Heboh Tanaman Dolar Penyebab Leukemia yang Mematikan

Heboh Tanaman Dolar Penyebab Leukemia yang Mematikan. Selama hampir seminggu ini pencarian ke blog saya ada yang tidak biasa dari mesin pencari, kata kunci berikut banyak sekali: bahaya pohon dollar, bahaya pohon dolar, bahaya tanaman dollar, tanaman hias beracun, tanaman beracun dan fotonya. Padahal saya tidak pernah sama sekali membahas detail tanaman dolar tersebut, hanya upload foto-fotonya saja saat menceritakan koleksi tanaman saya.

Satu lagi yang ramai juga dikunjungi adalah artikel saya yang berjudul tanaman beracun jauhkan dari anak-anak. Sepertinya artikel tersebut jadi ramai dibaca kembali karena juga ada sangkut pautnya dengan kata kunci bahaya pohon dollar .

Heboh Tanaman Dolar Penyebab Leukemia yang Mematikan

Zamioculcas zamiifolia dikenal juga sebagai tanaman dolar. Sumber foto wikipedia Jerman

Di Fb saya sempat beberapa kali baca mengenai pohon dollar, saya hanya baca ala kadarnya. Pernah masuk grup berkebun dibahas pohon dollar juga dan karena sudah beberapa kali dibahas tuntas, kalau ada yang baru nanya lagi adminnya langsung kasih peringatan baca thread sebelumnya 😆 . Kenapa tanaman tersebut menimbulkan kehebohan sih saya bertanya sendiri?, wong dari dulu saya punya tanaman dolar sebagai houseplant biasa saja tidak terjadi apapun :mrgreen: .

Kalau ada yang share berita, contohnya tanaman dieffenbachia dulu juga sempat heboh sekali katanya sangat berbahaya. Moment hebohnya Dieffenbachia selesai sekarang gantian bahaya tanaman dollar. Nah saya heran sama mereka yang asal heboh tidak mencari kebenarannya, copas berita separuh aja, cuma bikin copas dari sebelah, copas dari tetangga tanpa menyertakan sumber terpercaya.

Banyak yang komen asal komen tidak merujuk (menyertakan) literatur atau lembaga yang dapat dipercaya, hanya kata si anu, kata bapakku, kata temanku, sebagian besar hanya bilang katanya .. kesannya para komentator ko malah menakut-nakuti pembaca, dan para pengikut setia sosial media terbawa arus ikutan takut tanpa alasan 🙄 .

Berita HOAX tanaman dolar penyebab Leukimia

Yang lagi heboh adalah berita berikut (screen shoot diatas kuatir tidak terbaca):

Copas dari sebelah.
Bila ada yg tau nama tumbuhan dlm artikel di bawah ini tolong ditulis dlm kolom komen.
BAHAYA PENYAKIT LEUKIMIA !!!!
Adik ipar saya umur 31 thn baru meninggal semalam disebabkan oleh Leukimia. Almarhum semasa hidupnya meneliti utk gelar Master in Botanical di kampus USM mengkaji sejenis tumbuhan ini. Rekan satu tim research beliau sdh meninggal setahun yg lalu mengidap penyakit leukimia juga. Almarhum dpt bertahan hingga semalam. Memang hasil penelitiannya telah disahkan oleh

pihak kampus USM dan pihak Kementrian Kesehatan bahwa Leukimia itu dapat ditimbulkan dari tumbuhan tsb. Jadi cerita D Hizzad Bole penyebab kanker darah (Leukimia) ternyata terbukti.
Di China sdh cukup lama diketahui tentang bahaya tanaman ini, tapi hanya diberitakan suratkabar China saja. Sedangkan ditempat kita tanaman ini dirawat & dijadikan tanaman hias di rumah..
PERHATIAN DAN WASPADA !!!
Jika ada tanaman ini dirumah,
silahkan secepatnya musnah dengan membakarnya sebelum tanaman berbunga. Karena dari bunganya menyebabkan kanker darah (Leukimia).

Ada juga versi bahasa melayu yang intinya sama persis.

Saya acungi jempol kehebatan sosial media sekarang ini, berita tersebut di posting di Fb seseorang tanggal 11 januari 2016 (bukan teman saya jadi tidak bisa dikomenin) dan saya baca dua hari kemudian sudah di share sebanyak 7730 kali. Dahsyat kecepatan share di sosmed!. Masalahnya adalah apakah berita tersebut benar atau palsu? Kalau HOAX (TIDAK BENAR) maka Anda sudah menjadi salah satu penyebar kebohongan publik dong!.

Komen-komen yang bikin saya senyum-senyum mengenai tanaman dolar (zamio palme) ini antara lain:
Bunganya yang bisa bikin leukemia. Lah orangnya sudah dari lahir ada gen leukemia ko tanaman disalahin?.

Nyata getahnya bila kena kulit apa lagi kena mulut (siapa tau di gigit) itu tak lama kemudian kulit kita mengalami rasa panas dan sakit seperti di tusuk” sama jarum ..Oh alangkah bahaya nya kalau kena anak” kecil karena sakit nya berlangsung lama sekali. Duuuhh ibu yang komen, baca wiki bu tanaman Zamioculcas ini seluruh bagian tanamannya beracun, tanaman ini mengandung kalsium oksalat. Kristal kalsium oksalat ini seperti jarum dapat mengiritasi kulit dan tenggorokan.

Tingkat iritasi kulit setiap orang berbeda-beda. Jadi memang benar bu ditusuk jarum kalsium oksalat bukan seperti lagi, MEMANG! 🙄 Perlu diketahui Kalsium oksalat bukan senyawa karsinogenik (penyebab kanker), dan kristal kalsium oksalat banyak terdapat dalam sayuran yang sering kita konsumsi seperti: Peterseli, Chives, singkong, bayam, daun bit, wortel, lobak, sawi, kacang, kubis Brussel, bawang putih, selada, selada air, ubi jalar, Turnip, brokoli, seledri, terong, kembang kol, Asparagus, kubis, tomat, kacang, Turnip hijau, kentang, bawang, Okra, Lada, Squash, Ketimun, Jagung dan sayuran lainnya!.

Kalau kamu tertarik mengetahui apakah berbahaya garam kalsium oksalat pada tanaman silakan baca artikel berikut http://www.exoticrainforest.com/Calcium%20oxalate%20crystals.html

Aduh dirumah punya tanaman ini.
Duuh pak di rumah banyak banget aq tanam bunga ini, ijin share pak dok aq mau musnahin dulu ne bunga dari rumah.
Menurut yg saya copas, bunganya yg bisa bikin leukemia. Kl ada ahli pertanian di timeline ini tolong beri penjelasan terutama namanya. Sekali lagi tolong lihat betul2 gambarnya….. jangan sampai salah memusnahkan.
Bisa cari di google sumber.nya ini link. Yaelah pak saya kira sumber terpercaya dari ahli, saya klik ternyata malah sumbernya adalah link akun fb orang agamawi sekali, tidak mau bilang agama apa nanti saya dikira rasis.
Komen lainnya, buanyak sekali cuma minta izin share.
• Dalam satu jam saya balik ke fb orang ini sudah diangka 8.000 share 😯 .

untuk ke halaman berikutnya klik Next/Lanjut

Advertisements
Advertisements

129 Comments

  1. denkspa August 16, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen August 20, 2017

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: