Apakah Air AC Air Conditioner Aman Disiramkan ke Tanaman?

Apakah Air AC Air Conditioner Aman Disiramkan ke Tanaman?. Air Conditioner (AC) merupakan alat pendingin ruangan. Ruangan akan terasa dingin saat ada AC di dalamnya. Beberapa waktu lalu ada yang menanyakan disaluran youtube berkebun saya mengenai apakah air ac bisa diberikan untuk tanaman. Berikut ini adalah Pro dan Kontra manfaat air ac untuk tanaman, informasinya hasil saya baca-baca pengalaman orang di internet.

Apakah Air AC Air Conditioner Aman Disiramkan ke Tanaman?

Pro:

  • Bisa saja, namun sebaiknya diberikan untuk tanaman yang suka asam. Karena air dari AC sedikit bersifat asam (pH 5-6) karena jumlah CO2 terlarut di dalamnya yang membentuk asam karbonat.
  • Kalau ingin memberikan air AC untuk tanaman, sebaiknya perangkat AC dibersihkan dahulu, setelah pembersihan ini, biarkan selama 14 hari (buang airnya) agar bahan kimia keluar dari saluran kondensat AC sebelum menggunakan air ini. Setelah periode ini, air AC aman digunakan.
  • Tampung dulu di tong besar. Endapkan semalaman. Biasanya karat dan logam ikut dari pipanisasinya turun ke bawah.
  • Lebih bagus untuk radiator kendaraan. Air ac berasal dari sisa proses kondensasi (pengembunan) di kondensor, jadi murni dan aman untuk mesin. (Komen mahasiswa jurusan Refrigerasi & Tata Udara).
  • Karena air AC non mineral atau tidak mengandung mineral, maka bagus untuk membersihkan cermin/kaca, karena tidak meninggalkan flek. Biasanya saat kita membersihkan kaca menggunakan air keran akan meninggalkan flek di kaca, nah itu karena mineral tertinggal di kaca tersebut.
  • Air AC itu tidak mengandung mineral yang suka membuat besi berkarat, alias air Reverse Osmosis. Sebenarnya bisa di minum juga tapi perlu di sterilisasi lagi dari kuman-kuman yang berbahaya. Ada yang mau coba, silakan tanggung sendiri akibatnya? Hehe.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan

Kontra:

  • Air AC seperti air yang disuling (air destilasi), air kondensasi ac tidak baik karena air AC tidak memiliki zat gizi mikro dan mineral yang penting yang dibutuhkan tanaman, kalau memang mau memberikan air AC untuk tanaman, sebaiknya diimbangi dengan pemberian pupuk yang cukup untuk tanaman tersebut.
  • Air bekas ac itu kotor, karena ekstraksi dari freon dan kotoran yang ada di kipas, jadi pas di pegang terasa licin, Nah kalau di masukkan ke radiator kendaraan, Β lalu keraknya mengeras atau nyangkut, ya malah jadi rusak radiatornya.

Video Pro Kontra Penggunaan Air AC untuk Tanaman

Saya temui lebih banyak yang pro (setuju) kalau air kondensasi ac bermanfaat baik untuk tanaman dan hal lainnya. Bahkan hasil baca-baca (bahasa Inggris) ada juga yang bilang aman untuk keramas, mandi, untuk kolam ikan, bahkan untuk diminum.

Kalau mau coba-coba ya silakan saja, namun kalau saya sih, kalau tidak ada bukti ilmiah, lebih baik cari amannya saja, alias tidak diminum tuh air ac haha πŸ˜€ . Kalaupun tidak digunakan atau dimanfaatkan untuk mahluk hidup, paling tidak tetap ada manfaat sih kalau air ac ditampung, buat cuci kain lap kotor, siram jalanan saat panas terik, atau siram halaman gitu hehe.

Pendingin udara (AC) jarang ditemui di daerah beriklim sedang seperti di Jerman. Saat musim panas, hanya sekitar 2 bulan yang terasa sangat panas. Jadi saya tidak memiliki atau membutuhkan pendingin udara.

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Baca juga: Cerita Seru Tinggal di Jerman

Sumber:

kebunpedia.com-Ask Air Buangan AC Bisa Dipakai Untuk Menyiram Tanaman Β 

Quora.com-Can We Use AC Drainage Water for Plants

kaskus.co.id-Manfaat Air Limbah AC Air Conditioner

 

Advertisements

12 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: