Padatnya Kebun Tomatku

 

3. Tomat Lonjong
Saya sudah punya beberapa pohon tomat, ternyata pada bulan Mei lalu, suami saya ditawari beberapa pohon tomat dari atasannya. Saya sih oke saja, karena saya pikir, mungkin hanya dikasih satu atau dua pohon yang masih kecil. Ternyata tidak tanggung-tanggung dikasih 9 pohon tomat. Awalnya bingung juga karena taman kami kecil, mau ditanam dimana. Tidak ada tanah kosong lagi, mau dikembalikan ya ga enak toh πŸ˜€ .

9 Pohon Tomat dari kantor Suami

Foto kiri atas, adalah foto saat kami baru terima pohon tomatnya. Saat itu pohonnya masih pendek. Saya gunakan wadah bekas susu cair dan dua kaleng sebagai pot. Sebulan sekali saya ganti wadahnya dengan yang baru, sekaligus ganti dengan tanah yang baru. Ternyata Ooo ternyata semakin tinggi pohonnya, dan mulai keluar bunga-bunga bakal buah.

Ada pot panjang tidak terpakai, maka saya pindahkan pohon-pohonya ke pot tersebut. Saya tidurkan pot tomatnya, jadi batangnya sebagian tertanam didalam tanah. Metode ini selain memperkuat batang pohon tomat, juga bisa membuat pohon tomat tampat agak pendek ;-).

Berhubung 9 pohon tomat tidak muat di satu pot, maka ada dua pohon yang saya tanam ditanah langsung.

Tehnik Menanam Pohon Tomat

Karena terbatasnya lahan penanaman, maka saya gunakan metode seperti yang saya ceritakan diatas. Saya punya dua pohon yang akan saya tanam langsung ditaman. Pertama dua pohon tomatnya saya taruh dalam posisi horizontal (terlentang). Kemudian timbun dengan tanah, hingga batas yang Anda inginkan. Saya ingin kira-kira 5-10 cm pohonnya tampak diatas tanah. Pegang ujung pohon hingga tegak, setelah tercapai tinggi yang Anda inginkan, padatkan tanahnya. Beri penyangga, supaya batangnya kuat. Jadi deh pohon tomatnya pendek. Nantinya batang yang tertimbun dalam tanah akan tumbuh akar-akar baru, dan pohon tomat jadi kuat.

Pohon tomat dari kantor suami, adalah tomat lonjong.

Hasil Pohon Tomat Lonjong dari Kantor Suami

 

4. Tomat Lonjong San Marzano 3

Tahun 2011 saya beli bibit Stab Tomaten (tomat lonjong) san marzano 3, tahun itu saya tanam tapi tidak tumbuh karena cuaca sudah dingin. Mana bibitnya hampir habis, karena saya coba coba terus :P. Masuk musim semi 2012 saya coba tanam lagi. Tapi ko yang tumbuh tidak seperti di kemasan bibit tomatnya :D, ya memang buah tomatnya tidak bulat seperti tomat pada umumnya, agak sedikit oval sih.

Tomat Lonjong, Stab Tomaten 2012

Kalau saya perhatikan, tomat pemberian kantor suami, malah benar-benar lonjong, mirip gambar pada kemasan tomat san marzano 3.

5. Tomat Bulat Besar

Pohon tomat yang saya beli ada dua macam, yang pertama adalah pohon koktail tomat, kemudian tomat bulat. Belinya bersamaan, saat itu kedua pohon tomat masih kecil dan belum ada bunganya, jadi harganya murah, dan tidak ada etiket tanamannya, jadi saya tidak tahu jenis tomat apa yang saya beli. Dengan perawatan yang baik, maka baru tumbuh banyak bunga (bakal buah), terus tahu deh jenis tomat apa yang saya peroleh.

Tomat Bulat Besar

 

Tips lain Perawatan Tanaman Tomat

Potong tunas yang menyempil

β€’ Rajin mencabut atau potong tunas-tunas baru yang tumbuh diantara dua ranting, metode ini bisa menumbuhkan bunga-bunga tomat (bakal buah).

β€’ Kalau goreng telur, kulit telur jangan dibuang begitu saja. Kulit telur bisa dihancurkan kemudian taruh disekeliling pohon tomat. Kulit telur kaya kandungan kalsiumnya, bisa memperkuat batang pohon tomatnya.

β€’ Manfaatkan air cucian beras untuk menyiram pohon tomat.

Manfaatkan Air Cucian Beras Untuk Kebun. (Foto: dok. pribadi)

β€’ Taburi gula pasir disekeliling pohon tomatmu, bisa membuat buah tomat agak manis loh!, tapi jangan kebanyakan gulanya ya, pohonnya malah bisa dikerubungi semut :D.

Dari lima jenis pohon tomat yang saya miliki, saya pilih beberapa buah yang terbaik, saya ambil bijinya, saya cuci dan keringkan untuk tanam lagi tahun depan ;-).

Selain Pohon tomat diatas, yang saya simpan bijinya, saya beli dua macam tomat lain, yakni dua buah tomat dari petani dan ketika berbelanja di Super U, supermarket di perancis, saya beli satu buah tomat yang bentuknya unik. Bijinya selesai saya bersihkan, tomatnya saya buat sambal deh ;-).

Tomat Lonjong Beli dari Petani

Tomat Lonjong Beli dari Petani

Tomat Unik asal Perancis

Nah ini foto terbaru kebun tomatku

Kebun Tomatku Tampak Samping 23.09.2012

Kebun Tomatku Tampak Samping 23.09.2012

Video Kebun Tomatku (campuran, ada tomat koktail, tomat bulat besar, tomat lonjong)

 

Biasanya saya mencari informasi tentang perkebunan, perawatan dan bagaimana panen kebun sayur dari berbagai sumber. Yang setiap hari saya baca adalah informasi di pinterest. Tertarik melihat apa saja yang saya suka di pinterest silakan klik disini, siapa tahu bisa dapat ide juga untuk kebun sayur Anda ;-).

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

 

Baca juga :
β€’ Horraayy Pohon Ketimunku Berbuah
β€’ Kebun Sayuranku
β€’ Kilas Balik Gagal Totalnya Proyek Berkebun
β€’ Pemanfaatan Botol Wine di Kebun

<

ul>

Advertisements

92 Comments

  1. Titan Rochmutiarawan H
  2. rahmades jokam
  3. Diah Mitasari (Mita)
  4. fiona
      • fiona
  5. Zaid
  6. fietha
  7. Nisa
  8. gogo
  9. uungferi
  10. Kuz9
  11. Newbie Tora
      • Newbie Tora
          • Newbie Tora
  12. hensamfamily
      • hensamfamily
          • hensamfamily
          • hensamfamily
          • hensamfamily

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: