Heboh Tanaman Dolar Penyebab Leukemia yang Mematikan

loading...

Selama hampir seminggu ini pencarian ke blog saya ada yang tidak biasa dari mesin pencari, kata kunci berikut banyak sekali: bahaya pohon dollar, bahaya pohon dolar, bahaya tanaman dollar, tanaman hias beracun, tanaman beracun dan fotonya. Padahal saya tidak pernah sama sekali membahas detail tanaman dolar tersebut, hanya upload foto-fotonya saja saat menceritakan koleksi tanaman saya.

Satu lagi yang ramai juga dikunjungi adalah artikel saya yang berjudul tanaman beracun jauhkan dari anak-anak. Sepertinya artikel tersebut jadi ramai dibaca kembali karena juga ada sangkut pautnya dengan kata kunci bahaya pohon dollar .

Heboh Tanaman Dolar Penyebab Leukemia yang Mematikan
Zamioculcas zamiifolia dikenal juga sebagai tanaman dolar. Sumber foto wikipedia Jerman

Di Fb saya sempat beberapa kali baca mengenai pohon dollar, saya hanya baca ala kadarnya. Pernah masuk grup berkebun dibahas pohon dollar juga dan karena sudah beberapa kali dibahas tuntas, kalau ada yang baru nanya lagi adminnya langsung kasih peringatan baca thread sebelumnya πŸ˜† . Kenapa tanaman tersebut menimbulkan kehebohan sih saya bertanya sendiri?, wong dari dulu saya punya tanaman dolar sebagai houseplant biasa saja tidak terjadi apapun :mrgreen: .

Kalau ada yang share berita, contohnya tanaman dieffenbachia dulu juga sempat heboh sekali katanya sangat berbahaya. Moment hebohnya Dieffenbachia selesai sekarang gantian bahaya tanaman dollar. Nah saya heran sama mereka yang asal heboh tidak mencari kebenarannya, copas berita separuh aja, cuma bikin copas dari sebelah, copas dari tetangga tanpa menyertakan sumber terpercaya.

Banyak yang komen asal komen tidak merujuk (menyertakan) literatur atau lembaga yang dapat dipercaya, hanya kata si anu, kata bapakku, kata temanku, sebagian besar hanya bilang katanya .. kesannya para komentator ko malah menakut-nakuti pembaca, dan para pengikut setia sosial media terbawa arus ikutan takut tanpa alasan πŸ™„ .

Berita HOAX tanaman dolar penyebab Leukimia

Yang lagi heboh adalah berita berikut (screen shoot diatas kuatir tidak terbaca):

Copas dari sebelah.
Bila ada yg tau nama tumbuhan dlm artikel di bawah ini tolong ditulis dlm kolom komen.
BAHAYA PENYAKIT LEUKIMIA !!!!
Adik ipar saya umur 31 thn baru meninggal semalam disebabkan oleh Leukimia. Almarhum semasa hidupnya meneliti utk gelar Master in Botanical di kampus USM mengkaji sejenis tumbuhan ini. Rekan satu tim research beliau sdh meninggal setahun yg lalu mengidap penyakit leukimia juga. Almarhum dpt bertahan hingga semalam. Memang hasil penelitiannya telah disahkan oleh

pihak kampus USM dan pihak Kementrian Kesehatan bahwa Leukimia itu dapat ditimbulkan dari tumbuhan tsb. Jadi cerita D Hizzad Bole penyebab kanker darah (Leukimia) ternyata terbukti.
Di China sdh cukup lama diketahui tentang bahaya tanaman ini, tapi hanya diberitakan suratkabar China saja. Sedangkan ditempat kita tanaman ini dirawat & dijadikan tanaman hias di rumah..
PERHATIAN DAN WASPADA !!!
Jika ada tanaman ini dirumah,
silahkan secepatnya musnah dengan membakarnya sebelum tanaman berbunga. Karena dari bunganya menyebabkan kanker darah (Leukimia).

Ada juga versi bahasa melayu yang intinya sama persis.

Saya acungi jempol kehebatan sosial media sekarang ini, berita tersebut di posting di Fb seseorang tanggal 11 januari 2016 (bukan teman saya jadi tidak bisa dikomenin) dan saya baca dua hari kemudian sudah di share sebanyak 7730 kali. Dahsyat kecepatan share di sosmed!. Masalahnya adalah apakah berita tersebut benar atau palsu? Kalau HOAX (TIDAK BENAR) maka Anda sudah menjadi salah satu penyebar kebohongan publik dong!.

Komen-komen yang bikin saya senyum-senyum mengenai tanaman dolar (zamio palme) ini antara lain:
β€’ Bunganya yang bisa bikin leukemia. Lah orangnya sudah dari lahir ada gen leukemia ko tanaman disalahin?.

β€’ Nyata getahnya bila kena kulit apa lagi kena mulut (siapa tau di gigit) itu tak lama kemudian kulit kita mengalami rasa panas dan sakit seperti di tusuk” sama jarum ..Oh alangkah bahaya nya kalau kena anak” kecil karena sakit nya berlangsung lama sekali. Duuuhh ibu yang komen, baca wiki bu tanaman Zamioculcas ini seluruh bagian tanamannya beracun, tanaman ini mengandung kalsium oksalat. Kristal kalsium oksalat ini seperti jarum dapat mengiritasi kulit dan tenggorokan.

Tingkat iritasi kulit setiap orang berbeda-beda. Jadi memang benar bu ditusuk jarum kalsium oksalat bukan seperti lagi, MEMANG! πŸ™„ Perlu diketahui Kalsium oksalat bukan senyawa karsinogenik (penyebab kanker), dan kristal kalsium oksalat banyak terdapat dalam sayuran yang sering kita konsumsi seperti: Peterseli, Chives, singkong, bayam, daun bit, wortel, lobak, sawi, kacang, kubis Brussel, bawang putih, selada, selada air, ubi jalar, Turnip, brokoli, seledri, terong, kembang kol, Asparagus, kubis, tomat, kacang, Turnip hijau, kentang, bawang, Okra, Lada, Squash, Ketimun, Jagung dan sayuran lainnya!.

Kalau kamu tertarik mengetahui apakah berbahaya garam kalsium oksalat pada tanaman silakan baca artikel berikut http://www.exoticrainforest.com/Calcium%20oxalate%20crystals.html

β€’ Aduh dirumah punya tanaman ini.
β€’ Duuh pak di rumah banyak banget aq tanam bunga ini, ijin share pak dok aq mau musnahin dulu ne bunga dari rumah.
β€’ Menurut yg saya copas, bunganya yg bisa bikin leukemia. Kl ada ahli pertanian di timeline ini tolong beri penjelasan terutama namanya. Sekali lagi tolong lihat betul2 gambarnya….. jangan sampai salah memusnahkan.
β€’ Bisa cari di google sumber.nya ini link. Yaelah pak saya kira sumber terpercaya dari ahli, saya klik ternyata malah sumbernya adalah link akun fb orang agamawi sekali, tidak mau bilang agama apa nanti saya dikira rasis.
β€’ Komen lainnya, buanyak sekali cuma minta izin share.
β€’ Dalam satu jam saya balik ke fb orang ini sudah diangka 8.000 share 😯 .

untuk ke halaman berikutnya klik β‡’ Next/Lanjut

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

127 thoughts on “Heboh Tanaman Dolar Penyebab Leukemia yang Mematikan

  • March 22, 2017 at 7:47 am
    Permalink

    Dulu pernah tanam itu tapi mati sendiri, mungkin tidak terurus.

    Reply
    • March 22, 2017 at 10:02 am
      Permalink

      Tanaman dolar saya juga hampir mati, tadinya mau saya buang, lalu saya coba rawat lagi, ganti media tanam beri pupuk dan siram teratur (jangan terlalu sering) akhirnya numbuh mata tunas baru dan tumbuh beberapa cabang baru πŸ™‚ .

      Reply
  • October 28, 2016 at 7:15 am
    Permalink

    Aku bru minta tu tanaman, bru mo mletakkn drmh bru yg niatnya mo dtempati, ttangga drmh ibu ku blg tanaman tu gak bgus dtanam, bbahaya katanya, gak jelas katanya doank, lgsg ku kirim ke grup tmn kuliah tnya ap bnr bahaya krn gak tau nma tanamn nya, pas tmn blg tu tanamn pemicu kanker kaget luar biasa, msh gak pcya masa tanaman bgtu cantik bbahaya, lgsg buka google dg modal kata “tanaman pemicu kanker” kluar deh penjelasn lengkap, waduh tnyata cma isu alias HOAX, Alhamdulillah gak jd dbuang deh

    Reply
  • September 17, 2016 at 1:02 am
    Permalink

    Asyukurlah cuma hoax saya malah baru baca artikel nya temen tau dr fb share tadi subuh…
    Sy langsung bengong masa si??? Langsung deh buka mbah gioogle dan baca ini ketinggalan jaman bgt ya itu udh dr januari beritanya sy baru baca pagi ini hehe… syukur cuma hoax. Mksh infonya

    Reply
  • August 26, 2016 at 10:12 am
    Permalink

    Makasih banget infonya … Hampir aja aku singkirkan bunga dolarku … aku suka tanam bunga ini karena perawatannya gampang … bunga ini bagus di tempatkan dimana saja … syukur aku kenal mbah google jadi tau info sebenarnya.
    Terima kasih penjelasannya …

    Reply
    • August 27, 2016 at 8:49 am
      Permalink

      Hi mbak Faizah wah untung belum dibuang ya.. ada yg komen katanya tuh isu dibikin penjual tanamannya sendiri loh πŸ˜€ . Iya gampang perawatannya, gak perlu tiap hari pula disiram.

      Reply
  • August 10, 2016 at 10:41 am
    Permalink

    Untungnya gue bukan org yg gampang percaya isu2.. bunga dollar gue di dalam dan di luar rumah pd rimbun. Semoga dollar juga ikut rimbun di rumah. Amin.

    Reply
  • June 5, 2016 at 6:32 am
    Permalink

    Lakukan cek dan recek terlebih dahulu terhadap sebuah informasi

    Reply
  • May 30, 2016 at 4:56 am
    Permalink

    Aku mau pagerin tanaman aku dari tikus, pakai apa ya? Aku udah coba macem2 dari mulai bambu, kawat, sampai kain, tetap aja tikusnya masih bisa masuk

    Reply
    • June 4, 2016 at 10:37 pm
      Permalink

      Hai Mila, pelihara kucing atau anjing deh πŸ˜€ . Saya pernah baca katanya taburi serbuk cabe di kebun kita. Atau pakai racun tikus. Cara lainnya bisa cari di google pakai kata kunci “how to avoid rat from garden” .

      Reply
  • May 24, 2016 at 11:17 am
    Permalink

    Benaran HOAX ya? jadi was-was, masalahnya di sekolah saya ada satu pot tanaman dolar ini. Awalnya senang ketika kepala sekolah beli itu bunga, karena tanaman itu beda dari yang lainnya.
    Semoga saja hoax. Terimakasih infonya

    Reply
  • May 9, 2016 at 1:46 pm
    Permalink

    he.he. inilah Indonesia kalo udah katanya….!!! langsung pada percaya, sekedar info saya punya zamiaculkas varegata kalo2 ada yang mau koleksi !

    Reply
  • April 28, 2016 at 9:10 am
    Permalink

    Kalau tidak salah tanaman jenis Euphorbia juga sempat dikatakan berbahaya ya? Ya iyalah berbahaya, lha wong itu batang isinya duri semua. Hahaha… πŸ˜†

    Reply
    • April 28, 2016 at 9:29 am
      Permalink

      Dear pak Tatang keluarga Euphorbia ada yg berduri ada juga yg tidak. Salah satu yg berduri Euphorbia milii ibu mertua saya punya, bunganya bagus warna pink πŸ˜€ .

      Reply
      • April 28, 2016 at 9:45 am
        Permalink

        Dulu sebelum pindah ke Singapura, saya juga hobi bunga. Sempat bermain-main dengan Adenium bahkan sampai menanam dari benih. Yang satu lagi Euphorbia. Tapi biasanya yang Euphorbia saya stek saja.

        Berkebun emang bisa ngilangin stres, ya Mbak. Hehehe… :mrgreen:

        Reply
        • May 24, 2016 at 11:26 am
          Permalink

          Benar banget, lihat banyak tanaman bungadi rumah bisa hilangin stres. Kalau saya masih suka tanaman bougenville variegata, adenium dan kamboja karena bunganya bisa pakai untuk banten/canang. Dan skarang mulai berkebun Naga, krn di Nusa Penida sedang ngetrennya.
          Tanaman bunga layaknya obat refreshing.

          Reply
  • April 23, 2016 at 9:23 am
    Permalink

    Makasih banget infonya,hampir aja ak percaya,dah sekali ak share infonya,terus ak penasaran klo memang beracun! Knpa br ad 2org yg terkena leukimia dr bunga dollar?! Ak buka link BAHAYA BUNGA DOLLAR,ternyata HOAX,semoga info dr mba ini membuka mata,jangan langsung percaya ap yg didengar n heboh,thanks utk infonya semoga bund n kt smua diberi kesehatan amiin

    Reply
  • April 18, 2016 at 7:16 am
    Permalink

    saya baru mendengar semalam tentang berita tenaman ini dari seorang teman saya yang kebetulan melihat banyak sekali tanaman dolar dirumah saya. yang katanya dia mendapatkan info dari petugas kesehatan dan puskesmas di kota saya.
    dan untungnya saya tidak percaya berita itu, dan saya masih memiliki bunga dolar yang imut πŸ˜€

    Reply
    • April 19, 2016 at 10:09 am
      Permalink

      Tanaman dolar saya juga imut hehe gak besar2.. bulan lalu saya pindah pot semoga jadi rimbun. Cuma hoax saja ko gak beneran berbahaya tuh dolar.. sdh sebulan hoaxnya gak hilang πŸ˜€ .

      Reply
  • April 15, 2016 at 1:47 pm
    Permalink

    Makasih infonya. Hampir aja mau buang tanaman ini padahal lagi mau berbunga. Tetangga udah pada buang soalnya hahaha.

    Reply
  • April 13, 2016 at 1:46 am
    Permalink

    ternyata itu hoax ya, hampir saja saya membuang tanaman ini. hadehhh…. trimakasi infonya.

    Reply
  • April 6, 2016 at 8:39 am
    Permalink

    Benar k?? Bunga beras kuta sma bunga dolar brbhaya????

    Reply
    • October 2, 2016 at 6:41 am
      Permalink

      Nenek saya meninggal 1th yg lalu krna leukimia, stelah nenek saya meninggal sebulan kmudian ada berita bhwa ada satu tanaman hias yg bisa menyebabkan leukimia, dan ternyata tanaman itu adalah tnaman dollar, stelah sya tau berita tsb, saya langsung nyari tnaman tu d rumah alm nenek saya, siapa tau ada, & ternyata nenek saya mmpunyai nya,,dkat samping pagar besi ,,sontak saya trkejut..tpi entahlah..bkan brarti sya lngsung percaya bhwa tnaman tu penyebab nenek saya meninggal..kita balik ke kpercayaan kita msing2..

      Reply
  • April 4, 2016 at 10:52 pm
    Permalink

    bukti nyata tanaman ini ga bermasalah: dulu waktu kecil, tanaman ini merambat di seluruh dinding garasi rumah, Alhamdulillah sekeluarga sehat wal afiat sampe sekarang πŸ™‚

    Reply
    • April 7, 2016 at 4:40 pm
      Permalink

      Hai Ajeng wah kamu punya tanaman dolar yg merambat ya?, aku penasaran belum pernah lihat yg tipe merambat di Jerman sini hehe :mrgreen: .

      Reply
  • March 25, 2016 at 11:11 am
    Permalink

    mbak, mama saya punya banyak bunga dollar dirumah. udah sampe berkembang dan ada bunganya. karna dapet berita kalo tanaman ini penyebab kanker, yang pot besar udah dibuang-buangin mama. kata mama bener ato enggaknya yang penting antisipasi dulu. yang lainnya mau dibuangin juga segera. -_-

    Reply
  • March 24, 2016 at 2:48 am
    Permalink

    manusia yang tak bertanggung jawab atas postingannya…..pohon dolar yang saya rawat dan sering saya bersihkan daunnya biar mengkilap dan bersinar di buat berita yang ngak ada benar nya….bahkan saya ngak percaya sama sekali dengan berita tersebut….padahal saya penempatan kan tanaman ini sebagai tanaman yang saya letakan di teras rumah …..saya ngak tau entah tananaman apalagi yang akan di bilang beracun…..bagi saya setiap tanaman mengandung unsur racun tersendiri……tapi kalau hanya tujuan menghias rumah dan juga tanaman yang kita tanam juga bertujuan membersihkan udara sekitar…..sungguh saya kesal sekali dengan berita tak bertanggung jawab ini…..

    Reply
    • April 30, 2016 at 2:19 am
      Permalink

      Angkat tanahnya, ada gas bibagian akar dan gas tersebut yg berbahaya

      Reply
  • March 19, 2016 at 4:38 am
    Permalink

    karna tanaman dollar trus tanaman rupiah trkena leukimia…hehee

    Reply
  • March 19, 2016 at 1:17 am
    Permalink

    saya diberitahu saudara ttg ini, disaya ada 1 pot tanaman ini, sdh nunggu 1 th biar berkembang, skrg sdh cukup bagus tapi belum berbunga. Krn ini saya masih coba menyimpan sambil cari info tanaman ini. Untunglah ternyata hoax. Tapi dimana dinas kesehatan kita ya? apa mereka sdh meneliti hal ini ? Jika ada yg tahu informasi mereka ttg hal ini mgkn bisa di share. Terima kasih.

    Reply
  • February 27, 2016 at 8:32 am
    Permalink

    Trus terang saya baru tau siang ini dari pengunjung pameran di kabupaten konawe, karena sebelumnya saya tidak tau. kebetulan stand kec. uepai yang sy jaga ada tanaman seperti ini, si pengunjung bertanya sekaligus memberi tau “ini tanaman yang mennyebabkan leukimia kan? saya baca ad penelitinya dua orang mati kena leukimia pada saat eneliti ini!” karena saya tidak tau ya saya mendengarkan dengan seksama, setelah pengujung itu pergi teman sesama penjaga stand menjelaskan “yang berbahaya itu bunganya bukan daunnya!” karena tanaman di stand tersebut tidak ad bunganya jadi dianggap tdk berbahaya.
    Untuk memastikan makanya setibanya dirumah saya langsung online untuk mencari tau kebenarannya!
    dan trima kasih setelah sy membaca artikel ini sekarang saya sudah tau yang sebenarnya.

    Reply
  • February 27, 2016 at 2:42 am
    Permalink

    sebaiknya diteliti secara ilmiah lagi, karena 2 minggu yang lalu anak temen saya juga meninggal dunia karena leukimia. dan memang sepertinya dirumahnya banyak tanaman hias yang ada pohon dolarnya juga. wallohu a’lam.

    Reply
  • February 26, 2016 at 1:02 am
    Permalink

    aku dr kota padang.
    sy dpt berita ini dr tetangga. para tetangg lain udh langs musnahin si dollar ini. mrk nanya, ga ikutan? ntar dulu, mo tanya mbah google dl. akhrnya dpt bacaan ini, kaya ny sy urungkan deh ngemusnahin. tq mak ny benjamin…:-)

    Reply
  • February 26, 2016 at 12:59 am
    Permalink

    sy dpt berita ini dr tetangga. para tetangg lain udh langs musnahin si dollar ini. mrk nanya, ga ikutan? ntar dulu, mo tanya mbah google dl. akhrnya dpt bacaan ini, kaya ny sy urungkan deh ngemusnahin. tq mak ny benjamin…:-)

    Reply
  • February 22, 2016 at 5:33 pm
    Permalink

    Sy malah baru dengar tadi sore dari suami yg dpt info dari tetangga soal pohon dollar pnyebab leukemia.sy diam saja walo heran & tdk percaya krn setahu sy leukemia sdh bawaan dr penderitanya.makanya sy langsung tny mbah google & terjawab sdh lewat artikel ini.seandainya benar pun sy tetap tdk tega memusnahkan 4 pot pohon dollar sy yg cantik.paling sy akan cari tahu cara pencegahannnya.bersyukur sekali berita itu adlh hoax

    Reply
    • February 22, 2016 at 5:46 pm
      Permalink

      Hai mbak Shinta, iya cuma berita hoax saja ko. Sayang sekali kalau tanamannya sampai dibuang. Kabar hoax zamio ini sudah sebulan mbak masih ramai aja nih πŸ˜€ .

      Reply
  • February 18, 2016 at 9:01 am
    Permalink

    semua tanaman dibumi ini indah ngga jahat

    Reply
  • February 18, 2016 at 3:15 am
    Permalink

    Nice infonya mbak Nella, sekarang banyak sekali info yg HOAX,
    maka kita harus lebih selektif terhadap media, dan jangan dikonsumsi mentah-mentah (kayak makanan ya, hee). Salam kenal ya mbak, aku dari Bali.

    Reply
  • February 17, 2016 at 6:23 am
    Permalink

    Izin share ya kak…
    Soalnya di desaku lg heboh ini..
    Semua tanamannya pada d bunuh..
    Padahal ngerwatnya dh lama..
    Mksh..

    Reply
  • February 11, 2016 at 5:26 pm
    Permalink

    Untung sy tdk musnahkn pohon dolarku,,,, memang dari awal sy tdkpercaya,,

    Reply
  • February 11, 2016 at 4:54 am
    Permalink

    saya pernah mendapatkan bc tentang pohon dolar yg berbahaya. tapI karena sumbernya tidak jelas dan hanya stengah setengah…. akhirnya saya biarkan saja. Kebetulan kemarin keponakan saya baru saja meninggal karena leukemia. Baru dua bulan divonis leukemia dan kemarin malam berpulang. nah…. secara tidak sengaja sewaktu ngobrol dengan ayah dari keponakan saya…. dia sepertinya percaya kalo leukemia anaknya jgn jgn disebabkan karena tanaman dolar ini. krn saya tidak yakin saya menyarankan padanya untuk searching lebih banyak lagi. dengan membaca tulisan di emaknya benjamin ini saya jadi lega. karena informasi yg sy terim selama ini memang kelihatan ngawur.

    Reply
    • February 11, 2016 at 6:57 am
      Permalink

      Dear mbak Widya turut berdukacita untuk keponakan mbak πŸ™ . Sudah hampir sebulan hoax tanaman dolar ini masih ramai dibicarakan, masih banyak yg percaya dan membuang tanaman mereka πŸ™ ada juga yg sdh keburu buang baru cari kebenarannya.

      Reply
      • February 14, 2016 at 2:56 pm
        Permalink

        Mbak… Setahu aku tuh tanaman Zamia mana ada bunganya? Sejak aku tanam sepuluh tahun lampau, aku ngga pernah lihat ada bunganya. Dari itunaja aku yakin ini hoax. Tq

        Reply
        • March 20, 2016 at 4:19 am
          Permalink

          Iya mbak, sy mulai tanam mulai 2002 g ada bunganya sampai s3karang. Teman” sy sdh pd buang bunganya…hufttt sayang yaaa

          Reply
      • May 14, 2016 at 6:30 am
        Permalink

        Iya sy juga punya 3 pot..satu pot nya sy taro d ruang tamu..lah stiap org masuk komen bgtu..bilangx baca d fb. Tp sy gak bgtu pcaya sblom searching lbh detail.wlpun sempet pnsran n was was. cmn mo di buang ya sayang bgt ma tanaman ni..simple n cantik. Eh skrg bgtu udh baca.. gak mau buanhg ah..biar aja ttp d ruang tamu heheh

        Reply
    • August 10, 2016 at 3:07 am
      Permalink

      trims semuanya,akhirnya q tdk jadi musnahin tanaman dolarq,,tadinya q mulai was was dengan berita ini,,walaaah jadi berita bohongan rupanya,he he .maaf main serobot saja nich,sekalian kelalan ga masalah khan, salam kenal untuk semuanya..info terakhir tentang tanaman dolar ternyata datangnya justru dari penjual khusus bunga bungaan yang sebagian penghasilannya dari bisnis itu,jadi karena dihampir semua rumah sdh mempunyai pohon tsbt,mrka berusaha bagaimana caranya agar tanaman ini menjadi langka lagi kemudian mereka dapat menjualnya lagi dengan harga yang agak tinggi,he he he

      Reply
  • February 6, 2016 at 3:02 am
    Permalink

    artikelnya cukup menarik mba’! waktu pertama Kali teman saya menshare berita “Tanaman Dollar menyebabkan Leukimia Mematikan” dikronologi FBku, ketika sya baca brita tsb sya memang sudah ragu ttg kebenarannya. krn sya suka sekali dg tanaman hias dollar jadi langsung cari digoogle sampai sya menemukan artikel yg mempertegas keraguan sya bahwa tdak bukti ilmiah tanaman hias dollar menyebabkan leukimia. banyak jga yg percya sma berita tsb Dan membuang tanamannya. sya justru kasian sma mreka yg melakukan itu, sdah susah dirawat namun, hanya berita hoax shingga m nghancurkan tanaman tsb.
    tapi, apapun itu sebagai pembaca kita harus smart dlm menanggapi suatu kabar/berita. trima kasih mba’ sdah menshare artikel diats. klw boleh sya minta tipsnya mba’ bagaimana supaya tanaman hias dollar ini cepat rimbun? krn sya punya pertumbuhannya lambat. mhon tipsnya ke email sya mba’ samsulriadi_rosdu@yahoo.com.

    Reply
    • February 9, 2016 at 1:10 pm
      Permalink

      sy punya rimbun sekali sdh banyak di minta sama teman-teman…tidak ada perawatan khusus… kemarin sy disuruh teman untuk musnahkan karena tidak percaya sy langsung searc di google

      Reply
  • January 30, 2016 at 10:12 am
    Permalink

    Benar Kak Nella, kadang penyakitnya masyarakat adalah menyebarkan info tanpa dicr dl bukti dan faktanya.

    Kak Nella, bbrp kali saya beli tanaman (3x anggrek, 3x bunga kecil (hihi hrus cr namanya dl) jadinya mati terus. Memang sih mo nyoba berkebun di dlm rmh sj (tp g prnh brhsil). Ada resepnya g Kak Nella?Plus perlu pupuk yg bs u smua tanaman? πŸ˜€
    Kapok diluar krn tanaman laos (yg bibitnya sy bw dr Indo)hilang tanpa bekas.

    Reply
    • February 2, 2016 at 1:49 pm
      Permalink

      Hai Fidyah, anggrekku generasi pertama ada 5 juga mati semua loh hahaha *ya ko bangga hehe. Lalu saya beli buku ttg anggrek, banyak browsing sana sini dan akhirnya berani lagi beli anggrek.. ada yg setahun berbunga 2x, ada yg samapai skrg belum mau bebrunga, dan yg 1 hampir mati pdhl sdh di ganti media tanamnya.

      kamu nanam apa dalam rumah?, klo saya sih amaryllis dalam rumah lalu kaktus dan anggrek termasuk tanaman berdaun saja. Musim panas banyak yg taruh luar. Ada tanaman yg cocok dalam rumah ada yg tidka cocok, jadi kita harus mengenai dulu jenisnya.

      Misal beli dari garten center, kamu ambil tanaman dari luar atau dalam?, klo ambil dari luar berarti cocoknya taruh luar rumah, demikian sebaliknya. Dulu saya beli tanaman ngambil dalam garten centernya, nyampe rumah saya taruh teras, ko aneh numbuhnya dan mati hahaha.. salah penempatan ternyata πŸ˜€ .

      Reply
  • January 28, 2016 at 1:34 pm
    Permalink

    manteb banget nih emaknya Ben, peduli banget sama tanaman ini. semoga dapet pahala dunia akhirat yg telah menyelamatkan tumbuhan ciptaan Tuhan ini

    Reply
    • January 28, 2016 at 6:23 pm
      Permalink

      Hai mbak Tutik makasih ya sudah berkomentar. Kasihan tanamannya disalahkan orang-orang, padahal gak bikin salah/penyakit heheh :mrgreen: .

      Reply
  • January 20, 2016 at 11:17 pm
    Permalink

    kasian si tanaman padahal cantik2…kenapa namanya tanaman dolar ya? jadi ngebayanginnya ada selipan daun-daun bergambar george washington hihihi..hoax sudah seperti makanan sehari-hari apalagi di grup2 pertemanan…setiap hari selalu ttg yang menakutkan..bagaimana orang2 ga parno…tiba2 langsung OMG OMG….saking gemasnya saya sampai bikin artikel khusus tentang cara validasi..jadi ketika sudah mulai panik duluan saya kasih link ke mereka…hahaha ide bagus..tanamannya dipagari..bagaimana nasib yg diluar?

    Reply
  • January 20, 2016 at 8:34 am
    Permalink

    tetangga multi ada yang tanem pohon dollar, lucunya pas anaknya kasih tau ke bapanya kalo taneman dollar bisa nyebapin leukimia sama bapanya langsung di cabut trus di buang ketempat sampah. yang bikin binggung emangnya di apain tanemannya sampe bisa nyebapin leukimia, kalo cuma di siram tapi ga pernah di utak atik ya ga bakalan kena leukimia.
    kadang orang suka langsung percaya aja sama berita yang nyebar di sosmed padahal belum tau bener apa engga beritanya.

    Reply
    • February 10, 2016 at 8:10 am
      Permalink

      Walahhh tragis banget nasib si pohon dolar, padahal kabar yg beredar belakangan ini cuma hoax saja. Multi maaf aku baru balas komen mu πŸ˜€ .

      Reply
  • January 20, 2016 at 5:23 am
    Permalink

    Mwahahaha. Couldn’t agree more. Alm kakek punya tanaman dollar sampai berpot pot dulu. Engga kenapa kenapa kog. Entah mengapa orang jaman sekarang gampang percaya dengan berita hoax tanpa dicari kebenarannya dulu. Dishare di Facebook juga jadi bikin malas lihat page feed penuh dengan berita hoax gitu 😐

    Reply
    • January 20, 2016 at 7:21 am
      Permalink

      Hai Wien tanaman dolar saya segitu-gitu aja sdh 3 tahun nih, sptnya musim panas nanti harus taruh diluar rumah supaya subur :mrgreen: . Fb saya selain penuh dg berita hoax, penuh juga dg berbagai macam share, mulai share berita, share masakan, share parenting, share hasil kuis dll haha.

      Reply
      • January 20, 2016 at 9:04 am
        Permalink

        Hai mba Nella. Wih, sudah 3 tahun yah. Dulu alm kakek suka keluarin tanaman dollarnya ini beberapa jam terus dimasukkin ke dalam ruangan buat dipajang. Good deh mba kalau masih ada share yang begitu yah. FB aku juga ada si cuma lebih banyak share berita hoax 😐

        Reply
  • January 19, 2016 at 4:07 pm
    Permalink

    jujurnya di fb ku blm kesebar berita hoax ini mba :D.. tp walo bukan ahli tanaman, tp aku jg ga bisa percaya kalo tanaman dolar bikin kanker… leukimia itu biasanya krn keturunan ato radiasi berlebihan… dr mana logikanya tanaman bisa mengeluarkan radiasi -_-

    Reply
    • January 20, 2016 at 8:07 am
      Permalink

      Hai mbak Fanni, aku baca bbrp komen hoax tsb, katanya akibat sering memegang tanaman dolar dan klo kemakan akan bisa menyebabkan kematian. Lah aku malah ketawa, ko ya tanaman hias di makan toh? hehe.

      Reply
  • January 19, 2016 at 7:43 am
    Permalink

    biasanya kalau tanaman beracun itu efeknya buat kulit gatel-gatel sich yang ku tau. kalau pun beracun ada penawarnya dan justru bisa dijadiin obat. ada-ada aja dech baca berita yang ada sekarang ini.

    Reply
    • January 19, 2016 at 9:32 am
      Permalink

      Hai Ade, iya bisa gatal-gatal efeknya saat bersentuhan dg tanaman, daya tahan tiap org sih berbeda. Tiap kali berkebun aku pakai sarung tangan spy aman πŸ™‚ .

      Reply
  • January 18, 2016 at 10:16 am
    Permalink

    Kak saya punya trik nihh untuk emoticon bergerak yang waktu itu kakak tanya hehehehe

    inihh linknya πŸ˜€

    libertoam.in/cara-membuat-emoticon-kaskus-bergerak-di-wordpress-com/

    url libertoam.in sudah tidak aktif lagi. Update 29.01.2017

    Reply
  • January 18, 2016 at 3:42 am
    Permalink

    Terimakasih Emaknya Ben. Sayang sekali lah kalau tanaman ku buaang Horas Mak!

    Reply
  • January 17, 2016 at 4:32 pm
    Permalink

    Makasih ya mom benyamin penjelasannya,barusan buka Fb trs ada yg share ttg berita ini,lgs kuatir sayang jg pohon ku klw di musnahin trs buka mba google dgn kata kunci bahaya tumbuhan dollar nemu blog ini,akhirnya kuatirku hilang,ternyata hoax..makanya harus hati2 nih di sosmed.

    Reply
    • January 18, 2016 at 8:04 pm
      Permalink

      Hai Eureka, saya senang bisa memberikan informasi yang baik. Untung belum dibuang ya tanaman dolarnya πŸ˜€ . Iya sekarang harus hati-hati di sosmed jangan langsung percaya dan langsung share yang belum jelas beritanya.

      Reply
  • January 16, 2016 at 6:05 pm
    Permalink

    jeng Nella, saya tdk mengikuti kehebohannya, lah Zamia dan Diffenbacia di halaman saya biarkan saja hidup. Pun Euphorbia yg senpat dipuja dan dicela, Setiap makluk hidup punya cara bertahan hidup termasuk tanaman dg aneka cara salah satunya dg menolak pengganggunya. Salam berkebun

    Reply
    • January 18, 2016 at 8:06 pm
      Permalink

      Hai bu Prih, Zamia saya punya hanya satu pot, inipun dikasih ibu mertuaku, kalau Diffenbacia masih mikir2 belinya saya lihat punya guru les saya tanaman ini cepat sekali pertumbuhannya, kuatir ga muat dalam rumahku :mrgreen:

      Reply
  • January 16, 2016 at 12:43 pm
    Permalink

    Nih barusan ada yg share ginian di grup. Udh yakin pasti hoax. Jadi mikir, jangan2 ini emang sengaja dibikin heboh biar si taneman tenar trus jadi mahal ahahaaa

    Reply
    • January 18, 2016 at 8:07 pm
      Permalink

      Entahlah apa memang dibikin isu biar mahal kali ya tanamn tertentu? atau memang sudah lama mahal karena namanyapun tanaman dolar haha.

      Reply
  • January 16, 2016 at 9:34 am
    Permalink

    apa ada pohon dollar yg mau dihibahkan padaku mak? sapa tahu pendapatan USD-nya juga ikut naek πŸ˜€

    Reply
  • January 16, 2016 at 1:03 am
    Permalink

    Baru tau ada tanaman dolar πŸ™‚ begitulah di sosmed banyak orang yang ga pikir2 & cari tau yang sebenernya maen share atau percaya aja akibatnya berita yang belum jelas kebenarannya malah makin viral πŸ™

    Reply
    • January 16, 2016 at 7:16 am
      Permalink

      Saya juga belum nama ini tahunya klo ZZ plant tsb di Indonesia namanya tanaman dolar πŸ˜€ . Semoga kedepannya para pembaca di sosmed makin bisa melihat mana yg berita benar dan mana yg tidak πŸ˜‰ .

      Reply
  • January 16, 2016 at 12:12 am
    Permalink

    emang mesti hati2 ya kalo baca berita. takutnya hoax doang.

    btw jadi tertarik sama judul di koran yang ada di foto lu nel. ‘kanser’ bukan ‘kanker’?
    haha. gua lagi liat fenomena ini di indo. sekarang media massa dengan gampangnya meng-indonesia-kan bahasa inggris walaupun sebenernya udah ada kata indonesianya. ya kayak kanser (dari cancer) dibanding pake kanker.

    kayak pas gua di indo ada baca kata ‘disabilitas’ (dari kata disable) padahal harusnya kalo di bahasa indonesia ya ‘cacad’ ya. hahaha.

    Reply
    • January 16, 2016 at 7:20 am
      Permalink

      Belakang gw seringnya kesel aja krn berita hoax begitu di share melulu haha.
      Gw kira salah nulis, ternyata benar ko teksnya “kanser”, itu koran malaysia Man, lu baca deh isi beritanya ntar senyum2 haha karena aneh kalimatnya, kan bhs melayu begitu disana. Klo menurut gw kata cacat kesannya terlalu kasar, klo disable ya agak halus sedikitlah hehe.

      Reply
  • January 15, 2016 at 11:11 pm
    Permalink

    memang semua hrs di buktikan dl kebenaran x. hrs ada bukti ilmiah tentu x dari ahli yg berpengalaman dng masalah tumbuhan.tapi kalo ttg pembawa rejeki itu bs di pastikan cuma mitos yg sngt menyesatkan. pendpt anda ada benar x tp kita jg tdkbs menyalahkan pr pembaca yg prcaya dng berita trsbt. krn itu cm reaksi yg sngt normal. masysrakat hny berusaha melindungi diri dan keluarga dr hal2 yg mungkin membahayakan.

    Reply
    • January 16, 2016 at 7:39 am
      Permalink

      Dear pak Van hajj terima kasih untuk komentarnya. Semoga kedepannya para pembaca di sosmed makin bisa melihat mana yg berita benar dan mana yg tidak πŸ™‚ .

      Reply
  • January 15, 2016 at 6:50 pm
    Permalink

    iya banyak banget orang yg suka gampang klik share tanpa recek dulu, kesian bunga pada dibuangin
    Zamia sama difenbachia aku juga udah punya dari dulu Nel…

    Reply
    • January 16, 2016 at 7:56 am
      Permalink

      Hai kak Monda, ZZ plant saya punya 1 pot, difenbachia lagi pengen beli, guru lesku punya dari kecil numbuh sampai nyentuh atap, lalu di potong tancap tanah numbuh πŸ˜€ gampang nanamnya yaa.

      Reply
  • January 15, 2016 at 2:44 pm
    Permalink

    Mungkin next :’D bakal ada tanaman pohon rupiah :’D
    Langsung menguat kaliahh rupiah πŸ˜€

    url libertoam.in sudah tidak aktif lagi. Update 29.01.2017

    Reply
  • January 15, 2016 at 2:43 pm
    Permalink

    :’D Next mungkin ada tanaman pohon rupiah :’D
    Langsung nilai Rupiah menguat kali ahh

    Reply
      • January 15, 2016 at 5:38 pm
        Permalink

        Auuahh ane bolak balik kayak ingus alay kesanakesini komentar kadang ada yg nonggol kadang enggak –?
        Ini Gravatarnya error apa gimana –“

        Reply
          • January 16, 2016 at 10:12 am
            Permalink

            Udah fixed ternyata hehehe gk di add sitenua pas saya login ke id.wordpress.com hehehe
            πŸ˜€ langsung dehh add url blog sayaaa

  • January 15, 2016 at 11:14 am
    Permalink

    iya sebaiknya tidak langsung percaya, baca dulu sana sini, cari info, dn sebaiknya lebih baik tidka meneruskan pesan yang kadang belum tahu kebenarannya.

    Reply
  • January 15, 2016 at 11:04 am
    Permalink

    Sebelumnya juga ada ya model hoax begini, tapi aku lupa persis nama tanamannya, fisiknya daunnya lebar dan berwarna putih bergaris garis pola hijau. Kebetulan juga itu pohon punya banyak di Indonesia, ga sempat was was sih karena dari kecil aku ya berdampingan sama pohon-pohon tersebut dan ga kenapa napa.

    Eh bener tuh setuju, social media sekarang kalau ga bijak dan awas diri penggunaannya fatal euy πŸ™

    Reply
  • January 15, 2016 at 9:41 am
    Permalink

    Suami saya juga sempat ribut-ribut mau membuang pohon dollar yg tumbuh di belakang rumah kami. Aku sih cuman nanya, yakin mau buang pohon penarik rejeki? Habis waktu beli dia ngotot sih kalau pohon itu bisa bawa hoki..

    Reply
  • January 15, 2016 at 9:33 am
    Permalink

    Setuju, jadilah pembaca yang pintar, harus mau repot cari bukti kesana sini.
    Di timeline FB aku belum pernah ada nih yang share tentang ini, kalo share berita hoax lain sih banyak :p

    Reply
  • January 15, 2016 at 8:33 am
    Permalink

    Baru tau ttg tanaman dollar, Kalo mmg penyebab leukimia harus nya ada kandungan di dalam nya yg berbahaya

    Reply
  • January 15, 2016 at 8:31 am
    Permalink

    Buset aku rasa aku punya pohon sejenis itu dan baik baik saja. Nel salju sudah datang ya di tempat kamu hari ini , ayo lindungi tanaman nya..

    Reply
    • January 15, 2016 at 4:14 pm
      Permalink

      Riaaaaaaaaaaaa ko tahu sih salju??.. padahal pagi tadi belum ada, apa krn komenmu jadi turun salju ya hehe.. eh siang sampai skrg turun salju, sudah putih semua nih, walau belum tebal. Tanaman2ku sdh dari bulan november kulindungi, sampai beli 2 greenhouse hahaha.

      Reply
      • January 15, 2016 at 4:17 pm
        Permalink

        Hahha tau dung sekitar jam 3 Wib ada yang kasih info salju secara kamu satu wilayah dengan kawan aku, jadi pasti bakal kena salju juga di daerah kamu nel…

        Reply
        • January 15, 2016 at 4:20 pm
          Permalink

          tadi pagi aku sdh baca komenmu, belum sempat balas, dalam hati bilang: salju apaan, sdh januari begini haha. Eh gak lama turun salju, dalam hati aku teriak, eh si Ria spt paranormal aja bener turun salju hahaha πŸ˜† .

          Reply
          • January 15, 2016 at 4:21 pm
            Permalink

            Hhaha besok lebih bnayak lagi dari ramalan cuaca yang aku lihat, hari ini masih 1 derajat

  • January 15, 2016 at 8:14 am
    Permalink

    Sy punya tuh tanaman dolar, diven juga.. Mungkin kalo dijadiin lalapan naaah baru keracunan.hehe

    Reply
  • January 15, 2016 at 8:14 am
    Permalink

    lah iya tu kak, heran percaya aja ama berita begituan. aku sih dari awal yakin itu hoax πŸ˜€

    btw, kakak gabung di fp sahabat berkebun juga to πŸ˜€

    Reply
    • January 15, 2016 at 8:24 am
      Permalink

      Hai Mayang saya banyak bergabung dengan grup berkebun, ada yg spesifik misal grup hidroponik, grup nanam stroberi, berkebun di 4 musim dll. Kapan-kapan saya buat postingan khusus ya cerita saya gabung di grup apa saja hehe πŸ˜€ .

      Reply
        • March 29, 2016 at 6:33 am
          Permalink

          halo setelah semua orang ngeser tanaman samiyo bisa menyebabbkan penyakit liukimia saya agak ragu, bunga bunga di pot saya banyak mau dimusnahkan kok sayang, semoga aman

          Reply
          • March 30, 2016 at 9:52 am
            Permalink

            Dear pak Zabidi, aman ko pak, jangan dimusnakan tanamannya. Hanya berita HOAX saja klo ZZ plants menyebabkan penyakit leukimia.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: