Cerita Trimester Pertama Hamil Anak Kedua

loading...

Tidak direncanakan

bukan berarti suatu kesalahan.

Namun artinya kehidupan tahu

apa yang saya butuhkan sebelum saya melakukannya!

haha

πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜›

 

Jadi saudara-saudara pembaca setia blogku, ceritanya saat ini saya sedang hamil anak kedua. Seperti quote diatas kehamilan kedua ini tidak kami rencanakan, kepikiran juga tidak. Maunya saya saat Benjamin masuk tk lah baru datang nih calon adiknya πŸ˜› . Apa mau dikata sudah terlanjur yaa dinikmati sajalah apa yang akan terjadi didepan. Harapannya ya semuanya membahagiakan suami, jagoanku Benjamin dan saya tentunya.

Saya ingin cerita pengalaman hamil trimester pertama dulu ya (saat ini masuk trimester kedua). Semoga tidak malas update trimester berikutnya. Saat mengandung anak pertama dulu saya buat hanya satu postingan pengalaman kehamilan trimester satu sampai tiga langsung diborong di satu postingan πŸ˜€ . Nah anak kedua niatnya saya mau buat cerita per trimester.

Tanda-tanda kehamilan yang saya rasakan:

β€’ Merasa ada yang aneh, datang bulan terakhir 28 mei sampai 1 Juni 2016. Ko bra naik-naik melulu. Badan sering merasa hangat sekali (gerah), ya biasalah mau datang bulan juga sama cirinya seperti ini kan.

β€’ Tanggal 1 Juli belum datang bulan juga, tanggal 2 Juli belum juga. Ah biasalah lewat seminggu bahkan dua minggu an juga pernah ko gumam saya dalam hati (telat jauh begini paling terjadi sekali dalam setahun). Saya termasuk yang teratur datang bulannya, karena saya selalu catat.

Karena feeling tidak enak (ko merasa hamil) jadi saya ceklah pakai alat test kehamilan. Tahu tidak saya sangat mengharapkan semoga satu garis (beneran ngarep.com haha parahh πŸ˜› ) karena saya merasa belum siap menghadapi pola tingkah anak kecil lagi, termasuk benci sekali merasakan sakit selama 3 minggu pasca operasi sesar.

Baca juga: Cerita Melahirkan Anak Pertama Melalui Operasi Caesar

Eh ternyata dua garis hasil test nya. Hari itu 2 Juli saya tes sendiri, kalau langsung telp dokter pasti disuruh tes sendiri dulu. Bapaknya Benjamin pulang kerja (dia tugas malam, dari jam 20 sampai 8 pagi) saya bilang “ada hadiah ultah tambahan untukmu, lihat di kamar mandi deh ” (ultah suami 1 Juli) . Datanglah dia menghampiri saya yang sedang asyik didepan komputer sambil membawa sisir hahaha. Saya bilang: “cari yang bener dong kadonya!” πŸ˜† .

Akhirnya dia membawa hasil tes kehamilan tersebut sambil senyum-senyum. Saya sih tidak bersemangat seharian itu :/ . Ibu macam apa coba saya ini haha, namun bapaknya Benjamin senang-senang aja mengetahui kehamilan saya tersebut πŸ˜€ Β .

Pas sudah tahu kalau saya hamil, teringat hari sebelumnya yakni 1 Juli pas ultah suami saya bantu gotong kereta dorong nya Ben yang berat banget. Kami naik kereta ke talmarkt (semacam prj/pasar malam) bersama mama mertua dan suaminya. Nah dari stasiun keberangkatan eh liftnya rusak dan di kota tujuan tidak ada lift nya, jadilah suami dan saya gotong tuh stroller Ben. Saya minta berhenti lebih dari sekali karena beratnya stroller tersebut.

β€’ Trisemester 1 ini kalau tidur ke arah kanan saya tidak bisa nafas, kedua lubang hidup ketutup. Nafas dari mulut? sungguh tidak nyaman πŸ˜₯ . Saat musim panas Benjamin bisa 3 hari berturut-turut tidur sama saya karena kamar dia panas. Nah si Ben selalu minta digaruk-garuk punggungnya. 10 menit belum tidur juga ya saya pegel tangan dong lalu saya putar badan ke kiri supaya nyaman tidur.

Kalau Benjamin belum tidur pulas, dia duduk lalu taruh telapak tangannya di wajah saya dan minta putar posisi saya ke hadapan dia πŸ™ . Okelah lanjut disuruh garuk menggaruk bos kecil haha. Saya usap-usap kepala dia, eh dia tarik tangan saya suruh garuk punggung. Puas di punggung di tarik tangan saya disuruh pindah garuk kaki belakangnya (belakang dengkul), ya mau-maunya bos kecil ini suruh saya garuk dimana dia suka haha. Salah satu cobaan terberat hamil trimester 1 adalah posisi tidur ini maunya ke kiri disuruh Benjamin ke kanan. Padahal bapaknya disebelah dia, tapi Benjamin lebih suka urusan garuk menggaruk ini dilakukan oleh saya πŸ˜† .

Puji Tuhan musim gugur akhirnya bulan September datang juga. Cuaca sudah mulai dingin Benjamin akhirnya tidur teratur lagi dikamarnya dan saya seperti biasa mendapatkan tidur nyaman saya <3 .

USG pemeriksaan kedua kali saat usia kehamilan 11 minggu. Janinnya sudah terlihat bentuknya yaa. Sayangnya alat USG di dokter ini tidak jelas. 18 Agustus 2016.
USG pemeriksaan kedua kali saat usia kehamilan 11 minggu. Janinnya sudah terlihat bentuknya yaa. Sayangnya alat USG di dokter ini tidak jelas. 18 Agustus 2016.

 

β€’ Perut bagian kanan bawah sering terasa sakit. Awalnya saya kira janin posisinya disitu loh hehe. Ternyata janinnya di bagian atas perut ibu ko. Saya terkadang angkat yang berat-berat atau kerja terlalu berat dan terlalu lama. Bisa juga saat saya menggendong Benjamin bisa membuat badan jadi terasa linu keesokan harinya. Saat pemeriksaan rutin bulanan ke dokter kandungan saya ceritakan keluhan saya ini dan bu dokter memberikan resep tablet magnesium yang dimakan dua kali dalam sehari. Untungnya mujarab tabletnya nyeri perut bawah hilanglah, tentunya saya harus juga mengurangi kegiatan angkat mengangkat yang berat.

β€’ Kalau lagi hamilnya Benjamin rambut saya tidak rontok sama sekali, nah pada kehamilan kedua ini rambut rontok parahnya jalan terus (tidak hamil rontok, hamilpun rambut rontok πŸ˜₯ ) apakah ini tanda kalau anak kedua bakalan cewe? tidak tahu juga sih, tapi saya ko pengennya dapat anak cowo lagi hehe πŸ˜€ tapi yang kedua kalau ingat anak cowo tidak ada capenya bisa main/beraktifitas 9 jam tanpa henti saya ko jadi takut juga haha bisa K.O sebelum jam tidur saya kan.

β€’ Nafas terasa pendek, harus tarik nafas yang panjang supaya lega. Karena nafas pendek ini dada terasa tidak enak.

β€’ Tidak nafsu makan. Makan ya tetap makan teratur, tapi tidak ada rasa nikmatnya sama sekali. Saya tidak mau membayangkan aneka masakan Indonesia kuatirnya kepengen bahaya kan haha. Nah pada trismester 1 ini yang rasanya makan tuh nikmat sampai ke ubun-ubun serasa menikmati surganya dunia bisa dihitung dengan jari:

  1. Saat saya makan nasi dan ikan goreng beserta pakai sayur. 5 tahun di Jerman pertama kali nih beli ikan segar haha. Sebenarnya banyak ikan di supermarket besar, karena dalam bahasa Jerman dan kebanyakan bentuk fillet ya saya tidak tahu ikan apa itu dalam bahasa Indonesia kalau hanya lihat daging filletnya saja. Kuatir asal beli dan tidak tahu mengolahnya kan sayang duitnya. Ikan di Jerman harganya 3x lipat harga daging, disini daging harganya murah dan ada 1001 macam. Ikan yang saya beli mirip ikan bawal, lalu beli cumi, dan ikan makrel.

  2. Selain makan ikan yang nikmat lainnya adalah makan bakso. Baksonya beli jadi secara online sama temannya teman di Jerman sini, yang bikin orang Indonesia. Daripada beli bakso saja beli keripik singkong pedas dan nastar juga. Kuah bakso cari resepnya dari internet. Mie nya ada beli dari toko asia.

  3. Nikmat ketiga kali adalah saat makan buffet di restoran china bersama teman Indonesia. Untung ada temanku Iluh yang mau ku ajak karena bapaknya Benjamin paling anti diajak ke chinese restoran hehe πŸ˜€ padahal menunya enakk semuanya .

β€’ Tanda kehamilan trimester pertama ini lainnya adalah “ngantuk parah”. Normalnya setelah makan siang mengantuk ya. Nah kalau saya setelah sarapan ngantuk, habis makan siang ngantuk, makan malam ngantuk, ngemil agak banyak juga ngantuk haha πŸ˜† . Cobaan terberat saya setelah posisi tidur, ya si “kantuk ini” .

Musim panas Benjamin jarang bisa tidur siang, padahal saya sering ngantuk berat, jagoanku maunya main melulu dan sering saya diminta ikut bersama dia main ya sudahlah berat sekali cobaanku hehe.

β€’ Emosi jiwa naik turun, kadang pengen marah namun ada saatnya saya ko sedih. Apalagi saat musim panas emosi cepat naik cepat marah saya. Emosi sama si Benjamin karena berbagai tingkahnya yang sering saya tidak bisa terima. Namun ada saatnya saya melow banget kalau Benjamin peluk saya dan minta maaf.

Gaya minta maaf Benjamin dia suruh saya berjongkok/berlutut supaya posisi kita sama tinggi, lalu dia peluk dan cium-cium saya. Sayapun harus peluk Ben juga itu tandanya kalau saya terima permintaan maaf Ben, kalau saya tidak balas peluk Ben belum puas dia, maka dia tarik kedua tangan saya dan suruh peluk dia <3 . Eh belum 5 menit minta maaf dia bikin ulah lagi huahaha dasar bocah! πŸ˜† . Musim panas adalah musim terberat dan kesabaran saya harus sepanjang kereta api dan seluas samudra πŸ™‚ .

Kalau saya bandingkan pengalaman hamil pertama trimester pertama pas Benjamin dahulu beda sekali dengan yang kehamilan kedua ini. Apa yang saya rasakan dahulu tidak saya rasakan saat kehamilan kedua ini. Oh iya sebelum pemeriksaan pertama kali ke dokter saya berdoa dan berharap semoga tidak anak kembar ya. Satu anak aja sudah setengah mampus ngurusnya apalagi kembar. Pas cek ke dokter Puji Tuhan dibilang satu janin, beneran plong deh perasaan ini πŸ™‚ .

Baca juga: Rangkuman Pengalaman Kehamilan Trimester 1 – 3 anak pertama

 

Sama seperti kehamilan pertama, pada kehamilan yang kedua ini saya tidak mengenal apa itu ngidam dan mual-mual, Puji Tuhan! πŸ™‚ .

Sampai disini dulu cerita pengalaman kehamilan trimester 1, sampai jumpa di cerita lanjutannya ya.

Pregnancy Calendar anak kedua. Bikin screenshootnya aja supaya pas dengan tanggal ketika postingan dibuat
Pregnancy Calendar anak kedua. Bikin screenshootnya aja supaya pas dengan tanggal ketika postingan dibuat

Baca juga: Cerita Trimester Kedua Kehamilan Anak Kedua

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

141 thoughts on “Cerita Trimester Pertama Hamil Anak Kedua

  • October 31, 2016 at 10:02 am
    Permalink

    Mba.. Selamat yaa.. Moga lancar ya kehamilannya.. Seperti nya sindromnya ya mirip dgn kehamilan Anak perempuan saya. Hehe… Ditunggu postingan trisemester berikutnya

    Reply
    • November 1, 2016 at 6:24 pm
      Permalink

      Halo mbak Mar, wahhhh benerrr kamu mbak, hasil usg anakku ini bakalan cewe πŸ˜€ .

      Reply
      • November 1, 2016 at 8:08 pm
        Permalink

        Wuah.. Jd sepasang yah.. Nanti liat klo sdh lahir nya yaa.. Skrg dpuas2in main dl sm Benjamin yah mba.. Sblm Ada baby?

        Reply
  • October 16, 2016 at 10:47 am
    Permalink

    Asiiiiik.. Ben uda mau punya adeeek.. Semoga kehamilannya lancar sampai persalinan Mbak, dan semuanya sehat ya. Aamiin.. πŸ˜€

    Reply
  • October 13, 2016 at 2:47 pm
    Permalink

    Selamat ya kak Nella, Salam kenal, Duluu aku pernah main ke blogmu ini, tapi aku nggak ada ninggalin jejak πŸ˜€ Nih pas ketemu lagi senang kali aku bah. Sehat-sehat sampe lahiran ya. Tuhan memberkati.

    Reply
    • October 13, 2016 at 6:26 pm
      Permalink

      Hai Dewi aminn makasih ya, termasuk terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya πŸ™‚ . Btw mau follow blogmu bgm ya? saya ga nemu tombol follow ataupun berlangganan via email.

      Reply
      • October 14, 2016 at 9:11 am
        Permalink

        Horas ka’e aku borDam asal Siantar πŸ˜€ Sorry baru kubalas skrg, tadi malam nonton film sama itoani πŸ˜€ Aku baru mau tanya ke providerku gimana caranya buat nambahin tombol follow dibawah πŸ˜€ tapi belum dibalas, Tapi makasih banyak ya kak udah di follow. Aku baru aja mulai blogging, dari dl malees..pernah buat pas blog pas aku pertukaran di Swedia, habis itu lupa pasword πŸ˜€ klasik ya πŸ˜€ ha ha ha..ya gitulah karena males ngecek blog akhirnya lupa… Kak Nella asal mana?

        Reply
        • October 14, 2016 at 9:20 am
          Permalink

          Hai Dew ortuku asal Sitorang, aku dan adik2 lahir di Jakarta. Mengenai blog mungkin krn punyamu self hosted jd ga keliatan sih tombol follownya.. pengennya sih ada tombol follow via email jd gak ketinggalan postingan barumu πŸ™‚ .

          Reply
          • October 14, 2016 at 9:25 am
            Permalink

            Ntar kalau udah dibalas, aku infoin ke kakak pun πŸ™‚ Aku mau post blog baru memang rencananya hari ini, tapi kutahan dlu lah sampe ada keterangan dari si provider πŸ™‚
            Oh orang kk asli Sitorang…:) aku pernah kesana duluuu, pas masih PNS di Toba Samosir πŸ™‚

      • October 14, 2016 at 3:24 pm
        Permalink

        Sudah ada aku buat kak πŸ˜€ baru dikasih pentunjuk dari provider πŸ˜€ ha ha ha ha…namanya baru yaa…bagian subscribe nya udah aku letakkin di bag.plg bawah..td juga ada yang nanya soalnya πŸ˜€

        Reply

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: