Membuat Kue Nastar Enak

loading...

Membuat Kue Nastar Enak. Para pembaca yang baik, akhir pekan begini kalau tidak ada kegiatan ke luar rumah, apakah kalian sering bikin-bikin kue?. Kalau iya, kita bikin kue nastar yukk ๐Ÿ˜€ .

Terakhir kali menikmati kue nastar 3 tahun lalu, kalau di Jerman sini mana ada yang jual. Jadi pas ada resep yang sreg di hati, saya mencoba membuatnya :mrgreen: .

Bahan kulit Nastar:
300 gr Tepung Terigu rendah protein (di Jerman sini ada tepung tipe 405, 505 dan 1050) saya gunakan yang tipe 405.
250 gr margarin/mentega
saya gunakan butter.
100 gr gula halus
50 gr tepung maizena
4 butir kuning telur
1 sendok makan susu bubuk *tidak saya gunakan, tidak ada di supermarket loh, banyaknya susu cair aja.
ยผ sdt garam halus

Selai Nanas:
500 gr Nanas parut harga 1,59 Eur/biji (Rp.22.000) di Indonesia 1 biji nanas berapa sih?.
150 gr gula pasir
4 cm kayu manis
saya gunakan yang bubuk.
5 butir cengkeh *di Jerman namanya Nelken.
ยผ sdt garam halus

 

Taburan
60 gr keju cheddar, parut *saya gunakan keju parut, tidak mengerti keju cheddar bentuknya bagaimana sih? Sudah cari-cari tidak ada yg namanya cheddar hehe

Olesan, aduk rata:
3 butir kuning telur
1 sendok makan susu tawar cair *olesan dicampur susu ternyata lebih enak loh.

Cara Membuat kue Nastar:
โ€ข Selai nanas: campur semua bahan selai di dalam panci, aduk rata. Masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih, kental dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan dinginkan. Lupa loh di tinggal tidur siang selama 1,5 jam, untungnya api kecil sih, pas bangun kaget langsung lari ke dapur ๐Ÿ˜ฏ , takut kalau gosong selainya, repot kan bikin ulang. Untung ajaa selainya baguss.
โ€ข Campur tepung terigu, tepung maizena, gula halus, susu bubuk dan garam. Aduk rata, tambahkan kuning telur, margarin. Aduk hingga terbentuk adonan yang dapat di pulung.
Saya bikinnya: telur dan butter di aduk dengan mixer lalu berikan sedikit campuran tepung. Matikan mixer uleni dengan tangan. Benarkan tehnik yang saya lakukan ini?.
โ€ข Ambil setengah sendok makan adonan, bentuk bulat pipih. Letakkan setengah sendok teh selai nanas. Gulung.
โ€ข Atur adonan yang telah dibentuk diatas Loyang kue kering beroleskan margarin. Olesi bagian atasnya dengan bahan olesan dan taburi keju cheddar parut.
โ€ข Panggang didalam oven dengan temperature 160 derajat C selama 25 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat.
โ€ข Siap dinikmati ๐Ÿ˜Ž .

 

Tips: Jangan menguleni adonan terlalu lama dengan tangan, karena panas suhu tubuh akan menyebakan lemak mencair, akibatnya adonan liat dan kue kurang renyah.

Saya susah loh bikin bentuk bulat pipih, ko malah mudah yang bulat. Oh ya kenapa ya pas dipanggang nastarnya jadi meleleh, lihat pada fotonya deh, kemudian ada kubangan margarin campur keju gitu ๐Ÿ˜ณ .

Rasa nastarnya mantappp bangett ๐Ÿ™‚ . Baru keluar oven aja Frank dan saya sudah langsung ngemil. Langsung ludes nastarnya, hanya bertahan 1 hari. 3 hari kemudian saya bikin lagi, kebetulan selainya masih ada. Apakah saya terlalu pelit taruh selainya ya?, jadi masih sisa banyak :mrgreen: . Pertama bikin menghasilkan 25 biji Nastar, yang kedua 22 biji. Resep diatas untuk 700 gram.

Frank nyuruh saya bikin kue nastar ini lagi pas ada rapat di kantornya bulan depan, dia bilang mau bantuin saya. Kalau Frank suka berarti teman-teman kantornya bakalan suka juga kali yaa.

 

Oh ya resepnya nastar ini dari budiboga.blogspot.com. Judulnya โ€žNastar Gulung kejuโ€œ, karena saya susahh bikin menggulung, jadi bikin bulat saja, yang penting rasanya ya.

Selamat Mencoba dan selamat berakhir pekan ๐Ÿ˜‰ .

 

Daftar Food & Cooking lainnya silakan disini.

Advertisements

94 thoughts on “Membuat Kue Nastar Enak

  1. Harga nanas (kecil) di toko buah premium Jakarta nggak kalah mengerikan, satu bijinya 9500. Di Food hall suka nakal, dua buah nanas diberi dua buah label yang keduanya 9500. Begitu sampai kasir shock karena harus bayar 19.000. Sementara di sudut Malang, nanas kecil dihargai hanya 500 rupiah saja.

    Btw suaminya doyan ya manis dicampur keju? Temen2 WNA saya suka nganggap percampuran manis dan keju itu sebagai makanan paling aneh sedunia, padahal buat kita enak.

    • Waduhh bedanya jauh sekali, palingg mahal dan yg rp.500 murahh banget ๐Ÿ˜€ . Klo nastar sih, suamiku doyan. Cuma klo sambal kacang dia ga suka, aneh katanya ๐Ÿ˜† .

  2. Waduh, Untung selai nenasnya ga gosong ya mbak. Kalo resepnya kakak gw juga adonan ga boleh terlalu diuleni. Bisa jadi keras.
    Buat nastar ini yang bikin lama itu adegan menggulungnya ya mbak? Makannya cuma sekejap abis. Hehehe..

  3. Ahhh.. Enakk nihh.. ๐Ÿ˜€ Untung dikamar masih ada nastar, jadi tar pulang bisa lgsg ngemil.. Klo ga bisa ileran ini.. hahah

    • Klo mamaku malah ga bikin-bikin kue, sibuk jaga cucu-cucunya ๐Ÿ˜† . Aku lagi kumpulin foto2nya, mau bahas mawar cuma belum semua berbunga. Akhir pekan ya aku munculin postingan berkebun ๐Ÿ™‚ .

  4. Mahal beudh nanasnya ya. Kenapa gak diganti selai aja mbak? Lebih murah…
    Oh ya, kalau ini udah pas belum tepungnya? Kalau lebaran saya sering ketemu nastar rasa tepung -_-“

  5. manteb nih mbak nastar pake butter.

    btw idem mbak saya patokannya juga suami. kalo dia doyan hampir bisa dipastikan laris manis kalo dihidangkan utk org sini ๐Ÿ™‚

    salam
    /kayka

  6. ntar contek resepnya yah mba kalau ada waktu banyak buat bikinnya ๐Ÿ˜›
    lebaran kemarin ibu angkatku buatin nastar model begini isinya padat tapi enak, makan beberapa udah kenyanghehe

  7. wow, 3 tahun lalu kak? lama betuuul ๐Ÿ˜€ kalau nenas disini sebiji sepuluh ribu kak ๐Ÿ™‚ kebetulan suamiku juga suka nastar, kemarin coba bikin tapi gagal ๐Ÿ™ masih trauma, kapan2 kucoba lagi bikinnya kak, tapi resep ini kusimpan dulu yaaa ๐Ÿ˜‰ thanks kak

  8. Nel aku bikin nastar resep remenku juga enak bgt, dan pengganti capeknya bikin ya, itu aroma nanas itu memenuhi rumah kan. Tapi aku bikin cuman 2 kali, abis ovenku kicik kali mau bikin banyak capek nungguinnya akhirnya beli di temen yg punya resep itu. ADuh kalo nastar aku nyerah deh, aku sukaaaaak banget. Kmrn dr dia beli 4 toples nastar dan 4 keju, 3 nastar aku yg ngabisin. Kalo ke Bandung nanti wiskul, kuanterin beli nastar Kartika Sari dan French Bakery yang enaaaaak bgt. Harganya….ya lebih murah lah daripada kau bikin di sana.

  9. Wah rajin juga Mbak Nella ini. Nastar juga salah satu kesukaanku Mbak. Tuh kemarin baru beli lagi :mrgreen: Cuma ya itu, kalau beli rasanya koq gak ada yang pas, tapi kalau bikin malas ๐Ÿ™

  10. Nel.. susu bubuknya ga ada dibagian kue2 gitu kah? aku juga nemu susu bubuk dibagian bahan2 kue loh.. Bentuknya jg kayak sachet gt. kali aja dirimu keselip liatnya

  11. oh, disana susah ya mbak, cari susu bubk? kenapa, ya? disini kan banyak… btw, setahuku keju cheddar ya keju batangan yg kalo mau dipake musti diparut itu, mbak. tapi beda sama edam ya. harganya nggak semahal edam kalo disini… ๐Ÿ™‚
    aku msh males euy, bikin kuker. soalnya bikinnya makan waktu, yg makan cuma baginda raja doang. the krucils masih cuma suka lidah kucing dan putri salju doanga, dan lebih praktis beli kayaknya. hahaha.. *pemalas* ๐Ÿ˜†

    • Kalau di Indo ya banyak sekali pilihan susu bubuk. Disini hanya susu cair yang banyak sekali, mungkin susu bubuk tidak laku. Buat ngopi selalu gunakan susu cair. Oo keju batangan. Umumnya besar ukurannya. Berikutnya coba saya lihat lagi deh. Klo banyak yang jual, iya malas bikinnya makan waktu ๐Ÿ˜† .

  12. Kue nastar salah satu primadona saat lebaran kemaren. Salut dengan tukang kue yang berhasil mempertahankan keju, tidak meleleh waktu dibakar.
    Btw, saya baca kemaren di detik ada indusrti kue rumahan yang penjualannya lebih dari satu milyar rupiah selama bulan puasa yang baru lalu. Sang pemilik berkata hasil jualannya cukup untuk bekal hidup dua tahun. Waaah…

    • Mungkin kejunya ditaburi ketika hampir selesai dipanggang, saya masih harus banyak praktek nih ๐Ÿ˜€ . Usaha apapun kalau ditekuni hasilnya ckckck duitnya banyak ya ๐Ÿ˜€ .

  13. Di rumah yang jago bikin kue cuma mamaku, aku paling bantu-bantu aja. Lebaran kemarin kami bikin nastar juga. Tapi dalam porsi 2 kg ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ Sekarang udah abis, huhuhu, padahal baru makan beberapa aja. Keburu abis sama tamu ๐Ÿ™
    Kalo resepnya kayak di atas, kayaknya aku bisa nyoba bikin sendiri deh… Ngences liat gambar Mbak Nella soalnya *lirik toples nastar yg udah kosong*

    • Hai Win, yg pernah saya bikin itu untuk 700 gr, jadinya 22 biji. Klo 2 kg dibikin model spt punyaku ga sampai 100 biji dong ya. Males bentuk kecil-kecil karena lama ๐Ÿ˜€ . Enak ya klo bertamu tidak nikmati saja ๐Ÿ˜‰ .

  14. Hi Nela,
    Salam kenal yach. Kalo aku bikin nastar pake Keju edam mirip Kraft Indonesia rasanya, Kalo pake cheddar sini yach aneh rasanya.
    Untuk susu aku pake condensed milk kalo nggak pake baby formula.
    Disini Nanas juga mahal satunya $4-$6 tergantung musim.
    Kalo pake unsalted butter, abis dibentuk masukan ke kulkas selama 15-30 menit. Jadi pas di panggang nggak berubah bentuk.

    Have fun baking!

  15. I Nominate you for a Super Bunch of Awards – 30 Nominations
    please choose any 3 awards out of the 30
    accept it and oblige

    there are no linkbacks for this award

    ajaytao2010.wordpress.com is no longer available.

  16. bikin kue2an emang ribet ya. lebih ribet dari masak biasa. lebaran kemarin kami dapet satu paket ada kue nastarnya. tapi versinya agak beda, kulitnya itu wangi butter banget kayak kukis monde. saya suka. ๐Ÿ˜€

  17. Wah nastar buatan Mba Nella ada cengkihnya ya? Itu buat hiasan ato dimakan juga Mba? Aku biasanya selalu singkirin cengkihnya, selain nggak doyan aku pikir itu cuma hiasan..tp kemarin pas lebaran ada sodaraku yg bikin nastar bercengkih, dia bilang cengkihnya itu sebenernya kalo dimakan sekalian bisa nambah cita rasa nastar…

  18. ini kue kering kesukaan saya, sekali duduk bisa habis setoples…
    kalo ada lelehan minyak itu bener kebanyakan butter yg titik didihnya rendahnya. kalo nyokap di rumah pake butternya merk wisman (kalengnya wrna merah) . dia beda dg butter biasa hasil kue lebih kering

  19. aku baca keliatanya gambang, tapi aku tidak jago buat kue..
    kalau masak makanan sih ok..
    tp harus ku coba untuk bekal masa depan hihi..

  20. Kebanyakan butter mbak, jd nya meleleh deh tuh ๐Ÿ™‚
    Baru lebaran ini malahan aku gak bikin kue ๐Ÿ™‚ biasanya malah jualan ๐Ÿ™‚
    Tapi hebat iih bikin selai sendiri, jd inget nenekku yang suka bikin selai nanas sendiri dulu ๐Ÿ™
    Untung jadi tuh selai meskipun sempat ditinggal tidur ๐Ÿ™‚

    • Ooh padahal aku ngikut resrpnya sih. Berikutnya aku kurangin deh buttetnya ๐Ÿ˜‰ . Sebenarnya malas nungguin bikin selainya, lah ada untungnya lupa ditinggal tidur ๐Ÿ˜† .

  21. waduh kak nella itu enak banget kayanya nastarnyaaaaaaa… boleh dicoba banget tuh resepnya, kebetulan banget nastar itu kue kesukaan aku hahaha :p

  22. Klo aku nyerahhh deh buat2 kue. Better nikamatin aja. Looks yum yum deh nastarnya mba…. ๐Ÿ˜‰

    Blog/url nisadanchicco.blogspot.com dihapus karena blog tidak aktif lagi. Update 13.01.2016.

  23. wah nel di sini aku sampai bosen.
    cos baru musim lebaran jadi kue kering melimpah ruah ha ha.
    aneka rasa bentuk rupa dan warna.
    bikin gemuk.
    aku ngiler ma bolu marmer buatan kamu kemarin.

  24. wah kalau resep mama saya malah semakin di ulen semakin bagus teksturnya mba. ๐Ÿ˜€ nanti sy share deh mba resepnya sekalian resep kue kembang goyang kemaren ๐Ÿ™‚

Comments are closed.