June 4, 2020

Bikin Sendiri Yuk Rempeyek Kacang Tanah Renyah dan Gurih

Bikin Sendiri Yuk Rempeyek Kacang Tanah Renyah dan Gurih. Ceritanya saya bongkar-bongkar lemari dapur, ngecek berbagai bumbu dan bahan makanan kali aja ada yang kadaluarsa, eh lihat masih punya kacang tanah 1 kg dan ada juga kacang hijau.

Kepikiranlah mau buat rempeyek kacang tanah dulu deh, lalu bisa lanjut membuat peyek kacang hijau nantinya. Berhubung tidak tinggal di Indonesia jadi ada beberapa bahan yang diskip atau ganti dengan yang tujuannya sama.

Bikin Sendiri Yuk Rempeyek Kacang Tanah Renyah dan Gurih

saya re-cook resepnya Mama Adeeva Resep Peyek Kacang Renyah | Cara Mudah Membuat Peyek Kacang Renyah dan Enak ; diresep tidak pakai santan, saya bikin pakai santan.

Resep dan cara membuat peyek kacang renyah gurih dan tahan lama

Bahannya:

200 gram tepung beras.
300 ml air.
150 gram kacang tanah dipotong-potong.
Garam secukupnya

Daun jeruk diiris tipis-tipis secukupnya (daun jeruk dibuang tulangnya), karena di Jerman susah cari daun jeruk, saya pakai kulit jeruk manis saya parut sedikit, jadi tetap dapat aroma jeruknya 🙂 .

3 siung bawang putih.
3 buah kemiri (tidak saya pakai, jauh dari toko asia untuk beli).
1 ruas kunyit (pas ada beli minggu lalu, niatnya mau coba ditanam).
1 ruas kencur (bongkar sedikit yang sudah saya tanam kencurnya 😀 ).

Ketumbar secukupnya.
1/2 sdt lada bubuk.
1 butir telur.
1 sdm tepung tapioka/sagu/kanji.
65 ml santan kental (tidak pakai juga tidak apa-apa).

 

Baca juga: 5 Hal Perbedaan Antara di Jerman dan Indonesia | Edisi Liburan ke Indonesia

Cara Membuat Peyek kacangnya:

  • Haluskan bumbu bawang putih, kunyit, kencur, lada dan garam.
  • Campur tepung beras dan tapioka, lalu masukkan bumbu halus diatas.
  • Masukkan telur yang telah dikocok lepas.
  • Tuangkan santan, kemudian air sedikit demi sedikit sampai habis yang 300 ml.
  • Pastikan adonan tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Kalau terlalu kental peyeknya akan keras.
  • Masukkan kacang dan daun jeruk. Kacang masukin sedikit aja dulu (tidak sekaligus yang 150 gram), kalau adonan sudah digoreng, masukkin lagi kacang ke adonannya.
  • Gunakan api kecil saat adonan sudah masuk, hal ini supaya peyek tidak gosong yaa.

 

Video Resep Rempeyek Kacang Tanah Renyah dan Gurih

 

Saya suka baca komen-komen penonton dari beberapa video, jadi dapat banyak masukan yang saya catatkan mengenai membuat peyek kacang tanah. Banyak yang nanya tidak pakai telur bisa tidak, tidak pakai santan bisa tidak, tidak pakai kunyit, tidak pakai kencur, pakai tepung terigu aja tidak pakai tep. Beras bisa tidak yaa (jadi lembek buu pakai tep. Terigu 😀 ). Kebanyakan mau skip ini itu malah tidak jadi bikin rempeyek dah haha.

Lalu sempat nonton video bikin peyek yang viewnya 2 juta sekian (bukan resep yang ku re-cook ini), lah ternyata banyak komen tidak enaknya. Setelah saya nonton, jadinya senyum-senyum sendiri aja. Si ibu ini hasil akhir peyeknya gosong, lalu banyak yang nyinyir dong. Eh si pemilik saluran malah bilang „peyek anti mainstream“. Di komen lain dijawab „masih banyak masakan saya lebih gosong lagi di video lainnya“.

Peyek si ibu dibuat memanjang sekali dan jauh banget dari minyak, dibuat dibagian atas penggorengan, jadilah banyak yang komen ngajarin ini itu, sebaiknya begini begitu.

Banyak juga komen yang intinya baik sih, seperti dibilang kan bagian video yang gosongnya bisa di edit/dibuang ya, toh kita masak tidak hanya satu kali goreng. Mungkin yang punya saluran lagi sensi jadi ada aja komen-komen dijawab judes.

Padahal ya dari satu video peyek itu saja sudah ditonton 2 juta sekian, namun subsribernya dibawah 30rb, kalau aja separuh yang nonton video peyek itu subscribe sudah sejuta subs dia dapatkan toh. Kalau saya bandingin sama Mama Adeeva yang ku re-cook ini resepnya, subscribenya Mama Adeeva hampir 1 juta, dan video membuat peyek Mama Adeeva juga diangka 2 juta view.

Baca juga: 9 Tips Menjadi Youtubers Pemula Biar Cepat Dapat Subscribers

Cobalah kalian yang pengen main youtube merebut hati penonton untuk subscribe, ya paling tidak ramah ke para komentar, atau komen tidak enak tidak perlu dipanjangin dramanya gitu. Itu sih pemikiran saya saja dari pemilik saluran yang masih recehan bangett hehe. Pokoknya cukup menghibur deh baca-baca komentar lucu di saluran youtube orang 🙂 .

Walau kadang bagaimana gitu ya, banyak hatersnya juga nih saluran memasak. Tinggal nonton aja kenapa komentar tidak enak. Coba bikin video sendiri, biar tahu kalau tidak mudah membuat video saat masak, lalu perlu editing sana sini, supaya hasil akhirnya cantik dan enak ditonton gitu  😉 .

Oh iya saya jadi tahu perbedaan peyek pakai santan atau tidak, nih komen Meazza Harun: sebenarnya pakai air atau pakai santan tidak masalah, namun akan membedakan hasil akhirnya. Jika ingin hasil akhir peyek yang warnanya cenderung terang, jangan pakai santan. Jika ingin warna peyeknya kecoklatan, gunakan santan. Yang bikin peyek renyah bukan airnya, melainkan campuran antara tepung beras dan sedikit tepung tapioka. Demikian sharing dari saya.

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

Baca juga: Baru Kepikiran Masak Mpasi dengan Rice Cooker

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

29 thoughts on “Bikin Sendiri Yuk Rempeyek Kacang Tanah Renyah dan Gurih

  1. aku udah lama pengen bikin peyek kak, belum kesampaian 😀 . udah save video peyeknya teh yung tapi belum dipraktekin sampe sekarang ^^’

    itu banyak viewsnya maybe karena banyak yg perang komen kali ya kak. karena videonya tergolong gagal (peyeknya gosong) jadi banyak yg nyinyir. alhasil viewersnya naik 😀

  2. Btw, di masterchef Australia, ada episode yang pesertanya ( orang Indonesia ) bikin peyek dan jurinya terkagum2, aku belum lihat episodenya tapi lihat iklannya di TV..
    Aku bikin bakwan aja, baru belakangan ini berhasil, kayaknya bikin peyek masih jauh hihi.. Ngemil kacangnya dulu lah, kalau aku mah..

      1. hihi.. iya, heboh tuh.. disini tauge malah gampang nemu, tempe yang susah.. Ada tempe organic, tapi gak enak haha.. Aku belakangan dah jarang banget masak apa2, soalnya kadang kalau lembur, pulang dah jam 8 malam, sampe rumah, udah deh terima jadi masakan Iyan aja.. sebenarnya mau masak sih bisa aja, cuma makannya bakal jam 9 malam.. dan itu terlalu mepet sama jam tidur.. huhu..

  3. iya gmn tuh ya rempongnya, masak, rekam, edit, upoad ke yutub… hebat mamak Benjamin bisa melakukan itu semua, walopun byk jg komen haters, itu hny salah satu bumbu rempeyek aja… #eh… hahahaha….

    1. Hai Ristin, niatnya sih kalau anak2 lagi pergi sama bpknya mau kerjain banyak hal, eh ternyata sendirian 5 jam hanya bisa bikin video peyek dan ngedit2nya aja 😆 . Hahaha iya yaa komen ga enak anggap aja bumbunya ada yg salah 😀 .

  4. Aku juga kalo nonton youtube, kadang lebih fokus ke komentarnya kaak…
    Hahaha…
    Aku gak pernah buat peyek, tapi adekku sering. Aku tukang makan aja.

      1. Soalnya banyak celotehan-celotehan yang lucu kaakk…
        Yg ngeselin banyak juga siih, tapi jadi lucu aja, kayak nonton drama base on true story para netizen…
        Hahahahahahaha

  5. Wah, mba Nella rajin sampai bikin peyek sendiri. Diana msh dlm tahap beli dan menikmati. Paling liat tetangga di rumah mama bikin rempeyek. Lama proses gorengnya jd ga pengen nyoba bikin. Hehehe

  6. Nel, juara sih ini telaten banget bikin peyek. Aku pernah bikin dan gagal total haha. Setelahnya beli aja deh, daripada sakit hati gagal dan ga telaten satu satu gitu. Tapi lihat resepmu ini jadi pengen nyoba lagi. Siapa tahu kali ini beruntung. Yang penting tepung berasnya lebih banyak ya, noted

    1. Hai Den, telaten sih ga deh, setelah 5 kali ngegoreng, aku buanga donannya, boseen haha .. bbrp hari kemudian mulai semangat lagi bikin peyek kacang hijau 😉 . Iya banyakin tep berasnya supaya garing.

  7. kapan ya saluran youtubenya di kelola haha*kadang pgn konsep masakan turki harian dgn bahan indonesia*nunggu punya kamera lagi* dua2nya dirusak anak semua-.-‘ saya lbh suka peyek campur aƟr aja ka nel..entah knp suka musuhan sm santan dr dulu:D

  8. Aku sudah lama gak makan rempeyek. Dulu wkt nnk msh ada beliau rajin buat rempeyek. Agak ribet bkn Cara masaknya..

  9. mantaaap, tantangan juga bikin peyek ya mbak nel. jadi latah kepengen nyoba juga 😀 iya nih jujur aja kadang saya juga suka gak kuat baca komen-komen nyinyir. kalau lagi slechte Laune jadi suka judes juga kadang-kadang 😅

    1. Silakan dicoba mba Kay, kalau ketagihan ngemil peyek kacang pengalamanku nih bakalan keluar jerawat hehe 😀 . Akupun termasuk yg ga kuat baca komen2 nyinyir mba, apalagi klo pas habis kesel sama anak2, pas baca komen ga enak bikin senewen haha.. belajar dr pengalaman sih kalau lagi kesel besok atau lusanya kujawab deh, biasanya sudah berubah suasana hatiku.

  10. Selaku penyuka rempeyek mantengin postingan ini. Kreatif mengganti irisan daun jeruk dengan parutan kulit jeruk.
    Ben dan Lisa suka peyekkah? Salam

  11. Suka peyek juga ya kak nella? 😁 aku sering bikin peyek kacang juga disini. Memang betul yg kakak tulis, yg bikin renyah adalah komposisi tepung sagu & tepung berasnya 😄 pas pertama bikin dulu agak2 keras, makin sering coba2 akhirnya dapat komposisi paling pas buatku 😁😁 dapet resepnya dari sajiansedap

    1. Hai Messa, iyaa aku suka peyek, berikutnya mau bikin peyek kacang hijau, tadi baru beli 2 bungkus tep. beras. Mau coba lagi dan lagi sampai dapat rasa yg sreg di lidahku. Sipp aku mau cari resep peyek sajiansedap 😉 .

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: