7 Hal Seputar Ngeblog No 5 Baru Nemu Unik dah!

7 Hal Seputar Ngeblog No 5 Baru Nemu Unik dah!. Hai sobat bloger, minggu lalu saya tidak ada postingan, karena lagi mau ngurusi saluran youtube saya. Nah saya cek google analitik bounce rate blog saya biasanya dibawah 5% langsung naik jadi 10%, dan beberapa jam lalu naik lagi jadi 15% gile bener dah! Haha. Pasti kamu pegunjung setia blog saya ini mampir minggu lalu dan langsung pergi (tutup) blog saya begitu melihat belum ada postingan baru πŸ˜€ makanya bounce ratenya jadi jelek hehe. Daripada tambah naik angkanya jadi saya keluarin postingan ini πŸ™‚ .

Baca juga: Bounce Rate Apa Gunanya Buat Blog?

7 Hal Seputar Ngeblog No 5 Baru Nemu Unik dah!.

1. Photobucket.com sekarang harus bayar loh, coba deh kalian yang pasang widget Photobucket di blog kalian perhatikan. Lebih baik dihapus saja widgetnya, karena kalau widgetnya diklik tidak ada tampilan foto apapun terlihat. Saya lihat lumayan banyak bloger pasang photobucket ini di widget dan yang terihat hanya pemberitahuan β€œPlease update your account bla .. bla .. bla β€œ . Kalau saya selain pakai photobucket pakai Flickr juga. Flickr sampai saat ini masih bisa pakai gratisannya. Saya sering simpan foto-foto kegiatan anak-anakku di album Flickr ini, kebanyakan saya buka aksesnya untuk teman dan keluarga saja. Terkadang beberapa foto-foto saya buka akses untuk umum. Oh ya kalau ngeblog di self hosted seperti saya, bisa upload foto di album Flickr, pakai kode htmlnya untuk pajang foto di postingan blog, lumayan mengurangi penyimpanan data blog. Selain Flickr alternatif tempat penyimpanan foto online lain kamu bisa pakai yang gratisan misal google photo, , Google Drive, Cloudinary bisa simpan sampai 10 GB. Dropbox bisa simpan sampai 2GB.

Video 3 Hal Seputar Ngeblog

 

2. Saya senang kalau dapat teman bloger baru. Kebanyakan sih mereka yang menyapa saya duluan di tulisan saya. Kalau tidak mencantumkan alamat blog di kolom komentar, sering saya tanya apa ngeblog juga. Kalau komen pakai id sosmed misal Gplus dan ada alamat blognya disitu saya selalu cantumkan di komen mereka/ganti dengan alamat blog mereka, jadi yang mau bw gampang langsung masuk ke blog. Blog saya kan lumayanlah ada pembacanya hehe sorry sok artis πŸ˜€ jadi maksud saya mereka yang komen akan berpeluang juga dikunjungi blognya oleh pembaca blog saya yang kebanyakan rajin bw ke blog lain atau yang mau cari teman bloger baru.

Baca juga: 7 Hal Menarik Mengenai Komentar Blogku

3. Buat teman baru bloger, saat saya mengunjungi blogmu adakalanya saya agak kecewa. Tujuan saya buat baca blogmu, namun blogmu banyak pernak perniknya sehingga menyulitkan saya membaca tulisanmu. Misalnya kamu pasang foto dirimu sebagai latar belakang blog, dan itu membuat tulisan artikel tidak terbaca. Ada pula yang membuat font tulisan dengan huruf yang unik-unik sehingga mata saya sakit membacanya. Buatlah tulisan (font) yang enak dilihat dan nyaman. Misal dengan times new roman, arial, san serif. Ukuran buat agak besar. Saya sering zoom sampai 120% tetap kecil terlihatnya, padahal saya pakai laptop, coba kalau di hp mungkin akan lebih kecil lagi kan.

Ada pula yang membuat font tulisan berwarna, bukan hitam, melainkan pakai warna merah semua, dikombinasi dengan latar belakang foto hiks beneran tidak bisa baca artikelnya πŸ˜₯ .

Sayangnya lagi karena kita tidak kenal dekat, saya sungkan untuk mengatakan padamu. Jadi ya saya segera pindah ke blog lainnya. Kalau tulisannya enak bisa dibaca, ditambah isi blogmu menarik. Wah saya biasanya tukang komen πŸ˜† haha, saya akan komenin beberapa tulisan yang saya baca saat itu.

Baca juga: Blogwalking Salah Satu Cara Bikin Blog Terkenal

4. Template/theme blog bikin yang model majalah dong, model resume gitu, soalnya tangan saya kriting scroll drown cari artikel-artikel lama yang menarik saat blog walking. Kalau dibikin model ringkasan aja jadi cepat mencari tulisan yang kita mau baca. Contohnya blogku model majalah gitu kalau dibuka bagian depannya tampilannya berupa thumbnail gambar dan judul.

Theme gratisan banyak juga ko yang model majalah gitu. Untuk wordpress.com yang theme gratisan bisa pilih di https://wordpress.com/themes/freeΒ  untuk blog self hosted seperti saya kalau mau cari yang gratisan ada di https://mythemeshop.com/themes/ .

Video Cara Menampilkan Theme blog model Majalah

 

5. Saya kalau tidak kenal dekat sama pemilik blog, tidak mau reseh saranin blognya supaya begini begitu. Apalagi baru pertama kali mampir, lalu saranin sebaiknya blognya dibikin begini begitu. Nih ada yang unik, belum lama ini ada bloger yang tidak mengerti bahasa Indonesia (dia bilang sendiri), lalu dia kirim email melalui form kontak blog saya.

Dia bilang kalau di bawah blog saya (footer) ada link ke my themeshop, kata dia sebaiknya dihapus saja. Dia bilang semoga masukan dia diterima, β€œdari seorang bloger ..” begitu akhir kalimat email dia. Wkwkwkw saya ketawa sendiri saja, apa urusan dia. Sebagai pemilik blog yang baik hati dan tidak sombong hihi saya jawablah email dia. Saya katakan kalau saya pakai theme premium buat blog saya, dan itu link mengarah ke affiliate program, kalau ada yang tertarik mau beli theme premium juga dari link tersebut, saya akan dapat komisi. Lagipula ya kalau linknya di klik kan ada tertera nama saya ko diujung url nya, entahlah mungkin dia bloger baru kali ya?.

Kalau dari teman-teman bloger yang saya kenal, atau pembaca setia blog saya, dengan senang hati saya terima masukkannya. Misalnya Niee pernah bilang logo melayang share ke sosmed tuh kalau di hp nutupi seluruh layar hp, ya sudah saya hapus aja kan, demi kenyamanan pembaca via hp.

Dulu banget pernah saya pakai background musim gugur gitu, trus ada teman bloger juga yang bilang motifnya bentrok dengan font tulisan, jadinya artikel tidak terbaca dengan baik, ya saya hapuslah gambar background tersebut. Pernah juga 2 pembaca setiaku bilang ukuran tulisan artikelku terlalu kecil, lalu saya besarin deh ukurannya. Kalau pakai theme blog sekarang mudah ganti ukuran font nya πŸ˜‰ .

6. Aktifkan kolom pencarian (search box) di blog kamu dong. Saya pernah beberapa kali mau merekomendasikan blog/tulisan para bloger yang saya kenal atau saya kenal sekedarnya (jarang komen), namun pas berkunjung ke blognya ya agak kecewa gitu karena tidak menemukan kolom pencarian search box di blog wordpress dia. Bagaimana saya mencari artikel lama dia?, saya ingat sekali dia pernah nulis topik artikel yang saya cari ini, dan ada yang butuh informasi dari artikel blog yang saya mampir ini. Mau nanya sungkan ganggu karena tidak dekat banget. Sebaiknya kolom pencarian (search box) ditaruh dibagian atas, biasanya disisi kanan yang mudah dilihat pegunjung blog.

Video Cara Membuat Kolom Pencarian (search box) di blog WordPress

 

Baca juga: 3 Cara Riset Keyword Paling Jitu Supaya Tulisanmu Banyak Pembacanya

7. Makin lama ko makin sedikitnya bloger yang rajin nulis (padahal saya sendiri juga males haha 😳 ). Misal ya masah sudah 3 jam an tidak ada tulisan baru di wp reader saya. Trus yang rajin nulis malah topik otomotif gitu. Topik begini dari satu bloger bisa muncul 3-5 tulisan dalam sehari. Nah lama-lama penuh dong wp reader saya. Dulu saya add karena para bloger otomotif ini add/follow blog saya. Pertama kali saya bisa komen balik deh ya, lama-lama saya bingung mau komenin tentang otomotif kan tidak ngerti, daripada komenku terlihat basi, ya tidak pernah komen lagi, kecuali ada ada bloger otomotif yang sesekali nulis diluar topik nichie dia, bisalah saya komenin.

Jadi tahun lalu saya bersih-bersih blog yang saya follow. Awalnya saya follow sampai sekitar 1500 an blog (karena kalau ada yang follow saya follow balik). Selama beberapa hari saya sortir, buka satu persatu blognya. Mana yang kita masih ada komunikasi (saling komen), saya pertimbangkan tetap di follow atau tidak. Kalau selama setahun terakhir sudah tidak ada komunikasi lagi, blog-blog dengan berbagai tema saya unfollow, supaya tulisan dari bloger kesukaan saya tidak tertutupi di wp reader.

Baca juga: Bahagia Ngeblog itu, Saat ..

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

Advertisements
Advertisements

75 Comments

  1. Putu Eka Jalan Jalan July 24, 2018
  2. Liana May 7, 2018
  3. RahmabalcΔ± April 18, 2018
  4. niee April 18, 2018
      • niee April 19, 2018
  5. niee April 18, 2018
  6. nandakurniay April 6, 2018
      • nandakurniay April 11, 2018
  7. girindrapuspa April 5, 2018
  8. sozan March 27, 2018
  9. rynari March 24, 2018
  10. Yos Adya March 18, 2018
  11. rumahkubahagiaku March 11, 2018
  12. Glentina Pasaribu March 10, 2018
  13. Glentina Pasaribu March 10, 2018
  14. adelescarlet March 9, 2018
  15. BlogDokter.ID March 9, 2018
  16. mayang koto March 8, 2018
  17. jessmite March 6, 2018
  18. jessmite March 6, 2018
  19. ndesoedisi March 6, 2018
  20. Miss Mae March 5, 2018
  21. jessmite March 5, 2018
  22. Bibi Titi Teliti March 3, 2018
  23. inlycampbell March 2, 2018
      • inlycampbell March 17, 2018
  24. imeldasutarno March 2, 2018
  25. Deny March 1, 2018
  26. Miss Mae March 1, 2018
  27. deddyhuang.com March 1, 2018
  28. Glentina Pasaribu March 1, 2018
  29. Glentina Pasaribu March 1, 2018
  30. rayamakyus March 1, 2018
  31. n1ngtyas March 1, 2018
  32. Sea March 1, 2018
  33. adelinatampubolon March 1, 2018
  34. acewse March 1, 2018
  35. Omar Ramlee February 28, 2018
  36. Melissa Octoviani February 28, 2018
  37. Triyanto Banyumasan February 28, 2018
  38. Triyanto Banyumasan February 28, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 28, 2018
  39. Monda Siregar February 28, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 28, 2018
  40. yosefin February 28, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 28, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: