Pengalaman Naik MRT Bersama Anak Kecil

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Pengalaman Naik MRT Bersama Anak Kecil | Day 66 Edisi Liburan ke Indonesia. 20 Maret 2019 pengalaman naik mrt untuk pertama kalinya saya bersama anak-anak dan mamaku. Kami naik MRT dari stasiun Bunderan Hotel Indonesia dengan tujuan akhir stasiun Lebak Bulus. Untuk bisa naik MRT gratis kita harus daftar online melalui situs ayocobamrtj.com nanti akan terhubung ke halaman Bukalapak sebagai e-commerce yang bekerjasama untuk uji coba MRT Jakarta.

Pengalaman Naik MRT Bersama Anak Kecil

Uji coba MRT (Mass Rapid Transit) berlangsung dari 12 Maret sampai 24 Maret, para peminat yang mau naik MRT sudah bisa daftar online sejak 5 Maret 2019.

Saya daftar seminggu sebelum keberangkatan, karena ingin dapat tempat keberangkatan dari stasiun Bunderan Hotel Indonesia. Sta. Bunderan HI ini paling favorit, makanya kalau daftar mepet 1 hari sebelumnya tidak dapat jatah. Saya pilih sta. Bunderan HI karena paling dekat dicapai dari rumah.

1 tiket berlaku untuk 2 orang, saya pesan 2 tiket namun satu tidak terpakai karena Lisa putriku yang masih usia 2 tahun masih gratis, tidak butuh tiket.

Waktu uji coba berlaku dari jam 08 pagi sampai jam 16, saya bersama anak-anak dan mama kita naik MRT jam 12 siang. Kereta berhenti sekitar 10 menit di Lebak Bulus sebelum kembali ke bunderan HI.

Dalam sehari ada 98 perjalanan MRT, semoga dengan adanya MRT ini bisa mengurangi macetnya ibukota. Moga-moga juga pemilik mobil atau motor nantinya memilih MRT sebagai alternatif kendaraan, supaya Jakarta tidak macet melulu! 😀 .

Presiden Jokowi meresmikan pengoperasian kereta moda raya terpadu (MRT) Jakarta pada 24 Maret 2019. Peresmiannya berlangsung di sta. Bunderan HI.

Video Senangnya Ikutan Uji Coba MRT Gratis | Bunderan HI ke Lebak Bulus

Awalnya ku baca di berita internet kalau Pemprov DKI mengusulkan tarif MRT Rp. 10.000, ternyata jadinya tiket MRT Rp.14.000 (untuk jarak terjauh), menurutku murah banget! Kalau dibanding dengan tiket kereta di Jerman wah mahal banget dah! 😀 .

Jadwal komersial MRT per 1 April 2019, sebelum tanggal tersebut berarti penumpang masih digratiskan dong ya, lumayan tuh kalau ada karyawan atau mahasiswa, atau siapapun kalian yang beraktifitas setiap hari, dimana lokasi tujuan (misal kantor) dilewati MRT.

Kalau biasanya dari bunderan HI ke Lebak Bulus butuh waktu 1,5 jam, dengan naik MRT hanya butuh 30 menit saja. Bagi kalian yang biasanya habis waktu kena macet, beralih aja naik MRT 😀 .

MRT kali ini adalah fase 1, fase 2 masih dalam pembangunan dan akan selesai tahun 2024, yang nantinya fase 2 MRT akan melintas dari Sarina sampah stasiun Kota. Kalau fase 2 selesai, nah tuh tambah dekat dengan rumah ortuku di Kemayoran.

Fase 1 rute Lebak Bulus ke Bunderan HI, ada 13 stasiun, dimana 7 stasiun perlintasan atas / layang dan 6 stasiun bawah tanah (underground).

Di sta. mrt Lebak Bulus

Di sta. mrt Lebak Bulus. Kalau biasanya dari bunderan HI ke Lebak Bulus butuh waktu 1,5 jam, dengan naik MRT hanya butuh 30 menit saja.

 

Nama stasiun MRT Lebak bulus sampai Bunderan HI:

7 sta. Perlintasan atas, struktur layang (Elevated) yang membentang ±10 km:

  • Lebak Bulus
  • Fatmawati
  • Cipete Raya
  • Haji Nawi
  • Blok A
  • Blok M
  • Sisingamangaraja

 

Perlintasan MRT bawah tanah (underground) 6 stasiun membentang ±6 km:

  • Senayan
  • Istora
  • Bendungan Hilir
  • Setiabudi
  • Dukuh Atas
  • Bunderan Hotel Indonesia

 

Membawa dua anak kecil naik MRT ribet tidak?, bagaimana penyandang disabilitas apakah bisa naik MRT juga?.

Awalnya saya tidak tahu kalau ada lokasi prioritas/tempat khusus untuk buggy (kereta dorong) yang saya bawa, lalu pak petugasnya nunjukin tempatnya. Ditempat ini untuk yang pakai kursi roda, atau tempat kereta dorong, lalu kita duduk di seberangnya (kalau kosong).

Informasi Tempat duduk prioritas dalam MRT

Informasi Tempat duduk prioritas dalam MRT

Ada tanda khusus tempat bangku tersebut dikhususkan untuk orangtua membawa anak kecil, lansia, wanita hamil, dan orang sakit. Pas saya naruh buggy, lalu yang pada duduk sadar diri, langsung berdiri, jadi saya, anak-anak dan mama dapat duduk deh.

Kalau sudah resmi beroperasi, ada yang tidak sadar diri duduk, pura-pura tidur ditempat khusus tersebut, jangan ragu ditegor aja, semoga sih masyarakat Indonesia masih tinggi ya kepedulian sosialnya 🙂 .

Fasilitas dalam MRT dan di stasiun keberangkatan dan kedatangan:

  • Didalam MRT dingin banget, untung saya bawa jaket untuk Lisa dan Benjamin. Entahlah apa karena baru, jadi ac nya masih dingin banget.
  • Lift berfungsi di sta. Bunderan HI, namun lift ini hanya tersedia di satu tempat, jadi kita nyebrang dari depan plaza Indonesia. Di sta. Lebak Bulus tidak ada satupun lift berfungsi, pas mau turun pak petugasnya yang angkat Lisa didalam buggynya, tadinya Lisa mau saya gendong. Supaya tidak lama kali ya, jadi pak petugas langsung gotong buggy dan Lisa sekaligus hehe. Kalau saya gendong Lisa sambil turun gempor juga sih, karena tangganya lumayan tinggi. Pas mau naik sebenarnya bisa pakai tangga berjalan, cuma ko di sta. mrt ini tangga jalannya cepat banget!, saya jadi takut kan. Daripada terjadi kecelakaan haha lalu saya minta tolong pak petugas lagi.
  • Toilet lumayan bersih, ada petugasnya yang siap selalu membersihkan. Toilet gratis.
  • Eskalator alias tangga jalan tersedia, cuma agak ngeri kalau bawa kereta dorong, karena cepat jalannya.
  • Pemberitahuan berupa audio visual, jadi kita tahu sudah sampai stasiun mana.
  • Ruang pertolongan pertama.
  • Ruang menyusui.

Selain Fase 2 MRT lagi dalam pembangunan, LRT juga masih dalam tahap pengerjaan, nah saya penasaran apa sih Bedanya MRT dan LRT:

MRT =   Mass Rapid Transit

  • Jumlah gerbong/kereta rata-rata 6 kereta
  • Kapasitas penumpang sekitar 1.800 penumpang
  • Perlintasan MRT Layang dan bawah tanah.

 

LRT = Light Rail Transit masih dalam tahap pembangunan.

  • Jumlah gerbong/kereta 2 sampai 4 kereta
  • Kapasitas penumpang sekitar 600 penumpang
  • Perlintasan LRT: Layang

 

Video Akhirnya Indonesia punya MRT| Ikutan Uji Coba MRT Gratis | Bunderan HI ke Lebak Bulus

 

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Baca juga: Emaknya Benjamin & Anak-anak Ngapain dan kemana aja liburan di Indonesia

 

Sumber:
• https://www.idntimes.com/news/indonesia/helmi/catat-ini-6-fasilitas-mrt-jakarta-yang-ramah-disabilitas/full
• https://web.facebook.com/jakartamrt/posts/beberapa-fasilitas-di-stasiun-mrt-jakarta-sedang-diuji-coba-bukan-hanya-fasilita/1935903816490151/?_rdc=1&_rdr
• https://id.wikipedia.org/wiki/MRT_Jakarta

Advertisements

13 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: