Logan Paul yang Kontroversi, Penyebab Keluarnya Kebijakan Baru Youtube 2018

Logan Paul yang Kontroversi, Penyebab Keluarnya Kebijakan Baru Youtube 2018. Masih ada waktu sekitar 3 minggu sampai batas akhir 20 Februari 2018 yang diberikan YouTube untuk kamu yang mau saluranmu tetap jalan monetasinya (bisa menghasilkan uang melalui iklan).

Bagi yang salurannya mau dan supaya tetap bisa di monetasi syaratnya yakni saluran kamu harus mempunyai 4.000 jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir dan harus punya 1.000 subscriber. 4.000 jam tonton tersebut berarti total videomu ditonton selama 240.000 menit dalam 12 bulan terakhir.

• Ada youtuber yang sudah lewat 1.000 subscriber, tapi jam tontonya kurang dari 4.000 jam berarti siap-siap salurannya akan tidak bisa di monetasi.

• Ada yang sudah lewat 4.000 jam tonton, tapi subs. nya kurang dari 1.000 sama pula akan kena kebijakan baru tersebut.

• Youtuber terkenal yang banyak subs.nya kalau dalam 12 bulan terakhir salurannya tidak mencapai 4.000  jam tonton akan kena kebijakan Youtube juga. Makanya kita harus tetap produktif di Youtube ini.

• Kamu termasuk yang suka tebar spam di video komentar, dengan minta sub4sub?. Nah banyak subs kalau tidak ada yang nonton videomu kan sama juga bohong. Sayang sekali waktu yang kamu pakai spamming begitu, lebih baik cari ide atau buat video kan 😉 .

Saya punya 2 saluran Youtube lama (buat tahun 2011 dan 2013) tahun lalu sih untuk saluran lama bisa jalan monetasinya walau punya sedikit subscriber dan minim trafik. Kemudian keluarlah peraturan, untuk saluran baru saat itu, untuk bisa dimonetasi harus punya 10.000 pageviews.

Saluran Youtubeku yang ini pasrah ga bisa dimonetasi. Subs nya kurang dari 100 coy diminta syaratnya 1.000 subs

Saluran Youtubeku yang ini pasrah ga bisa dimonetasi. Subs nya kurang dari 100 coy diminta syaratnya 1.000 subs haha. Ini saluran yang upload video anak-anakku dan jalan-jalan

 

Tahun lalu saya buat 3 saluran Youtube baru. Untuk saluran yang baru mulai dari nol, tentu saja angka 10rb tersebut terlihat susah ya diraih dalam waktu cepat. Berhubung saya tidak fokus ke cari duitnya dulu, saya tidak mikirin angka 10rb pageviewsnya. Pokoknya saat punya ide, ya buat video dan upload.

Dari 3 saluran baru tersebut, saluran memasak yang sudah dapat separuhnya, terakhir kali lihat sudah 7rb an (sekarang sudah 9rb views), senanglah dong berarti tinggal sedikit lagi mencapai target 10rb pageview. Eh bak disambar halilintar haha 😆 tanggal 16 Januari 2018 dapat email dari Youtube keluar peraturan baru YouTube harus punya 4.000 jam tonton.

Dari 5 saluran youtube yang saya miliki, dengan keluarnya kebijakan baru Youtube ini hanya saluran berkebun yang kelihatannya bakalan lolos (semoga).

Mulai Maret 2017 saya serius membangun saluran berkebun saya. Saya banyak nonton video tutorial pengembangan saluran Youtube. Akhirnya di tahun 2017 saya berhasil mendapatkan 700 an subscriber. Termasuk berhasil keluar dari kutukan nol euro monetasi video haha. Sejak saluran berkebun dibuat saya tidak mikir untuk cari duit, sejak mulai belajar main youtube dan praktekkin apa yang saya tonton dari aneka tutorial, angka pendapatan monetasinya mulai naik perlahan.

Baca juga: 2 Kali Naik Banding Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta Youtube

Positifnya keluar kebijakan baru Youtube:
• Orang-orang yang mau main youtube akan benar-benar fokus buat membangun salurannya, karena susah untuk monetasinya, ya yang mau main-main pasti jadinya males duluan main youtube deh.

• Mengurangi spammer di komen yang pada rajin minta sub4sub.

• Semoga yang main youtube jadinya benar-benar memberikan yang terbaik untuk penonton.

• Mengurangi youtuber yang suka re-upload. Kalau sedikit dapat trafiknya, orang juga akhirnya akan mundur, soalnya mikirnya buang waktu.

Oh ya kalau misal kamu terkena dampak dari kebijakan baru Youtube ini, jangan berkecil hati ya, karena kamu tetap akan bisa mengajukan permohonan lagi dikemudian hari kalau sudah memenuhi 2 syarat yang diminta Youtube.

Meskipun kamu tidak tergabung dengan Program Partner YouTube, kamu dapat terus mengupload konten orisinal dan meningkatkan jumlah penonton di YouTube. Kamu dapat mengajukan kembali permohonan untuk bergabung ke program dalam waktu 30 hari setelah penangguhan.

Saluran berkebun saya masih kurang 12 subscriber lagi supaya tetap bisa bergabung dengan Program Partner YouTube, kalau kamu suka berkebun, atau suka lihat video-video bunga dan tanaman. Subscribe ya ke saluran berkebun emaknya Benjamin dibawah ini. Saya yakin sih akan tercapai 12 subs tersebut sebelum 20 Februari 2018 😉 .

 

Subscribe Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

Pernah kepikiran tidak kenapa pihak YouTube tiba-tiba mengeluarkan kebijakan baru?, padahl yang kebijakan 10rb views itu kan belum lama berjalan.

Jadi ada seleb YouTube Amerika yang namanya Logan Paul. Eh sebelumnya saya belum pernah lihat youtuber punya subscriber di angka puluhan juta dan belum pernah lihat angka views di milyaran loh. Gokil abis deh kalau bisa dapat jutaan subscriber gitu. Penasaran bagaiamana kerja keras dia ya 😎 .

Logan Paul yang Kontroversi, Penyebab Keluarnya Kebijakan Baru Youtube 2018

Pada tanggal 31 Desember 2017, Paul mengunggah vlog ke saluran YouTube-nya. Paul dan kelompoknya pergi ke Jepang. Mengunjungi hutan Aokigahara di pegunungan Fuji di Jepang, yang dikenal sebagai “hutan bunuh diri“. Di namakan hutan bunuh diri karena hutan tersebut memang terkenal sebagai tempat orang-orang yang ingin bunuh diri.

Niat awalnya mau berkemah tidur di hutanlah si Paul dan kelompoknya sebagai bagian petualangan di Tokyo, ternyata malah mereka menemukan jasad seorang pria yang baru saja bunuh diri dengan menggantung diri di pohon. Paul dan kelompoknya memutuskan untuk memberi tahu pihak berwenang dan membatalkan rencana mereka.

Kalau dari beberapa sumber yang saya baca, katanya si Paul ini bikin lelucon mengenai para korban bunuh diri dan saat ke rekam ada pria yang gantung diri, Paul tertawa dan bikin lucu-lucuan gitu.

Si Paul ini kan subscribernya 16 jutaan dimana fans dia tuh anak muda/ABG, coba dong kalau si Paul bikin video/merekam suasana hutan tempat bunuh diri dengan gaya sehari-hari dia yang ngelucu, bikin prank dan vlog komedi lainnya, tapi kali ini soal bunuh diri BUKAN buat lucu-lucu kan!. Kalau para penonton vlog dia pas ada yang depresi mau bunuh diri, bisa dikira bunuh diri adalah hal sepele kan.

Akibat dari memposting video korban bunuh diri, Paul dikritik oleh selebriti, politisi  dan juga dituduh oleh anggota komunitas YouTube lainnya tidak sensitif terhadap korban bunuh diri. Video tersebut ditonton sebanyak 6,3 juta kali dalam 24 jam setelah diunggah sebelum akhirnya dihapus oleh Paul. Tanggal 1 Januari 2018 Paul minta maaf di Twitternya. Pada tanggal 2 Januari 2018, sebuah video permintaan maaf berikutnya dirilis ke YouTube dia.

Video permintaan maaf Logan Paul terkait video Hutan tempat bunuh diri

 

YouTube mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengklaim bahwa video Paul tersebut melanggar kebijakan dan pedoman Youtube. Walaupun video asli telah dihapus dari saluran Paul di YouTube, re-upload di saluran lain dan di situs web tetap ada dan mungkin melalui proses sensor Youtube.

Pada tanggal 10 Januari, YouTube mengumumkan bahwa mereka telah menghapus saluran Paul dari Google Preferred, program iklan pilihan, dan sekuelnya Film YouTube The Thinning ditunda, penayangan Logan Paul Vs. dihentikan juga Paul juga dipotong dari musim 4 seri Reds Foursome YouTube dan peran Fixer Alec dihentikan.

Pada tanggal 15 Januari, Paul terlihat di LAX, diwawancara oleh wartawan TMZ. Paul mengatakan bahwa dia telah belajar banyak dari kesalahannya dan percaya bahwa dia diperlakukan dengan adil. Ketika ditanya apakah dia layak mendapat kesempatan kedua, Paul menjawab, “Setiap orang berhak mendapat kesempatan kedua, bro.”

Pada tanggal 24 Januari, Paul mengupload video pertamanya ke saluran “Logan Paul Vlogs” sejak video permintaan maaf diunggah tiga minggu sebelumnya. Dalam video ini Paul mewawancarai Golden Gate Bridge jumper Kevin Hines, aktivis musikal Bob Forrest, dan direktur Dr. John Draper dari National Suicide Prevention Lifeline. Video tersebut sebagian besar dinilai positif. Sebagai tambahan, Paul telah menyumbangkan satu juta dolar untuk agen pencegahan bunuh diri, dengan seperempat dari hasil tersebut berlanjut ke National Suicide Prevention Lifeline.

Saya sempat nonton beberapa video lama mengenai hutan Aokigahara. Pada video-video tersebut tidak semua korban bunuh diri di blur wajahnya. Kalau pada video si Paul, wajah korbannya masih di blur. Saya nonton re-upload video Paul, memang sih Paul agak ketawa gitu pas dia lihat korban gantung diri, namun kalau saya perhatikan lagi dengan seksama, termasuk baca beberapa komen yang pro Paul, sebenarnya si Paul bingung dengan keadaan yang baru pertama kali dia lihat, jadi mungkin tidak sengaja tertawa, hasilnya ketawanya kikuk.

Kenapa Paul yang kena sangksi dari pihak Youtube, padahal banyak sekali video-video hutan Aokigahara ini yang lebih ekstrim di tampilkan. Ya intinya sih kalau kamu sudah terkenal siap-siap aja semua tindakanmu akan dipertanyakan sekeliling. Kalau youtuber lain yang sudah lama upload video mengenai hutan Aokigahara ya mereka hanya sebutiran debulah dibandingkan si Paul.

Saya baru tahu mengenai Logan Paul ini, saya bukan penikmat video-video prank. Dia ini katanya artis comedian, saya hanya lihat thumbnail video-video dia saja, tidak berniat juga nonton, secara saya bukan abg. Saya jadi tahu sisi lain si Paul (sisi negative) setelah orang Jepang cerita mengenai kelakuan Paul saat berada di Jepang. Gilaa usia 22 tahun tapi kelakuan seperti anak umur 5 tahun.

Berkunjung ke negara manapun, sebaiknya tidak bikin guyonan tidak lucu mengenai negara yang kita kunjungi. Nih orang si Paul seperti tidak mengenyam bangku sekolahan, bikin prank di jalanan di Jepang. Tidak berlaku sopan di negara yang dia kunjungi. Hilang kata-kata saya deh, yang minat silakan lihat video dibawah ini:

Logan Paul (Don’t be That Guy in Japan… or Anywhere Else)

 

Sumber bacaan:
Additional changes to youtube- partner
Syarat baru yang di minta Youtube terkait kebijakan Program Partner YouTube
Heboh YouTube ganti kebijakan monitize adsen lagi bikin nyesek gan
Independent.co.uk/news/youtube google logan paul-extremism ads preferred-partner program ad money
Youtube creators-vloggers ads Logan Paul
en.wikipedia.org/wiki/Logan_Paul

Advertisements
Advertisements

64 Comments

  1. bebybeb.com February 12, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 13, 2018
  2. Dita February 4, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 4, 2018
  3. n1ngtyas February 4, 2018
  4. Mae February 3, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 4, 2018
  5. adelinatampubolon February 2, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 4, 2018
  6. Tasiaputri February 1, 2018
  7. Fanny Fristhika Nila February 1, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 4, 2018
  8. just A January 31, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 1, 2018
  9. ghozaliq January 31, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 1, 2018
  10. mayang koto January 31, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 1, 2018
      • mayang koto February 1, 2018
  11. kayka January 30, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 30, 2018
      • kayka January 31, 2018
        • Emaknya Benjamin br. Silaen January 31, 2018
          • kayka January 31, 2018
  12. Melissa Octoviani January 30, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 30, 2018
  13. Tami Kunz January 30, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 30, 2018
  14. Omar Ramlee January 30, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 30, 2018
      • Omar Ramlee January 31, 2018
        • Emaknya Benjamin br. Silaen February 1, 2018
          • Omar Ramlee February 1, 2018
          • Emaknya Benjamin br. Silaen February 4, 2018
          • Omar Ramlee February 4, 2018
          • Emaknya Benjamin br. Silaen February 4, 2018
          • Omar Ramlee February 4, 2018
          • Emaknya Benjamin br. Silaen February 4, 2018
          • Omar Ramlee February 5, 2018
          • Emaknya Benjamin br. Silaen February 9, 2018
          • Omar Ramlee February 9, 2018
          • Emaknya Benjamin br. Silaen February 10, 2018
          • Omar Ramlee February 10, 2018
          • Emaknya Benjamin br. Silaen February 10, 2018
          • Omar Ramlee February 10, 2018
          • Omar Ramlee February 10, 2018
          • Emaknya Benjamin br. Silaen February 10, 2018
  15. Glentina Pasaribu January 30, 2018
  16. omtanah.com January 30, 2018
  17. Fiberti January 30, 2018
  18. adhyasahib January 30, 2018
  19. Pypy January 30, 2018
  20. siti January 30, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 30, 2018

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: