Ladang Bunga di Jerman

loading...

Ladang Bunga di Jerman. “Flowers always make people better, happier, and more helpful; they are sunshine, food and medicine for the soul.” – Luther Burbank-

Saya sangat suka quote diatas. Benar bunga-bunga dan tanaman membuat saya lebih bahagia. Berkebun membuat saya bisa mengisi hari-hari saya di Jerman. Walau terkadang frustasi ketika tanamannya tidak tumbuh seperti yang saya inginkan, atau banyak yang layu bahkan mati karena cuaca panas ekstrim, saya tetap senang berkebun 🙂 .

Saya ingin mengajak sahabat pecinta bunga, kembali melihat ladang bunga di Jerman. Disini kita bisa membeli bunga yang kita sukai, petik sendiri dan jangan lupa, harus jujur bayar ke tong tempat pembayaran. Di ladang bunga ini tidak ada penjaganya.

Dimusim panas ini, bunga-bunga yang tumbuh subur, contohnya: bunga matahari, bunga dahlia dan bunga gladiol. Walau panas ekstrim mendera, bunga-bunga tersebut mampu bertahan.

Bunga-bunga musim panas ya memang sukanya suasana panas, makin subur kalau panas, asal airnya juga diperhatikan pemberiannya. Penyiraman di ladang bunga sih mengandalkan hujan saja, karena ladangnya luas sekali, atau yang punya mungkin ada penampungan air hujan, kalau hujan tidak turun-turun ya disiram manual.

1. Bunga Matahari

Ladang Bunga di Jerman. Bagian Kebun Bunga Matahari. Tanamannya Jumbo euy

Bagian Kebun Bunga Matahari. Tanamannya Jumbo euy

Biasanya saya melihat bunga matahari yang besar-besar (jumbo) ya di TV dan majalah. Baru kali ini melihat langsung, jadi maklum kalau nanti kalian melihat foto dan video saya agak norak hihi 😀 . 1 tangkai bunga matahari harganya 60 cent dirupiahkan Rp.7.800 (kurs Rp.13.000 gilee kurs euro tambah naik euy)

Satu tanaman bunga matahari bisa terdiri dari lebih satu kelopak bunga. Selain sebagai bunga potong, ada kebun lain yang khusus ditanami bunga matahari untuk diambil bijinya dan dibuat minyak. Kalau dikebun tersebut bunganya ya tidak dijual.

Dibawah ini foto terbaik, yang saya paling suka dari bunga matahari.

Best pic Sun flowers mau cetak buat kartupos ah

Best pic Sun flowers mau cetak buat kartupos ah

 

Video Bunga Matahari

 

2. Bunga Gladiol
Scheiße shit kurang asem duuhhh gatal bangett makk 😯 . Frank heran melihat saya “.. kenapa kamu?“. Saran nih ya, kalau ke ladang bunga jangan pakai rok, lebih baik pakai celana panjang. Selama disana saya menggumpat melulu gara-gara banyak serangga beterbangan dan kadang lewat atau hinggap di kaki saya, atau kaki tertusuk rerumputan 😳 .

Ini Bagian khusus Bunga Gladiol

Ini Bagian khusus Bunga Gladiol

Oke sekarang lanjut ke bagian bunga Gladiol. Warna bunga-bunganya bermacam-macam. Kali ini saya khusus hanya ingin membeli gladiol yang warnanya tidak pasaran (selain merah dan kuning).

Warna kesukaan saya yang dibawah ini. Warna Gladiolnya lembut dan ada yang tepi bunganya bergelombang.

 

Melihat banyak objek foto yang bagus-bagus, maka saya menyerahkan tanggung jawab memilih bunga ke Frank tercinta 😎 hehe. Dia yang mencari bunga-bunga, sedangkan saya asyik potretin bunga-bunga :mrgreen: .

1 tangkai bunga gladiol harganya 60 cent dirupiahkan Rp.7.800 (kurs Rp.13.000). 1 tangkai terdapat sampai 10 helai bunga bahkan ada yang lebih.

Video Bunga Gladiol.

 

3. Bunga Dahlia

untuk ke halaman berikutnya klik Next/Lanjut

Advertisements

127 thoughts on “Ladang Bunga di Jerman

  1. Aduuuuuh cantik bnget bunga” nya. Saya suka bunga . Mbak nella uda Brpa lama tinggal di German ? Emang kenal sama mas frank dimana mbak ? Romantic bnget ya kalian.

  2. bagus yaa ladang bunga mataharinya. gw juga baru tau bentuknya bunga dahlia hehehe. gw suka bungaa, tapi disini kalo bunga import mahal-mahal. pengen sih nanem sendiri cman gw buta cara nanam n rawat bunga..

  3. Bunga-bunganya cantik sekali 🙂
    Berarti orang-orang di Jerman jujur ya. Beli bunga, uangnya masukin sendiri ke tongnya. Hmmm. Di Indonesia bisa gawat kalau begini -_-”

      • Habisnya Indonesia kalau masalah jujur masih kurang, hanya beberapa saja yang jujur 🙁
        Apa hanya di Jerman yang jujur begitu? Di negara lain apa ada yang pakai sistem seperti di Jerman? 🙂
        ah, keren bangetlah Jerman itu

  4. waaaah ladang bunga nya cakep banget.. tempat ngedate yang romance tapi santai hehehehe

    mba aku mau lhooo klo foto bunga mataharinya di jadiin postcard beneran 😀
    jadi pengen nyoba nanem dahlia lagi 😀

  5. Dahlia hitamnya cool banget Mbak..
    Dahlia Pompom ungunya juga baguuuuuus…
    Wah… Bayar sediri gak ada yang jaga ??? Impossibel thing untuk indonesia saat ini.. SEDIH 🙁

  6. Wah hal yang tidak sempat kutemui di sana. Itu kalo di negeri kita udah ludes mbak dan tongnya kosong. he he he

  7. Huhuhu….mba gladiol cudi kok hga berbunga ya 🙁 dan dahliah cudi matehok mba….sedih bgt d…… umbinya busuk huhuhuhu….. tp nga apa d nanti mau coba lagi xixixixixxi

    • Hai Cudy, gladiolku keluar bunganya setelah 3 bulan, harus kena matahari langsung, air juga harus cukup. Nah kebalikan dg dahlia, dahlia ga bisa kebanyakan air, umbinya jadi busuk, dahlia dan gladiol harus kena matahari langsung sedikitnya 6 jam setiap hari. Umbi dahlianya busuk smeua? klo masih ada bagian yg keras bisa dipotong, dan coba tanam lagi. Jangan patah semangat yaa 🙂 .

      • Gladiol mgkn nga kena matahari kali ya…. krn taruh dekt teras gt… kl dahliah ada yg keras dan sudah dipotong utk ditanam heee smga hdp lg ya mba…. sll optimis nanamnya heee krn pgn kek taman bunga mba nella seh… kl zucinni dan timun da gede mba dan uda dipindah ke pot gede jd tumbuh besar bgt….

  8. selain bunga, aq merhatiin rumahnya 😀
    mbak model rumahnya mbak juga kayak gitu ga mbak.
    tinggi begitu, ada cerobong asap.
    kebayang kalo ada sinterklas masuk lewat situ
    (khayalan waktu pas tk) hehehe.

  9. amazing, dr kecil sunflower garden cm ad di angan2..

    url kasamago.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 17.01.2017

  10. Aduh, jadi makin gatel pengen beli bibit bunganya Mba……..
    Bunga mataharinya bagus banget, jadi pengen nanem. Sayang disini nggak pernah nemu penjual pohonnya.
    Kalau ada saya beli deh……

  11. Dirumah Opa py juga dulu nanem bunga matahari. Tp malesnya ya itu, jadi banyak lebah, jadi takut mau deketin..haha :p

    Dicatet bgt nih jgn pake rok ke ladang bunga..hehe..Bentol2 dong kak kakinya pas pulang?

  12. aku sering makan kwaci tapi malah belom pernah lihat bunga matahari secara langsung 🙁
    padahal kalo liat fotonya kayaknya indah banget #mupeng

    url ronalblog.com sudah tidak aktif lagi. Update 08.01.2017

  13. whoaaaa Kak Nel keren banget ladang bunga nya., pengen bgt ada di tengah2 bunga mayahari sebanyak itu. biar kayak di pilem2.. hihihii

    nyapurnama.com linknya dihapus karena domain tidak aktif lagi. 22.02.2016

  14. Wah ternyata mbak Nella adalah flower enthusiast sejati 🙂

    Foto bunga mataharinya cantik banget loh. Di tempat saya sini sepertinya bunga gladiol nggak terlalu populer, jarang terlihat juga di toko2x bunga, mungkin karena cuaca yang ekstrim dinginnya. Yang populer biasanya Lily, Iris, Hortensia, Rhododendron, Mawar, Anggrek (buat dalam ruangan).

    • Lily, Hortensia dan Rhododendron memang cocok di tempat sejuk. Bunga lili punyaku ku taruh tempat tidak terkena matahari langsung. Pernah beli hortensia mati kepanasan, padahal mahal harganya 🙁 untung beli dapt voucher 😀 . Berikutnya beli hortensianya yg batangnya keras, jadi lebih tahan panas. Rhododendron sehari setelah beli pindahin ke pot lebih besar, besoknya mati 😥 kapok ga beli lagi .

  15. hi aunty. wie geht es dir? 😀
    bunganya bagus2 banget sih? kalau melihara bunga kaya gitu di sini apa bisa idup ya? hehe 😀
    ngomong2, aku mau tanya nih, aunty. suasana di Jerman apa memang begitu bagus ya? bikin penasaran banget pengen kesana. apa karena efek kamera aunty yang pixelsnya emang keren banget? hehe 😀

      • Ich bin auch gut 😀
        wah bisa ya? tapi susah pasti nyari bibit bunga gladiol ya, aunty? hehe
        oh gitu ternyata, tapi tetep nggak mengurungkan niatku buat jalan2 ke Jerman (kapan2 aja tapi 😆 )

  16. Waah, foto bunga mataharinya bagusss bangettt…. 😀

    Di sekitar rumah saya nggak ada ladang bunga, tapi banyak ladang (kebun) salak, hehe….

  17. Ladang bunga terdekat di Bandungan lereng G. Ungaran, beberapa di Kopeng lereng Merbabu, namun yang sistem petik dan beli di kebun belum pernah jumpa. Woooi koleksi gladiolnya kereeen Jeng, naksir umbinya nih. Salam kebun

  18. ah, indahnya. saya suka bunga. di sembalun, deket sekolah tempet saya ngajar, banyak bunga matahari, tapi gak dikelola profesional. tumbuh liar saja

  19. amazing dech liat kebunnya, terpesona dan terpesona indahnya, mba klo pesan bibit calla lily kira2 bulan apa? gladiolnya juga suka banget mba.

  20. Mamaku punya bunga lili yang ditaruh di pinggir jalan depan rumah, kalau lagi berbunga, penuh dan cantik banget. Sayangnya, sekarang kalau pulang gak pernah bebarengan sama masa berbunga si Lili. Mana mama orangnya rajin, diatur satu warna satu warna.

    Aku malah nggak pernah menghadiahi bunga, paling banter bawa sedap malam ditaruh di ruang keluarga. Wanginya menyenangkan!

  21. Haiiikks… sun flowernya keren banget Nella.. Aku sukaaaa.. Di sini sempet liat yang kecil2 sih, tapi pingin liat juga yang gede gituu.. pingin poto2.. hahaha

  22. Kalo di Bekasi kayaknya ga ada deh Mba hehee.Sistem pembayarannya keren,mengedukasi masyarakat agar jujur dan tidak korupsi.Coba di Indonesia -_- susah deh!Mba,masa lili-ku umbinya beranak padahal belum berbunga…malahan yang kemarin modar semua 🙁

    • Hai Nisa, anakan lilinya muncul keatas?, kalau misal semua induknya tidak menunjukkan bakal bunganya ya bongkar saja, pisahkan anakannya. Punyaku juga ada yg tidak berbunga, ada yg berbunga 2 ada yg bebrunga cuma 1, pas bongkar buanyak anaknya. Menurutku sih kalau sdh 3 bulan ga menunjukkan muncul bunganya ya bisa bongkar. Jangan bunganya sudah rontok jangan disiram terlalu sering bisa 3 hari sekali saja.

      • Aku sih curiga karena terlalu basah Mba hehee udah sempet kubongkar dan ganti tanah tapi mungkin keburu melayu juga.trus baru kemarin aku bongkar lagi eh ada anakannya.Sekarang udah di tanah baru lagi dan udah muncul tunas2 baru lagi.

        • Iya Nis, bunga lili jangan terlalu banyak disiram, taruh tempat terang tp jangan kena matahari langsung juga. Oh ya klo aku sih ku siram 2 hari sekali. Atau kalau pas pas sekali siram pagi aja, sore ga, siram lagi besoknya.

          • Iya Mba…skarang ga aku siram udah 2 hari :)) walaupun cuaca cerah tapi karena pas aku ganti tanah udah aku lembabin jadi ga aku siram…cuman aku spray air aja tanah atasnya.Semoga kali ini baik2 aja ya 🙂

  23. bunga mataharinya cantik banget kak! cocok deh bikin kartu pos 🙂 koq bisa gak ada penjaganya di ladang bunga? keren banget ya, berarti orang sana udah percaya aja gitu ya.. hebat..

  24. bunga mataharinya bagus banget.. kemaren ini pas ke OC fair juga ada ladang bunga mataharinya. gede2 banget, tapi kelopaknya udah rada jelek gitu.. gak sebagus yang ini…

  25. Wah asyik banget bisa beli bunga potong segar begitu. Eh itu kan potong sendiri ya Mbak bunganya? Apa dikasih petunjuk pemotongannya juga? Soalnya kalau salah-salah cara potong bukannya tanaman bunga bisa rusak atau malah mati?

    • Hai Chris, di bagian depan deretan bunganya, ada papan kecil berisi informasi bunganya, cara potongnya dan tips untuk taruh di vas bunga. Tertulis sih potong kira-kira 2-3 dari tanah, jadi masih disisakan batangnya. Untuk bunga matahari kalau sudah dipotong ya mati karena sekali tumbuh saja, makanya yg punya ladang nanam lagi, ada yang masih kecil. Untuk bunga umbi-umbian spt gladiol & dahlia tanamannya tidak akan mati, umbinya aman didalam tanah 😉 .

  26. seru ya mbak kalo ada ladang bunga begitu, di Indonesia ada gak yaaa.. aku cuma pernah ke taman bunga nusantara, tapi kayanya ga bisa beli deh di sana..

    • Hai Lia, iya aku nanya nih ada ga di dekat tempat tinggalmu ladang bunga begini? 😀 . Oo sayang sekali ya, coba disediakan bunga yang bisa dibeli pengunjung kan tentunya tambah senang 😉 .

      • Di daerahku (pekanbaru atau batam) kayanya ga ada ladang bunga gini mba. Paling cuma toko bunga gitu aja. Itu pun ga seger biasanya.

        Iyaaa cakep nih ladang bunga begini, dan di sana bisa disiplin ya mba, tiap yang metik masukin uangnya sendiri yah tanpa ada petugas. Kalo di Indo ada kayak gini, kudu pengawasan ketat kayanya. Biar ga asal petik aja hehehe

    • Hai Tetik, entah jeng orang ke berapa yang mampir ke blog ini kemudian jadi sukaa menanam bunga 😆 . Saya senang kalau ada mereka yang tadinya ga suka berkebun, jadi suka, yg tadinya setengah hati jadi sepenuh hati suka berkebun. Salam berkebun 😉 .

  27. wow.. itu rumahnya ya? keren sekali..

    url angkringankusir.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

  28. usaha bunga gini lucu juga ya, bagus bunga – bunga nya 🙂 aku suka banget sama bunga dahlia yang ungu dan aku pake waktu kemarin nikah buat di buket pengantin 😀

  29. mbaaak keren banget bunga matahari yg mau dicetak kartu posnya…

    btw saya pernah mbak nglewatin ladang sepi sepanjang mata memandang gak kliatan orang ada warung stroberi gak ada penjaganya, cuma ada harga dan kotak uangnya. pilih2 sendiri kotak2 stroberinya abis itu bayar masukin uangnya ke kotak. salut banget penjualnya percaya org2 bakalan sejujur dia juga. percaya sisi baik manusia, lebih banyak org yg baik drpd yg tidak 🙂

    salam
    /kayka

  30. So beautiful,, I like flowers. Mbak nella yg baik & murah senyum maaf ya , saya mau nanya urusan visa & nikah. Saya uda coba krm email ke mbak nella tpi blom di bls. Ini email saya. Dianarif94@gmail.com
    Calon saya orang belanda posisi nya dia di belanda. Sebaik nya saya nikah di holland dulu or di indonesia dulu? Kira” mana yg documents bisa lebih mudah di urus ? Lebih gampang mksud nya? Plse help me, I really need your help.

    • Hai Yana, sudah saya balas emailmu. Saya nikah di Jerman, lebih mudah urus surat2nya buat saya dan pasangan. Teman saya ada juga yg berjodoh dg orang Belanda, dia memilih nikah di Belanda, dan dia sudah di Belanda. Dimanapun lokasi untuk menikah yang penting ada kesepakatan dg pasangan kita 🙂 .

      • Hi mbak nella thanks ya uda bls. Calon saya si Ga mempermasalah Hal itu, cuma saya sndri yg binggung. Mbak dulu kan nikah di German syarat sama Ga dgn belanda ? Klo boleh tmn nya yg nikah dgn org belanda itu ada email nya Ga? Mbak yg saya tnya kan persyaratan mana yg lebih gampang di urus , menikah di belanda or di indonesia ?? Dulu mbak syarat nya apa aja wktu nikah di German? Pake visa apa ? Tourist visum or marriage visum binggung nie mbak ?? Kalo saya nikah di Belanda pake visa apa?? Habis nikah di belanda saya pulng ke indon, saya Ga tinggal di sana , maklum kan blom bisa ngomong Dutch hehehe,, berarti saya tinggal cuma 3 bln kan mbak? Pake visa apa mbak? Thanks.

  31. aaaaa mupeng kali liat kebun bunga di german mba. Jadi pengen ke german deh. :3
    mupeng sama bunga bunganya. terutama gladiol yg warnanya ungu agak metal gitu. kereennn abis!!!!!!!!

  32. Aaaa mbak! Ditempatku ada sih kayanya tapi jauh di gunung #mikir.
    Kalau dengar ladang bunga kebayangnya itu tempat indah nan sejuk, boleh kutulis fanficnya kan? 😉

Comments are closed.