Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan | Day 22 Edisi Liburan ke Indonesia. Taman Anggrek Ragunan (Anggrek Park Ragunan) di pasar minggu adalah salah satu lokasi yang saya masukkan ke dalam daftar jalan-jalan dalam edisi liburan ke Indonesia.

Buat kamu pecinta bunga anggrek, sungguh tidak nyesel deh mengunjungi taman bunga anggrek Ragunan yang lokasinya 5 menit dari pintu utama kebun binatang Ragunan.

Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

Alamat Taman Anggrek Ragunan: Jalan Kebagusan Raya Rt.01 Rw. 07. Ragunan Pasar Minggu Jakarta Selatan. (500 meter dari pintu utama gerbang Kebun Binatang Ragunan).

Saya dan keluarga pergi ke taman anggrek Ragunan ini sehari sebelum Imlek, yakni senin 04 Februari 2019. 1-2 minggu sebelum pergi, saya sudah bilang ke mama dan adikku, pengen dianterin ke tempat yang ada bunga anggreknya, karena saya sukaa anggrek πŸ™‚ .

Mamaku bilang kalau dekat perayaan Imlek nanti bakalan kehujanan bagaimana?, iya sih hampir seminggu belakangan kala itu hujan melulu. Pagi, siang atau sampai tengah malam turun hujan. Puji Tuhan eh pas hari H 04 Februari 2019 kita pergi ke taman anggrek cuaca cerah sekali!.

Sebelum jam 2 siang kita sampai di lokasi, jam 3 sore saya masih asyik mendokumentasikan yang saya lihat πŸ˜€ .

Hanya saya sendiri di keluarga yang suka bunga anggrek, jadi saya keliling sendirian, sementara dua adik cowo, mama dan dua anakku asyik berteduh dibawah kanopi tepi jalan. Awalnya keluarga mengikuti saya, lama-lama mereka minggir dan memilih kumpul lalu jalan bareng dan saya ditinggal sendirian.

Video Cuci Mata atau Beli Anggrek Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

Jadi puas sih bisa leluasa keliling sendiri. Jadi bisa melihat detail media tanam aneka anggrek, melihat cara menanam atau membentuk anggrek di pohon, melihat keindahan anggrek-anggrek Indonesia sungguh menghibur hatiku. Wajahku sampai gosong haha karena saya asyik muter-muter sendirian ke banyak tempat nursery anggrek dan tanaman hias.

Anggrek-anggrek yang saya lihat hari itu di Taman Anggrek Ragunan antara lain:

  • Aneka anggrek dendrobium banyak sekali warna dan ukurannya. Ada dendro yang bunganya warna hijau, putih, warna kecoklatan atau nyaris gelap lalu ada denrobium bercorak. Paling banyak anggrek dendrobium yang sedang berbunga.
  • Anggrek cattleya tidak satupun saya lihat dalam keadaan berbunga, padahal dilokasi panas cetar loh, cocok sih menurutku untuk merawat anggrek cattleya.
  • Anggrek Vanda banyak yang bermekaran, warnanya juga ada yang unik-unik. Ada ukuran besar, seperti umumnya anggrek vanda, ada juga ukuran kecil yang sudah berbunga. Sering kulihat anggrek vanda di garden center di Jerman, ditaruh di vas bening ukuran tinggi (tanpa media, akarnya terlhat seksi πŸ˜€ ), sering hatiku tergoda pengen beli, namun berpikir lagi dan lagi kalau di dalam rumahku tidak ada tempat terang sekali.
  • Anggrek bulan Phalaenopsis banyak yang berbunga, dan banyak juga yang warnanya unik. Cantik sekali anggrek bulan warna putih yang menjuntai panjang bunganya, disanggah kawat lentur.
  • Anggrek grammatophyllum, untuk pertama kalinya saya lihat anggrek ukuran sangat besar bulbnya. Jenis anggrek gramma ini adalah anggrek yang lagi ngehits, naik naik daun dia haha.

IG Emaknya Benjamin: https://www.instagram.com/emaknyabenjamin isinya tema gardening πŸ™‚ .

Saya suka sekali cuci mata di taman anggrek Ragunan, karena tidak adaΒ Β satupun pemilik atau pekerja nursery anggrek dan tanaman hias yang mengikuti saya haha.. iih saya kadang risih plus agak kesal kalau ke toko-toko diikuti pegawainya, padahal kalau saya niat beli pasti akan saya cari karyawan tokonya kan.

Selain aneka anggrek yang dijual di Taman anggrek Ragunan, ada pula dijual media tanam anggrek, pot, pupuk, dan anti hama anggrek.

Baca juga: Perawatan Bunga Anggrek Phalaenopsis Supaya Rajin Berbunga

Grammatophyllum scriptum

Grammatophyllum scriptum. Pas pertama lihat kaget dah, gede banget bulbnya πŸ˜€ At Anggrek Park – Ragunan, Indonesia. Lokasi di Taman Anggrek Ragunan (TAR). 4 Feb 2019.

Di taman anggrek Ragunan ini, tidak hanya tersedia anggrek, melainkan banyak juga aneka tanaman hias selain anggrek seperti:

  • Tanaman Paku Tanduk Rusa (tanaman gantung) bahasa Inggris staghorn atau elkhorn ferns (Platycerium)
  • Tanaman saberna/sabrina mini yang sering disebut juga bunga melati Jepang.
  • Aneka Bromelia. Ukuran besar belum ada yang berbunga, kalau yang bromelia kecil banyak yang berbunga. Warna bunganya ada yang merah dan orange.
  • Adenium. Bentuk bonggolnya unik-unik deh, besar dan meliuk. Adenium yang saya lihat belum ada yang berbunga.
  • Tanaman hias Anthurium. Ternyata Anthurium banyak jenisnya, saya jadi kepengen punya. Namun mikir lagi dan lagi, tanaman tropis kalau ditempatku negara 4 musim, nanti pas winter taruh mana? Hehe.

Video Aneka Tanaman Hias Unik Menarik (selain Anggrek) di Taman Anggrek Ragunan

 

 

  • Aneka Kaktus baik yang besar maupun yang kecil.
  • Tanaman Hias Yellow Mandevilla
  • Mirip bunga Medinilla Magnifica. Asal Filipina dikenal juga dengan nama anggrek Malaysia, Bunga Mutiara dan Asian Grape plant.
  • Adenium. Bentuk bonggolnya unik-unik deh, besar dan meliuk. Adenium yang saya lihat belum ada yang berbunga.
  • Tanaman Air Bunga Lotus.

Aneka Tanaman Hias selain Anggrek di Taman Anggrek Ragunan Bagian 2

Tidak ada tiket masuk dan parkir mobil juga gratis. Buka 24 jam, selagi nursery anggreknya dibuka pemiliknya πŸ˜€ . Di taman Anggrek Ragunan, kita bisa menyewa aneka anggrek dan tanaman hias untuk acara pernikahan, kantor dsbnya

Cara menuju ke Taman Anggrek Ragunan:

  • Kalau pergi sendiri gampangnya naik ojek online saja.
  • Pergi rame-rame saya dan keluarga naik mobil pribadi. Lebih baik buka https://www.google.com/maps/ masukin alamatnya Taman Anggrek Ragunan (anggrek park ragunan): Jalan Kebagusan Raya Rt.01 Rw. 07. Ragunan Pasar Minggu Jakarta Selatan.
  • Cek pakai taksi online bisa juga, saya cek dari Kemayoran ada yang kena 100rb, eh ada pula car online yang kasih harga hanya 50rb saja. Tergantung jam sibuk juga kali ya, karena harga taksi onlinenya bisa berubah sewaktu-waktu.
  • Saya sudah catat cara ke taman anggrek Ragunan naik bus transjakarta, yaelah setelah saya baca ulang ko rutenyanya malah ke mall taman anggrek Jakarta barat haha parahh.

Taman bunga anggrek Ragunan tempat yang bagus dikunjungi untuk pecinta anggrek. Sekedar cuci mata atau membeli anggrek. Di sini terdapat anggrek Dendrobium, Cattleya, Phalaenopsis, Vanda dan spesies anggrek lainnya. Ada juga media tanam anggrek, pot, pupuk, dan hama anggrek. Taman anggrek ini terletak 5 menit dari pintu utama Kebun Binatang Ragunan.

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Baca juga: Emaknya Benjamin & Anak-anak Ngapain dan kemana aja liburan di Indonesia

 

Advertisements

11 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: