Cerita Musim Gugur 2016 – Benjamin Panen Tomat

loading...

Cerita Musim Gugur 2016 – Benjamin Panen Tomat. Halo pembaca setia blogku, kali ini cerita musim gugurnya mengenai kebunku di balkon ya. Berhubung cuaca sudah semakin dingin saya sudah nyicil bongkar-bongkar tanaman yang tidak tahan dingin. Semua bunga dahlia akhirnya beres dibongkar bibit (umbinya), akan ditanam lagi tahun depan saat musim semi atau menjelang musim panas.

Semua tanaman bunga gladiol gatot (gagal total) tidak ada yang berbunga karena saya telat nanam. Umbinya banyak saya buang sangking kesal, tahun depan beli lagi aja gaya horang kaya kan haha πŸ˜€ .

Kalau sudah dingin makin subur loh tanamannya. Seperti dahlia subur sekali daun-daunnya, sayang sekali yang berbunga cantik tahun ini hanya 2, yakni dahlia mammoth kuning dan dahlia Bora-bora. Dahlia lainnya hanya daunnya yang subur, ya gara-gara lagi-lagi telat nanam haha.

Baca juga: Tips Penanaman dan Perawatan Bunga Dahlia

Petunia biru dobel flower saya pangkas lalu saya taruh dalam rumah, dekat pintu masuk rumah jadi tetap dingin dan terlindung saat winter nanti. Biasanya tiap tahun saya buang tanam petuniaku, nah tahun ini ko sayang dibuang karenanya bunga berlapis-lapis cakep deh.

Video Dahlia-dahliaku dan petunia saat musim gugur

 

Saya sudah nanam kalau tidak salah 8 pot bunga-bunga musim semi seperti tulip, dafodil dan krokus. Masih ingin nanam lebih banyak bibit bunga musim semi lainnya, kalau sempat minggu depan mau mengunjungi satu garden center yang sudah lamaa sekali tidak saya kunjungi, siapa tahu ada diskon besar-besar akhir tahun hehe. Belum lama ini saya bertemu salah satu pegawai garden centernya, ditanyain ko lama tidak keliatan, dikira saya pindah kota.

Aneka bibit bunga musim semi. Ada tulip, dafodil dan muscari. Semua umbi direndam air 24 jam baru ditanam, klo nanam di pot sukses numbuh dan berbunga dengan cara ini, akar bibitnya jadi cepat numbuh kalau direndam dulu sebelum ditanam
Aneka bibit bunga musim semi. Ada tulip, dafodil dan muscari. Semua umbi direndam air 24 jam baru ditanam, klo nanam di pot sukses numbuh dan berbunga dengan cara ini, akar bibitnya jadi cepat numbuh kalau direndam dulu sebelum ditanam
Aneka bibit bunga musim semi. Semuanya akan mekar tahun depan mulai bulan Maret - Juni 2017
Aneka bibit bunga musim semi. Semuanya akan mekar tahun depan mulai bulan Maret – Juni 2017

Baca juga: Daftar Postingan Bunga Tulip Nan Cantik

 

Bolak balik nanam bawang putih selalu gagal, busuk melulu πŸ™ . Paling saya nanam bawang putih bersama tanaman bunga-bunga atau sayuran, tujuannya untuk menghalau hama. Tidak hanya drakula yang tidak suka bau bawang putih, beberapa jenis hama tanaman juga tidak suka bau bawang putih πŸ™‚ .

Nah bawang yang sukses panen yang ukurannya kecil.

Video Panen bawang

 

 

Benjamin senang sekali kalau saya bolehin ke balkon karena bisa berantakin kebun saya haha πŸ˜† . Kalau mau bongkar kebun di musim gugur atau akhir musim semi bolehlah Benjamin ke balkon, saya biarkan dia berantakin kebun saya karena memang pas mau bongkar-bongkaran kan πŸ™‚ . Berikut ini video kita panen tomat waktu bulan Oktober, saat itu belum tertalu dingin makanya kita belum pakai jaket pas dibalkon.

Video Panen Tomat di Bulan Oktober 2016

 

Baca juga: Menanam Tomat dari Bibitnya

Bulan November ini kita panen tomat terakhir kali. Cuacanya sudah tidak mendukung lagi (dingin), walau tanaman tomat-tomat tersebut saya tutupi plastik supaya tidak kena hujan dan angin tetap saja tidak mungkin tomat-tomat tersebut akan menjadi merah sempurna karena matahari sudah jarang bersinar, lebih banyak mendung dan hujan setiap harinya.

Video Benjamin panen tomat

 

Tomat yang kecil-kecil buat mainan Ben dan yang besar saya taruh dapur beberapa hari sehingga berubah warnanya dan bisa dimakan. Tomat yang bergaris-garis namanya tomat zebra, bibitnya dari tomat supermarket yang saya beli tahun lalu.

 

Ngapain Benjamin dengan tomat-tomat yang dia panen? πŸ˜€ .

Video Juragan tomat

 

Setelah Benjamin puas panen tomat, saya kasih tomat-tomat yang ukuran kecil buat dia main. Ceritanya jadi juragan tomat, dia mau kirim hasil kebunnya nih hehe πŸ˜€ .

Cerita Musim Gugur 2016 - Benjamin Panen Tomat. Hasil Panen tomat buat mainan
Hasil Panen tomat buat mainan
Juragan tomat lagi sibuk haha
Juragan tomat lagi sibuk haha
Selama masih hijau masih bisa dimainin tomat-tomatnya, kalau sudah jadi merah saya buang
Selama masih hijau masih bisa dimainin tomat-tomatnya, kalau sudah jadi merah saya buang

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

Sampai jumpa dicerita kebun saya berikutnya πŸ™‚ .

 

Selamat berakhir pekan dengan keluarga tercinta dan Salam hijau selalu :mrgreen: .

klik Follow my blog with Bloglovin

Follow

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

46 thoughts on “Cerita Musim Gugur 2016 – Benjamin Panen Tomat

  • January 29, 2017 at 10:13 am
    Permalink

    halo mbaaak, salam kenal. Seneng banget baca blognya Mba, Saya juga baru mulai hobi nanem-nanem soalnya. Pas liat postingan mba, liat tomatnya, bawangnya, ikkhhh sukaaa banget pokoknya ^^ salam sama anak mba, ben ya namanya? Cakepp pisan ^^

    • January 30, 2017 at 5:09 pm
      Permalink

      Halo juga mba Yayang, salam kenal juga ya πŸ™‚ . Berkebun kegiatanku untuk ngilangin stres mba, bikin hati senang klo yg kita tanam berbakti. Iya anakku namanya Ben, lengkapnya Benjamin πŸ˜€ .

  • December 23, 2016 at 12:17 pm
    Permalink

    Tomatnya enak tuh dibikin sambel dabu-dabu, hehehe…
    Banjamin udah gede aja ya, πŸ™‚

    • December 24, 2016 at 10:37 am
      Permalink

      Hai pak Alris, iya pak yg hijau saya campur bikin sambel, yg sdh merah saya makan langsung saja, dan yg kecil2 banget buat mainannya si Ben πŸ˜€ . Sdh 2,5 thn si Ben waktu berjalan dg cepat iya ga terasa anak cepat besarnya πŸ˜€ .

  • December 16, 2016 at 9:45 am
    Permalink

    Panen tomat.. kali ini aku nga berhasil manen tomat, nga tau kenapa batangnya jerubg gitu. hiksss

    • December 17, 2016 at 6:30 pm
      Permalink

      jerug kenapa De? hancur batangnya?. apa kebanyakan disiram ya?. Ini tomat-tomatku yg sukses juga setelah bolak balik gagal loh banyak yg mati sendiri mungkin karena tanahnya jelek, jadi aku coba tanam dari bibit baru tapi nanam di pot yg ga terlalu besar.

  • December 16, 2016 at 4:49 am
    Permalink

    Wah mbaak. Baru nemu blog ini. Seruuu. Semangat nanem-nanem jadi muncul lagi. Salam kenal dari Jogja mbak^^

    Marulia

  • December 15, 2016 at 6:07 am
    Permalink

    Bu nela, saya Deny kemaren pernah post nanya di fb, tapi fb sdah tidak aktif katanya, mau tanya tadi saya bongkar umbi amaryllis, mau didorman, nah termyata ada umbi anakan yag kecil kecil, mending ditanam atau didorman sekalian, soalnya yag anakan daunnya pada jatuh juga, terima kasih jawabannya

    • December 15, 2016 at 6:22 pm
      Permalink

      Hai Deny, iya september thn ini saya hapus akun fb saya. Anakannya nembel di induk amaryllisnya atau terpisah?. Lebih baik anakannya di tanam disatu pot yang kecil, disatukan semua anakan ini, kalau banyak sekali ya bisa bikin bbrp pot. Pengalaman saya kalau di satukan dengan umbi utama, malah anakannya jadi hancur (mati) karena berebutan nutrisi. Klo tanaman utamanya kan tidak perlu sering disiram, nah kalau anakannya usahakan supaya tetap lembab media tanamnya tp jangan sampai ada air tergenang ya. Secara berkala 2-3 bulan ganti media tanam supaya nutrisi anakannya terpenuhidengan baik dan cepat besar.

      • December 16, 2016 at 9:56 am
        Permalink

        Anakannya sudah terpisah bu,, tapi masih kecil kecil seukuran tiga jari lah besarnya..
        Oh kalo masih kecil tidak perlu di dorman ya? Saya kira perlu, soalnya daunnya sering jatuh lemes..
        Terima kasih

        • December 17, 2016 at 6:28 pm
          Permalink

          Wah kalau daun anakan jatuh lemas saya belum pernah mengalaminya pak. Anakan amaryllis yang dulu sekali ga telaten saya merawatnya, malah saya sebal ko daunnya panjang sekali haha. Hancur semua karena kedinginan saat winter lupa taruh rumah. Nah tahun ini saya mulai merawat lagi anakan amryllis yg papilio, sementara masih baik2 sih daunnya.

  • December 2, 2016 at 4:29 pm
    Permalink

    Mba Nel…baru tahu soal hama dan bawang putih itu. Berarti drakula itu hama ya…hahaha..thanks infonya…btw. Ben kalau gede mau jadi farmer nih? :))

    • December 3, 2016 at 8:14 pm
      Permalink

      Hai Fiberti iya bawang putih bisa jadi anti hama juga πŸ™‚ . Maunya ntar Ben jadi asistenku, dia semangat klo diajak berbekun, semangat bikin kacaunya haha πŸ˜€ .

  • December 1, 2016 at 4:06 pm
    Permalink

    Mbak emang akhir tahun banyak diskon besar-besaran ya kalau tanaman? Hahaha aku lagi mau cari kaktus-kaktusan sih, kalau dapat lebih murah kenapa nggak.

    • December 1, 2016 at 6:42 pm
      Permalink

      Hai Elly iya banyak diskonan black friday trus di garten center bibit2 musim semi sdh pada di diskon krn sdh hampir lewat musim tanamnnya. Duuhh telat El sampai akhir Nov lalu ada satu olshop langganan free ongkir, shop kaktus dan sukulen, aku bolak balik mikir mau beli apaan ga nemu juga soalnya lagi pengen anggrek2 unik πŸ˜€ . Aku adanya bibit kaktus tp kan km repot urus bayi hehe mana sempat nanam2 .. ntar ya klo aku jalan2 ke garden center lihat ada kaktus ku kabarin πŸ™‚ .

      • January 3, 2017 at 3:25 pm
        Permalink

        Hai mba, hahaha bener banget ni urus bayi kok nyita waktu banget. Mungkin akunya juga yg kurang pinter manajemen waktu makanya kelabakan. Akhirnya aku beli di garten center sini mba, trus da sedikit dari ikea walau bukan model aneh2 gitu.

        • January 3, 2017 at 10:57 pm
          Permalink

          Hai El kamu ada yang bantuin ga? dulu sih mamaku 3 bulan stay sama aku, klo sendiri ga kebayang deh puyengnya hehe πŸ˜€ . Soal managemen waktu sih sama deh aku kadang harus belajar banyak. Klo anak nih mau di bawa ke rumah oma opanya aku sampai bikin list “things to do” klo ga gitu banyak kerjaan rumah ga kepegang hehe πŸ˜€ . Sebisa mungkin cari waktu buat dirimu sendiri bahagia El spy ga stress ya πŸ™‚ .

          • January 4, 2017 at 4:21 pm
            Permalink

            Hi mbak, kami sengaja nggak ngundang ibu atau mama mertua untuk bantuin. Personal sih alasannya, sok sok pengen mandiri gitu hahahaha. Suami cuti 3 minggu plus kita nggak terima tamu sampai lama. Jadi hidup cuma urus bayi sama makan dulu. Aku hampir tiap hari main pokemon trus kalau weekend kita pergi mba. Urusan beresin wohnung no sekian lah XD.

          • January 8, 2017 at 10:03 am
            Permalink

            Hai El klo suami cuti sih baguslah berarti ada yg bantu, klo di Jerman ayah malah bisa ambil “fatherzeit” nya bisa berbulan-bulan kan. Beresin rumah mah iyalah urusan kesekian klo ada tamu biasanya baru aku rapihkan haha.

  • November 29, 2016 at 6:09 pm
    Permalink

    Pegawai garden center-nya sampai hapal gitu ya

    • November 29, 2016 at 6:14 pm
      Permalink

      Garden centernya kecil Ning, wong aku dan Benjamin biasanya tiap minggu selalu kesana, ya lama2 hapal para pegawainya sama kita haha.

    • November 28, 2016 at 10:56 am
      Permalink

      Hai Astuti, tomat ijonya yg tomat zebra saya campur buat bumbu masak ikan bakar, enak asem2 tomatnya hehe.. klo tomat cherry setelah bbrp hari taruh dapur jadi merah saya santap langsung.

  • November 27, 2016 at 6:09 pm
    Permalink

    kak, hobby kk sama kayak hobbynya suami. Aku nggak ngerti berkebun ini gimana πŸ˜€ ha ha ha..sukanya menikmati hasil kebun saja..Ganteng kali anak doli-dolimu kak..

    • November 28, 2016 at 11:00 am
      Permalink

      Hahaha iya ada perempuan yg berkebun pasangannya ga suka, nah ada kebalikannya juga hehe.
      2 tahun lalu aku coba nanam sayur dg metode hidroponik (pakai air & nutrisi) aku pamer hasil panen ke suamiku eh dia ga mau coba makan hasil panenku, aneh katanya nanam ga pakai tanah haha.

  • November 27, 2016 at 8:01 am
    Permalink

    wah kecil kecil sdh pny hobby jdi juragan pertanian,salam manis Benjamin

  • November 26, 2016 at 5:16 pm
    Permalink

    ihhhh aku paling suka tomaaat :D.. bgs utk anti oksidan :D.. apalagi kalo tomat cherry, rasanya kok lbh seger dr tomat biasa ya mbak

    • November 27, 2016 at 12:41 am
      Permalink

      Iya mba Fan, klo ke supermarket saya sering beli tomat yg kecil2 spt tomat cherry tuh enak buat ngemil πŸ˜€ cuma harganya lebih mahal dari tomat biasa hehe. Buat nanam aku juga sukanya yg unik2, klo yg tomat biasa banyak disupermarket πŸ™‚ .

  • November 26, 2016 at 2:22 pm
    Permalink

    Keinginan Ben terpenuhi mengubek kebun, mana dapat mainan buah tomat lagi. Semakin gemesin.

    • November 27, 2016 at 12:42 am
      Permalink

      Hehehe iya Sal paling senang nih bocah main ke di kebunku. Semoga suatu hari nanti kita punya kebun beneran di tanah bukan di balkon lagi supaya Ben juga bisa berkebun haha.

  • November 26, 2016 at 8:31 am
    Permalink

    Selamat menyambut akhir musim gugur dan awal winter ya Jeng. Ini yang sangat saya pujikan dari Jeng Nella, rajin melabel tanamannya.
    Wow naksir petunia tumpuknya. Salam

    • November 27, 2016 at 12:44 am
      Permalink

      Makasih bu Prih πŸ™‚ . Tanaman2 saya kaish label suapya tahu nama dan jenisnya, misalnya saja dahlia tuh banyak namanya. Nah pas bongkar ada labelnya yg hilang duuhh pasti kerjaan si Ben deh cabut2 haha.

  • November 26, 2016 at 5:27 am
    Permalink

    Kirim dong ben buat aunty bikin sambel neh tomatnya,hehehehe…

  • November 26, 2016 at 3:06 am
    Permalink

    Ben lagi panen tomat ya kirim dong buat oma ke jkt,tomat lagi mahal di jkt ni.

  • November 26, 2016 at 2:01 am
    Permalink

    iih..gemes liat ben, narik2 tomat mulutnya ampe ikut2an πŸ˜€

  • November 26, 2016 at 1:29 am
    Permalink

    Hai mbak nella, rasanya saya juga mau berkebun juga. Soalnya di halaman belakang rumah sudah kosong (dulu dipake kandang ayam)). Ntar saya ubek2 blognya mbak nella.

    Klo nanam tomat gimana mbak nellla? Ada linknya gak di blog ini. Maafnya komennya gak nyambung.

    • November 27, 2016 at 12:50 am
      Permalink

      Hai Shiq, ayoo berkebun juga πŸ™‚ . Nanam tomat bibitnya ambil yg tomat buat nyambel aja hehe, kalau mau nanam cabe juga ambil bijinya. Buat permulaan jadi ga perlu beli bibit cabe dan tomatnya. Yg tomat zebra di video itu bibitnya saya ambil dari tomat yg beli di supermarket tahun lalu.. bijinya saya pisahkan, angin2kan sampai kering baru ditanam. Ini postingan saya menanam tomat dari bibitnya. Bekas kandang ayam bakalan subur tuh tanahnya, di gemburkan dulu (bongkar tanahnya ya) .

  • November 26, 2016 at 1:26 am
    Permalink

    Bahagia banget Benjamin bisa maen di taman Mbak Nel. Hihihi…

    • November 27, 2016 at 12:52 am
      Permalink

      Hai Dani, bahagianya Ben begitu saat musim gugur dan akhir musim semi saja, pas saya bongkar2 tanaman, klo lagi rapih dikasih maen ke balkon wah kacau kadinya, label tanaman pada dicabut, trus daun2 tanaman juga ikutan dicabutin haha.

  • November 26, 2016 at 1:14 am
    Permalink

    Hehe lucu Benjamin seneng ya panen tomat… πŸ™‚

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: