Padatnya Kebun Tomatku

Padatnya Kebun Tomatku. Pada kesempatan ini, saya ingin cerita mengenai bermacam-macam pohon tomat yang saya punya. Buat yang suka tanaman, boleh menyimak cerita saya :mrgreen: .

1. Tomat Cerry
Penghujung Juli 2011 saya beli pohon tomat Cerry. Saat itu pohon tomatnya berbuah sangat lebat. Nah masuk musim dingin, mulai deh kedinginan kali ya, trus kena penyakit (terkena serangan serangga putih dan layu daun) lama-lama rontok daunnya. Sebelum tamat riwayatnya, saya pernah ambil beberapa buah terbaik, untuk disimpan bijinya, jadi bisa tanam lagi tahun berikutnya

Video Induk Tomat Cerry 2011

Padatnya Kebun Tomatku. Induk Tomat Cerry Juli 2011

Induk Tomat Cerry Juli 2011

 

Bulan November 2011 hingga Januari 2012, saya coba menanam bibit tomat Cerry yang saya peroleh dari induknya. Sempat numbuh beberapa pohon, namun tidak bertahan lama, ya mungkin karena masih dingin, dan pohonnya juga selalu saya pelihara didalam rumah, karena tidak mendapat cahaya matahari langsung, jadi pohonnya tidak tumbuh dengan baik. Masuk musim semi, akhir Februari 2012 mulai tanam lagi, berusaha terus dan terus :D.

Induk Tomat Cerry Juli 2011

Tomat Cerry 2 Nov 2011

Cuaca makin hangat hingga masuk musim panas, pohon tomatku tumbuh dengan suburnya. Kalau musim panas harus sering disiram, dan pada saat panas-panasnya hingga 35 an derajat celcius, pohon tomatnya saya letakkan dibalik pohon cemara, jadi terlindung dari sinar matahari.

Dibawah ini Tomat Cerry tahun 2012 yang saya tanam dari biji tomat tahun 2011.

Tomat Cherry, Cherry Tomatoes, Zwerg Tomaten 2012

Tomat Cherry, Cherry Tomatoes, Zwerg Tomaten 2012

Pohon tomat cerry ini pendek dan tidak menjalar alias ranting-rantingnya pendek, cocok ditanam di pot.

Video Tomat Cerry 2012

 

2. Tomat Koktail

Saya beli pohonnya di supermarket khusus tanaman. Ketika itu pohonnya masih kecil, kira-kira 20 cm, harganya sekitar 1 sampai 3 Euro (saya lupa tepatnya). Pohonnya belum berbunga, jadi harganya masih murah. Saya tidak menyangka, pohonnya semakin menjulang tingi dan tinggi. Awalnya saya gunakan spiral penyangga ukuran 1,5 meter, ternyata pohonnya semakin tinggi, jadi saya beli lagi penyangga yang ukuran 2 meter. Karena mau menghambat pertumbuhannya, saya potong ujung pangkalnya, karena sudah melebihi tinggi badan saya, kuatir sudah mengurusnya hehehe

Buah-buah dari satu pohon tomat 15 Juli 2012

Buah-buah dari satu pohon tomat 15 Juli 2012

Pohon Tomat Koktail ini tumbuh dengan suburnya dan berbuah sangat lebat.

Cocktail Tomat Awal hingga akhir Agustus 2012

Cocktail Tomat Awal hingga akhir Agustus 2012

Sejauh ini, saya sudah 4 kali panen tomat Cerry dan tomat koktail. Saya panen sesuai kebutuhan, artinya kalau saya lagi pengen sekali bikin sambal, baru saya petik buah-buah tomatnya. Kadang saya gunakan juga sebagai campuran untuk omelet.

Sungguh Menyenangkan Panen Tomat dari Kebun Sendiri. 27 Agustus 2012

 

Panen Cherry dan Koktail Tomat

 

untuk ke halaman berikutnya klik β‡’ Next/Lanjut

Advertisements

92 Comments

  1. Titan Rochmutiarawan H
  2. rahmades jokam
  3. Diah Mitasari (Mita)
  4. fiona
      • fiona
  5. Zaid
  6. fietha
  7. Nisa
  8. gogo
  9. uungferi
  10. Kuz9
  11. Newbie Tora
      • Newbie Tora
          • Newbie Tora
  12. hensamfamily
      • hensamfamily
          • hensamfamily
          • hensamfamily
          • hensamfamily

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: