7 Hal Menarik Mengenai Komentar Blogku

7 Hal Menarik Mengenai Komentar Blogku. Hai sobat bloger dan kamu pembaca setia blog saya ini, kali ini saya mau cerita mengenai tipe komen unikΒ dan menarik di blogku ini:

7 Hal Menarik Mengenai Komentar Blogku

1. 28 des 2017 saya balas beberapa komen. Ada dua komen dari Mayang dan Yosefin komen pertama. Untuk komentar pertama kali di blog saya ini memang akan saya moderasi dulu. Eh 2 hari kemudian ko saya terima komen moderasi Yosefin lagi, pas saya lihat komen-komen balasan saya ternyata yang untuk Mayang dan Yosefin ko hilang balasannya.

Padahal saya nulis komen agak panjang pula untuk mereka. Pada 3 jan 2018 setelah balas banyak komen lain, langsung saya kopi paste dulu ke word, daripada hilang lagi kan πŸ˜€ . Baru pertama kali saya mengalami balasan komen hilang begini, entahlah apa karena waktu itu saya lagi urusin pindahan hosting jadi ada pengaruh ke situ.

Ada yang aneh lagi, hampir 9 tahun ngeblog baru pertama kali ada komen (baru) yang bisa hilang dari salah satu tulisan saya. Waktu saya ngeblog di wordpress.com kejadiannya. Jadi ada komen pertama, ya saya moderasi dulu kan. Tapi karena saat itu saya tidak lihat dari komputer, saya belum loloskan komennya. Untuk komen moderasi begitu, biasanya akan saya cek ip address nya dulu di google, kalau ada informasi ip ybs adalah spammer tidak akan saya loloskan. Nah besoknya pas saya mau lolosin eh komennya malah hilang. Pikirku ybs kesel kali ya kelamaan saya tahan komennya haha. Saya malah jadi penasaran bagaimana caranya bisa hapus komen kita di blog lain sih?. Saya coba cari tahu utak atik wp reader tidak ketemu caranya sampai sekarang.

2. Buat yang rajin komen sana sini (via blogwalking) kalau tujuannya untuk naiikin rangking blog, jaman sekarang hal tersebut tidak berlaku lagi. Banyak sekali blog sistem komennya sudah nofollow, jadi blog yang kita komenin menyampaikan informasi ke google untuk tidak merangking blog yang komen tersebut.

Kalau jaman dulu kan katanya banyakin komen di blog yang PR nya tinggi, saat komen kita ada di blog PR tinggi ini maka rangking blog kita akan ikutan naik, sekarang tidak tidak berlaku gitu yaa. Namun kalau kamu mau dapatin sedikit trafik saat blogwalking masih berlaku, apalagi kalau komenmu unik yang bikin pembaca penasaran nah bakalan dapat banyak trafik, misalnya waktu saya komen di tulisan terbarunya Trinity yang membahas pengalaman Trinity ikutan kencan online.Β Saya berbagi sedikit pengalaman saya juga melalui komentar.

Selama 2 hari berturut-turut blog saya ketiban rejeki dapat 100 an pegunjung. Hari ketiga saya komen lagi memberitahukan link tulisan pengalaman saya ikutan online date. Soalnya saya mikir mereka yang mampir mau baca tulisan saya kan. Saya tidak mengerti membuat feature post, bikin tulisan lama saya tersebut muncul di bagian depan. Ya sudah saya komen lagi deh ke blog mba Trinity. Sampai saat ini hampir 1 bulan blog saya tetap dapat pengunjung (back link) dari blog mba T. Nih rejekinya kalau komen di blog terkenal dan tema yang masih jadi hot topik orang asia, yakni soal bule! Haha.

Baca juga: Mereka yang Nyasar ke Blog Saya – Tema Bule

3. Buat yang suka hanya kasih like di tulisan saya, jujur nih ya saya tidak pernah cek like dan tidak mengunjungi balik yang like, karena memang tidak tahu dan tidak pernah lihat jumlah like. Notif like ke email saya matikan karena membuat penuh inbox.

Jadi kalau mau colek saya, menyapa saya dan pengen dikunjungi balik (saya komen di tulisanmu) sapalah saya melalui kolom komentar ya. Sebisa mungkin saya kunjungi balik kamu, kalau tidak sesaat setelah kamu komen, mungkin di komen berikutnya saya ingat belum mengunjungi balik blogmu.

Tahun lalu pernah fasilitas like ini saya matikan, karena saya lebih suka komen ketimbang like. Alasan terbesar saya mematikan like saat itu, saya tidak percaya kamu sanggup baca tulisan saya dalam waktu 3 detik haha πŸ˜† . Saya pernah ngetes beberapa kali soalnya, masah setelah 3 -5 detik tulisan saya terbitkan sudah ada like. Saya sampai hapal bloger ini karena lihat gravatar like dia di banyak blog yang saya kunjungi. Like doang ya tidak ada komen bo!.

Bahkan tulisan kemalangan ada bloger yangg anggota keluarganya meninggal di like juga?. Kalau ada yang meninggal bilang ikut berbela sungkawa lebih bijak ketimbang di like kan. Apa susahnya nulis Inna lillahi wainna ilaihi roji’un,Β  turut berdukacaita, Mein Beileid, my deep condolences dsb nya. Kalau misal jari-jari kita kaku, mulut kering tidak bisa mengucapkan bela sungkawa, ya sudah tutup ada tulisannya tanpa meninggalkan jejak cuma β€œlike”.

Jangan kasih like kalau belum baca tulisannya, ya daripada salah kan, masah mengenai kemalangan ko malah di like toh? πŸ™ . Akhirnya saya mengaktifkan lagi fasilitas like karena di tahun 2017 dapat sekali post paid, lalu setelah seminggu tulisan di posting ditanyain, “.. dapat berapa komentar dan berapa like tulisannya?. β€œ.

Mampus!” pikir saya saat itu, wong fasilitas like saya tidak aktifkan kan. Saya buka postingannya lah ko ternyata banyak like nya πŸ˜† . Jadi ya walau kamu non aktifkan like di tulisan, dari wp reader itu bisa kasih like tanpa ybs berkunjung ke blog/tulisanmu. Ya sutralah sejak saat itu saya aktifkan lagi like di blog saya, soalnya percuma tetap aja muncul kan walau sudah di nonaktifkan πŸ˜‰ .

Saya tidak sengaja lihat like biasanya saat saya mengedit tulisan lama, melihat-lihat judul yang popular 3 bulan terakhir atau setahun terakhir misalnya. Saat blogwalking sayapun jarang sekali memberikan like. Kalau tulisan yang saya baca menarik buat dikomentarin, ya saya lebih suka komen. Kalau sudah komen ngapain di like lagi kan?. Ada beberapa bloger (makin kesini makin banyak) yang tulisannya ditutup komennya ya, pasti mereka punya alasan tersendiri sih. Saya jarang kasih like juga, karena saya lebih suka bawel ketimbang nge like πŸ˜€ .

Baca juga tulisannya Shiq 10 Tipe Komentar Blog dan Cara Meresponsnya.

4. Bagi kamu bloger baru. 6 bulan, atau baru setahun ngeblog, konon katanya blogwalking bisa cepat membuat blog kita cepat terkenal. Nah kalau tujuan kamu bw mau juga tulisanmu di komentari, janganlah berharap banyak kalau setiap blog yang kamu komenin bakalan komen balik.

Saya ingat banget belum lama ini ada bloger baru yang curhat di blognya mengenai dia komen di banyak blog tapi tidak ada yang komen balik di blog dia, jadi bw ya cuma nambah sedikit trafik dan bukan komen baliknya tulis dia. Ibaratnya dunia nyata, di dunia mayapun mencari teman berdasarakan kecocokan kali ya. Ada yang blog yang cocok dengan selera/kesukaan kita jadi mudah dikomenin, ada blog yang tulisannya memang menarik banget/mudah dikomenin karena topiknya yang asyik, ada pula blog/tulisan yang enak buat dibaca saja.

Komen di blog lain memang menyita waktu, kalau kamu banyak komen sana sini ternyata tidak dapat komen balik. Cobalah tes 3-5x di blog yang sama. Lihat kalau pemilik blognya mengunjungi balik, berarti kamu sudah dapat teman buat membuat lingkaran pertemanan saat berkomentar, nah saat komen di blog lain ternyata gayung tidak bersambut, jangan berkecil hati, carilah teman yang lain.

Di blog saya ini lumayan banyak komentator setia, jadi saya ada plugin khusus buat menampilkan top komentator sebagai rasa terima kasih πŸ˜‰ . Bisa lihat sisi kanan atas postingan ini. Daftarnya saya atur di reset setiap tahun. Saya aktifkan juga nama para top komentator tersebut bisa diklik ke blog mereka. Buat kamu yang ingin mencari teman baru yang rajin komen balik bisa kunjungi dan komentar deh di blog mereka.

5. Merasa pernah komen di tulisan saya namun tidak muncul?. Kalau baru pertama berkunjung dan berkomentar di blog saya memang akan saya moderasi dulu. Kriteria saya meloloskan komentar adalah: jangan numpang terkenal melalui blog saya kalau blogmu adalah olshop! πŸ˜› πŸ˜† . Jualan daster, seprai, obat kuat, obat herbal, obat jerawat, ebook, ayam goreng, mlm dsbnya.

Kalau mau promosi blog jualan, gunakan iklan facebook misalnya, atau google adword. Saya pernah ko beberapa kali pakai adword buat promosi, lebih efektif dibantuin sama google promosinya, ketimbang jorjoran komen di banyak blog malah beresiko bolak balik blogmu ditandai spam.

Pernah sampai ada 3 komen baru dari orang sama, salah satunya nanya kenapa komen dia tidak muncul, padahal setelah tekan enter ada pemberitahuan kena moderasi kan. Tidak saya lolosin karena alasan saya diatas πŸ˜‰ . Kalaupun model komen spam saya loloskan, akan saya hapus link promosinya, namun kalau saya cek ip address atau url webnya di google dan dinyatakan spammer, ya terpaksa saya arahkan dong ke kotak spam saya. Oh ya bahkan yang komen asal aja “wah mantap!” lalu kasih link tulisan dia di kolom komentar, nih saya tandai juga sebagai spam.

Baca juga tulisannya Maxmanroe Inilah 6 tipe pengunjung blog. Anda termasuk yang mana?. Tipe no 2 sampai 6 ada komen di blog saya πŸ˜€ .

6. Saat mau komen kolom komennya ngeblank putih atau hitam?. Saya pernah beberapa kali mengalami hal ini saat BW. Kalau kamu mengalami hal yang sama, coba di refresh saja, kemungkinan koneksi internetnya lagi down.

error saat mau komentar di blog

Mau komen saat blogwalking, kolom komen error begini. Coba di refresh aja

7. Masih susah tidak sih komen di blog saya melalui handphone?. Bisa colek saya di twitter-ku atau kirim email via form kontak di blog saya ini, bikin screen shotnya juga kalau error saat komen. Kalau memang banyak yang susah komen di blog saya, nanti saya coba tanyain lagi support wordpress atau Jetpack nya. Waktu itu sih pas lapor support Jetpack terakhir kali, disuruh debug wordpress, lalu beres deh πŸ˜‰ .

Kalau mau komen di tulisan saya komen aja, tenang saja sayaa gigit ko haha. Komen lebih asyik ketimbang cuma kasih like kan. Namun apapun juga pilihanmu, baik komen atau like makasih yang sudah sering mampir ke blog saya πŸ˜‰ .

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Advertisements
Advertisements

69 Comments

  1. Yos Adya May 29, 2018
      • Yos Adya May 30, 2018
  2. donasoedarno April 17, 2018
      • donasoedarno April 17, 2018
      • donasoedarno April 17, 2018
  3. Irni Irmayani April 9, 2018
  4. lihatlah lebih dekat April 2, 2018
  5. jessmite March 6, 2018
  6. jessmite March 5, 2018
  7. Fanny Fristhika Nila March 1, 2018
  8. Arum Kusuma February 28, 2018
  9. Glentina Pasaribu February 19, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 20, 2018
  10. adelinatampubolon February 19, 2018
  11. Pypy February 19, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 20, 2018
  12. Monda Siregar February 17, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 20, 2018
  13. prih February 17, 2018
  14. Deddy Huang February 17, 2018
  15. mayang koto February 17, 2018
  16. just A February 16, 2018
  17. Fiberti February 16, 2018
  18. n1ngtyas February 15, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 15, 2018
  19. Nandito Silaen February 15, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 15, 2018
  20. Crossing Borders February 15, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 15, 2018
      • Crossing Borders February 16, 2018
  21. gegelin2 February 15, 2018
  22. annasherly February 15, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 15, 2018
      • annasherly February 15, 2018
  23. Glentina Pasaribu February 15, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 15, 2018
  24. Titik Asa February 14, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 15, 2018
  25. Arman February 14, 2018
  26. Omar Ramlee February 14, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 15, 2018
      • Omar Ramlee February 15, 2018
        • Omar Ramlee February 15, 2018
        • Emaknya Benjamin br. Silaen February 15, 2018
          • Omar Ramlee February 16, 2018
  27. Rizqi Fahma February 14, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 15, 2018
  28. Rizqi Fahma February 14, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 15, 2018
  29. Miss Mae February 14, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 15, 2018
  30. imeldasutarno February 14, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 14, 2018
  31. Triyanto Banyumasan February 14, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 14, 2018
      • Triyanto Banyumasan February 14, 2018
        • Emaknya Benjamin br. Silaen February 15, 2018
          • Triyanto Banyumasan February 16, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: