Perjuangan Membuat Ketoprak

Perjuangan Membuat Ketoprak. Berbahagialah kamu yang bisa membeli jajanan di abang-abang lewat atau pergi ke pangkalannya. Saya mau cerita perjuangan membuat ketoprak. Sampai seminggu loh menggumpulkan bahan-bahannya hingga lengkap.

Bahan utama yang dibutuhkan membuat ketoprak seperti tahu, tauge dan bihun. Sambal kacang butuh kacang yang ternyata tidak mudah cari kacang tanah disini, mau pakai selai kacang sama tidak ya rasanya? Apakah kamu pernah mencoba membuat sambal kacang dari selai kacang? 😕 .

Hari pertama saya keliling 2 supermarket mencari tahu, tidak ketemu. Pas lagi main ke kota lain, pergi ke supermarketnya “tahu” tidak ketemu juga. Saya temukan tauge dan bihun, beli dulu aja.

Toge = Mungobohnen. Harga 0,99 Euro (Rp.12.800) kalau tidak salah 100 gram.
Bihun = Laksa glasnudeln 1,49 euro (Rp.19.370) 100 gram.

Ternyata bihun di Asian Markt lebih murah berat 250 gram harganya 1,39 Euro. Lain kali beli di toko asia saja.

Kemudian saya ingat ada toko asia dekat rumah, tepatnya sih toko India. Ada toko asia lain (Asia laden) cuma tidak jelas nih toko, selalu tutup, kalau mau beli sesuatu harus ngebel dulu, itu juga tidak langsung dibukain, males deh kesitu.

Baca juga: Aneka Masakan Sayuran Sehari-hari

Di toko India saya membeli:

Kacang tanah berat 375 gram harga 2,49 euro (Rp.32.000)
Bihun
Kerupuk Thailand
Ketimun
Bawang Merah asal Srilangka. Bawang merah di Jerman bentuknya lonjong, namanya Schalotte, kalau dibuat bawang goreng tidak bisa kering, jadi saya beli yang bulat di toko asia.
Cabe hijau
Cabe kering, disini lebih murah loh.

Kerupuknya setelah saya coba goreng, tidak enak, tawar, kapok beli.
Cabe hijau asal srilangka pedesnya amit-amit, saya pikir mirip cabe hijau Indonesia yang tidak pedas.

Perjuangan Membuat Ketoprak. Belanja Pritilan begini aja 8 Euro, dirupiahkan 104rb, mending beli ketopraknya di abang-abang

Belanja Pritilan begini aja 8 Euro, dirupiahkan 104rb, mending beli ketopraknya di abang-abang

Belanja pritilan seperti di foto diatas saja habis 8,05 Euro (Rp.104.000), kalau beli jadi ketopraknya bisa berapa piring tuh? :mrgreen: .

Tetap belum ketemu “tahu”. Jadi saya bikin gado-gado ketoprak ala saya.

Bahan gado-gado ketoprak ala saya:
Bihun
Sayuran terserah kamu (saya pakai wortel, buncis dan toge) direbus setengah matang.
Ketimun

Bumbus halus (sambal kacang):
100 gram kacang tanah
2 siung bawang putih
1 siung bawang merah,
Cabe merah
Cabe rawit
Kemiri
*tidak harus: Andaliman (Merica Batak).

Semuanya saya ongseng dulu dengan api kecil, supaya harumnya keluar. Mama saya sering bikin sambel begitu, jadi saya ngikut.

Kira-kira ongseng 15-30 menit, kemudian semua bahan saya blender sampai halus, berikan sedikit garam dan sedikit air. Diulek dilumpang sebenarnya lebih bagus, hanya saya pilih yang praktis dan cepat hehe.

Sambelnya pedes sekali sampai perut panas selesai bersantap 😯 .

Perpaduan Ketoprak dan Gado-gado ala saya

Perpaduan Ketoprak dan Gado-gado ala saya

Selang beberapa hari, ketika berbelanja ke supermarket nemu “Tahu” horeee :lol:. Siap-siap bikin ketoprak dong. Tahu = Bio Tofu 300 gram harga 1,49 Euro (Rp.19.000).

Resep Ketoprak:
Bahan:
1 buah tahu putih
Toge
100 gram bihun

Pelengkap sebenarnya pakai kerupuk, cuma kerupuk yang beli di toko Indonesia sudah habis saya lahap. Mau beli lagi mahal ongkos kirimnya.

Cara membuat ketoprak:
• Tahu di potong dadu, goreng hingga kecoklatan.
• Toge cuci bersih dan rebus setengah matang.
• Seduh bihun dengan air panas dan tiriskan.
• Berhubung saya masih punya wortel sekalian saya masukkan.
• Siapkan piring saji, taruh tahu, toge, bihun lalu siram dengan bumbu kacang (resep lihat atas) berikan kecap manis jika suka.
• Jika ada bawang goreng bisa ditaburkan dan juga kerupuk jika ada.
• Selamat menikmati 🙂 .

Menurut saya “Tahu” nya tidak seenak yang di Indonesia, yang saya beli disini sangat padat dan buyar kalau digigit 😕 , sedangkan tahu Indonesia kenyal.

Bihun dan kacang tanahnya produksi Cina. Pas makan kalau ingat asal produknya, serasa nyangkut makanannya dileher hehe, ragu gitu aman tidak ya bihun dan kacang tanahnya 😳 . Kacang tanahnya sih perusahaan importirnya perusahaan Belanda, cuma ya produksi Cina.

Sudah puas makan ketoprak, sekarang tidak mau ngiler dulu ah kalau melihat foto-foto makanan Indonesia, selain repot cari bahannya, harga bahan-bahannya mahal.

Itulah perjuangan saya membuat ketoprak, apakah kamu pernah mengalami hal yang? Membuat menu apa? 😀 .

162 Comments

  1. Risma ArmiaAgustus 28, 2013
  2. pursuingmydreamsAgustus 26, 2013
  3. EmiliaAgustus 26, 2013
  4. pursuingmydreamsAgustus 24, 2013
  5. dedAgustus 24, 2013
  6. dedAgustus 24, 2013
  7. pursuingmydreamsAgustus 24, 2013
  8. NisaAgustus 24, 2013
  9. pursuingmydreamsAgustus 24, 2013
  10. dedAgustus 24, 2013
  11. pursuingmydreamsAgustus 23, 2013
  12. dedy oktavianus pardedeAgustus 23, 2013
  13. pursuingmydreamsAgustus 22, 2013
  14. pursuingmydreamsAgustus 22, 2013
  15. nyapurnamaAgustus 22, 2013
  16. Zizy DamanikAgustus 21, 2013
  17. arianimartiniAgustus 21, 2013
  18. PypyAgustus 21, 2013
  19. ardikaAgustus 21, 2013
  20. pursuingmydreamsAgustus 20, 2013
  21. pursuingmydreamsAgustus 20, 2013
  22. arianimartiniAgustus 20, 2013
  23. efratadennyAgustus 20, 2013
  24. pursuingmydreamsAgustus 20, 2013
  25. pursuingmydreamsAgustus 20, 2013
  26. ardikaAgustus 20, 2013
  27. Ika KoentjoroAgustus 20, 2013
  28. evy doloksAgustus 20, 2013
  29. pursuingmydreamsAgustus 19, 2013
  30. latansaideAgustus 19, 2013
  31. kaykaAgustus 19, 2013
  32. pursuingmydreamsAgustus 19, 2013
  33. Max ManroeAgustus 19, 2013
  34. pursuingmydreamsAgustus 19, 2013
  35. pursuingmydreamsAgustus 19, 2013
  36. pursuingmydreamsAgustus 19, 2013
  37. KSATRIO PINANDHITOAgustus 19, 2013
  38. quinqueAgustus 19, 2013
  39. dian_ryanAgustus 19, 2013
  40. IlhamAgustus 19, 2013
  41. pursuingmydreamsAgustus 19, 2013
  42. pursuingmydreamsAgustus 19, 2013
  43. PypyAgustus 19, 2013
  44. pursuingmydreamsAgustus 19, 2013
  45. melanieAgustus 19, 2013
  46. pursuingmydreamsAgustus 19, 2013
  47. pursuingmydreamsAgustus 19, 2013
  48. pursuingmydreamsAgustus 19, 2013
  49. Sharing InfoAgustus 19, 2013
  50. Risma ArmiaAgustus 18, 2013
  51. quinqueAgustus 18, 2013
  52. pursuingmydreamsAgustus 18, 2013
  53. pursuingmydreamsAgustus 18, 2013
  54. hasannoteAgustus 18, 2013
  55. Esti SulistyawanAgustus 18, 2013
  56. SenandungLintangAgustus 18, 2013
  57. Ailtje BinibuleAgustus 18, 2013
  58. pursuingmydreamsAgustus 18, 2013
  59. pursuingmydreamsAgustus 18, 2013
  60. pursuingmydreamsAgustus 18, 2013
  61. pursuingmydreamsAgustus 18, 2013
  62. pursuingmydreamsAgustus 18, 2013
  63. pursuingmydreamsAgustus 18, 2013
  64. pursuingmydreamsAgustus 18, 2013
  65. pursuingmydreamsAgustus 18, 2013
  66. pursuingmydreamsAgustus 18, 2013
  67. pursuingmydreamsAgustus 18, 2013
  68. pursuingmydreamsAgustus 18, 2013
  69. bebe'Agustus 18, 2013
  70. SenandungLintangAgustus 18, 2013
  71. yusrizalAgustus 18, 2013
  72. ditterAgustus 18, 2013
  73. lovelyristinAgustus 18, 2013
  74. Ailtje BinibuleAgustus 17, 2013
  75. bundamunaAgustus 17, 2013
  76. nyonyasepatuAgustus 17, 2013
  77. Erit07Agustus 17, 2013
  78. MessaAgustus 17, 2013
  79. novsabatiniAgustus 17, 2013
  80. kebomandiAgustus 17, 2013
  81. ArmanAgustus 17, 2013
  82. hasannoteAgustus 16, 2013
  83. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  84. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  85. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  86. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  87. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  88. sondangrpAgustus 16, 2013
  89. windapontohAgustus 16, 2013
  90. helenariestyAgustus 16, 2013
  91. emmachan24Agustus 16, 2013
  92. kebomandiAgustus 16, 2013
  93. yanaAgustus 16, 2013
  94. liamartaAgustus 16, 2013
  95. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  96. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  97. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  98. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  99. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  100. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  101. yanaAgustus 16, 2013
  102. oppie83Agustus 16, 2013
  103. cumilebay.comAgustus 16, 2013
  104. emmachan24Agustus 16, 2013
  105. zainalAgustus 16, 2013
  106. novsabatiniAgustus 16, 2013
  107. novsabatiniAgustus 16, 2013
  108. Ria angelinaAgustus 16, 2013
  109. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  110. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  111. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  112. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  113. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  114. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  115. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  116. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  117. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  118. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  119. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  120. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  121. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  122. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  123. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  124. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  125. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  126. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  127. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  128. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  129. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  130. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  131. novsabatiniAgustus 16, 2013
  132. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  133. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  134. oppie83Agustus 16, 2013
  135. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  136. pursuingmydreamsAgustus 16, 2013
  137. MessaAgustus 16, 2013
  138. nandito silaenAgustus 16, 2013
  139. n1ngtyasAgustus 16, 2013
  140. KSATRIO PINANDHITOAgustus 16, 2013
  141. mamayaraAgustus 16, 2013
  142. yeklinAgustus 16, 2013
  143. rintaditaAgustus 16, 2013
  144. Ika KoentjoroAgustus 16, 2013
  145. nh18Agustus 16, 2013
  146. evy doloksAgustus 16, 2013
  147. chris13jktAgustus 16, 2013
  148. Melissa OctovianiAgustus 16, 2013
  149. danirachmatAgustus 16, 2013
  150. elamAgustus 16, 2013
  151. Ria angelinaAgustus 16, 2013
  152. kebomandiAgustus 16, 2013
  153. yanaAgustus 16, 2013
  154. officialchitrasAgustus 16, 2013
  155. chandraAgustus 16, 2013
  156. pleisbilongtumiAgustus 16, 2013
  157. yanaAgustus 16, 2013
  158. helenariestyAgustus 16, 2013
  159. mondaAgustus 16, 2013
  160. oppie83Agustus 16, 2013
  161. rusydi hikmawanAgustus 16, 2013
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: