May 30, 2020

Curhat Tidak Bisa Buka Blog yang Tidak Aman Tanpa Https

Curhat Tidak Bisa Buka Blog yang Tidak Aman Tanpa Https. Beberapa kali blog mamanya Jayden (melissaoctoviani.blogspot.com), tidak bisa dibuka. Apa karena google sudah minta url yang secure kali ya pakai https gitu. Jadi di awal url nya ada dua garis merah di teks https nya, lalu penjelasannya kalau url/blog/website yang dituju tidak aman.

Curhat Tidak Bisa Buka Blog yang Tidak Aman Tanpa Https

Sudah beberapa kali Melissa komen di postingan saya, biasanya kalau ada yang komen, saya akan klik url blognya dari komennya, entah baca dulu atau bisa langsung komen balik di postingan teman blogerku.

sejak Juli 2018 Google mengharuskan penggunaan https
sejak Juli 2018 Google mengharuskan penggunaan https, karena kalau masih http saja, maka pengguna browser chrome seperti saya akan memunculkan peringatan kalau web dituju „tidak aman”. Padahal saya tetap mau lihat blog/webnya walau tidak aman juga, tp tidak bisa 🙁

Saya sudah coba utak atik, saya setujui iya oke tidak masalah url tidak aman, saya ingin tetap masuk ke url tersebut, hmm tetap tidak bisa dibuka. Akhirnya dong, 13 Maret ada postingan baru mamanya Jayden muncul di wp readerku, begitu saya klik horee ternyata bisa masuk postingannya.

Dari link ini bisa langsung masuk http://melissaoctoviani.blogspot.com/2019/03/obat-ibat-wajib-di-rumah.html

Blogspot bisa dimasukkan ke wp reader
Blogspot bisa dimasukkan ke wp reader

Oh ya selain blog mamanya Jayden (melissaoctoviani.blogspot.com), saya tidak bisa buka bloglovin.com, muncul peringatan seperti di blognya Melissa.

Ada yang ke blognya Melissa mengalami hal seperti saya tidak?, ada blog lain yang belum https lalu blognya tidak bisa dibuka?. Ternyata kalau hanya buka url blog utama memang tidak bisa dibuka, namun kalau blog sudah dimasukkin ke wp reader, begitu link postingan di klik kita bisa masuk ke blognya 🙂 .

Hasil cari tahu di internet, sejak Juli 2018 Google mengharuskan penggunaan https, karena kalau masih http saja, maka pengguna browser chrome seperti saya akan memunculkan peringatan kalau web dituju „tidak aman“.

Saya coba buka di explore ternyata hanya ngeblank putih saja.

Bagi yang jadi publisher Adsense ayoo deh beli sertifikat securenya (https) daripada di sensiin sama si mbah G kan. Sayang juga kan kalau trafik jadi menurun karena website/blog kita tidak bisa dibuka karena tidak ada sertifikat amannya.

Baca juga: Hasil Monetasi Blog Setelah Pindah ke Self Hosted

Kalau blogspot, seperti blog mamanya Jayden tidak harus domain sendiri, bisa dipasangi Adsense, kalau wordpress harus domain sendiri supaya bisa ikutan Adsense. Cuma ya kalau mau beli sertifikat secure https nya berarti harus punya domaian sendiri dong yaa untuk blogspot?.

Kalau mau lebih tahu mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS serta keuntungannya setelah punya serifikat secure https, silakan baca artikelnya Niagahoster:  Perbedaan HTTP dan HTTPS Lengkap dengan Fungsinya (bukan link sponsor).

Kalau ada yang bertanya-tanya memang bisa selain wordpress dimasukkin ke wp reader?. Bisa dong!. Jadi saya sudah masukin banyak blogspot  ke wp reader saya, supaya tidak ketinggalan kabar kabari mereka 🙂 .

Dari wp reader kamu klik manage atau bisa klik link ini https://wordpress.com/following/manage (harus sudah login dulu ya ke wp kamu).

lalu di kolom search nya masukkin url blogspotnya, setelah muncul klik follow, nanti otomatis blog tersebut masuk ke wp reader kamu, kalau ada potingan baru, tentu saja akan muncul di wp reader.

cara menambahkan blogspot ke wp reader
cara menambahkan blogspot ke wp reader

Ini termasuk yang blogspot domain sendiri atau yang masih ada buntut blogspotnya bisa juga dimasukkin ke wp reader.

Video Cara Follow Blogspot Bagi Pengguna WordPress

Kalau suara kecil, pakai headset supaya bisa bikin penuh volume suara, kala itu saya belum punya microphone. Bisa juga lihat gambarnya saja 😀 .

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Baca juga: Postingan Blog Tutorial Emaknya Benjamin

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

24 thoughts on “Curhat Tidak Bisa Buka Blog yang Tidak Aman Tanpa Https

  1. Wahh aku baru tau lou bisa masukin blogspot di wp reader….makasih infonya mbak Nella!
    Kalau aku masih BW konvensional hahaha jadi aku bookmark alamat mereka satu2 hihihi…

      1. Udah jarang update di sana mbak Nella sebab aku kan lebih banyak posting kegiatan anak sama jalan2 (blognya private) seinget aku udah pernah invite mbak Nella deh dulu? Cuma karena namanya blog private makanya gak muncul update kecuali follow pake wp reader hahahaha…coba tak invite ulang, bagi emailnya dong?

        1. kalau yang mamipapa.me aku buka sudah ga aktif lagi Fel linknya, domaiannya ga diperpanjang?. yang di private ferryfelicia.wp.com. Iya dulu aku sudah di invate apa yang mamipapa.me itu ya?, kalau private sudah diundang pasti masuk deh di wp reader 🙂 . Mau dong add aku di blogpursuingmydreams.co.id

          1. ohhh bukan yang ferryfelicia hahaha itu emang private buat sendiri, tar aku invite lagi yah…sekarang mamipapa.wordpress.com tapi updatenya jarang2 kebanyakan nulis di blog private itu hehehe abis risih dibaca banyak org sementara aku nulis asal jembreng semua 😀

  2. saya nyoba kok ga bisa, oh apa syaratnya si temen udah follow bşlog kita dulu gitu ya, br bisa kita follow balik dan muncul di wp reader, tadi nyoba asam random yg blogspot tapi ga bisa, munculnya hanya blogger yang nge follow blog saya

  3. wah makasih ka nell, baru tau blogspot bs masuk wp reader, ikutan grup blogger indonesia kebanyakan make blogspot semua, jd kalo mau BW kudu inget2 lah itu nama blognya,saya mau coba. saya beli sertifikat ssl terpisah mumpung dpt diskon akhir tahun kemarin:D btw april ini saya kudu perpanjang sewa hosting biasanya cuma kalau mau ganti template aja kan ka nell kalo mau otak atik tampilan, lainnya apa kudu ada maintenance lagi* skrg dollar msh tinggi terus di turki jd kerasa gitu-.-*

  4. Iya pernah juga ngambek begitu. Untuk blogspot yg nyambung ke domain seingatku dulu dapat opsi redirect dr http ke https. Untuk hosting pakai very simple SSL.

      1. Nggak bisa lagipula seingatku sudah tersedia opsi utk https kalau blogspot kok di setting (dicentang) bila berdomain. Atau otomatis bila tdk..

  5. Mbak sampai berapa lama Adsen replay klo kita daftar..sampai skrg kok gak ada balasannya …y.
    Apa ada yg kurang dgn blog saya ya mbk?

    1. Ada yang cepat ada yang lambat mba, ada yang dikasih tahu alasannya, namun ada juga yang sampai bulanan atau 1 tahun ga diterima juga. Kalau boleh tahu blog mba Indah sdh brp lama dibuatnya?, trafik hariannya brp?, wkatu saya daftar di kisaran 1.000/harinya, dan domain blogku sejak 2003.

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: