Perjuangan Membuat Ketoprak

Perjuangan Membuat Ketoprak. Berbahagialah kamu yang bisa membeli jajanan di abang-abang lewat atau pergi ke pangkalannya. Saya mau cerita perjuangan membuat ketoprak. Sampai seminggu loh menggumpulkan bahan-bahannya hingga lengkap.

Bahan utama yang dibutuhkan membuat ketoprak seperti tahu, tauge dan bihun. Sambal kacang butuh kacang yang ternyata tidak mudah cari kacang tanah disini, mau pakai selai kacang sama tidak ya rasanya? Apakah kamu pernah mencoba membuat sambal kacang dari selai kacang? πŸ˜• .

Hari pertama saya keliling 2 supermarket mencari tahu, tidak ketemu. Pas lagi main ke kota lain, pergi ke supermarketnya β€œtahu” tidak ketemu juga. Saya temukan tauge dan bihun, beli dulu aja.

Toge = Mungobohnen. Harga 0,99 Euro (Rp.12.800) kalau tidak salah 100 gram.
Bihun = Laksa glasnudeln 1,49 euro (Rp.19.370) 100 gram.

Ternyata bihun di Asian Markt lebih murah berat 250 gram harganya 1,39 Euro. Lain kali beli di toko asia saja.

Kemudian saya ingat ada toko asia dekat rumah, tepatnya sih toko India. Ada toko asia lain (Asia laden) cuma tidak jelas nih toko, selalu tutup, kalau mau beli sesuatu harus ngebel dulu, itu juga tidak langsung dibukain, males deh kesitu.

Baca juga: Aneka Masakan Sayuran Sehari-hari

Di toko India saya membeli:

Kacang tanah berat 375 gram harga 2,49 euro (Rp.32.000)
Bihun
Kerupuk Thailand
Ketimun
Bawang Merah asal Srilangka. Bawang merah di Jerman bentuknya lonjong, namanya Schalotte, kalau dibuat bawang goreng tidak bisa kering, jadi saya beli yang bulat di toko asia.
Cabe hijau
Cabe kering, disini lebih murah loh.

Kerupuknya setelah saya coba goreng, tidak enak, tawar, kapok beli.
Cabe hijau asal srilangka pedesnya amit-amit, saya pikir mirip cabe hijau Indonesia yang tidak pedas.

Perjuangan Membuat Ketoprak. Belanja Pritilan begini aja 8 Euro, dirupiahkan 104rb, mending beli ketopraknya di abang-abang

Belanja Pritilan begini aja 8 Euro, dirupiahkan 104rb, mending beli ketopraknya di abang-abang

Belanja pritilan seperti di foto diatas saja habis 8,05 Euro (Rp.104.000), kalau beli jadi ketopraknya bisa berapa piring tuh? :mrgreen: .

Tetap belum ketemu β€œtahu”. Jadi saya bikin gado-gado ketoprak ala saya.

Bahan gado-gado ketoprak ala saya:
Bihun
Sayuran terserah kamu (saya pakai wortel, buncis dan toge) direbus setengah matang.
Ketimun

Bumbus halus (sambal kacang):
100 gram kacang tanah
2 siung bawang putih
1 siung bawang merah,
Cabe merah
Cabe rawit
Kemiri
*tidak harus: Andaliman (Merica Batak).

Semuanya saya ongseng dulu dengan api kecil, supaya harumnya keluar. Mama saya sering bikin sambel begitu, jadi saya ngikut.

Kira-kira ongseng 15-30 menit, kemudian semua bahan saya blender sampai halus, berikan sedikit garam dan sedikit air. Diulek dilumpang sebenarnya lebih bagus, hanya saya pilih yang praktis dan cepat hehe.

Sambelnya pedes sekali sampai perut panas selesai bersantap 😯 .

Perpaduan Ketoprak dan Gado-gado ala saya

Perpaduan Ketoprak dan Gado-gado ala saya

Selang beberapa hari, ketika berbelanja ke supermarket nemu β€œTahu” horeee :lol:. Siap-siap bikin ketoprak dong. Tahu = Bio Tofu 300 gram harga 1,49 Euro (Rp.19.000).

Resep Ketoprak:
Bahan:
1 buah tahu putih
Toge
100 gram bihun

Pelengkap sebenarnya pakai kerupuk, cuma kerupuk yang beli di toko Indonesia sudah habis saya lahap. Mau beli lagi mahal ongkos kirimnya.

Cara membuat ketoprak:
β€’ Tahu di potong dadu, goreng hingga kecoklatan.
β€’ Toge cuci bersih dan rebus setengah matang.
β€’ Seduh bihun dengan air panas dan tiriskan.
β€’ Berhubung saya masih punya wortel sekalian saya masukkan.
β€’ Siapkan piring saji, taruh tahu, toge, bihun lalu siram dengan bumbu kacang (resep lihat atas) berikan kecap manis jika suka.
β€’ Jika ada bawang goreng bisa ditaburkan dan juga kerupuk jika ada.
β€’ Selamat menikmati πŸ™‚ .

Menurut saya “Tahu” nya tidak seenak yang di Indonesia, yang saya beli disini sangat padat dan buyar kalau digigit πŸ˜• , sedangkan tahu Indonesia kenyal.

Bihun dan kacang tanahnya produksi Cina. Pas makan kalau ingat asal produknya, serasa nyangkut makanannya dileher hehe, ragu gitu aman tidak ya bihun dan kacang tanahnya 😳 . Kacang tanahnya sih perusahaan importirnya perusahaan Belanda, cuma ya produksi Cina.

Sudah puas makan ketoprak, sekarang tidak mau ngiler dulu ah kalau melihat foto-foto makanan Indonesia, selain repot cari bahannya, harga bahan-bahannya mahal.

Itulah perjuangan saya membuat ketoprak, apakah kamu pernah mengalami hal yang? Membuat menu apa? πŸ˜€ .

162 Comments

  1. Risma Armia August 28, 2013
  2. pursuingmydreams August 26, 2013
  3. Emilia August 26, 2013
  4. pursuingmydreams August 24, 2013
  5. ded August 24, 2013
  6. ded August 24, 2013
  7. pursuingmydreams August 24, 2013
  8. Nisa August 24, 2013
  9. pursuingmydreams August 24, 2013
  10. ded August 24, 2013
  11. pursuingmydreams August 23, 2013
  12. dedy oktavianus pardede August 23, 2013
  13. pursuingmydreams August 22, 2013
  14. pursuingmydreams August 22, 2013
  15. nyapurnama August 22, 2013
  16. Zizy Damanik August 21, 2013
  17. arianimartini August 21, 2013
  18. Pypy August 21, 2013
  19. ardika August 21, 2013
  20. pursuingmydreams August 20, 2013
  21. pursuingmydreams August 20, 2013
  22. arianimartini August 20, 2013
  23. efratadenny August 20, 2013
  24. pursuingmydreams August 20, 2013
  25. pursuingmydreams August 20, 2013
  26. ardika August 20, 2013
  27. Ika Koentjoro August 20, 2013
  28. evy doloks August 20, 2013
  29. pursuingmydreams August 19, 2013
  30. latansaide August 19, 2013
  31. kayka August 19, 2013
  32. pursuingmydreams August 19, 2013
  33. Max Manroe August 19, 2013
  34. pursuingmydreams August 19, 2013
  35. pursuingmydreams August 19, 2013
  36. pursuingmydreams August 19, 2013
  37. KSATRIO PINANDHITO August 19, 2013
  38. quinque August 19, 2013
  39. dian_ryan August 19, 2013
  40. Ilham August 19, 2013
  41. pursuingmydreams August 19, 2013
  42. pursuingmydreams August 19, 2013
  43. Pypy August 19, 2013
  44. pursuingmydreams August 19, 2013
  45. melanie August 19, 2013
  46. pursuingmydreams August 19, 2013
  47. pursuingmydreams August 19, 2013
  48. pursuingmydreams August 19, 2013
  49. Sharing Info August 19, 2013
  50. Risma Armia August 18, 2013
  51. quinque August 18, 2013
  52. pursuingmydreams August 18, 2013
  53. pursuingmydreams August 18, 2013
  54. hasannote August 18, 2013
  55. Esti Sulistyawan August 18, 2013
  56. SenandungLintang August 18, 2013
  57. Ailtje Binibule August 18, 2013
  58. pursuingmydreams August 18, 2013
  59. pursuingmydreams August 18, 2013
  60. pursuingmydreams August 18, 2013
  61. pursuingmydreams August 18, 2013
  62. pursuingmydreams August 18, 2013
  63. pursuingmydreams August 18, 2013
  64. pursuingmydreams August 18, 2013
  65. pursuingmydreams August 18, 2013
  66. pursuingmydreams August 18, 2013
  67. pursuingmydreams August 18, 2013
  68. pursuingmydreams August 18, 2013
  69. bebe' August 18, 2013
  70. SenandungLintang August 18, 2013
  71. yusrizal August 18, 2013
  72. ditter August 18, 2013
  73. lovelyristin August 18, 2013
  74. Ailtje Binibule August 17, 2013
  75. bundamuna August 17, 2013
  76. nyonyasepatu August 17, 2013
  77. Erit07 August 17, 2013
  78. Messa August 17, 2013
  79. novsabatini August 17, 2013
  80. kebomandi August 17, 2013
  81. Arman August 17, 2013
  82. hasannote August 16, 2013
  83. pursuingmydreams August 16, 2013
  84. pursuingmydreams August 16, 2013
  85. pursuingmydreams August 16, 2013
  86. pursuingmydreams August 16, 2013
  87. pursuingmydreams August 16, 2013
  88. sondangrp August 16, 2013
  89. windapontoh August 16, 2013
  90. helenariesty August 16, 2013
  91. emmachan24 August 16, 2013
  92. kebomandi August 16, 2013
  93. yana August 16, 2013
  94. liamarta August 16, 2013
  95. pursuingmydreams August 16, 2013
  96. pursuingmydreams August 16, 2013
  97. pursuingmydreams August 16, 2013
  98. pursuingmydreams August 16, 2013
  99. pursuingmydreams August 16, 2013
  100. pursuingmydreams August 16, 2013
  101. yana August 16, 2013
  102. oppie83 August 16, 2013
  103. cumilebay.com August 16, 2013
  104. emmachan24 August 16, 2013
  105. zainal August 16, 2013
  106. novsabatini August 16, 2013
  107. novsabatini August 16, 2013
  108. Ria angelina August 16, 2013
  109. pursuingmydreams August 16, 2013
  110. pursuingmydreams August 16, 2013
  111. pursuingmydreams August 16, 2013
  112. pursuingmydreams August 16, 2013
  113. pursuingmydreams August 16, 2013
  114. pursuingmydreams August 16, 2013
  115. pursuingmydreams August 16, 2013
  116. pursuingmydreams August 16, 2013
  117. pursuingmydreams August 16, 2013
  118. pursuingmydreams August 16, 2013
  119. pursuingmydreams August 16, 2013
  120. pursuingmydreams August 16, 2013
  121. pursuingmydreams August 16, 2013
  122. pursuingmydreams August 16, 2013
  123. pursuingmydreams August 16, 2013
  124. pursuingmydreams August 16, 2013
  125. pursuingmydreams August 16, 2013
  126. pursuingmydreams August 16, 2013
  127. pursuingmydreams August 16, 2013
  128. pursuingmydreams August 16, 2013
  129. pursuingmydreams August 16, 2013
  130. pursuingmydreams August 16, 2013
  131. novsabatini August 16, 2013
  132. pursuingmydreams August 16, 2013
  133. pursuingmydreams August 16, 2013
  134. oppie83 August 16, 2013
  135. pursuingmydreams August 16, 2013
  136. pursuingmydreams August 16, 2013
  137. Messa August 16, 2013
  138. nandito silaen August 16, 2013
  139. n1ngtyas August 16, 2013
  140. KSATRIO PINANDHITO August 16, 2013
  141. mamayara August 16, 2013
  142. yeklin August 16, 2013
  143. rintadita August 16, 2013
  144. Ika Koentjoro August 16, 2013
  145. nh18 August 16, 2013
  146. evy doloks August 16, 2013
  147. chris13jkt August 16, 2013
  148. Melissa Octoviani August 16, 2013
  149. danirachmat August 16, 2013
  150. elam August 16, 2013
  151. Ria angelina August 16, 2013
  152. kebomandi August 16, 2013
  153. yana August 16, 2013
  154. officialchitras August 16, 2013
  155. chandra August 16, 2013
  156. pleisbilongtumi August 16, 2013
  157. yana August 16, 2013
  158. helenariesty August 16, 2013
  159. monda August 16, 2013
  160. oppie83 August 16, 2013
  161. rusydi hikmawan August 16, 2013
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: