngakak soalnya Edi juga baru bilang gituuuu, minggu lalu pulang gereja panaas banget di parkiran pas mau masuk, anak-anak agak bertingkah lama masuknya dan Edi masangin seatbelt Gama di carseatnya jadi lama kan kena panas di luar, dia bilang ke aku “Grr….panas kali ini, gak sabaran jadinya aku” ahahahahaha Bandung panas banget juga, Nel, salut sama yang puasa nih.
    Beeeeen hahahaha gapapa ya latihan kalo ke Indonesia yaaa, puanasnya mirip mirip Ben hahaha

    1. Hahaha apa orang batak emang cepat emosi jiwa kali ya Ndang 😀 .
      Iya aku juga salut abnget sama yg berpuasa, mana di luar indo lebih panjang jam puasanya.
      Opungnya juga ngomong gitu, latihan si Ben sebelum ke Indo hehe.

  15. Keep cool,Mama Ben 🙂 Tapi memang cuaca panas itu cepet bikin sensi karena rasanya gak nyaman. Kalo dingin kan pake selimut bisa beres, nah kalo panas mo buka baju juga tetep aja panas haha
    The good thing is Ben bukan tipe yg rewelan ya, good babby!

  16. Jakarta juga panas banget, badan ku ampe gatel2 nahan biang keringet dan ini ngak perna terjadi sebelum nya
    Btw ben lucu bangettttt makin gemesin

      1. Oh jadi jangan sabunan yaaa, gw malah kebalik. Saking ngak tahan gatel maka gw sabunin.
        Ok makasih makasih
        Jadi nich emaknya ben, dapat salam dari mall2 di jakarta, kapan mau berkunjung hahahha

  17. kan baru awal juli tuh kak. tapi panasnya udh pol gitu, itu normal gak kak?

    klo di padang juga lagi panas2nya kak. udah lama gak hujan kak 😀 . ada kali dr sebelum masuk bulan puasa hujannya belom turun-turun. ngider kemana ya awannya 😀

    1. Normal ko, memang sudah musim panas. Untungnya september nanti sdh mulai sejuk lagi 😀 .
      Ya ampunn lama banget dong ya ga hujan, barusan nih ditempatku hujan, semoga bak penampung air hujan penuh, jd ada air buat nyiram tanaman :mrgreen: .

      1. ooh 😀

        iya ni kak udh lama gak hujan. tapi untungnya hari ini berawan semoga bakalan turun hujan 😀
        lama gak kak hujannya? gak 10 detik kek yg kemaren kan 😀

  18. Wow.. ampe 38 derajat mah panas banget atuh mama ben…
    wah si cakep (Ben) saking panasnya bawa – bawa gallon air… #gemes

  19. Kalo di Indonesia sini sih standar ya Mbak Nel. Ngebayangin panasnya aja ikutan gerah dari cerita Mbak Nella nih. Hebat Ben tetep aktif, pasti mamahnya kasih asupan cairnya lengkap sampe diperesin jeruk. Hihihi

  20. Kok jadi gantian ya kak di Bali dingin lhoo.. Apalagi kalo malem. Tidurnya udah lebay deh pake jaket + kaos kaki 😆 Siang juga terik sih tp udaranya ga panas gt, adem lah.
    Trus udah beli fan-nya harusnya ademan dikit lah ya kak hehehe.

      1. Kami lagi gembor2nya menanam Mangrove kak Nella kebetulan lokasinya cocok banget, di Tjg Benoa sana di samping kiri-kanan tol.. Konon katanya tanaman Mangrove ini yang bikin adem malem2.

  21. untungnya disini lagi enak nih cuacanya…
    gile bener ya nel sampe 38derajat. apa emang tipikal gitu kalo summer atau taun ini emang lebih panas dari biasanya?

    btw ketauan deh biasanya gak mandi tiap hari ya? hahaha

  22. di Roma apalagi mbak puanaaaasnya sampe minta ampun kurang lebih 34-38 juga, apalagi puasa gini baru keluar bentar aja langsung sakit kepala manja,hehe. kalo di rmh biasanya jendela gak saya buka biar mataharinya gak masuk ke rmh, pas malam hari baru jendela di buka lebar2 lumayan agak adem, apalagi apartemen saya ada di posisi paling atas,alamat dah mateng di dalam,hehe. Ternyata babe Ben sama juga dgn suami saya mbak, krn panas ya di rmh pakenya gitu juga :-D. abis mandi keringatan lagi badan lengket “sigh”

    1. Iya Dhy, masih pagi jendela sudah kututup dan roolong doornya turun semua, jd dalam rumah lebih gelap. Tahun lalu begitu juga kubikin gak sepanas skrg ini. Hahaha rumahku juga diatas nih. Untungnya ada sedikit ruang ke gentengnya, klo gak kebakar kali ya. Iya badan lengket keringatn, jd bbrp kali basahi badan.

  23. weleeeh panas juga bu….,?
    di Jakarta sedang panas juga… masjid aja yg flaponnya tinggi amat… ngga luput dari panas..
    saking panas semua kipas dinyalakan… untung ngga terbang tuh masjid kaya helikopter…
    ya bu.. yg penting hati ngga ikut panas… ribet urusannya nanti…

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: