Padatnya Kebun Tomatku

loading...

Padatnya Kebun Tomatku. Pada kesempatan ini, saya ingin cerita mengenai bermacam-macam pohon tomat yang saya punya. Buat yang suka tanaman, boleh menyimak cerita saya :mrgreen: .

1. Tomat Cerry
Penghujung Juli 2011 saya beli pohon tomat Cerry. Saat itu pohon tomatnya berbuah sangat lebat. Nah masuk musim dingin, mulai deh kedinginan kali ya, trus kena penyakit (terkena serangan serangga putih dan layu daun) lama-lama rontok daunnya. Sebelum tamat riwayatnya, saya pernah ambil beberapa buah terbaik, untuk disimpan bijinya, jadi bisa tanam lagi tahun berikutnya

Video Induk Tomat Cerry 2011

Padatnya Kebun Tomatku. Induk Tomat Cerry Juli 2011
Induk Tomat Cerry Juli 2011

 

Bulan November 2011 hingga Januari 2012, saya coba menanam bibit tomat Cerry yang saya peroleh dari induknya. Sempat numbuh beberapa pohon, namun tidak bertahan lama, ya mungkin karena masih dingin, dan pohonnya juga selalu saya pelihara didalam rumah, karena tidak mendapat cahaya matahari langsung, jadi pohonnya tidak tumbuh dengan baik. Masuk musim semi, akhir Februari 2012 mulai tanam lagi, berusaha terus dan terus :D.

Induk Tomat Cerry Juli 2011
Tomat Cerry 2 Nov 2011

Cuaca makin hangat hingga masuk musim panas, pohon tomatku tumbuh dengan suburnya. Kalau musim panas harus sering disiram, dan pada saat panas-panasnya hingga 35 an derajat celcius, pohon tomatnya saya letakkan dibalik pohon cemara, jadi terlindung dari sinar matahari.

Dibawah ini Tomat Cerry tahun 2012 yang saya tanam dari biji tomat tahun 2011.

Tomat Cherry, Cherry Tomatoes, Zwerg Tomaten 2012
Tomat Cherry, Cherry Tomatoes, Zwerg Tomaten 2012

Pohon tomat cerry ini pendek dan tidak menjalar alias ranting-rantingnya pendek, cocok ditanam di pot.

Video Tomat Cerry 2012

 

2. Tomat Koktail

Saya beli pohonnya di supermarket khusus tanaman. Ketika itu pohonnya masih kecil, kira-kira 20 cm, harganya sekitar 1 sampai 3 Euro (saya lupa tepatnya). Pohonnya belum berbunga, jadi harganya masih murah. Saya tidak menyangka, pohonnya semakin menjulang tingi dan tinggi. Awalnya saya gunakan spiral penyangga ukuran 1,5 meter, ternyata pohonnya semakin tinggi, jadi saya beli lagi penyangga yang ukuran 2 meter. Karena mau menghambat pertumbuhannya, saya potong ujung pangkalnya, karena sudah melebihi tinggi badan saya, kuatir sudah mengurusnya hehehe

Buah-buah dari satu pohon tomat 15 Juli 2012
Buah-buah dari satu pohon tomat 15 Juli 2012

Pohon Tomat Koktail ini tumbuh dengan suburnya dan berbuah sangat lebat.

Cocktail Tomat Awal hingga akhir Agustus 2012
Cocktail Tomat Awal hingga akhir Agustus 2012

Sejauh ini, saya sudah 4 kali panen tomat Cerry dan tomat koktail. Saya panen sesuai kebutuhan, artinya kalau saya lagi pengen sekali bikin sambal, baru saya petik buah-buah tomatnya. Kadang saya gunakan juga sebagai campuran untuk omelet.

Sungguh Menyenangkan Panen Tomat dari Kebun Sendiri. 27 Agustus 2012

 

Panen Cherry dan Koktail Tomat

 

untuk ke halaman berikutnya klik β‡’ Next/Lanjut

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

92 thoughts on “Padatnya Kebun Tomatku

  • September 13, 2013 at 6:50 am
    Permalink

    Salam Kenal Mbak.. saya juga pencinta tanaman berkebun di halaman, saya tanam cabe rawit, pernah pakcoy, bayam, coysin juga, tanaman tomat chery ada cuma 2 pon, saya senang sekali lihat blognya, bagi-bagi dong bibit tomat yang anehnya yang Dwart itu yang pendek-pendek, juga yang lonjong hehehe.. soalnya di sini ngak ada mbak… terimakasih salam

    • September 13, 2013 at 10:46 am
      Permalink

      Hai mbak Titan salam kenal juga ya. Tahun ini saya tidak nanam sayuran karena tahun lalu kena hama ulat jadi saya malas mencoba lagi. Nanti kalau tomat sudah saya panesn coba saya keluarkan bijinya πŸ˜‰ .

  • July 18, 2013 at 5:32 am
    Permalink

    mba dijualin ga pohonnya sya mau donkkk sya senang nanam pohon”an πŸ™‚
    klo dijual sms aku iaa 089674154545 πŸ™‚

    • July 18, 2013 at 8:47 am
      Permalink

      Hai Rahma saya adanya bibit tomatnya, macam-macam, ada tomat coklat, tomat lonjong, tomat cherry, tomat koktail. Kalau pohonnya ga jual kuatir mati kalau dikirim.

  • June 25, 2013 at 2:49 am
    Permalink

    mbak,,,,
    mau sedikit cerita tentang tomat ku…
    tomat nya nggak tau jenis apa,,
    awal nya waktu tumbuh tunas2 di cabang nya, aq sering eksekusi.
    tapi kesini nya aku nggak cabut lagi, karna pohon nya nggak tinggi, cuma sekitar 3 jengkal.
    tadinya memang bunga nya sering rontok, tapi aq pindah ke tempat yang paling panas, bunga nya jadi kuat (kalsium dari matahari kali yah)
    nah sekarang pohon tomat nya rindang banget, banyak cabang2 yang aq biarin tumbuh, ternyata bunga nya juga makin banyak, setiap cabang, ada bakal bunga nya.
    mbak udah pernah ngalamin belum?
    apa nanti bunga nya jadi buah apa masih terpengaruh tunas2 dari cabang nya?
    habis nya baru kali ini pohon tomat ku tumbuh,,
    selebih nya,,,
    mati sebelum berkembang.

    • June 25, 2013 at 7:41 am
      Permalink

      Hai Lia, ya tahun lalu kebun tomatku subur sekali, cabang-cabangnya menjalar kemana-mana, sering saya potong supaya tumbuh teratur, maunya jangan terlalu ke kanan ke kiri, pas hujan angin bbrp kali rubuh. Setelah tingginya 1,5-2 Meter saya potong ujung atasnya supaya gampang ngurusnya ;).

  • June 19, 2013 at 4:17 am
    Permalink

    Wow bangeddddddddd…..kasih jempol

    url diahmitasari.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

  • May 31, 2013 at 8:16 am
    Permalink

    Mba nella mau dong bibit tomat besarnya….mau tanam nih heeee
    Bole ya nanti dikirim heeee

    • May 31, 2013 at 9:30 am
      Permalink

      Kalau Fiona pesan bibit bunga, nanti saya kasih bonus bibit tomat besar ;).

      • May 31, 2013 at 10:55 am
        Permalink

        Asikkkkk….mba nella tq bgt ya….pesanan sudah email ya….

  • May 28, 2013 at 7:25 am
    Permalink

    waaahhh ternyata variannya banyak. aku mau dong…! di Sini cuma kenal tomat sayur ssama tomat yang kecil-kecil itu tomat apa ya?? tomat cerry kah?? tapi kok batangnya nggak pendek??

    • May 28, 2013 at 8:41 am
      Permalink

      Iya itu yg kecil tomat cerry yg kecil, ada juga yg tanamannya tinggi. Disini banyak macam-macam tomat ;). Rifai suka berkebun juga?.

  • March 9, 2013 at 3:34 am
    Permalink

    Baru belajar berkebun tante bagus artikel nya

  • February 22, 2013 at 2:39 am
    Permalink

    Tante…
    aq follow garden mu yahh…

    tomat ny cantik,,,
    aq jg mau ah,,,

    salam kenal.
    liana..

  • December 27, 2012 at 6:01 am
    Permalink

    tomat cherry nya tipe dwarf ya mbak?
    wah tomatnya subur2, saya nanam tomat ga ada yang segitu banyak buahnya.. mungkin krna tanamnya di pot, hehehe…

    • December 27, 2012 at 6:55 am
      Permalink

      Iya Fietha kalau tanam di tanah langsung akar tanaman bisa leluasa cari makanan, kalau di pot kan terbatas. Kalau di pot mungkin harus secara berkala di ganti tanahnya dan di pupuk.

  • October 26, 2012 at 2:37 am
    Permalink

    Thanks for letting me camp out in your blog for a little while today. I had a great time and tried to leave my campsite as good as when I arrived. I’ll be back!

  • October 8, 2012 at 1:05 am
    Permalink

    di jus tomat suuuueger mbx’e

    • October 2, 2012 at 3:34 pm
      Permalink

      Iya ya .. saya baru hari ini baca artikel ttg urban Farming yang saya lakukan bisa masuk kategori tsb ga ya? :D.

  • September 30, 2012 at 6:06 am
    Permalink

    waaaah…. cantik banget kebunnya penuh dengan tomat matang gitu..

    emang kalau mau tanam itu gak bisa sekali sukses ya mbak.. harus pantang menyerah dan akhirnya bisa seperti mbak hasilnya.. jadi pengen namen tanaman juga deh.. tapi ntar aja deh, kalau udah punya rumah sendiri.. hihihihi

    • September 30, 2012 at 8:20 am
      Permalink

      Hai Niee kenapa mulainya kalau udah punya rumah sendiri? saya juga masih ngontrak ko :D.

  • September 30, 2012 at 4:45 am
    Permalink

    awesome… mantab neh hasil buah tomatnya, seger2 n muluz.
    πŸ˜€

    url kasamago.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 17.01.2017

    • September 30, 2012 at 8:06 am
      Permalink

      Seger buat sambel ulek dengan cabe rawit Indonesia :D. Terima kasih Gogo sudah berkunjung :).

  • September 28, 2012 at 9:42 pm
    Permalink

    ternyata tomat jenisnya ada banyak sekali ya … buahnya segar-segar …
    Salam

    • September 28, 2012 at 9:51 pm
      Permalink

      Iya Wong Cilik, sejak disini saya juga baru tahu banyak jenis-jenis tomat, yang warnanya coklatnyapun ada :).

  • September 28, 2012 at 5:16 am
    Permalink

    Tomat yang panjang itu kalau di Indonesia mungkin dikira terong merah kali ya.
    Keren kebun tomatnya, Mbak..

    • September 28, 2012 at 4:56 pm
      Permalink

      Tomat lonjongnya pendek mas, kalau terong panjang.
      Makasih mas Gie :).

  • September 28, 2012 at 12:22 am
    Permalink

    Kakaaaaa, tomatnya itu, lho.

    aku merasa berdosa, sudah mentelantarkan tumbuhan-tumbuhan ku. sudah 5 bulan semenjak kerja, tanamannya tak terurus πŸ™

    • September 28, 2012 at 4:55 pm
      Permalink

      Tanamanku juga ada yg kutelantarkan ko, seperti brokoli & sawi, males ngurusinnya lagi krn daun2nya dimakanin ulat πŸ™

  • September 27, 2012 at 8:08 pm
    Permalink

    wahhhh penyuka tanaman yahhh…. mantabhhh dechhh

  • September 27, 2012 at 3:54 am
    Permalink

    Kebun tomat yang cantik diawal musim gugur, terima kasih telah berbagi. Salam

  • September 26, 2012 at 6:41 pm
    Permalink

    Olahan tomat apa aja ya kakak selain salad? Awam banget aku ttg tomat, paling taunya cm dibikin jus aja…
    masukin ke blender dan…. TADAAAAAA
    jadi deh jus tomat πŸ˜€

    • September 26, 2012 at 7:38 pm
      Permalink

      Tomat bisa dibuat kue, misal kombinasi kentang dan tomat ; pizza juga ada tomatnya dll.
      Tomat juga bisa menghaluskan & memperkecil pori-pori wajah.
      Caranya: Iris tomat, trus balurkan diseluruh wajah, diamkan kira-kira 15 menit, lalu cuci wajah :).

  • September 26, 2012 at 3:27 pm
    Permalink

    Astaga, kasih gula beneran bisa manis ya tomatnya?

  • September 26, 2012 at 7:02 am
    Permalink

    aduuuhhh bener-bener menginspirasi aku mbak, nanti kalau waktu luang coba aku tiru nanam buah tomat…tp bibitnya yg beraneka ragam tomat itu hrs hunting dulu sptnya mbak… πŸ™ …

    • September 26, 2012 at 7:27 pm
      Permalink

      Iya mbak Jean saya kalau ke supermarket hunting tomat yang unik-unik bentuknya :).

    • September 26, 2012 at 11:24 pm
      Permalink

      Di Bandung ada toko pertanian jual bibit aneka buah dan bunga, pot, tanah, pupuk organik…

  • September 26, 2012 at 2:39 am
    Permalink

    Menyenangkan sekali mempunyai kebun tomat untuk menyalurkan hobi πŸ™‚
    Ini postingan yang sangat inspiratif.

    • September 26, 2012 at 7:26 pm
      Permalink

      Hai Gembiraloka, terima kasih untuk kunjunganmu. Tetap gembira ya tiap hari! :).

  • September 25, 2012 at 11:26 pm
    Permalink

    Senengnya punya biolog atau botanilog ya di Jerman… bagaimana kalau diulang kembali di tanah air terus bantu para petani bikin semua serba tomat, saus tomat, sambal tomat, kueh tomat, roti tomat, sosis tomat, masker tomat, skin care tomat, shampoo tomat.. nanti dicarikan teman dari farmasi! hehe… start with a dream boleh ya? πŸ˜€

    • September 26, 2012 at 6:59 pm
      Permalink

      Hai Rio, siapa saja boleh ko bermimpi, dulu saya juga mulai dengan “mimpi pengen tinggal di LN” akhirnya terwujud :). Shampoo tomat, walah ide bagus dan unik tuh. Saya lulusan Farmasi, namun kerjaanya ketika di Jakarta tidak berhubungan dengan background pendidikan :D.

      • September 26, 2012 at 11:20 pm
        Permalink

        Siip, kembali ke habitat farmasi, shampoo tomat segera jadi, 3 tahun lagi …boom!

    • September 25, 2012 at 9:20 pm
      Permalink

      Masih nunggu hingga bulan November, semoga tomat-tomatnya cepat memerah supaya bisa dipanen dengan segera :).

  • September 25, 2012 at 9:32 am
    Permalink

    menarik ceritanya. kunjungi saya ya

    Blog ybs tidak aktif lagi, jadi dihapus linknya *admin

    • September 25, 2012 at 7:58 pm
      Permalink

      Sudah ada cerita baru ya? tadi sekilas lihat tentang Surabaya, nanti saya mampir lagi ya :).

  • September 25, 2012 at 9:07 am
    Permalink

    Tomatnya Mengkilau banget mbak,….. Saya lagi bahas tomat, pisang sama kentang ne mbak dikampus,….

    Ntar kalau seandainya saya mau nulis artikel tentang tomat bolehkan saya ambil picture mbak ne untuk artikel saya dan mencantumkan sumbernya mbak.,….

    Hehehe πŸ˜€

    url nandagokilz1.wordpress.com is no longer available.

    This site has been archived or suspended for a violation of wp Terms of Service. Update 07.01.2017

    • September 25, 2012 at 7:38 pm
      Permalink

      Iya boleh pakai tulisan atau gambar dari blog saya, asal menyertakan sumbernya ;-).

      Saya juga nanam kentang loh, ada yg tanam di karung dan di taman. Di kedua mediannya tumbuh subur, tapi ga tahu dibawah tanah kentangnya besar atau tidak, rencananya mendekati winter baru mau bongkar. Kalau saya mau masak kentang, yg mata tunas mulai tumbuh, saya potong sedikit berikut kentangnya trus tanam, eh tumbuh :D.

      Oh ya Tora kalau pohon pisang bisa tanam di pot ga ya? saya tertarik mau tanam pisang thn depan.

      • September 26, 2012 at 2:37 pm
        Permalink

        Kalau bisanya sih bisa mbak,… Cuman masalahya phon pisangkan pertumbuhan pohonya besar dan memakan lokasi yang cukuplah,… kalau dipot ntar tunas/anakannya gimana donk kan ribet untuk kedepannya mbak πŸ˜€

        url nandagokilz1.wordpress.com is no longer available.

        This site has been archived or suspended for a violation of wp Terms of Service. Update 07.01.2017

        • September 26, 2012 at 7:30 pm
          Permalink

          Iya sih pohon pisang tumbuh makin besar. Kepikiran aja kalau pas musim dingin ya mati deh pohonnya :(. Tolong tanya pak dosen, apakah pohon pisang bisa dibuat bonsai supaya bisa tanam di pot :D.

          • September 27, 2012 at 9:36 am
            Permalink

            Sip mbak,… Sekarang saya lagi membahas tomat dikampus,.. ntar kalau waktu saya membahas tentang pisang saya kasih tahu ya mbak πŸ˜€

            url nandagokilz1.wordpress.com is no longer available.

            This site has been archived or suspended for a violation of wp Terms of Service. Update 07.01.2017

  • September 25, 2012 at 5:17 am
    Permalink

    wah, ternyata banyak juga jenis-jenis tomat ya.. tapi yang tomat lonjong itu baru pertama kali ini aku liat, kayak buah pepaya… πŸ˜€

    • September 25, 2012 at 7:30 pm
      Permalink

      Iya Ajo, sejak saya disini baru lihat tomat lonjong, yang tomat dari Perancis juga saya baru lihat, unik bentuknya.

  • September 24, 2012 at 8:55 pm
    Permalink

    Hehee tadi siang di kampus dhoni dapet pengetahuan tentang ini juga πŸ™‚
    kata dosen di Cina itu ada seorang prof. yang kuliah selama 4 tahun hanya 7 Mata Kuliah dan itu semua tentang tomat. Alhasil setelah dia jadi sarjana dan Prof. dia dapat menciptakan Tomat unggulan hingga sebesar buah kelapa πŸ˜†
    Entah lah itu cuma cerita atau apa :mrgreen: tapi yang pasti sistem perkuliahan Indonesia memang sangat jauh dengan sistem perkuliahan diluar negeri, indonesia masih banyak menyianyiakan waktu dengan bukan menciptakan yang sesuai keahliannya namun manusia (anak kampus) dituntut untuk mengetahui semua dengan secara terpaksa bukan landasan hati naluri gairahnya. Alhasil Sarjana ngangggur.
    Nah loh ini malah kemana-mana ya πŸ™‚ maaf mba :mrgreen:

        • September 24, 2012 at 10:32 pm
          Permalink

          Malah saya loh yg nanya, Dhoni ngapain hampir jam 3.30 wib belum tidur? ..
          saya waktu Jerman, masih jam 22:33, nunggu suami pulang :D.

          • September 24, 2012 at 10:40 pm
            Permalink

            Hehee saya kerja di net 24 jam mba πŸ™‚
            Wahhh.. saya baru tau kalau mba nya tinggal di Jerman, pantesan aja postingannya saya liat suka ada ulasan tentang Jerman πŸ™‚
            Oh iya mba, saya lagi buat cerita kisah nyata “Bangkit dari Kematianku” sebuah cerita bangkit dari keterpurukan dhoni karena hal yang membuat dhoni terpuruh πŸ™‚
            enaknya judulnya pa ya mba.. Apa saya kirim ke mba dulu file nya.. ?

          • September 25, 2012 at 7:29 pm
            Permalink

            Ooo pantesan Dhoni online 24 jam ya :D. Kamu mau buat buku?. Judul harus yang bisa bikin orang penasaran untuk membaca kisahmu. “Bangkit dari kematianku” juga oke ko. Ceritanya saya diminta jadi editor gitu? hehehe saya merasa tersandung eh tersanjung deh :D. Ceritamu ada berapa halaman? kalau panjang saya minta waktu ya, karena tiap hari banyak PR dari kursus bahasa yang saya ikuti.

  • September 24, 2012 at 4:00 pm
    Permalink

    wah enaknya ya bisa makan hasil kebun sendiri… πŸ™‚

  • September 24, 2012 at 12:55 pm
    Permalink

    Mbaaaak…
    Aku kepincut apa tomat koktailnya :)..
    kalo d Indo ada ga ya bibitnya?

  • September 24, 2012 at 6:02 am
    Permalink

    Senangnya….asik banget Bu bisa punya lahan seluas itu. Gimana rasanya tomat Prancis itu? Koq sayang rasanya kalo dimakan…. πŸ˜›

    url hensamfamily.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 10.01.2017

    • September 24, 2012 at 9:40 am
      Permalink

      Tomatnya masih tergeletak di meja dapur mas, belum sempat saya masak atau bikin sambal :D.

      • September 24, 2012 at 9:42 am
        Permalink

        tomat begitu cocoknya sama cabe keriting mungkin ya…? Ada bibitnya ga? bisa ga ya ditanam di daerah tropis?

        • September 24, 2012 at 9:55 am
          Permalink

          Karena lahan yang terbatas, kebun tomat memang saya campur dengan tanaman cabe dan paprika, mereka tumbuh dengan subur ko. Saya rasa bisa saja didaerah tropis tumbuh, asal sering disiram (pagi dan sore). Bibitnya disini banyak mas Hendra, makanya saya senang nanam-nanam :).

          • September 24, 2012 at 10:04 am
            Permalink

            aku punya saudara dari Medan yg sekarang tinggal di Ulm dan di Reusten dekat Tubingen. Mbak tinggal di kota apa?

          • September 24, 2012 at 7:23 pm
            Permalink

            Saya di Bad Rappenau mas Hendra. Dari atau ke Ulm sekitar 171 km, kalau Tubungen lebih dekat lagi sekitar 122 km. Sudah lama mas saudaranya di Jerman?

          • September 25, 2012 at 5:47 am
            Permalink

            Sudah juga. sudah berkeluarga dan menetap di sana. Kapan nih pulang ke Indonesia? aku nitip bibit tomat Prancis ya…hehehe…

          • September 25, 2012 at 7:32 pm
            Permalink

            Saya belum kangen tanah air mas Hendra :D, lagipula orangtua saya baru mengunjungi saya April lalu. Tomat perancisnya belum saya apa-apakan, masih didapur tuh tergeletak :).

          • September 26, 2012 at 4:37 am
            Permalink

            kirim bibitnya aja, jangan tomat yg di dapur itu. ntar sampe sini jadi rotten tomatto

  • September 24, 2012 at 5:55 am
    Permalink

    waaaaaaaaah, panen ceritanya ini Mbak??

    bagus2 tomatnya ya Mbak…..
    air cucian beras gunanya apa Mbak???

    • September 24, 2012 at 9:31 am
      Permalink

      Air cucian beras banyak mengandung vitamin B, berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar & mencegah tanaman tidak mudah stress. Manfaat lainnya coba muluncur ke tulisannya adiitoo.com

  • September 24, 2012 at 4:07 am
    Permalink

    segeerrrrrrrrrnyaaaa:)
    eh keknya tomat bukan pohon lho tapi tanaman.^^

    • September 24, 2012 at 9:28 am
      Permalink

      hehehe kadang saya bingung, menentukan pohon atau tanaman. Terima kasih buat koreksinya :D.

  • September 24, 2012 at 1:40 am
    Permalink

    sepertinya ito ini senang sekali tanam2an(bunga,sayuran), bisa dijadikan bisnis itu ito..

    • September 24, 2012 at 9:26 am
      Permalink

      Hai Ito Tobing, iya sih, saya Kepikiran mau bisnis bibit bunga atau sayuran utk jual ke Indonesia, namun belum terlaksana karena masih mikir ongkos kirim yang mahal :D.

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: