Asisten Berkebun Saya beri Tugas Anak Kecil Ini Cabut Daun Kering dan Tanaman Liar

Asisten Berkebun Saya beri Tugas Anak Kecil Ini Cabut Daun Kering dan Tanaman Liar. Pada video dibawah ini saya ingin share keadaan kebun di balkon saat musim panas 2020, panasnya sampai hampir akhir Juli ini menurutku menyenangkan, tidak terlalu panas, semoga tidak sampai ada panas lewat 35 an derajat C supaya bisa lihat-lihat kebun saat matahari menyinari balkon.

Asisten Berkebun Saya beri Tugas Anak Kecil Ini Cabut Daun Kering dan Tanaman Liar

Selain menyiram tanaman, dua anak kecil Benjamin dan Lisa yang juga asisten berkebunku saya ajari merapikan tanaman. Mencabut dedaunan yang sudah kering dan saya kasih tahu abang Ben untuk cabut tanaman liar juga.

Kalau Lisa lebih suka memetik apa aja yang terlihat mulai merah dan bisa dimakan haha, disuruh cabut daun kering, daun yang hijau dan bunga ikutan dia cabut juga.

Namanya anak kecil biasalah suka ngeyel kalau diajari, ada tanaman yang tidak perlu digunting, melainkan hanya dicabut pelan saja sudah akan lepas itu daun kering dari tanamannya, eh si Ben maunya gunting daun keringnya haha.

Benjamin suka berkebun, ini anak tidak bisa lihat buah ada bijinya, apa-apa mau minta ditanam. Saya makan apel, pir dia minta bijinya, adiknya makan plum dan cherry dia bilang „bijinya buat aku yaa“ ; padahal kalau nanam buah dari bijinya paling tidak butuh waktu 10 tahun lihat bakal buah pertamanya.

Baca juga: Pohon Buah Depan Rumah yang Umumnya ditanam di Jerman

Si bocah sih tidak terlalu peduli hasil akhir (buah), dia suka lihat prosesnya. Mulai dari nanam benih/bijinya, trus disiram, kalau numbuh dia girang banget, trus setiap hari ada 1 cm numbuh daun baru aja dia pamerin itu hasil tanamnya ke bapaknya haha.

Saya kasih tahu juga si bocah, kalau bibit baru numbuh kecil begitu taruh ditempat teduh, kalau kena sinar matahari terik akan mati kepanasan. Sejauh ini ada sih nasehat ku yang dia ikuti, tapi kalau menurut dia tidak masuk akal, tidak diikuti anjuranku haha, misalnya kalau panas terik tanaman disiram kan tidak ada gunanya, itu tanaman lagi kerja melakukan proses fotosintesa, percuma mau disiram akarnya tidak bisa menyerap air dengan baik, lebih baik siram tanaman pagi sekali atau sore setelah sinar matahari tidak mengenai tanamannya lagi, eh dia malah rajin siram tanamannya siang saat panas terik.

Tulisan Terkini

Saya kadang puyeng si bocah banyak maunya, mau nanam macem-macem ya bagaiman tempatnya terbatas, trus bagaimana merawatnya kann semakin besar tanamannya harus dipindah ke pot besar, kita hanya punya lahan sempit, berkebun di balkon rumah saja guys.

Sejauh ini yang berhasil Benjamin tanam dan numbuh seperti biji bunga matahari, biji bunga wisteria, biji tomat hitam dan lainnya bibit bunga-bunga yang saya lupa karena tidak diberi nama.

Video Ngajarin Anak Kecil Berkebun Cabut Daun Kering dan Tanaman Liar

Saya suka sekali berkebun, tergila-gila pokoknya 🙂 . Walau cuma berkebun di balkon, berkebun di lahan sempit begini tetap bisa ko tanaman yang saya rawat berbakti alias bibit yang saya tanam berbunga, sayuran yang saya tanam dari bibit menghasilkan.

Rumah saya ada 2 balkon nya. Balkon depan ukuran kecil saja, ditempat ini kena matahari sore, yang kalau summer ampuun deh panasnya bisa sampai 40 derajat C. Makanya saya pilih aneka tanaman yang tahan garangnya sinar matahari sore di balkon ini.

Baca juga: kumpulan merawat bunga anggrek agar subur berbunga

Balkon belakang ukurannya 2 kalinya balkon depan. Di balkon ini kena matahari pagi dan siang. Kalau summer saya juga menaruh koleksi bunga anggrek saya di balkon. seperti anggrek Dendrobium, Cattleya dan Vanda tahan panas.

Demikianlah cerita saya mengenai Asisten Berkebun Saya beri Tugas Anak Kecil Ini Cabut Daun Kering dan Tanaman Liar. Kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke blog saya dan suka tulisan ini silakan subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

 

Advertisements
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: