May 30, 2020

7 Hal Seputar Ngeblog No 5 Baru Nemu Unik dah!

7 Hal Seputar Ngeblog No 5 Baru Nemu Unik dah!. Hai sobat bloger, minggu lalu saya tidak ada postingan, karena lagi mau ngurusi saluran youtube saya. Nah saya cek google analitik bounce rate blog saya biasanya dibawah 5% langsung naik jadi 10%, dan beberapa jam lalu naik lagi jadi 15% gile bener dah! Haha. Pasti kamu pegunjung setia blog saya ini mampir minggu lalu dan langsung pergi (tutup) blog saya begitu melihat belum ada postingan baru πŸ˜€ makanya bounce ratenya jadi jelek hehe. Daripada tambah naik angkanya jadi saya keluarin postingan ini πŸ™‚ .

Baca juga: Bounce Rate Apa Gunanya Buat Blog?

7 Hal Seputar Ngeblog No 5 Baru Nemu Unik dah!.

1. Photobucket.com sekarang harus bayar loh, coba deh kalian yang pasang widget Photobucket di blog kalian perhatikan. Lebih baik dihapus saja widgetnya, karena kalau widgetnya diklik tidak ada tampilan foto apapun terlihat. Saya lihat lumayan banyak bloger pasang photobucket ini di widget dan yang terihat hanya pemberitahuan β€œPlease update your account bla .. bla .. bla β€œ . Kalau saya selain pakai photobucket pakai Flickr juga. Flickr sampai saat ini masih bisa pakai gratisannya. Saya sering simpan foto-foto kegiatan anak-anakku di album Flickr ini, kebanyakan saya buka aksesnya untuk teman dan keluarga saja. Terkadang beberapa foto-foto saya buka akses untuk umum. Oh ya kalau ngeblog di self hosted seperti saya, bisa upload foto di album Flickr, pakai kode htmlnya untuk pajang foto di postingan blog, lumayan mengurangi penyimpanan data blog. Selain Flickr alternatif tempat penyimpanan foto online lain kamu bisa pakai yang gratisan misal google photo, , Google Drive, Cloudinary bisa simpan sampai 10 GB. Dropbox bisa simpan sampai 2GB.

Video 3 Hal Seputar Ngeblog

 

2. Saya senang kalau dapat teman bloger baru. Kebanyakan sih mereka yang menyapa saya duluan di tulisan saya. Kalau tidak mencantumkan alamat blog di kolom komentar, sering saya tanya apa ngeblog juga. Kalau komen pakai id sosmed misal Gplus dan ada alamat blognya disitu saya selalu cantumkan di komen mereka/ganti dengan alamat blog mereka, jadi yang mau bw gampang langsung masuk ke blog. Blog saya kan lumayanlah ada pembacanya hehe sorry sok artis πŸ˜€ jadi maksud saya mereka yang komen akan berpeluang juga dikunjungi blognya oleh pembaca blog saya yang kebanyakan rajin bw ke blog lain atau yang mau cari teman bloger baru.

Baca juga: 7 Hal Menarik Mengenai Komentar Blogku

3. Buat teman baru bloger, saat saya mengunjungi blogmu adakalanya saya agak kecewa. Tujuan saya buat baca blogmu, namun blogmu banyak pernak perniknya sehingga menyulitkan saya membaca tulisanmu. Misalnya kamu pasang foto dirimu sebagai latar belakang blog, dan itu membuat tulisan artikel tidak terbaca. Ada pula yang membuat font tulisan dengan huruf yang unik-unik sehingga mata saya sakit membacanya. Buatlah tulisan (font) yang enak dilihat dan nyaman. Misal dengan times new roman, arial, san serif. Ukuran buat agak besar. Saya sering zoom sampai 120% tetap kecil terlihatnya, padahal saya pakai laptop, coba kalau di hp mungkin akan lebih kecil lagi kan.

Ada pula yang membuat font tulisan berwarna, bukan hitam, melainkan pakai warna merah semua, dikombinasi dengan latar belakang foto hiks beneran tidak bisa baca artikelnya πŸ˜₯ .

Sayangnya lagi karena kita tidak kenal dekat, saya sungkan untuk mengatakan padamu. Jadi ya saya segera pindah ke blog lainnya. Kalau tulisannya enak bisa dibaca, ditambah isi blogmu menarik. Wah saya biasanya tukang komen πŸ˜† haha, saya akan komenin beberapa tulisan yang saya baca saat itu.

Baca juga: Blogwalking Salah Satu Cara Bikin Blog Terkenal

4. Template/theme blog bikin yang model majalah dong, model resume gitu, soalnya tangan saya kriting scroll drown cari artikel-artikel lama yang menarik saat blog walking. Kalau dibikin model ringkasan aja jadi cepat mencari tulisan yang kita mau baca. Contohnya blogku model majalah gitu kalau dibuka bagian depannya tampilannya berupa thumbnail gambar dan judul.

Theme gratisan banyak juga ko yang model majalah gitu. Untuk wordpress.com yang theme gratisan bisa pilih di https://wordpress.com/themes/freeΒ  untuk blog self hosted seperti saya kalau mau cari yang gratisan ada di https://mythemeshop.com/themes/ .

Video Cara Menampilkan Theme blog model Majalah

 

5. Saya kalau tidak kenal dekat sama pemilik blog, tidak mau reseh saranin blognya supaya begini begitu. Apalagi baru pertama kali mampir, lalu saranin sebaiknya blognya dibikin begini begitu. Nih ada yang unik, belum lama ini ada bloger yang tidak mengerti bahasa Indonesia (dia bilang sendiri), lalu dia kirim email melalui form kontak blog saya.

Dia bilang kalau di bawah blog saya (footer) ada link ke my themeshop, kata dia sebaiknya dihapus saja. Dia bilang semoga masukan dia diterima, β€œdari seorang bloger ..” begitu akhir kalimat email dia. Wkwkwkw saya ketawa sendiri saja, apa urusan dia. Sebagai pemilik blog yang baik hati dan tidak sombong hihi saya jawablah email dia. Saya katakan kalau saya pakai theme premium buat blog saya, dan itu link mengarah ke affiliate program, kalau ada yang tertarik mau beli theme premium juga dari link tersebut, saya akan dapat komisi. Lagipula ya kalau linknya di klik kan ada tertera nama saya ko diujung url nya, entahlah mungkin dia bloger baru kali ya?.

Kalau dari teman-teman bloger yang saya kenal, atau pembaca setia blog saya, dengan senang hati saya terima masukkannya. Misalnya Niee pernah bilang logo melayang share ke sosmed tuh kalau di hp nutupi seluruh layar hp, ya sudah saya hapus aja kan, demi kenyamanan pembaca via hp.

Dulu banget pernah saya pakai background musim gugur gitu, trus ada teman bloger juga yang bilang motifnya bentrok dengan font tulisan, jadinya artikel tidak terbaca dengan baik, ya saya hapuslah gambar background tersebut. Pernah juga 2 pembaca setiaku bilang ukuran tulisan artikelku terlalu kecil, lalu saya besarin deh ukurannya. Kalau pakai theme blog sekarang mudah ganti ukuran font nya πŸ˜‰ .

6. Aktifkan kolom pencarian (search box) di blog kamu dong. Saya pernah beberapa kali mau merekomendasikan blog/tulisan para bloger yang saya kenal atau saya kenal sekedarnya (jarang komen), namun pas berkunjung ke blognya ya agak kecewa gitu karena tidak menemukan kolom pencarian search box di blog wordpress dia. Bagaimana saya mencari artikel lama dia?, saya ingat sekali dia pernah nulis topik artikel yang saya cari ini, dan ada yang butuh informasi dari artikel blog yang saya mampir ini. Mau nanya sungkan ganggu karena tidak dekat banget. Sebaiknya kolom pencarian (search box) ditaruh dibagian atas, biasanya disisi kanan yang mudah dilihat pegunjung blog.

Video Cara Membuat Kolom Pencarian (search box) di blog WordPress

 

Baca juga: 3 Cara Riset Keyword Paling Jitu Supaya Tulisanmu Banyak Pembacanya

7. Makin lama ko makin sedikitnya bloger yang rajin nulis (padahal saya sendiri juga males haha 😳 ). Misal ya masah sudah 3 jam an tidak ada tulisan baru di wp reader saya. Trus yang rajin nulis malah topik otomotif gitu. Topik begini dari satu bloger bisa muncul 3-5 tulisan dalam sehari. Nah lama-lama penuh dong wp reader saya. Dulu saya add karena para bloger otomotif ini add/follow blog saya. Pertama kali saya bisa komen balik deh ya, lama-lama saya bingung mau komenin tentang otomotif kan tidak ngerti, daripada komenku terlihat basi, ya tidak pernah komen lagi, kecuali ada ada bloger otomotif yang sesekali nulis diluar topik nichie dia, bisalah saya komenin.

Jadi tahun lalu saya bersih-bersih blog yang saya follow. Awalnya saya follow sampai sekitar 1500 an blog (karena kalau ada yang follow saya follow balik). Selama beberapa hari saya sortir, buka satu persatu blognya. Mana yang kita masih ada komunikasi (saling komen), saya pertimbangkan tetap di follow atau tidak. Kalau selama setahun terakhir sudah tidak ada komunikasi lagi, blog-blog dengan berbagai tema saya unfollow, supaya tulisan dari bloger kesukaan saya tidak tertutupi di wp reader.

Baca juga: Bahagia Ngeblog itu, Saat ..

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

78 thoughts on “7 Hal Seputar Ngeblog No 5 Baru Nemu Unik dah!

  1. no 3 & 4 itu lhoo to. ada yg themenya nge blink2 gitu pake musik. astaga pusing!. padahal tulisan yg doi tulis akan di baca publik. harusnya dia memposisikan diri sebagai pembaca. Semangat ngeblog#

    1. Hai Putu Eka Jalan Jalan, kalau pembacanya tetap/followernya banyak, misal 5rb keatas, ya perlu posting teratur. Kalau sedikit followernya spt saya saat ini belum nyampe 2rb, tuh klo posting tulisan 10% follower baca aja sdh bagus. Kalau tujuannya untuk mencari trafik, penting banget mencari pengunjung/ pembaca blog dari google. Pengunjungnya cuma sekali datang, tp tiap hari banyak yg datang ke blog kita. Punya 5 judul aja yg muncul di halaman 1 google itu, ga perlu lagi stres mikir harus nulis tiap hari misalnya.

  2. wahahah info bagus banget ini Bun. jadi bisa masukan buat blog-ku juga supaya sering dikunjungi dirimu hihi

    setuju banget sama blog yg belakangnya pake foto wajah sendiri atau pake font yang unik2. kalo buat judul aja sih gpp ya bun, lah ini kalo buat konten, bikin mata pegel juga bacanya πŸ˜€

    makasih udah sharing Bun πŸ™‚

  3. wah jadi banyak belajar mba, saya berarti kurang silaturahmi sm blogger lain hehe , kadang cuma punya waktu buka laptop malam2 gini, balesin komen, ko yang otomotif setuju bgt..apa saya unfollow jg ya..mau komen jg sama ga ngerti…semoga bs silaturahmi sesama blogger lainnya. blog saya masih sederhana pgn belajar lbh profesional lg kyk maknya benjamin..

  4. Aku juga merasa kayak gini loh. Dan sedihnya itu temen-temen blogger yang masih eksispun sekarang udah gak seintens dulu balas-balasan komennya. >.<

    1. Sibuk kali mereka Niee, atau kalau yg posting tiap hari repot juga kali nya untuk urusan membalas komen πŸ˜‰ . Ada juga bbrp bloger yg dulu sering komen2 an sama sekali bbrp tahun terakhir ga pernah mampir lagi ke blogku, yasud akupun akhirnya jadi baca2 saja yaa πŸ˜‰ .

  5. Bener mbak, poin ke 6 dan ke tuju mengena banget. Aku kadang juga bingung kalau mau komen, terlebih kalau aku tak tahu menahu tentang topiknya. Hummm,,, paling rajin dan yang selalu aku rindukan adalah tulisan kamu mbak, soalnya selalu nambah ilmu dan topik kita serupa jadi aku semangat banget tahu lebih lanjut.

    1. Hai Sozan, iya Mythemeshop dan A2 hostingku saat ini ada program affiliate nya. Program affiliate klo pajang banner aja di blog kemungkinan kecil banget deh nyantol pembeli hehe.. saya mau bikin tulisan ga sempat2 πŸ˜€ .

  6. Terima kasih bagi2 ilmunya Jeng Nella. Tampilan layar yg simple bikin pembaca mudah menikmati ya. Mau loh dapat masukan tampilan blog rynari dari Jeng Nella, saya buta IT nih. Salam hangat

    1. Hai bu Prih, sudah bagus ko tampilan blog rynari. Paling kalau mau ganti tampilan bisa ubah warna latar belakang ga?, misalnya ganti setahun sekali. Kalau utk ngotak atik lebih dalam lagi di wp.com ga bisa bu, spt theme blog hanya bisa pakai yg memang sdh ada di daftar wp.com nya. Btw saya juga bukan orang IT, berani aja ngutak atik sendiri setelah baca tulisan tutorial πŸ˜‰ .

  7. Ehem.. yang nomor 7 itu kayaknya blog aku sekarang deh mbak Nella.
    Mungkin yang pernah mampir dan membaca sampai lupa kalau blogku masih ada haha…
    Mudah-mudahan tahun 2018 ini dapat banyak waktu luang dan semangat 45 buat rajin menulis

    1. Kalau pengikut setia yg follow via email sih bakalan dapat newsletternya mba Ami, tapi ya belakangan ini email newsletter blog mba selalu masuk spam melulu hiks, dan aku jaranggg bangett cek kotak spam enail, paling klo pas postinganku dikomenin ya aku ingat dan mampir deh.

      Btw sorry mba baru balas, keyboard laptopku 3 minggu rusak.

  8. Wahh iya.. Hijau semua.. Senang banget kak, soalnya gak sadar juga tuh gimana caranya kok bisa hijau semua hehehe..
    ALT Text sebenernya udah pernah dengar. Cuma kadang suka lupa pas masukin gambar. Bolehhh kak next bahas ALT Text yaa.. Biar nambah ilmu lagi.

  9. mantap ilmunya kak Nela.. Aku ngak follow balik semua followers aku dan menghindari blog yang penuh pernak pernik.. hehhe
    tapi aku masih jarang posting huhu.. rasa malas lebih besar πŸ™

  10. halo kak
    maaf baru mampir
    soalnya harus pake mozilla dulu supaya bisa komen di blognya kakak. dan mozilla di kompi kantorku sering hang jadi musti nunggu waktu buat bisa komen
    link amp yg kakak kasih di email gak bisa dibuka via chrome gak tau kenapa

  11. Makasih ya mbak sarannya, masukan yang berharga nih. Nanti syaa coba akomodir. Mbak suka nggak dengan header baruku itu aku gambar sendiri pakai paint hehehe πŸ˜€
    Sama sebenernya pengen ganti tampilan awal blog dengan model majalah biar nggak panjang rentetan artikelnya.
    Oh ya untuk kolom Search aku udah pasang mbak dari dulu, cuma di tengah. Nggak kelihatan, ya?

  12. Makasih ya mbak sarannya, ntar aku coba akomodir, sama sebenernya pengen nyoba tampilan ala majalah gitu hehe ga tau theme gratisannya bisa nggak. Untuk kolom search aku udah pasang dari dulu, letaknya di tengah mbak. Nggak kelihatan ya?

  13. salam kenal Mak Ben, dulu jaman awal-awal ngeblog taun 2013-2014 sebenernya udah sering jadi silent rider disini, nah sekarang kesampaian ikut komen πŸ˜€ saya awalnya semangat ngeblog soal otomotif tapi lama-lama jenuh juga dan akhirnya jarang ngeblog, sekarang malah jadi rajin baca blog-blog yang isinya ringan-ringan aja, sama memfollow blogger-blogger baru biar nambah follower πŸ˜€

  14. Iya mba, soalnya blognya lama banget, limat tahunan begitu, jadi banyak **banget** gambar-gambarnya, males banget ngurusin satu-satu, ha ha… udah engga kepake juga sih blognya, jadi yasudahlah, relakan saja….

    1. Mae, iya sih ribet ngurusin/benerin link matinya satu persatu. Saya nih setelah 2 thn baru keingat lagi web brokenlink checker tsb, duuuhhh gila hasilnya keluar banyak banget link matinya, banyak pula dari teman2 bloger yg pada komen di postinganku dan ternyata para bloger ini sdh pada ngapus blog mereka, atau blog wp nya dibanned krn melanggar ketentuan wordpress.com.

  15. Mbak Nel, apa cuma yang self hosted aja yang bisa upload foto di blog pakai bantuan Flickr atau Cloudinary? Saya udah sign up Cloudinary nih, emang beneran bikin nggak ngabisin kuota penyimpanan media di blog WP kan kalau pakai bantuan itu?
    Saya jangan diunfollow ya mbak hehehe… blog saya termasuk favorit mbak kan? πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    Oh ya saya akan sangat senang lho kalau mbak memberi masukkan untuk blog saya supaya lebih baik lagi.
    Vielen danke!

    1. Hai Intan, iya kalau spt blogmu wp.com ga bisa masukin kode html dari tempat nyimpan foto di flikr ke postingan blog. Di wp.com memang terbatas utk bisa ngutak atik blog, termasuk ga bisa upload tempelate dari luar, jadi hanya bisa pakai yg sdh disediakan wp.com nya. Utk Cloudinary aku belum coba, klo sebatas nyimpan aja bisa deh, cuma utk tampilin fotonya di blog ga tahu juga, krn klo pakai kode html ya ga bisa. Paling kamu kasih link tempat fotonya berada. Masukin foto ke blog juga gpp ko asal di resized dulu. Aku dulu sering banget masukin banyak foto2 ke postingan blog, aq selalu resized fotonya sampai ukuran max 100kb, emang kerjaan banget sih, tp jadi bsia menghemat size blog. Klo wp.com gratisan kan jatahnya hanya 3 GB. Aku tetap dong follow blogmu, flikrmu juga ku follow ko πŸ˜‰ . Utk blogmu, klo wp.com ga bisa di utak atik banget, banyak aturannya dr wp.com. Paling klo aku bisa saran utk widget archives tuh dibikin/centang kolom “Display as dropdown” jd rapih ga bikin penuh spt terlihat saat ini. Sama widget “WORDS POSTED” coba lihat apa ada pilihan “Display as dropdown” spy rapih ga bikin panjang begitu tampilannya. Oh ya keluarin widget “search” juga, taruh dibagian atas kana, jd klo ada pegunjung yg cari sesuatu di blogmu, gampang nemu artikelnyanya πŸ˜‰

  16. Neeeel,
    Kayaknya aku juga harus sortir lagi deh blog2 yang aku follow dari zaman dulu tapi sekarang udah jarang update, suka sedih siiiih…

    Tapi suka ngerasa gak sih Nel, kayak sedih dan patah hati gitu kalo sahabat blogger zaman dulu yang deket dan suka rajin saling komen udah jarang update, gak cuma satu atau dua tapi banyaaaaak, semacam hilang gitu satu lingkaran pertemanan, trus kita harus move on cari temen baru lagi hiks…

    Problema blogger zaman old ini mah *malah curhat di lapak orang hahaha*

    1. Erryyy iyaa sedih banget lah, dulu punya banyak teman bloger ya.. termasuk bloger yg suka berkebun akhirnya menghilang bertahun-tahun, trus bloger lainnya banyak loh yg menghapus blog mereka. Ada pula blog2 yg kena bannded wp.com Ry krn mereka ada melanggar tos nya wp. Iya nih susah sauah gampang cari teman baru lagi, sekalinya ketemu pernah nih eh blognya ko dia haous, hiks. Hahaha curhatin juga di blogmu Erry πŸ˜‰ .

  17. Jujur, aku gak follow balik semua blog yang follow aku, apalagi kalau yang rada alay ( maaf banget ini mah ), malah jadi menuhin wp readers aja.. Tapi kalau blog yang pengen di blogwalking terus banyak gambar geraknya, terus kayak full banget, biar kata blognya oke banget, itu aku skip juga.. mumet mata buat baca hehehe..

    1. Inly, dulu tuh aku follow balik semua yg follow blogku haha. Skrg sih sdh berkurang 50%nya blog yg kufollow, semoga blog2 yg ku suka jadi sering muncul di wp reader. Eh sptnya yg apsang gambar gerak gitu, jadi makin banyak deh, aku kadang pengen juga sih, cuma males nyarinya haha πŸ˜€ .

  18. Nell, nomor 3 sama banget. Toss dulu. Aku sering meninggalkan blog yang model begitu di 10 detik pertama. Abis enggak kebaca, bikin puyeng dan sakit mata euy hihihih….

  19. Nel, yang kolom search itu juga jadi perhatian utamaku. Aku seringnya kalau lagi nyari resep masakan. Ingat kalo blogger ini atau itu pernah nulis, eh pas ke blognya ga ada kolom search. Akhirnya googling, malah ketemu.

  20. Ahh… Photobucket… luka lama, itu hehe. Dulu aku punya blog ulasan buku (dalam bahasa Inggris) yang lumayan banyak lah jumlah pengunjung dan followersnya. Cuma, semua grafik, bahkan untuk template blog pun, aku gunakan photobucket. Untungnya waktu buat ngeblog udah makin berkurang, jadi akhirnya blog aku tutup anyway… tapi tetep aja, kan sayang tu blog isinya cuma broken link image doang setelah 5 sekian tahun..

    1. Hai Koh, di wp.com ga dibedain antara yg ngeblognya pakai gratisan dan sdh domain sendiri, mereka tetap bisa gunakan semua theme gratisan yang sekitar 100 an jumlahnya. Link yang saya masukin ke tulisan saya itu untuk theme gratisannya πŸ˜‰ .

  21. Tuhhh kan, dapat ilmu baru lagi tentang tools nge blog (“,)

    Aku udah coba nih pakai varvy.com. Banyakan kuningnya di bagian page speed.
    Cuma masih belum paham dengan istilah2 nya sperti Render blocking CSS and/or JS atau Browser caching issues.

    Hmm.. aku googling dulu deh..

    1. Hai Glen coba cek juga pakai https://gtmetrix.com/ kalau aku sih kadang pakai gmetrix, kadang varvy mana yang lebih mudah kupahami cara penyelesaiannya. Bacaanbunda.com keren ko hasil tes gmetrix nya, hijauuu semua, hebat πŸ˜‰ . Paling perbaiki gambar2 aja masukin ALT text, karena ALT text ini berguna buat mesin pencari kalau ada pencarian gambar. Mungkin akan kubahas terpisah deh karena aku cek bbrp blog yg komen ditulisanku ini pada bermasalah di bagian “No ALT text” . Saranku klo ga paham banget mengenai Render blocking CSS and/or JS atau Browser caching issues, jangan di utak atik blogmu nanti malah rusak. Pokoknya sudha bagus klo lihat hasil tes gmetrix. Untuk Sitemap for users (tes varvy) pakai plugin: Hierarchical HTML Sitemap . Aku pakai itu utk blogku, cara pasangnya bisa google deh.

  22. Akhirnyaaaa ada postingan baru hihihi..
    Seminggu kemarin bolak balik kesini ngintip postingan baru. Maap klo diriku turut menyumbang naiknya angka BR blogmu kak Nel hehehe..

    Selalu klo mampir disini pasti dapat ilmu baru tentang blogging.
    Banyakin topik blogging nya dong kak (“,)
    Wahhh.. jangan-jangan bentar lagi buka jasa konsultasi blog nih. hahaha..
    Aku antri duluaan.. ^_^

  23. Waaah.. Mak Ben ulasannya paket komplit :D..
    Awalnya aku tuh nulis terkadang 6 bulan sekali nulis. Tapi semenjak ikutan komunitas menulis seminggu sekali, terpacu untuk menulis lagi,hehehe.Yaaaa.. walopun tulisannya ya gitu deh :D.

  24. Akuh sebaaaaal sama Photobucket. Foto-foto di blog-ku hilang semua sejak mereka ganti kebijakan. Trus sampe sekarang belum sempat ku-update blog post-ku jadi tampilan blog post-ku banyak yang jelek deh. Hiks

  25. ngaruh yach kak bounce rate ama theme premium. kalau tukar theme mesti setting ulang foto dan tulisan juga nga kak. kadang kan foto disimpannya ditempat lain dan mesti nyari-nyari lagi.

    1. Hai Adel iya ngaruh, lagi pakai theme blog yg gratis, blogku bounce ratenya di kisaran 50-70%, sejak pakai yg premium menurun drastis jadi diangka 5%, ga pernah lewat 20% sampai saat ini. AKu ga ada setting ulang foto2 ko, klo tulisan paling bentuk dan ukuran fontnya yg kuubah.

  26. Musim semi… sibuk mempersiapkan untuk berkebun… ? Semoga nanti balkon kamu semarak ama bunga ya… Eh btw, waktu saya buka artikel ini udah versi non AMP (ads-nya bertebaran… hahaha… ?). Kalo beberapa artikel yang lama masih nyangkut versi AMP-nya. Sepengalaman saya di wp.com, setelah opsi AMP di disable, artikel versi AMP akan hilang secara bertahap dengan sendirinya. Kasih tau dong cara nge-deteksi jumlah mobile visitor. ?

    1. Hai bang Omar, cuaca lagi jelek banget minggu ini. Minus 8 derajat c tadi pagi pas antar anakku ke TK, trus angin pula, muka spt digampar si angin, sakit dah haha. Belum bisa berkebun. Pesanan bibit2 juga paling datang pertengahan maret.

      Saya ga disable amp, waktu itu pernah, eh ko trafik anjlok bangettt, trus ku upload lagi amp nya. Eh ternyata memang google lagi update algoritma lagi maknya trafik ngedrop. Sejak 2 hari lalu sdh normal trafik, malah cenderung naik banget. Saat ini AMP ku setting no redirect krn wordads ga tampil. Lagi nunggu hasil WA, atau masih kulihat hasil WA sampai 2 bulan kedepan, baru kuputuskan pakai AMP atau tidak. Utk Adsense cocok dg versi AMP ini.

      Trus yg bertaburan iklan tuh krn aku lagi nyoba Adsense Auto Ads, hanya pakai 1 kode nanti googlenya yg ngaturin penempatan iklan terbaik yg eye cathing buat pembaca πŸ˜€ . Ternyata munculnya banyak banget yaaa.. belum cek ulang lagi, maish nunggu paling ga 1-2 minggu kedepan, nanti baru kuputuskan lanjut atau tidak pakai fitur baru ini. Klo dari penghasilan adsensenya dg fitu baru ini jauh lebih baik, walaupun yg klik minimal banget sih hehe.

  27. belakangan emang kayaknya uda banyak yang jarang nulis blog ya… ada beberapa yang pindah jalur jadi vlogger… kalo aku karena pada dasarnya aku suka nulis, jadi masih tetep ngeblog… masalah ada yang baca apa engga, itu urusan belakangan hehehehe.. lagian mukaku kurang videogenic kalo bikin vlog, jadi mendingan nulis aja deh hehehehe…

    1. Iya Mel makin jarang yang nulis ya, ada sih bloger-blogger baru, cuma ko kalau kuperhatikan banyak post paid gitu, jadinya aku males bacanya hehe πŸ˜€ . Di saluran berkebun, aku ga pernah tampilin wajah Mel, tergantung nyamannya bgm di depan kamera ya lakuin aja πŸ˜‰ .

  28. Saya pernah aktifkan versi mobile, benerapa bulan, pengunjung malah turun, gak tahu kenapa. Belum ketemu kenapa.
    Akhirnya saya nonaktifkan lagi.
    Versi amp? Saya jarang otak atik blog, masih nulis bersi basic ?

    Makasih masukannya mbak, nanti kalo sempet diotak atik deh

  29. Hahaha sehari 3-5 artikel, dulu saya pernah, pas masih semangat ‘nyampah’ di blog. Sekarang sebulan sekali aja beraaaatt banget. Sempat kumat juga sehari 2 post, eh cuma bertahan beberapa hari, selanjutnya kembali bulanan .
    Saran juga dong mbak, buat blog saya ?

    1. Hai mas Tri, kalau saya lihat bloger otomotif rajin update berita terkini ya, kalau saya ga sanggup deh πŸ˜€ . Saya yang niatnya seminggu sekali juga mulai kendor semangat nih. Kalau blog wordpress.com tidak bisa banyak di utak atik mas. Tugas yg punya blog hanya menulis artikel yang menarik, kasih judul yang menarik, dan penting pakai/memilih kata kunci yang panjang. Baca 3 Cara Riset Keyword Paling Jitu Supaya Tulisanmu Banyak Pembacanya . Tampilan blog mas Tri untuk versi mobile ga bagus, versi amp nya tidak aktif. Apakah memang di matikan?. Jaman sekarang pengguna mobile banyak banget, kalau untuk pembaca/pengunjung blogku 70% nya dari versi mobile, perlu deh mereka yg akses pakai veris mobile ini diberikan kenyamanan.

  30. Hallo kak nel,

    Kalau aku bakalan seneng banget kak, kalau kak nel mau kasih masukan untuk blogku. Traffic pembacaku yg tadinya sempet ratusan akhir2 ini down kak cuma puluhan. Semenjak aku utak utik di deskripsi penelusuran, pas aku cari digoogle yg sempet di halaman ke2 pencarian jdi menghilang kak, ga tau diurutan mana sekarang, hahaha. Piye kak ada sarankah u blogku terutama u tampilan dan isi dan tulisannya. Thanks ya kakakku

    1. Hai Yosefin, google sering melakukan update algoritma. Sepanjang 7 thn ngeblog paling anjlok trafik di tgl 9 feb 2018 selama 10 hari tuh, syok deh liat angkanya, kupikir krn aq ngotak atik blog kan. Pdhl lagi ga ko, trus cari2 tahu ternyata banyak yg mengalami hal serupa, anjlok trafiknya. Mulai kemarin ini malah trafikku mulai menanjak lagi. Sistem perangkingan google skrg pakai ctr (click through rate). Semakin banyak orang yg klik artikel kita di google, maka google mikirnya artikel tsb bagus dan membantu banyak orang, maka dimunculin di halaman 1 atau 2, nah klo semakin sedikit yg klik artikel kita, maka rangking artikel kita semakin nurun, bisa ditaruh sampai halaman2 belakang mesin pencari, klo sdh lewat halaman 2 google, misal artikel kita di halaman 10, jarang kan ada orang yg bakalan klik artikel kita, itulah yg bikin trafik anjlok. Oh ya tampilan blogmu versi mobile ga terlalu bagus, hurufnya terllau kecil, coba cek pakai ini https://varvy.com/ .. lihat yg warna kuning itu yg perlu diperbaiki. Jaman sekarang pengguna mobile banyak banget, kalau untuk pembaca/pengunjung blogku 70%nya dari versi mobile, perlu deh yg akses ini diberikan kenyamanan hehe πŸ˜‰ .

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: