Perjuangan Membuat Ketoprak

Perjuangan Membuat Ketoprak. Berbahagialah kamu yang bisa membeli jajanan di abang-abang lewat atau pergi ke pangkalannya. Saya mau cerita perjuangan membuat ketoprak. Sampai seminggu loh menggumpulkan bahan-bahannya hingga lengkap.

Bahan utama yang dibutuhkan membuat ketoprak seperti tahu, tauge dan bihun. Sambal kacang butuh kacang yang ternyata tidak mudah cari kacang tanah disini, mau pakai selai kacang sama tidak ya rasanya? Apakah kamu pernah mencoba membuat sambal kacang dari selai kacang? 😕 .

Hari pertama saya keliling 2 supermarket mencari tahu, tidak ketemu. Pas lagi main ke kota lain, pergi ke supermarketnya “tahu” tidak ketemu juga. Saya temukan tauge dan bihun, beli dulu aja.

Toge = Mungobohnen. Harga 0,99 Euro (Rp.12.800) kalau tidak salah 100 gram.
Bihun = Laksa glasnudeln 1,49 euro (Rp.19.370) 100 gram.

Ternyata bihun di Asian Markt lebih murah berat 250 gram harganya 1,39 Euro. Lain kali beli di toko asia saja.

Kemudian saya ingat ada toko asia dekat rumah, tepatnya sih toko India. Ada toko asia lain (Asia laden) cuma tidak jelas nih toko, selalu tutup, kalau mau beli sesuatu harus ngebel dulu, itu juga tidak langsung dibukain, males deh kesitu.

Baca juga:  Aneka Masakan Sayuran Sehari-hari

Kira-kira ongseng 15-30 menit, kemudian semua bahan saya blender sampai halus, berikan sedikit garam dan sedikit air. Diulek dilumpang sebenarnya lebih bagus, hanya saya pilih yang praktis dan cepat hehe.

Sambelnya pedes sekali sampai perut panas selesai bersantap 😯 .

Perpaduan Ketoprak dan Gado-gado ala saya

Perpaduan Ketoprak dan Gado-gado ala saya

Selang beberapa hari, ketika berbelanja ke supermarket nemu “Tahu” horeee :lol:. Siap-siap bikin ketoprak dong. Tahu = Bio Tofu 300 gram harga 1,49 Euro (Rp.19.000).

Resep Ketoprak:
Bahan:
1 buah tahu putih
Toge
100 gram bihun

Pelengkap sebenarnya pakai kerupuk, cuma kerupuk yang beli di toko Indonesia sudah habis saya lahap. Mau beli lagi mahal ongkos kirimnya.

Cara membuat ketoprak:
• Tahu di potong dadu, goreng hingga kecoklatan.
• Toge cuci bersih dan rebus setengah matang.
• Seduh bihun dengan air panas dan tiriskan.
• Berhubung saya masih punya wortel sekalian saya masukkan.
• Siapkan piring saji, taruh tahu, toge, bihun lalu siram dengan bumbu kacang (resep lihat atas) berikan kecap manis jika suka.
• Jika ada bawang goreng bisa ditaburkan dan juga kerupuk jika ada.
• Selamat menikmati 🙂 .

Menurut saya “Tahu” nya tidak seenak yang di Indonesia, yang saya beli disini sangat padat dan buyar kalau digigit 😕 , sedangkan tahu Indonesia kenyal.

Bihun dan kacang tanahnya produksi Cina. Pas makan kalau ingat asal produknya, serasa nyangkut makanannya dileher hehe, ragu gitu aman tidak ya bihun dan kacang tanahnya 😳 . Kacang tanahnya sih perusahaan importirnya perusahaan Belanda, cuma ya produksi Cina.

Sudah puas makan ketoprak, sekarang tidak mau ngiler dulu ah kalau melihat foto-foto makanan Indonesia, selain repot cari bahannya, harga bahan-bahannya mahal.

Itulah perjuangan saya membuat ketoprak, apakah kamu pernah mengalami hal yang? Membuat menu apa? 😀 .

162 Comments

  1. Emilia August 26, 2013
    • pursuingmydreams August 26, 2013
  2. ded August 24, 2013
  3. Nisa August 24, 2013
    • pursuingmydreams August 24, 2013
  4. ded August 24, 2013
    • pursuingmydreams August 24, 2013
      • ded August 24, 2013
        • pursuingmydreams August 24, 2013
  5. dedy oktavianus pardede August 23, 2013
    • pursuingmydreams August 23, 2013
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: