Update Kebun Musim Panas

loading...

Niat awalnya saya ingin membahas kebunku per jenis tanaman berikut tips-tips singkat, seperti tanaman tomat-tomatku yang mulai matang, lalu ada tanaman cabe-cabeku juga buah mulai menggemaskan, lalu mawar-mawar (saya punya dua jenis yang baru & wangi dong mawarnya *pamer :mrgreen: ), lalu gladiol, dahlia, bunga matahari dan lain lain, dan lain-lain banyak banget πŸ˜† .

Maunya dikumpulin dulu sampai per jenis tanaman tersebut berbunga atau matang buahnya. Tapii teman-teman pecinta berkebun nanyain terus dong, β€œkapan update seputar gardening lagi Nel ..??”.

Oke, memenuhi permintaan Wany di Medan dan sahabat pecinta berkebun lainnya, berikut ini saya hadirkan update kebun musim panasku πŸ™‚ .

Kita lihat hiasan bunga-bunga ditangga masuk kerumah saya.

Tangga Ke rumahku berhiaskan Bunga-bunga Geranium. Foto 26.08.2013

Tangga Ke rumahku berhiaskan Bunga-bunga Geranium. Foto 26.08.2013

Sejak minggu lalu, cuaca panas sudah tidak ekstrim. Sepertinya tidak akan ada lagi panas yang sampai 38 derajat C seperti cerita yang lalu.

Menurut BMG musim gugur akan mulai 1 September, sedangkan berdasakan kalender kalau tidak salah tanggal 21 September. Jadi musim panas hampir berakhir, dan biasanya kalau sudah sejuk, tanaman makin subur, dan akan bernasib tragis ketika datang musim dingin hiks πŸ™ .

Tahun lalu tutup kebunnya lewat tanggal 20 November, dalam semalam dilibas si dingin dan tamat kemudian bongkar umbi-umbi bunga, keringkan dan taruh gudang.

Sudah ah jangan ngomongin yang sedih dulu. Balik ke soal kebunku ya, tetap semangat sampai November atau Desember nanti πŸ˜‰ .

Kita ke balkon depan rumah saya dulu yuk ..

Balkon Depan Rumah. Beberapa Bunga masih ada yang belum Mekar

Balkon Depan Rumah. Beberapa Bunga masih ada yang belum Mekar

Pada sudut ini, ada 3 jenis bunga lili, yakni: Bunga Lili Oriental Red White, Asiatic Lili Orange, Pfauenlilien dan Lili Casablanca. Bunga lili yang sudah pernah mekar adalah Lili Oriental Red White, dan saya sedang nunggu kelopak berikutnya mekar. Asiatic Lili Orange, yang terlihat di foto adalah generasi berikutnya. Jadi lili ini sudah pernah berbunga, masa tenang kira-kira 1,5 bulan lalu bersihkan batang-batangnya dan tanam lagi umbinya tumbuh lagi dong. Detail cerita bunga lili dan tips penanamannya, nanti ya, kalau semua jenis sudah mekar.

Kemudian ada 1 tanaman tomat coklat, tanamnya sudah telat sih, untungnya sudah ada bakal bunganya.

Masih di balkon belakang, sudut satunya lagi.

Sisi Lain Balkon Depan

Sisi Lain Balkon Depan

Di sudut ini ada dua bunga Hollyhocks, warna kuning sudah berbunga dan yg pink belum. Di foto tampak yang warna coklat kering, itu dalamnya benih bunga Hollyhocks. Ada Foxglove baru akan berbunga tahun depan, lalu bunga Gladiol sudah berbunga semua.

Paling Kiri dua bunga Hollyhocks, warna kuning sudah Berbunga dan yg pink belum, lalu ada Foxglove Baru akan Berbunga tahun Depan, paling kanan Gladiol

Paling Kiri dua bunga Hollyhocks, warna kuning sudah Berbunga dan yg pink belum, lalu ada Foxglove Baru akan Berbunga tahun Depan, paling kanan Gladiol

Buncis saya mau keringkan untuk ambil bijinya sebagai bibit untuk tahun depan. Tomat cherry yang merah siap dipetik. Tanaman ketimun hanya satu buahnya, ukurannya lumayan besar. Terong ada 3 buahnya, kalau zucchini ada 2 pot, belum dipetik juga. Saya senang menanamnya, petiknya malas euy 😳 .

Video Balkon Depan

Tanaman dalam Rumah

Beberapa kaktus sudah diganti tanah yang baru, ada yang muncul anakannya. Kalanchoe belum berbunga. Spiderplant sudah berbunga, anaknya makin panjang. Calla yang kuning, daunnya kering, malas ngurusnya. Calla jumbo makin lebat daunnya, dan muncul daun lagi, sudah pernah muncul 2 bunganya, sedangkan yang pink ko belum tumbuh juga yaa.

Penasaran dengan dua karton terbuka?, isinya benih-benih bunga yang kering, nanti saya urus ketika musim dingin saja πŸ˜€ .

Stephanotis. Madagascar Jasmine wanginya kuat sekali. Bunganya digunakan pada wedding bouquets. Kiri foto terbaru 26.08.2013. Kanan ketika Baru Beli 28.06.2013

Stephanotis. Madagascar Jasmine wanginya kuat sekali. Bunganya digunakan pada wedding bouquets. Kiri foto terbaru 26.08.2013. Kanan ketika Baru Beli 28.06.2013

Sekarang menuju balkon belakang..

Pemandangan Balkon Belakang 26.08.2013

Pemandangan Balkon Belakang 26.08.2013

Detailnya

Cabai dan Paprika

Tomat

Mawar terbaruku πŸ™‚

Lainnya dan penutup πŸ™‚ .

Video Balkon Belakang

β€œFlowers always make people better, happier, and more helpful; they are sunshine, food and medicine for the soul.” – Luther Burbank-

Artikel yang Mungkin Kamu tertarik Membacanya:

Advertisements

87 thoughts on “Update Kebun Musim Panas

    • Hahaha aku juga kalau jalan-jalan selalu kesemsem dengan taman orang πŸ˜€ . Untungnya sebagian besar rumah orang-orang disini tanpa pagar, jaid bisa menikmati keindahan bunga-bunga mereka πŸ˜‰ .

  1. Hallo salam kenal mba’ Nella, aku Triya. liat postingannya mba aku jadi semakin pingin mengembangkan kemampuan berkebun ku. Tapi liat tanaman-tanaman unik dan cantik seperti di blognya mba aku jadi bingung gimana caranya dapetin bibit-bibit tanaman itu. Seperti Wisteria atau Magnolia, sepertinya sedikit susah didapat di Indonesia.Makasih mba atas ide-ide dan tips-tipsnya.

    • Hai Triya salam kenal juga ya πŸ™‚ . Wisteria dan Magnolia memang jarang sekali di jual di Indonesia, lagipula kedua pohon tersebut berbunganya setelah mengalami musim dingin, kalau tidak kena dingin dedaunannya saja yang lebat.

  2. kk nella, sy suka bgt blog nya kk nella..
    di tengah2 letihnya urusan kmps pst sllu brusaha buka blog kk nella..
    bunganya cantik smw kk nella..
    pgn deh ke jerman ktmu kk nella
    hihi

  3. Kecintaan Jeng Nella berkebun berbuahkan balkon dan tanga nan cantik. Sudah mulai bongkar umbi untuk disimpankah Jeng? Untuk evakuasi mawar di musim dingin, kiat praktisnya bgmn ya? Trim Jeng selalu berbagi ilmu. Salam

    • Hai bu Prih, saya bongkar2nya akhir Nov. Untuk bunga mawar biasanya dibiarkan saja diluar, daun-daunnya akan rontok. Thn depan ketika winter berakhir, cabang2nya dipotong bbrp cm kemudian tumbuh dedaunan baru πŸ™‚ .

  4. Gambarnya bagus2. Cuaca yang sangat cerah. Ternyata di sana kalo pas musim panas juga bisa jadi indah kayak di Indonesia.

  5. wonderful, liebe Nella! I want them all! πŸ™‚ Danke schΓΆn for your stop-overs @ NP, good luck & guten nacht! πŸ™‚ Friendly hugs, MΓ©lanie aus “Tulus”, France… πŸ™‚

    url balauru.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

  6. Aku juga nanem nanem mba.. Tp gk ada yg berbuah. πŸ™ sedih. Mungkin karna potnya sempit kali ya. Aku juga nanem Kangkung, bawa bibit dari Indonesia kemaren πŸ˜€ tapi lama bener gk gede gede. Gak sabar makan tumis kangkung.

    • Hai Mega wah asyik dong ya, berkebun juga πŸ™‚ . Klo benih tanamannya kecil sekali spt pasir bisa kasih selapis tisu toilet diatas tanahnya, lalu taburi benih diatasnya kemudian semprot perlahan dengan air, lalu timbun tanah. Klo langsung benih sayuran ditabur ke tanah jarang yg numbuh, akarnya terlalu rapuh belum kuat nancam ke tanah.

  7. Kelihatan banget ya kalo Mba Nela punya “taste” dalam urusan pelihara tanaman πŸ™‚ Liat foto tomat di balkon belakang warna merahnya “merah melotot” :mrgreen:

  8. Aaargh, bagus banget sih Nel. Aku sukaaaa liat balkonya. Nanti pas udah mekar semuanya potoin lagi dooong. Udah tau sih kau suka tanaman tapi kau beneran green thumb gitu ya.

  9. keren-keren ni koleksinya Mba ^^
    kalau kurang cabe, tomat tinggal petik πŸ˜€

    url 4youblog.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 29.01.2017

  10. WOW! Keren abis, mba Nella.. Telaten banget ya ngurus tanemannya. Trus kalo musim dingin jadi mati semua gitu mba tanemannya? πŸ™ Trus musim panas mulai nanem lagi gitu? Trus nanemnya mulai dari biji ya? *nanya bertubi-tubi* Hihihi.. abisnya penasaran πŸ™‚

    • Klo bunga-bunga berupa umbi spt dahlia, gladiol, lili, dedaunan dan batangnya dibuang lalu umbinya diangin-anginkan, setelah kering simpan di gudang. Thn berikutnya mulai Maret tanam lagi.
      Untuk sayuran, cabe, tomat dan sejenisnya pas winter akan mati, thn depan tanam bibitnya lagi deh πŸ˜€ .

  11. Salut buat mba’ Nella,
    bisa merawat tanaman segini banyaknya πŸ™‚

    Apalagi bunga lilinya, bikin iri aja.
    hehehe….

    Oya, mba’ Nella memiliki kiat2 khusus ga sih dlm merawat semua tanamannya?
    mulai, dari penanaman, pemeliharaan, pemupukan, & pengendalian hama penyakit yang bikin jengkel luar biasa. πŸ™

    abis tanaman yang udah siap berbunga malah koit gara2 kena hama tanaman. πŸ™

    buat mba’ Nella tetap semangat ya. πŸ™‚

    • Klo kena hama, biasanya saya buru-buru cari cara menanggulanginya di google. Pernah bbrp kali tanaman-tanamanku ini terkena kutu dan laba2 merah yg ukurannya kecill sekali. Untunglah saat ini bersih semua.

      • Oh gtu,
        oya mba’
        boleh nanya cara menyemai biji2an yg baek spy bisa tumbuh dgn baek gimana cara nx mba’?
        soalnya saya sdh beberapa kali mncoba menyemai biji2 bunga yg dijual secara online malah ga ada yg numbuh low pun ad ga brp lama bibitnya mati.

        • Untuk benih bunga dan sayuran yang ukurannya kecil sekali, saya tanama dulu di wadah yang kecil. Wadahnya saya isi tanah separuh wadahnya, lalu saya taruh satu lapis tissu (tipis), saya taburi bibit diatas tisunya, lalu semprot hati-hati dan timbun tanah kira-kira setinggi 1 cm. Biasanya klo benih sangat kecil susah sekali klo ditanam langsung ke tanah. Coba lihat gambarnya di tulisan saya yang ini klik disini.

  12. Jadi pengen nyanyi -Lihat kebunkuu.. penuh dengan bungaaa- Kelar nyanyi*taruh mic*..

    Wih.. Selalu seneeeng liat koleksi kak Nella. πŸ˜€ Pot2nya juga lucuu bgt..

  13. wah, mbak… ada berapa ratus tuh, pot dan tanamannya? Banyak bangettt…! πŸ™‚
    sama seperti masak, tanganku ini nggak bakat (nggak suka?) deh, megang2 tanaman. Jatuhnya jadi fals. Haha, emang nyanyi…?
    Padahal sama dengan hobby makan, aku juga sebenernya seneng liat bunga2 itu. Haha, curang ya? πŸ˜†

  14. Wah kebunnya ok juga tuh, Mbak. Kalau mau bikin sayur tinggal petik tomat dan yang sejenisnya di balkon ya πŸ™‚
    Ngomong-ngomong, itu yang disebut “Calla” apakah calladium atau keladi-keladian?

    • Iya Chris tinggal petik sesuai kebutuhan πŸ˜‰ .
      Calla punyaku ini ordo & keluarganya sama spt Calladium. Berbeda di genusnya, Calla adalah genus Zantedeschia, sedangkan bunga keladi genusnya Caladium.

  15. wah keren nel..
    Rumah aku 100 % panas alias halamanya kena matahari jadi bunga bunga yg aku taman rata rata kamboja karena tahan panas to alias senang.
    Rata rata rumput rumput hijau..
    wah mantap bunganya, bunga ungu gede namanya bunga apa ya..

  16. Mba Nella bener telaten banget yah ngurus tanamannya, pasti nanemnya dengan perasaan happy sampe tanamannya bisa berbuah dan berbunga begitu dengan cantiknya:)

    ( link dianryan.blogspot.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 06.10.2016 )

  17. Melihat foto-fotonya saja membuat hatiku segar, kak. Apalagi kalau melihat langsung ya? πŸ˜€ No wonder you’re always happy kak πŸ˜‰

Comments are closed.