Mengenai Telepon Teror di Jerman

loading...

Mengenai Telepon Teror di Jerman. Pembaca setia blogku ceritanya saya sudah pernah dua kali kena jebakan undian dapat smartphone, saya mau berbagi kisah saya, cuma jangan diketawain ya hihi πŸ˜€ .

Ini pengalaman saya di Jerman, entahlah apa ada yang mirip di negara lain. Pesan saya hati-hati dengan iklan pop up saat kita online melalui komputer atau smart phone, karena kita bakalan kena jebakan betmen πŸ˜› .

Pada gambar dibawah. Terjemahan bebasnya tulisan iklan pop up nya:

Selamat!
Anda terpilih secara acak dan akan berkesempatan memenangkan iphone 6S atau produk Apple lainnya.

contoh-iklan-menang-undian-di-jerman-kalau-kita-percaya-dan-isi-data-mulai-deh-kena-telp-teror-jan-2016
Contoh iklan menang undian di Jerman, kalau kita percaya dan isi data mulai deh kena telp teror. Jan 2016

 

Kalau kita klik oke maka ada panduan berikutnya.

Contoh kedua, dibawah ini ditulisnya dari web survey mengenai travel.

Selamat, Anda hari ini adalah salah satu pemenang kami yang beruntung.

Klik OK dan pilih hadiah Anda sekarang.

Iklan pop up. Selamat anda hari ini termasuk salah satu pemenang, klik oke dan pilih hadiahnya. Hati-hati kena jebakan betmen hahaha beneran.
Iklan pop up. Selamat Anda hari ini termasuk salah satu pemenang, klik oke dan pilih hadiahnya. Hati-hati kena jebakan betmen hahaha beneran!.

 

Contoh ketiga.

Selamat!.
Anda terpilih secara acak untuk mengetes brand terbaru iphone 7 keluaran 2016.

contoh Undian berhadiah yang berujung telp teror
Selamat anda terpilih mendapatkan iphone7 untuk tes, trus percaya dan isi data pribadi bakal kena telp dan email teror

Tuh angka 19 diatas gambar HP masih ada 19 mangsa yang akan diburu haha πŸ˜€ .

Oh ya model ini ada pertanyaan dulu. 4 pertanyaan yang harus dijawab, tenang saja pertanyaan gampang sekali!.

  1. Apakah Anda memiliki salah satu produk apple?. Tuh tinggal klik iya atau tidak, lanjut ke pertanyaan kedua.

 

yang membuat saya saat itu yakin ini adalah undian beneran, karena ada banyakΒ testimoni dari yang mendapatkan hadiah handphonenya dan 12 ribuan orang yang nge “like“. Makanya saat itu saya beneran bodoh dong percaya haha πŸ˜† .

Komen-komen di Fb yang bilang beneran dapat hadiah hp nya, akun palsu kali yaa
Komen-komen di Fb yang bilang beneran dapat hadiah hp nya, akun palsu kali yaa

 

Eh ya sampai sekarang kadang saya masih melihat di feed Fb saya, mereka yang nge “like” atau bilang “amin” pada gambar anak (orang) sakit, meninggal, korban kekerasan, tempat ibadah dirusak dll. Pokoknya postingan menarik simpati yang ujungnya minta like saja.

Kasihan sih mereka yang nge “like” ini tidak tahu kalau likenya sudah terkumpul banyak tuh akun FB bisa dijual dan akun FB nya akan berganti nama bisa jadi onlineshop atau ya seperti undian yang saya temukan ini, banyak yang nge”like” orang-orang jadi pada yakin dong.

Baca juga: 5 Fakta Facebook yang Kadang Diabaikan Penggunanya

 

Sepanjang ini saya ngoceh penasaran tidak?, apa hubungan ocehan saya dan maksud judul postingan ini Telepon Teror. Teror bagaimana?.

Nah pembaca setia, setelah saya jawab pertanyaan dan benar semua (pertanyaan gampang sekali) ada halaman isi data. Mulai nama, email dan telp. Untung tidak ada kolom pertanyaan alamat. Hmm mungkin saya lewatkan untuk alamat, entahlah sudah lupa … Untuk alamat saya sangat hati-hati menuliskannya, no telp pun saya kasih no hp saya.

Email saya gunakan email yang untuk daftar berbagai newsletter, jaman milis masih ramai dulu nah saya punya email khusus ini.

Setelah selesai jawab semua pertanyaan dan isi form biodata. Eh tidak lama ko ada bunyi telp masuk di hp saya. Itu pas tengah malam loh 😯 , maklum saya lagi menunggu kantuk tiba jadi iseng browsing sana sini. Kaget dong saya siapa yang telp tengah malam, cuma bunyi sekali saja dan tidak ada nomer tertera (unknown).

Besoknya mulai banyak telp masuk ke hp saya. Ada yang cuma sekali bunyi saja, ada yang beberapa kali bunyi. Nomer yang sama berulang kali telp atau nomer yang 2 buntutnya berbeda. Saya tidak pernah angkat/jawab kalau nomernya tidak tertera nama yang saya kenal. Seharian telp saya bunyi dari pagi hari setiap 1-2 jam sampai sore.

Nyebelin banget! πŸ˜₯ . Bahkan saat tidur siang jam 2 siang hp bunyi, jadi buyar tidak bisa lanjut tidur lagi. Hp saya taruh dekat tempat tidur karena saya pasang alarm.

Ternyata telp tengah malam itu dugaan saya adalah si penerima data saya tersebut ingin memastikan kalau no telp saya tersebut aktif. Dia sudah tahu aktif dijual deh data saya haha kacauu πŸ˜€ .

Saya penasaran siapa yang telp, lalu saya cari di google. Walah ternyata banyak sekali yang bernasib seperti saya πŸ˜† .

Berbagai komentar orang-orang yang terima telp teror
Kalau ada no gak dikenal telp langsung mati tapi berulang kali, saya gak jawab, akan google ketahuan telp teror. Data Juli 2016

Contoh diatas dari no yang masuk ke hp saya juga: 015299685632 . Ada 33 orang yang kasih komen, semuanya komen jelek. Misal ada yang nawarin pinjaman bank, ada yang dibilang terpilih menang undian lalu diminta no. rek bank. Ada yang diajak ikut undian dll.

Bahkan dari no teror lain pernah saya baca komen, seorang anak yang komplain karena ibunya yang sudah tua keluar duit ini itu untuk hal tidak jelas. Padahal di Jerman sini banyak lansia yang tinggal sendiri atau bersama pasangannya, anaknya beda rumah. Wah kalau para lansia ini tidak jeli bisa sering kena jebakan betmen begini πŸ™ .

Telp teror yang saya terima setiap hari, sabtu minggu tidak ada telp teror, libur kantor kan ya hehe. Selama hampir sebulan dapat terornya. Saya pernah iseng terima telpnya, sungguh saya hanya penasaran saja. Eh orangnya menawarkan produk dari salah satu supermarket. Sebelum ybs bicara lebih banyak lagi (buang waktu saya juga) saya langsung bilang “Ich spreche kein Deutsch (saya tidak bicara bahasa Jerman) haha ampuh loh langsung minta maaf dan ditutup telpnya. Saya juga pernah telp balik, ternyata dari salah satu tv swasta yang mau nawarin produk berlangganan. Pernah juga begitu dering pertama saya pencet reject biar kepotong pulsa dia hehe πŸ˜› .

Selain telp teror yang saya terima, saya terima email teror juga. Gileee bener banyak banget πŸ˜₯ . Seperti yang saya bilang diatas kalau email yang saya daftarkan adalah email untuk berbagai newsletter jadi tidak terlalu menganggu, dan untungnya lagi email-email teror tersebut masuk ke spam box, hanya 1-2 yang nyasar masuk inbox utama.

Email terornya adalah berbagai iklan penawaran aneka macam produk, dan semuanya sangat sopan, diawal kalimat menyapa dengan nama lengkap saya. Ya iyalah kan ada software khusus untuk membuatnya, jadi yang nerima email merasa terkesan disebut namanya πŸ™‚ .

Email teror, berbagai iklan produk atau jasa.
Email teror, semuanya iklan penawaran berbagai produk. Tiap hari masuk banyak sekali. Untung masuk spam box yang masuk ke inbox utama hanya 1 atau 2 saja.

Pokoknya saya kapok deh kalau lihat undian lagi haha. Ada juga yang punya pengalaman seperti saya? πŸ˜€ .

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

68 thoughts on “Mengenai Telepon Teror di Jerman

  • October 16, 2016 at 10:45 am
    Permalink

    Serem banget, Mbak. Aku makanya gak mau percaya sama undian undian. Takuuuuut πŸ™

    Reply
  • October 10, 2016 at 8:00 am
    Permalink

    Aku gak pernah ikut undian yang pop up gitu. Emang aneh kan yak. Males juga ngisi data diri ?

    Reply
  • October 3, 2016 at 6:17 am
    Permalink

    Sayaa kak..huhuh.. Skrg ganti nomor ke operator baru saking yg nomor simpati ditelp mulu.. Entah asuransi lah, KTA lah.. huhu

    Reply
    • October 8, 2016 at 7:30 pm
      Permalink

      Hai Py, aku curiganya tuh nomer hp kita mungkin dijual datanya kali ya.. misal klo kita daftar atau isi form di bank atau kartu garansi dimana kek, nah tuh data telp bisa dijual loh. Soalnya dulu aku pernah kerja dibagian validasi data, aku telp2 nin informasi org yg masuk aapakah benar alamatnya, telpnya, kerjaannya πŸ˜€ .

      Reply
  • September 22, 2016 at 12:51 pm
    Permalink

    Ehmmm yang heboh sampai aku ganti no hp gara gara tiap hari ditelp penawaran asuransi maleeeessss banget capek nolaknya.. Bingung juga dari mana mereka punya data aku, serem

    Reply
    • September 25, 2016 at 11:27 am
      Permalink

      Hai Ria data sih bisa diperjualbelikan. Misal dari bank atau kita pernah isi formulir garansi apa gitu, nah tuh data telp, alamat berharga bisa dijual. Soalnya dulu aku pernah kerja buat verifikasi data nama, alamat, no telp πŸ˜€ .

      Reply
    • October 3, 2016 at 4:52 pm
      Permalink

      sama mbake… sayapun demikian, nomet lama saya ditelponin mulai dari penawaran dana, asuransi, ukiran, variasi mobil, sampai gadai. Solusinya ga pernah saya angkat dan selalu saya masukkan ke reject list.

      Reply
  • September 21, 2016 at 4:15 pm
    Permalink

    pernah sih sekali, itu diskonan gede restoran pizza, spam ternyata

    Reply
      • September 25, 2016 at 11:33 am
        Permalink

        lupa2 ingat dari WA kl nggak salah, nggak dari produsennya langsung, udah aku share jugq ke saudara2 he..he.. boongan taunya

        Reply
  • September 19, 2016 at 4:43 pm
    Permalink

    hahaha, alhamdulillah belum mbak ;p.. tapi kalo dpt sms segala macam penawaran CC, pinjaman dll, itu mah srg.. tp ga heranlah, data2 gitu mah skr memang gampang diperjualbelikan.. apalagi kalo punya rek di bank lain ato kartu kredit.. sales2 marketing itu bukan rahasia lg saling yukaran database dgn sales2 yg lain

    Reply
  • September 18, 2016 at 12:40 pm
    Permalink

    Ya… saya juga banyak banget nerima message iklan yg tak fiundang…sampai terkadang lelah ngapusinnya …

    Reply
    • September 19, 2016 at 6:46 pm
      Permalink

      klo di blok kadang banyak email2 barunya (klo iklan via email), klo iklan via hp sama juga kadang banyak nomer dari pihak yg sama. Iya mbak pegel ngapusnya πŸ˜€ .

      Reply
  • September 15, 2016 at 1:19 pm
    Permalink

    Tadinya ku kira cuma di Indonesia aja, ternyata pas pake nomor australia dan New Zealand , ada juga yang random nawarin barang, bahkan ada yang nawarin pasang listrik, hahaha.. parah banget, padahal itu nomor random baru beli pula..

    Reply
    • September 19, 2016 at 7:15 pm
      Permalink

      Hai Inly, jangan2 nomer mati di jual lagi kali ya.. baru tahu ternyata di LN ada juga kasus spt di Indonesia begitu nomer baru tapi ko banyak telp/iklannya haha.

      Reply
  • September 12, 2016 at 1:14 pm
    Permalink

    Ternyata begitu. Kalau disana ada mama minta pulsa juga nggak mba,,:)

    Reply
  • September 11, 2016 at 6:10 pm
    Permalink

    Ha ha ha, aku beberapa hari belakanagan juga menerima hal yang sama.,cuman aku nggak pernah isi undian dll, entah dapat nomorku dari siapa, alasanku juga sama nggak bisa bahasa Jerman.. ( memang ngggak ngerti terlalu dalam sih… ), kalau waktu di Indo juga pernah kena beberapa kali, tapi bukan nawarin barang..melainkan mengatasnamakan Provider kartu telepon, and pintarnya, mereka awal awalnya mengirim pops up notifikasi dari nomor yang berjumlah 4 ( sudah lupa nomornya apa nd yang jelas bukan nomor handphone biasa ), setelah itu telepon langsung masuk, ku di hubungin dan di bilang nomorku terpilih memenangkan 50 juta rupiah, aku bilang kalau benar dapat 50 juta, uangnya buat dia aja..aku nggak mau, ehh malah aku balik kayak di ancam ancam gitu and kayak maksa buat nerima hadiahnya ( 50 jutanya ) setelah ku tanya balik, kayak hadiah buat rangka apa, kantornya dimana, siapa namanya hingga ancaman mau lapor ke polisi, si pelaku menutup telepon ( sempat maki maki ), kupikir pelaku selain lebih kreatif dan pintar, kita juga harus makin hati hati aja dan jangan lengah. Maaf kalau telepon terror nyasar hingga ke “penipuan” he he.

    Reply
    • September 20, 2016 at 5:40 pm
      Permalink

      Hai Ann, klo aku suka banget ikut undian haha tapi yg hadiahnya ada hubungan dg gardening yg sering aku ikuti. Pernah bbrp kali dpt majalah gratis πŸ˜† .

      Klo 5 thn lalu di tanah air maraknya penipuan yg kirim sms, trus pernah aku balas sms nya krn penipunya kasih web yg ngaco banget gabungan co.id dan .com . Klo di telp serem An katanya ada yg bisa kena hipnotis. Dokter dekat rumah di Jakarta pernah kena hipnotis via telp, disuruh ke bank dan transfer duit dia, pas sadar ya sdh bablas duitnya.

      Reply
  • September 9, 2016 at 8:46 am
    Permalink

    Add pop up dapet iphone aku kena juga awal2 disini mbak nell ? ya sama krn baca tetimoninya itu yg bikin yakin ternyata bullshit ??? trus prnh jg iklan dpt voucher 500pound di supermarket aku isi data2nya pake nope suami…eh ada pengeluaran 400pound dr bank suami via pembayaran iuran nomer hape *suami byr 24pound / bln buat simcardnya bisa nlpon n internetan
    unlimited di mana aja berada . Trus 10pound buat sporty music. Eh kok ada pembobolan 400pound coba ? Suami nelpon komplin ke bank nya ya di urus trus dpt refund deh ?
    Kapok aq gak lagi2 deh main klik ok ?

    Reply
    • September 21, 2016 at 11:26 am
      Permalink

      Hai Ima wah ko serem banget, itu kamu kasih no hp suami aja atau no rekening?, klo cuma kasih no hp ko bisa ya ngebobol bank suami mu?. Untung ya bisa refund πŸ™‚ .

      Reply
      • September 21, 2016 at 1:13 pm
        Permalink

        Ea nomer hape kan pembayaran tagihan perbulan hape suami macam2 bisa akses dimanapun berada kyk sportify Β£10/bln kindle library Β£30/bln akses internet di mana2 Β£29/bln gtu jd dia di indo kek di belanda kek di india kek di singapor ttp bisa pke nomer hape ini. Nah pembayaran semua ini lgsg potong dari rekening dia kan gtu…tiba2 itu adah ada pembobolan di luar yt biasanya.

        Reply
  • September 9, 2016 at 2:20 am
    Permalink

    Mmmm, saya biasa kena teror lewat HP sih, menawarkan apa gitu. Tapi dari bank tersohor di Indonesia. Nelponnya itu pada saat jam kerja. Ga di angkat juga nelpon berkali-kali. Bikin budek kuping ajah. Pas di angkat saya nawarin telponnya selesai jam kantor-lah. Atau sms saja kalau mmg butuh banget.

    Tetep ajah besoknya gitu lagi. gitu lagi. gitu lagi.

    Reply
  • September 9, 2016 at 12:11 am
    Permalink

    udah anti sama yang namanya nge klik popup2 ga jelas soalnya banyak virus ? #pengalamanpribadi

    Reply
  • September 8, 2016 at 10:30 pm
    Permalink

    wah senasib mbak nel. saya juga gegara testemoninya jadi kepancing ikut. alhasil selain inbox saya kebanjiran penawaran juga telepon yg gak jelas. beberapa kali saya angkat krn memang ada telepon yg saya tunggu. nawarin asuransi begitu. saya iyain aja tapi saya suruh telepon lagi krn lagi di rs. abis itu nomer ini langsung saya blokir.

    jadi pelajaran aja kali ya jgn kepancing sama pop-up message begini. gak ada yg gratis di dunia πŸ˜€

    salam
    /kayka

    Reply
    • September 9, 2016 at 8:20 am
      Permalink

      Mbak Kayka senasib kita ya, males banget banyak nomer yg telp mbak bingung mau ngebloknya. Giliran pas waktu itu KBRI Frankfurt telp saya kira telp teror juga, jadi ga angkat. Saya google baru tahu tuh no KBRI, saya telp balik deh ternyata paspor saya sdh bisa diambil. Iya mbak kapok sdh 2x kena saya jadi gak termakan iklan pop up lagi deh hehe.

      Reply
      • September 10, 2016 at 7:29 am
        Permalink

        itu dia giliran telepon penting malah jadi gak diangkat ya.

        sebenernya saya udah lama gak percaya sama yang gratis-gratis ini tapi kog ya kali ini kepancing juga. abis yang komen itu lho jadi kepengen juga. pasti orang-orang ini yang bikin komen sendiri.

        siiip met wiken ya.

        salam
        /kayka

        Reply
  • September 8, 2016 at 10:07 pm
    Permalink

    Oh iya kalau soal iklan di telepon, kalau yg telpun selalu nomor yang sama, bisa diblock di landline dan di HP juga.

    Reply
  • September 8, 2016 at 10:06 pm
    Permalink

    Pasang popup blocker dan antivirus mba Nel.

    Reply
  • September 8, 2016 at 8:35 pm
    Permalink

    Aku sering juga dapat iklan kayak gini Nel, terutama kalau pas buka twitter. Tapi ga aku indahkan, soalnya pernah nanya suami dijawab penipuan. Jadinya ya ga pernah aku klik.

    Reply
  • September 8, 2016 at 4:12 pm
    Permalink

    Wah iya kalo ada pop up gitu jangan pernah di klik lah… Selain ntar dapet banyak junk juga ati ati virus.

    Reply
  • September 8, 2016 at 2:34 pm
    Permalink

    Ku kira cuman di Indonesia… Hahaa…
    Kemaren habis dapet sms menang hadiah 25 juta… :mrgreen:

    Reply
  • September 8, 2016 at 12:03 pm
    Permalink

    Saya karena ga pernah bernasib baik dengan undian resmi,, jadi ga begitu tertarik dengan undian yang seperti itu Nel.

    Reply
    • September 9, 2016 at 8:38 am
      Permalink

      Hai Sal klo yg resmi aku pernah bbrp kali dapat, ada dari bank dapat tabungan 150rb, dulu waktu kecil dari tts majalah Bobo 2x, lainnya lupa hehe. Cuma hadiah kecil2 aja haha.

      Reply
  • September 8, 2016 at 11:31 am
    Permalink

    Ya ampuuuun….. parah banget niat ya telponnya 😐
    Aku gak pernah kena yang begini karena memang gak tertarik model-model undian πŸ˜€

    Reply
  • September 8, 2016 at 10:57 am
    Permalink

    terornya banyakan teror php, ka nel. sms dapat hadiah, mama minta pulsa ^^

    Reply
  • September 8, 2016 at 10:55 am
    Permalink

    Kenapa ga di laporin ke polisi aja nomernya Nel…di sini hal2 yg mencurigakan lgs kita minta perlindungan(protection order) dan biasanya polisi/detektif akan lacak sampai ketemu org2 nya… untuk menghindari korban2 berikutnya. Biasanya mereka itu org2 imigran ato pencari refugee yg ga dpt kerjaan jelas..jd mereka hidup dr hal2 ky scam,

    Reply
    • September 21, 2016 at 11:23 am
      Permalink

      Hai Ade, aku malaslah lapor2 gitu ribet nanti urusannya. Eh belum lama ini aku pernah nonton liputat di tv mengenai telp teror ini, mungkin ada korban yg lapor jadi di investigasi polisi, pelakunya bukan org jerman dan tidak tinggal di jerman. Pelakunya ngomong jermannya ga lancar, kejahatan ini dikerjakan grup jadi bukan perorangan.

      Reply
  • September 8, 2016 at 10:55 am
    Permalink

    Kalau yang seperti itu benar, saya sudah sering dapat seperti itu, tapi saya abaikan… takut nanti jadi kaya πŸ˜€

    Reply
    • September 21, 2016 at 11:20 am
      Permalink

      hahaha iya ya kang takut kaya mendadak πŸ˜€ btw kadang saya dapat email juga yg bilang dapat hibah uang sekian puluh juta, saya iseng balas saya bilang “buat anda semua saya iklas kasih” hehe πŸ˜€ .

      Reply
  • September 8, 2016 at 10:42 am
    Permalink

    Yang no 1 baru kejadian kemaren mba, feeling pasti ga bener punya dah. Tapi tetep kok isi data (iseng bener yah), tapi pake data suka-suka aja.
    Biar mereka kesel karena data nya ga valid. Hehehe

    Reply
      • September 27, 2016 at 6:08 am
        Permalink

        Yang gratis-gratis (apalagi yang hadiahnya fantastis) di internet itu jarang beneran mba. Hehehe

        Reply
  • September 8, 2016 at 10:27 am
    Permalink

    Bahhhh… repot jg yah klo di terror gitu… sampai tengah malam pula tuh…. ckckckck… Kita-kita yang baca jadi bisa lebih hati2 nih… Makacie info na yah… Gbu.

    Reply
    • September 21, 2016 at 11:18 am
      Permalink

      Hai Lia tuh telp tengah malam krn aku juga pas dapat iklannya malam gitu deh, jadi yg terima data langsung cek apakah no telp yg ku kaish aktif πŸ˜€ .

      Reply
  • September 8, 2016 at 9:46 am
    Permalink

    Hahahaahah … Disini juga banyak, tp teror nya rata2 dari data kartu kredit.

    Gw sampai sekarang kasih data telp salah di cc biar aman ngak ada yg nelp

    Reply
    • September 20, 2016 at 8:12 pm
      Permalink

      Iihh jahat kasih data yg salah haha .. klo ngisi datanya pas di depan sales nya, mungkin ga dites dulu no telp nya aktif atau tdk πŸ˜€ .

      Reply
      • September 22, 2016 at 9:21 am
        Permalink

        Jadi waktu apply kartu, sengaja kasih no yang khusus buat bikin cc tapi setelah di setujui, langsung buang tuch kartu hahaha

        Reply
  • September 8, 2016 at 9:43 am
    Permalink

    Itu biasa mbak nella di dunia pemasaran. Sekarang semua pada aggresif. Walaupun banyak yg merasa terganggu, tapi kadang2 bisa terbukti mendapatkan pelanggan baru. Klo dari segi etika bisnis sih nurut saya nggak professional aja. Nggak mungkin dilakukan sama perusahaan yang punya brand besar.

    Reply

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: