Cerita Benjamin dan Urusan Makanannya

loading...

Cerita Benjamin dan Urusan Makanannya. Halo pembaca setia, kalau sebelumnya saya pernah cerita mengenai Benjamin dan Macam-macam Mainannya, nah kali ini mau lanjut lagi cerita mengenai jagoanku mengenai tema “makanan”.

#Makanan bayi dan anak

Untuk urusan makan sejak lahir sampai sekarang usia 24 bulan (2 tahun 15 Juli 2016 🙂 ) tidak ada kendala apapun. Sejak Ben mulai diperkenalkan dengan makanan padat hingga saat ini saya selalu masak sendiri. Kalau ke rumah oma nya kadang makan makanan sama dengan orang dewasa dibuat lebih kecil potongannya, sering juga dikasih makanan botolan.

Kenapa saya masak makanan anak, kenapa tidak beli jadi aja simpel tinggal suap toh hehe?. Begini alasan pribadi saya:
1. Lebih hemat biaya loh! 😀 . Kalau beli makanan jadi botolan 1 gelas 1 euro Rp. 15.000 sehari makan 2 kali, dalam sebulan 60 euro bo!. Ya ada juga yang dibawah satu euro tapi ko hati ragu-ragu entah apa isinya, beli buat anak ko yang murahan? makanan bergizi atau tidak dengan harga segitu?.

2. Mengetahui isi/bahan makanan yang saya kasih. Si Benjamin alergi berat dengan kacang tanah dan putih telur.

Cerita alergi Benjamin. Waktu usia Benjamin 10 bulan, si Benjamin minta cemilan yang saya lagi makan, ya saya kasihlah beberapa biji tuh snack kacang (bukan murni kacang loh). Eh besoknya ko badannya merah-merah. Saya nanya bapaknya apa kena campak ya nih anak. Saya teringat waktu Benjamin bayi pernah juga satu kali begitu, saya sampai google cari tanda-tanda anak kena campak.

Lah si Ben baik-baik saja tidak demam. Saya ingatlah sehari sebelumn menyusui saya santap kacang goreng, karena saya pernah baca postingan seorang blogger yang bilang kalau makan kacang bisa menambah asi makin banyak. Setelah Benjamin kedua kalinya badannya merah-merah begitu jadi saya simpulkan nih anak alergi kacang tanah. Saat itu kita tidak pergi ke dokter karena masih ringan alerginya.

Gatal alergi karena Benjamin sehari sebelumnya santap sncak kacang sama emaknya. Benjamin 10 bulan. Foto Mai 2015

Gatal alergi karena Benjamin sehari sebelumnya santap sncak kacang sama emaknya. Benjamin 10 bulan. Foto Mai 2015

 

Saat Benjamin 18 bulan saya pernah satu kali kasih 1 butir telur rebus (baru mau coba), saya campur ke makanannya dalam beberapa menit bagian atas dan bawah bibirnya langsung merah, beberapa jam kemudian anaknya lemas, bentol-bentol, muntah dan akhirnya tengah malam bawa ke rumah sakit. Dibawah kerumah sakit beberapa kali kita tunda karena bentol-bentol alerginya hilang timbul.

Setelah beberapa suap sih saya lihat bawah bibirnya ko merah, sayang makanannya kalau tidak dilanjutkan dikasih, jadi saya teruskan sampai habis (saya belum sadar nih anak kena alergi). Setelah makan bapak dan anak pergi mengunjungi omanya Ben. Kalau tidak salah ingat sejam kemudian omanya telp katanya Benjamin tidak bergairah, lemas dan hanya mau tiduran di lantai, plus badannya bentol-bentol.

Gatal alergi karena Benjamin dicoba kasih makan telur rebus. Benjamin 18 bulan. Foto des 2015

Gatal alergi karena Benjamin dicoba kasih makan telur rebus. Benjamin 18 bulan. Foto des 2015

 

Untuk makanan kemasan jadi kalau ada kandungan kacang dalam persentase sangat kecil bisa saja tidak ditulis. Bisa juga minyak kacang misal dalam campuran salad dressing kalau kandungannya sangat kecil biasanya tidak tercamtum dalam label makanan. Minyak kacang di gunakan karena harganya yang lebih murah.

Waktu Benjamin tes alergi, dokter anak menceritakan kisah yang tragis berhubungan dengan alergi kacang ini. Ada orang yang sampai meninggal saat jamuan makan karena adanya campuran minyak kacang dalam salad dressing. Biasanya orang-orang alergi berat siap sedia dengan obat-obat atau alat medis disamping mereka, sayangnya sudah telat untuk dipakai pada orang yang di ceritakan pak dokter ini. Seperti yang saya bilang diatas, kalau untuk jumlah sangat amat kecil biasanya minyak kacang tidak ditulis pada label makanan.

Waktu pak dokter bicara kita ko jadi agak serem gitu hahaha. Tes alerginya gratis, termasuk dokter memberikan 1 tas isi alat medis dan obat-obatan untuk pencegahan atau pengobatan darurat. Bahkan ada alat suntik khusus yang kalau misal ada kejadian shock anafilaksis maka langsung di suntikkan ke paha si anak untuk pencegahan sesegera mumgkin.

Peralatan medis dan obat Benjamin kalau misal terkena akibat alergi berat

Peralatan medis dan obat Benjamin kalau misal terkena akibat alergi berat

 

Ada juga alat isi obat hirup. Beberapa bulan pertama tas medis ini selalu kita bawa kalau ke luar rumah, belakangan sih sudah tidak pernah lagi karena kita sebagai orangtua selalu ada di samping Benjamin. Oma opanya Benjamin juga sudah tahu mengenai alergi Ben, jadi pasti menghindari kasih kacang dan telur. Emak mertuaku sih agak parno kalau kasih makanan jadi, sering beliau nanya dulu ke saya ini bisa gak ya, kandungan ini boleh gak ya.

Pernah kejadian disuatu acara kumpul-kumpul, ada teman kita mau kasih snack kacang, nah untungnya bapaknya Benjamin disebelah Ben dan bilang kalau Ben ada alerginya.

Sebelum punya anak saya tidak kepikiran loh kalau mau kasih sesuatu buat anak kecil. Misal kasih permen atau snack lainnya. Sekarang malah mikir kalau bikin acara ultah begitu berarti harus tanyain ortu anak-anak para undangan ya, apa anak yang diundang punya alergi atau tidak.

Balik mengenai membuat makanan anak. Di internet banyak sekali aneka resep mpasi yang bisa di praktekkan. Saya tidak pakai resep lagi, tinggal kreasi sendiri saja.

Pertama kali Ben dikasih mpasi usia 4 bulan, sama dokter sudah disarankan kasih, toh saya juga tidak full asi (asi sedikit siap-siap diceramahi ibu-ibu pro asi haha)

Cerita Benjamin dan Urusan Makanannya. MPASI Benjamin, pertama kali kasih wortel 2 sendok. Minggu berikutnya porsi makin ditambah, berikutnya campur kentang dll

MPASI Benjamin, pertama kali kasih wortel 2 sendok. Minggu berikutnya porsi makin ditambah, berikutnya campur kentang dll

 

Dokter bilang pertama kali berikan sayuran karena kalau pertama kali dikasih buah-buahan, maka si bayi sudah tahu rasa buah yang manis dan akan menolak sayuran yang tidak ada rasanya.

Saat mpasi pertama Benjamin makan wortel halus, hanya 2 sendok saja untuk memperkenalkan dulu. Puas saya karena anaknya makan. Hari berikutnya menu masih sama. Bulan depannya tambah kentang. Bulan kedua atau ketiga lupa tepatnya hehe mulai diperkenalkan dengan buah, mulai dari pisang lalu pepaya dan apel.

Setelah Benjamin tidak makan hanya wortel saja, saya buat makanan untuk 1-2 minggu. Makanannya saya taruh di botol gelas dan simpan di freezer. Separuh pakai daging dan separuh lagi menu ikan. Masak awalnya di satu panci, nasi dan sayuran (kalau sayuran hijau masak saat mau makan jadi fresh). Lalu bagi dua untuk campur dengan menu daging dan satunya lagi menu ikan. Kalau lagi bayi pakai blender menghaluskan makanannya. Giginya Benjamin sudah banyak jadi saya gunakan mixer tangan untuk buat hancur kasar.

Video Benjamin makan (durasi 1:56)

 

Saat makan ya Benjamin duduk manis di bangku makannya, kita tidak punya asisten rumah yang bisa disuruh kejar mengejar anak saat makan, atau bawa ke jalanan supaya si anak mau makan 😆 . Sejak dikasih mpasi pertama kali nih bocah sudah di biasakan kalau makan duduk ditempat bangku. Kalau sore hari mau kasih snack atau cemilan ya bolehlah di ruang tamu sambil kita nonton atau ke balkon sambil lihat bunga-bunga yang indah.

Biasanya saya kasih makan Benjamin duluan baru saya masak buat sendiri. Saat Benjamin sudah lewat usia setahun ternyata nih anak celamitan haha. Saya duduk santai sambil nonton tv makannya, kadang-kadang sih sambil nonton ini kalau lagi banyak film rekaman yang belum ditonton 😀 . Lah si bocah belum setengah jam sudah makan, dia malah minta makanan saya lagi gggrrrhhh cerewet nih bocah bilang “mamam mamam” sambil dia duduk di kaki saya. Kalau begini saya jadi tidak bisa campur makanan saya dengan sambal kan :/ . Saya makan nasi goreng, mie goreng apapun yang saya makan sering sekali Benjamin minta jatah makanan saya 😆 .

Kalau mau makan tenang ya saat Benjamin tidur siang, artinya makan saya telat banget jam 2 atau 3 sore.

Cerita Jurnal Benjamin lainnya bisa dilihat pada Jurnal anak-Benjamin.

Advertisements

56 thoughts on “Cerita Benjamin dan Urusan Makanannya

  1. asi sedikit siap-siap diceramahi ibu-ibu pro asi haha – hahaha.. Aku banget ini kak, kmren kena nyinyir krn bilang si L dicampur sma sufor :p

    Aku sering nonton di film gitu sih kak yg alergi kacang.. Bisa bahaya bgt ya efeknya. Kalo alergi gini berarti sampe gede ya kak? Kalo aku alergi debu.. Bisa langsung gatel2..huhu

    • Hai Py, selain di nyinyirin begitu ada juga yg nyuruh kasih sufor aja, “emang kalau asi cukup, emang asimu banyak” hahaha lama2 sih masa bodohlah 😆 .

      Tiap orang beda2 sih mengenai alergi ini, ada yg ngikut sampai dewasa ada yg hilang begitu aja. Dulu banget aku sering bentol2 krn berbagai hal, akhirnya hilang dengan sendirinya 🙂 .

  2. Kalau Ben alergi telor, pas telor atau kacangnya dimakan kan Kak. Soalnya waktu kecil adikku alergi susu dan telor, hanya nyentuh doang dia sudah alergi. Hikss sedih lihat foto badannya Benjamin alergi.

  3. saya juga dulu sedikit menyepelekan alergi, tapi setelah punya anak, saya baru tau ternyata alergi itu penting banget untuk kita pelajari untuk tiap anak, beda alergi beda pantangan dan resikonya, duh..

    • Hai Mirah dulu sekali saat alerginya kena saya sendiri ya saya sih gak ambil pusing, klo anak yg kena kasihan ngaruk2 melulu krn gatal atau bisa timbul bentol2. Pokonya sebisa mungkin cari tahu penyebab alergi pada anak 🙂 .

  4. Dear mb lily
    Salam kenal, alergi itu memang tidak obatnya dan ini saya alami ketika makan2 laut. Terkadang muncul bercak tapi kemudian hilang. Mbak lily mau tanya soal berpergian ke belanda, mau komen di bahasan soal visa tapi tidak bisa :D. Saya ingin punya nomer whatsapp mbak untuk tanya2 . Terima kasih.

  5. kak, jayden juga tadinya awal2 mpasi selalu duduk di baby chair… ga pernah jalan2, apalagi sambil nonton tv… tapi sejak dia susah makan, aku biarinin dia jalan2, duduk di lantai lesehan, atau sambil nonton, yang penting makan… daripada akunya jadi stress hahahaha… tapi sejak aku beli meja di IKEA itu, dia mau duduk dan makan sendiri… sekarang urusan makan uda beres… tinggal urusan toilet yang belom beres hahahaha…

  6. saya juga punya kisah tentang anak saya mba, usianya baru 17 bulan, seumur2 dia nbaru sekali pas abis silaturahim lebaran badannya tiba2 demam, saya pikir karena mungkin kecapekan dalam sehari semalam harus ikut acara dr pg dan malamnya juga. eh besoknya demam nggak turun malah badan bentol2 gitu mirip ben, saya masih blm sadar juga kalau dia alergi, saya pikir dia digigit nyamuk biasa, jadi belum saya bawa ke dokter, eh malah siangnya makin parah. baru deh dikasih obat alergi dan cuma dua kali udah sembuh, karena dikasih air kelapa muda juga sih.

    • Hai mbak Ne mungkin pas acara silaturahim ada makanan yg baru pertama kali di makan si kecil deh jd tubuhnya bereaksi, klo ditanya anaknya ingat gak ya dia makan apa saja? 😀 . Di Indonesia gampang cari kelapa, ditempatku sdh mahal harus beli online dan itupun air kelapa kemasan hehe.

      • wah susah juga ya kalau air kelapa bagusnya justru yang dari pohonnya langsung, lebih berkhasiat..
        anak saya blm bisa ditanyain mba baru 17bulan hehe

        • Hehe iya sorry dikomen mbak Ne sblmnya sdh kasih tahu usia anak mbak, anak saya aja 2 thn belum bisa diajak bicara gaya org dewasa (ditanyain) 😀 . Pohon kelapa saya belum prnh lihat di Jerman, drpd gak ada klo pas belanja online saya beli juga air kelapa kemasan 😀 .

  7. walah kasian liat fotonya Ben pas alergi… harus lebih cermat ya pilih bahan makanan untuk Ben supaya nggak alergi lagi. Makin besar makin pinter makannya lahap deeeh jadi ikutan laper, hehehehe

  8. haduuh mbaa, liat bentol2nya ga tega.. aku tau bgt gatelnya gmn, org dewasa aja ga tahan ama gatel bgitu yaa, aku dulu jg alergi seafood, tapi alhamdulillah hilang semakin dewasa..

    anakku yg bayi juga udh mulai dikasih makan, soalnya ga asi juga :D.. dan dokternya bilang agak kurang dikit berat bdnnya, jd walo msh 5 bulan lebih, kasih makan ajalah … tapi aku ksh buah2an pertama kali -__-. harusnya sayuran yaaa… belum tau deh bkl dimkan ga nih kalo ntr dikasih sayur…

    • Hai mbak Fanny saya dulu banget pernah alergi sea food juga tp lupa gara2 makan apa hehe, krn jarang jadi gak ingat pemicu alerginya, alergi kedua alergi dingin pernah kemping pas smp seluruh badan sampai muka bentol2 parah. Trus pas dewasa hilang sendiri dih.

      Fylly sudah punya adik mbak? daku cari2 ceritanya di blogmu tidak ketemu hehe. Dokter anakku yg saranin kasih sayur duluan, disuruh kasih wortel, terus klo sdh terbiasa kentang, sdh lewat sebulan baru dikasih pisang dan apel. Coba dikasih sayur dulu mbak semoga mau si kecil ya 🙂 .

  9. ddduuuuhhh ben-bule ternyata alergian yaaaa … asal jgn alergi ice cream ya, nt gak bisa balapan sm ta’te ini deh … hahaha …

  10. Alergi kacang memang banyqk kasus berbahaya ya….wah paket obatnya banyak sekali, mbak.
    Tapi untung Ben makannya gampang…sempat baby lead weaningkah?

    • Hai Fiberti, iya saya baru tahu kasus2 alergi kacang pas anakku juga kena alaergi tsb.
      Baby lead weaning anaka dibiarkan makan sendiri?, klo snack iya klo makan nasi/bubur saya suapi, saya gak suka klo dia bikin berantakan hehe 😀 .

  11. Kalo liat di film film itu efek alergi kok emang serem serem ya. Saya sendiri alergi udang dan segala turunannya. Plus beberapa yang belum ketahuan alergi apa, meski efeknya ringan. Cek lab di sini buat tau alergi nya apa aja gak sepaket gratis sama dokter ya.

    • Hai Aqied berarti udang yg sdh di diolah pakai tepung juga gak bisa kamu makan dong ya?. Klo saya sdh 2x makan udang pas tidur malam sakit perut setengah mati, pdhl dulu pas di tanah air sering sekali makan udang gak ada masalah. Yasud saya jd takut makan udang 😥 . Saya pernah cek alergi ketika di Indonesia tp sdh lama sekali mungkin sdh 10 thn lalu, cek alaerginya aja sih lupa apa dokter beda bayar. Klo di Jerman semua pemeriksaan doketer/rs gratis krn ditanggung asuransi.

  12. wah iya kalau anak ada alergi sebaiknya mama sendiri yang menyiapkan makanannya supaya yakin bersih banget dari alergen

  13. bahaya juga ya mbak Nel anak2 yg punya alergi gini, saya jadi harus lebih hati2 nih kalo mau ngasih makan ke anak kecil, jgn asal kasih aja :-d

  14. Di berita juga ada mba yang ninggal krn habis kissing sama pacarnya yang habis makan selai kacang, ternyata pacarnya alergi kacang terus ninggal 😓😓

  15. Duh,, semoga tubuh Ben nantinya bertahap bisa berkenalan dengan telur, kalo kacang kayaknya udah benar2 alergi ya Nel. Kalo saya alergi salah satu antibiotik, turunan dr bapak,, jd sebisa mungkin hrus jaga kesehatan.

    • Hai Ysalma klo telur sih sdh bbrp kali dicoba klo telur omelet atau bikin nasi goreng dicampur telur orek gak terlalu ngaruh buat Ben, klo telur rebus belum berani nyoba lagi, mungkin 1-2 thn lagi aku coba 😀 . Klo alergi antibiotik tuh harus kita ingat Sal, saya juga alergi (penisilin) pernah lupa ya fatal jd bentol2 seluruh tubuh termasuk wajah 😀 .

  16. Iya ini urusan alergi sensitif banget ya. Aku juga jadi alert begitu udah di Swedia, mbak. Jadi dulu pas aku jadi koordinator acara makan malam international, wanti-wanti banget sama yang bikin makanan buat kasih tau kandungan makanannya apa aja. Temenku malah bilang di SMA-nya dia, sampe ga boleh bawa kacang juga ke sekolah, karena ada yang sensitifnya tinggi banget.

    • Hai Aftri, klo di Jerman bbrp kali saya perhatikan pada daftar menu makanannya ada ditulis kandungan utama dan zat2 tambahan/penyedapnya. Atau di toko kue ada sticker pengumuman kalau mau tahu isi kuenya tanya petugas tertentu.

  17. Sy juga alergi kacang dr kecil. Jd kalo habis makan kacang 2 hari setelahnya kaki gatel merah2, sembuh 2 minggu kemudian. Trs kalo makan ya, kambuh lg.

    Gitu terus smp skrg. Juga alergi udang sm ikan laut 😀

      • sampe skrg emang masih mba, tapi gak separah dulu.

        jd ada waktu2 kulit mulus *meski ttp belang 😀

        kalo makan pemicunya aja terus alergi. pas tanya ke dokter bisa sembuh enggak, malah dijawab enggak :D.

        katanya; hindari pemicunya aja.

        tapi banyak temen yg sembuh ko, setelah digeber makan yg bikin alergi itu. malahan jd alergi.

        smoga ben sembuh ya.. kan terindikasi dr bayi 😀

  18. Eh busyet alergi kacang aja ada yg meninggal serem juga yaaa.

    Btw akhirnya tau sebab anak ngak suka sayur tp demen makan buah, ini temen2 gw mesti baca biar mereka paham

    • Iya yang sampai meninggal tuh sensitif banget, wallau kadar kacangnya sedikit tubuh nya langsung bereaksi 🙁 .
      anak perkenalkan sayuran dulu kalau sudah terbiasa baru kasih buah, klo buah duluan sdh tahu enak manis rasanya jadi ogah makan sayur hehe 😀 .

  19. Saya kadang bingung sebenernya apa ya yg membuat seseorang alergi? Ben persis saya mbak nella. Bedanya saya alergi sama ikan. Jadi klo besar nanti Ben pasti bakalan di ejek ganteng2 kok alergi telur ha ha ha…..

    • Hai Shiq4 wahhh padahal ikan tuh enakkkk bangett ya apalagi ikan goreng sedap 😀 . Kalau sudah 5 tahun si Ben akan saya coba kasih telur rebus lagi, coba kaish sedikit dulu deh, waktu pertama kali tuh langsung saya kasih 1 butir hehe 😀 .

      • Bagi saya ikan nggak enak mbak. Pernah coba2, eh malah muntah hua ha ha baunya itu lho buat perut mual.

        Tapi ada pengecualiannya mbak nella. Ikan lele nggak papa. Coba aja ben dikasih telur bebek atau telur angsa siapa tahu nggak alergi.

Comments are closed.