Curhat Ngeblog Campursari

Curhat Ngeblog Campursari. Sesuai dengan judul di atas saya ingin cerita beberapa hal mengenai ngeblog 🙂 .

Kalimat tinta merah sebelumnya sudah saya coret nih ( Bagi yang tidak punya banyak waktu untuk membaca tulisan saya ini, mohon tidak berkomentar. Saya akan sangat menghargai kalau komen yang kamu buat nyambung dengan tulisan saya dan tidak sekedar mengejar backlink. )

Setelah dikasih peringatan kalimat tinta merah, yang pada komentar bagus semua dan sesuai isi komentarnya dengan isi postingan saya loh, berarti terbukti yang komen sudah membaca dulu tidak asal komen 😉 .

1. Menulis apa yang sedang nge-tred dan ramai dibicarakan

Saya belum bisa jadi blogger yang update (langsung membahas apa yang sedang ramai), ada banyak blogger bisa real time bahasannya, saya kasih 2 jempol untuk mereka model ini 🙂 . 3 hari lalu terbit postingan saya yang berjudul Heboh Tanaman Dolar Penyebab Leukemia yang Mematikan, keesokan harinya (sabtu) bangun tidur kaget angka blog stat luar biasa, padahal biasanya weekend ya sepi-sepi saja. Hari minggunya angka masih sama, dan hari ini saya perkirakan akan masih sama juga.

Biasanya dari mesin pencari paling tinggi diangka 1.900 di hari kerja, nah sejak sabtu 15.01.2016 mesin pencari sedang berpihak ke saya dan saya mendapat minimal 3.000 trafik, dan yang baca artikel hoax tanaman saya tersebut kalau minimal buka 2 halaman blog saya maka sudah bisa diperkirakan berapa pageview saya dapatkan. Tulisan Heboh Tanaman Dolar tersebut dihari ketiga ini page viewsnya sudah 7.200 .

Curhat Ngeblog Campursari. Berkat bahas hoax tanaman dolar, banyak yang baca blog saya

Berkat bahas hoax tanaman dolar, banyak yang baca blog saya

 

Kalau mau bahas yang sedang trend menurut saya lihat juga apakah sudah banyak sekali yang bahas atau belum?. Kalau mau bahas mengenai aksi teror beberapa hari lalu wah saya tidak sanggup deh bersaing karena sudah banyak sekali yang membahasnya.

Tidak kalah penting untuk keberhasilan membidik target dari mesin pencari adalah gunakan long tail keyword, JANGAN lagi gunakan tag satu kata, karena akan sulit bersaing di mesin pencari. Untuk tulisan saya mengenai hoax tanaman tersebut saya lebih banyak menggunakan 3 suku kata.

Bertaburan kata pencari yang masuk ke blog berkat tulisan hoax tanaman dolar

Bertaburan kata pencari yang masuk ke blog berkat tulisan hoax tanaman dolar

 

Saya mau bahas sedikit mengenai komentar ya, KALAU MALAS BACA TULISAN PANJANG, LEBIH BAIK TIDAK PERLU DIKOMENTARI, cukup kasih like. Jujur saja saya merasa senep (kesal) dan bingung mau jawab komentar yang tidak nyambung dengan isi tulisan saya. Di postingan saya tentang tanaman dolar tersebut ada beberapa komentar yang tidak nyambung dengan isi tulisan saya.

Sorry ya kalau saya blak blakan begini, kalau hanya baca judul lalu scroll down sampai kolom komen lalu kamu komen pendek dan lanjut komen di blog lain ngejar target bw lebih baik tidak usah komen diblog saya.

Saya masih oke dikomentarin pendek kalau nyambung dengan isi tulisan saya. Kalau hanya dibilang edukatif, bagian mana yang edukatif nya?.

Please jangan sakit hati kalau pada tulisan saya berikutnya akan saya tanya ulang yang nulis komentar asal saja. “.. ketahuan tidak baca kan?, langsung komen lalu ngabur komen/bw di blog lain? “.

 

2. Stats WP sedang error

Jangan heran kalau hari ini kamu lihat perbandingan visitor dan pageview blogmu jauh sekali. Blog saya misalnya, pagi ini cek visitor 1, view nya 2.500 . Statnya memang lagi bermasalah, masah sih satu orang baca 2.800 halaman blog saya haha 😆 .

Stats WP 18 Jan 2016 sedang error, visitor dan pageview tidak sebanding angkanya

Stats WP 18 Jan 2016 sedang error, visitor dan pageview tidak sebanding angkanya

 

Saya langsung ke forum wp bahasa Inggris dan benar memang blogger lain mengalami hal sama, dan orang supportnya sudah turut menjawab komen, sedang dilakukan perbaikan, dan kalau sudah selesai akan diberitahukan. Kalau berminat silakan baca ke halaman forumnya langsung Visitor count appears to be not working .

3. Pagination Artikel

Menurut panadaframework.com adalah proses membagi konten web dan menampilkannya pada halaman terpisah. sorry ya kalau tulisan di blogmu mengikuti model web berita yang ono tuhh dimana 1 judul tulisan di bagi menjadi banyak halaman, maka langsung saya tutup dan beralih baca tulisan blogger lainnya, dan kalau seluruh artikel blog ybs model pagination begini, I’m sorry goodbye alias saya unfollow.

Ayolah kalau tulisannya panjang sekali tidak masalah dibagi menjadi beberapa halaman, lah ini tiap satu palagraf disuruh klik halaman berikutnya. Saya kesal sama web berita model begini dan dulu sekali sering komen kalau web model begini ketahuan banget nyari duitnya! :evil:.

Belakangan saya sudah tidak pernah komen lagi di web berita dan ternyata sudah banyak orang yang komen seperti saya dulu, akhirnya para pembaca sadar dan mereka malah lebih parah komennya dari saya 😯 .

Pagination (membagi halaman tulisan) buat mencari trafik? Ngapain nyari trafik kalau tidak dapat duit?. Setiap halaman yang dibuka akan ada iklannya, dan dari situ pemilik web akan mendapat penghasilan. Namun tidak semudah itu juga dapat hasil (uangnya), tergantung jenis periklanannya. Ada model iklan klik, pemilik web akan dapat hasil kalau iklannya di klik, ada pula seperti Wordads bukan dari klik namun dari impressi, kalau pengunjung membaca normal (bukan ala robot) sampai selesai, barulah pemilik web dapat hasil (duit dari iklan).

Saya kesalnya kalau berita yang tidak ada bobotnya, judulnya membuat penasaran. Tulisan tersebut dibagi sampai 7-10 halaman dimana halaman terakhir adalah ucapan terima kasih sudah membaca sampai selesai. Dongkol KAN! Haha. Makin dongkol saat beberapa blog yang saya follow mengikuti model pagination web berita 😡 .

4. Asyiknya blog self hosted bisa pasang 2 jenis iklan

Para blogger sudah tahu dong kalau wordads sudah menerima pendaftaran baru lagi. Tahun lalu sempat distop pendaftaran baru dan banyak blog yang di banned dari WA katanya gara-gara banyak blog bahasa Indonesia yang dobel konten.

Banyak blog yang di banned tersebut jadi pindah ke self hosted dan mereka bisa ikutan Google Adsense. Kabar barunya adalah kini blog self hosted bisa pula daftar/ikutan wordads.

Banyak yang bertanya-tanya termasuk saya tentunya “memang bisa tuh pasang GA dan WA sekaligus?, wah asyik ya bisa dapat 2 penghasilan yaa ” . Dari support WA nya sendiri tidak masalah dipasang 2 jenis begitu, namun kalau blog WP.com seperti saya ini HANYA boleh ikutan WA hehe. Setiap orang punya rejekinya masing-masing ko :roll:.

Bagaimana tampilan WA dan GA yang terpasang bersamaa?

Contoh pemasangan iklan GA dan WA bersamaan

Contoh pemasangan iklan GA dan WA bersamaan

 

Pemasangan iklan google adsense (GA) bisa diatur sendiri oleh pemilik blog, sedangkan Wordads (WA) tidak bisa diatur sendiri. WA kalau pasang triple ads akan muncul di banner paling atas dan samping kanan atau kiri tergantung widget kanan atau kiri yang kamu aktifkan, dan satu iklan lagi terpasang di bagian bawah tulisan.

Perlu dipahami bahwa triple ads bukan artinya pendapatan akan 3x lipat. Iklan dibawah tulisan/artikel lah yang nilainya paling besar. Kalau pengunjung membaca normal sampai selesai (baca bukan ala robot) maka pemilik blog akan mendapat hasilnya, kalau hanya buka tulisan baca judul lalu scroll down sampai bawah dan langsung tulis komen maka pemilik blog tidak akan mendapat hasil dari iklannya.

Saya pernah bertanya ke support WA kenapa penghasilan saya sedikit sekali padahal trafik saya sekian banyaknya. Nah support WA bilang ada alat yang bisa mendeteksi apakah pembaca membaca normal dari awal sampai akhir atau pembaca hanya buka-buka banyak halaman saja scroll down sampai terlihat iklannya.

Terima kasih buat pembaca yang pernah bilang bantuin saya dengan cara klik iklannya, duuhh manis banget ibu ini hehe <3 . Sayangnya iklan WA bukan model klik iklan ko, melainkan model impressi, akan sangat membantu kalau kalian membaca normal tulisan saya dari awal sampai akhir, dengan begitu saya dapat hasilnya 🙂 .

Tampilan bagian bawah iklan GA dan WA pada blog self hosted seperti berikut:

Blog self hosted bisa pasang 2 macam iklan, GA dan WA. Ini tampilan lihat dari tablet

Blog self hosted bisa pasang 2 macam iklan, GA dan WA. Ini tampilan lihat dari tablet

 

5. Buru-buruan pengen Monetasi Blog

Saya bukan mau mengecilkan hati kalian para blogger yang ingin sekali daftar WA. Perlu dipahami lagi bahwa kalau kita mau memonetasi blog trafik adalah hal terpenting yang diperlukan.

Supaya kalian tidak kecewa dan seperti satu blog bahasa inggris yang pernah saya baca mengatakan WA adalah scam gara-gara pendapatan dia hanya di angka cents saja. Padahal salah si blogger kenapa tidak baca syarat dan ketentuannya dahulu, dan kenapa ybs tidak masuk forum dan cari banyak informasi dahulu sebelum bergabung. Baca https://wordads.co/faq

Pageviews 10.000 per bulan belum bisa mendapatkan penghasilan (uang) yang agak bagus, kalaupun diterima kamu hanya akan mendapatkan nilai cent saja, padahal untuk minimal pencairan WA adalah 100 usd, nah perlu berapa tahun kalau dapatnya hanya cent toh?.

Silakan baca penjelasan saya klik mengenai trafik untuk WA .

 

Tulisan saya yang mungkin bisa membantu untuk menaikan trafik:
Blogwalking Salah Satu Cara Bikin Blog Terkenal
Tips Mendapatkan Lebih Banyak Trafik Blog
7 Cara Membuat Blog Cepat Terkenal

 

Kalau sudah diterima WA nya akan terlihat laporannya di dasbor. Buka dasbor – setting – wordads .

Mohon maaf kalau saya tidak bisa membalas komentar atau banyaknya email yang menanyakan mengenai WA ini.

135 Comments

  1. SolusikJuly 18, 2016
  2. RideralamMay 3, 2016
  3. RideralamMay 3, 2016
  4. Tatang ToxApril 28, 2016
  5. Tatang ToxApril 28, 2016
  6. gueApril 13, 2016
  7. gueApril 10, 2016
  8. mellyloveskitchenApril 8, 2016
  9. gueApril 8, 2016
  10. gueApril 4, 2016
  11. ariesadharMarch 21, 2016
  12. gueMarch 9, 2016
  13. tiyawannMarch 7, 2016
  14. gueMarch 7, 2016
  15. gueMarch 7, 2016
  16. gueMarch 7, 2016
  17. Lilih Prilian APMarch 2, 2016
  18. Lilih Prilian APMarch 2, 2016
  19. Lilih Prilian APMarch 2, 2016
  20. tiyawannFebruary 14, 2016
  21. tiyawannFebruary 14, 2016
  22. Ababil InsyafFebruary 12, 2016
  23. winnazFebruary 12, 2016
  24. itateaJanuary 25, 2016
  25. BarudakBogorJanuary 24, 2016
  26. BarudakBogorJanuary 24, 2016
  27. susanJanuary 21, 2016
  28. adhyasahibJanuary 20, 2016
  29. feeJanuary 20, 2016
  30. mkstories4lifeJanuary 20, 2016
  31. WienJanuary 20, 2016
  32. WienJanuary 20, 2016
  33. astridtumewuJanuary 20, 2016
  34. itateaJanuary 20, 2016
  35. daniJanuary 20, 2016
  36. sondangrpJanuary 20, 2016
  37. sondangrpJanuary 20, 2016
  38. daniJanuary 20, 2016
  39. daniJanuary 20, 2016
  40. sondangrpJanuary 20, 2016
  41. Liberto AminJanuary 19, 2016
  42. rynariJanuary 19, 2016
  43. Liberto AminJanuary 19, 2016
  44. mondaJanuary 19, 2016
  45. Rizal Ardhi RahmadaniJanuary 19, 2016
  46. adhyasahibJanuary 19, 2016
  47. denalddJanuary 19, 2016
  48. Ayu LJanuary 19, 2016
  49. galuhluhgaJanuary 19, 2016
  50. febriminatoJanuary 19, 2016
  51. denalddJanuary 19, 2016
  52. hobilariJanuary 19, 2016
  53. ndu.t.ykeJanuary 19, 2016
  54. OpikiniJanuary 19, 2016
  55. ArmanJanuary 19, 2016
  56. ArmanJanuary 19, 2016
  57. komatkamit89January 19, 2016
  58. hobilariJanuary 19, 2016
  59. adhyasahibJanuary 19, 2016
  60. OpikiniJanuary 19, 2016
  61. OpikiniJanuary 19, 2016
  62. MultiAPKJanuary 19, 2016
  63. rumahkubahagiakuJanuary 19, 2016
  64. DitaJanuary 19, 2016
  65. Ayu LJanuary 19, 2016
  66. ndu.t.ykeJanuary 18, 2016
  67. febriminatoJanuary 18, 2016
  68. Ferdy LpuJanuary 18, 2016
  69. cumilebay.comJanuary 18, 2016
  70. IraJanuary 18, 2016
  71. mondaJanuary 18, 2016
  72. IraJanuary 18, 2016
  73. mondaJanuary 18, 2016
  74. febriminatoJanuary 18, 2016
  75. titintitanJanuary 18, 2016
  76. Arlan85January 18, 2016
  77. daniJanuary 18, 2016
  78. Ayu LJanuary 18, 2016
  79. Bibi Titi TelitiJanuary 18, 2016
  80. ndu.t.ykeJanuary 18, 2016
  81. Ria AngelinaJanuary 18, 2016
  82. komatkamit89January 18, 2016
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: