3 Cara Riset Keyword Paling Jitu Supaya Tulisanmu Banyak Pembacanya

3 Cara Riset Keyword Paling Jitu Supaya Tulisanmu Banyak Pembacanya. Hai sobat bloger, pada postingan ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana saya mencari kata kunci panjang (long tail keyword) untuk tulisan blog dan video youtube saya.

3 Cara Riset Keyword Paling Jitu Supaya Tulisanmu Banyak Pembacanya

3 Cara Jitu Mencari Keyword Seo Blog dan Youtube

Dua sampai tiga tahun pertama ngeblog saya tidak tahu mengenai keyword ini, jadi saya hanya pakai kata kunci keyword/tags satu dan 2 kata.

Setelah tahu kalau kita perlu untuk memberikan keyword yang panjang (long tail keyword) nah saya ketawa ngakak lihat tulisan-tulisan lama saya. Misalnya saya bikin tulisan dengan judl: “5 Tips cara merawat tanaman bunga mawar”, nah tags yang saya bikin adalah: bunga, merawat, mawar, tips.

Tags begitu salah, karena tulisan kita tidak akan bisa bersaing dengan tulisan-tulisan yang sudah duluan muncul di halaman satu mesin pencari.  Mungkin ada ratusan tulisan dengan hanya satu tags mawar saja. Caranya supaya artikel kamu unggul adalah buat keyword yang Panjang. Kalau seperti contoh tags saya diatas maka tidak perlu dikasih koma, jadi hanya: “tips merawat mawar” dan cari keyword panjang lainnya.

Mereka yang cari informasi di google kan tidak mungkin hanya ketik “mawar”, untuk cari tips merawat bunga mawar kan???. Mereka pasti akan ketik “Cara merawat mawar”, “bagaimana merawat mawar yang baik”, “cara merawat mawar supaya rajin berbunga”. Nah inilah yang dinamakan keyword ampuh alias long tail keyword. Google akan mengantarkan mereka yang cari informasi ke artikel yang keywordnya tepat begini.

Tidak perlu pula membuat sampai 20 tags untuk 1 tulisan. Mesin pencari akan bingung dengan tags yang banyak dan tidak relevan dengan isi tulisan/artikel. Lebih baik buat sedikit keyword panjang yang nantinya akan tepat sasaran menjaring pembaca.

Kalau di youtube hanya bisa buat 14 atau 15 tags, kalau lebih dari itu akan keluar kalimat peringatan (merah) supaya tagsnya dikurangi. Untuk artikel blog memang tidak ada keluar peringatan untuk mengurangi jumlah tags, namun seperti yang saya katakan diatas, kalau kebanyakan malah bisa membuat bingung mesin pencari.

Baca sampai selesai tulisan saya supaya mengerti ya, termasuk lihat contohnya pada video.

Jujur saja dulu saya tidak tahu bagaimana membuat keyword/tags untuk tulisan-tulisan saya. Nah berhubung saya sudah tahu, saya ingin berbagi informasinya dengan teman-teman blogerku, soalnya saat blogwalking saya sering sekali iseng lihat tags tulisan, sayangnya kebanyakan salah!. Mau negor sungkan, ntar dikira saya siapa bloger tutorial bukan ko sok ngajarin haha.

Saya sering sekali melihat banyak sekali tulisan-tulisan bagus para bloger yang berpotensi jadi viral, karena isinya bagus, judulnya ya masih okelah karena ada mengandung keyword, sayangnya tagsnya salah, yang dipakai hanya keyword 1-2 kata saja.

3 Cara Jitu Mencari Keyword Seo Blog dan Youtube

 

Cara saya mencari long tail keyword untuk tulisan (lihat video diatas supaya paham):

1.Google suggestion. Yakni kolom search pada Google. Google auto keywords ini akan memberikan saran bantuan keyword. Cara ini yang awal sekali sering saya pakai untuk mencari keyword, karena saya belum mengenal cara lainnya saat itu. Sayangnya kalau kita pakai cara ini hanya keluar beberapa saran saja, jadi perlu kombinasi dua, tiga kata lainnya.

2.Google searches related to feature. Mirip dengan Google suggestion, kita ketik dua kata, atau tiga kata kata kunci tema tulisanmu di kolom pencarian, enter dan lihat dibagian paling bawah hasilnya. Apa yang muncul tersebut adalah apa yang dicari banyak orang, yakni long tail keyword. Pilihlah hasil yang muncul yang sesuai dengan isi tulisan kamu, jangan pilih yang tidak ada hubungan dengan tulisanmu, karena google akan memberikan penilaian baik untuk tulisan yang kata kunci dan isi tulisan relevan dengan yang dicari orang.

3.Menggunakan Tools keyword (Tool Riset Keyword), ada banyak sekali pilihannya. Saya tahu banyak yang katanya bagus dan saya sudah mencobanya. Bisa saja bagus buat bloger lain kalau saya susah mengertinya, ya saya anggap tidak cocok buat saya hehe 😀 . Ada keywordtool.io ; semrush.com ; ahrefs.com ; kwfinder.com ; ubersuggest.io ;  adwords.google.com/KeywordPlanner dan masih banyak alat pencari keyword lainnya.

Tool pencarian ini ada yang gratis ada pula yang versi premiumya. Kalau gratisan ya terbatas, misalnya tidak terlihat jumlah pencarian bulanannya, tidak terlihat nila cpc (cost per click) yang mana ini berguna buat yang main Adsense. Kalau membidik kata kunci yang nilai cpc tinggi dan berhasil ada yang klik kan hasil monetasinya akan bagus.

Untuk tools keyword gratisan yang terlihat nilai cpc nya adalah ubersuggest.io dan kwfinder.com . Favorit saya adalah keywordtool.io walau ditutupi search volume dan nilai cpcnya karena mudah buat saya mengerti, jadi sampai sekarang saya pakai tool tersebut, dan sesekali kombinasi pakai kwfinder dan ubersuggest.io .

Untuk tools yang terlihat nilai cpc nya, saya ko ragu apa berguna buat blog Bahasa Indonesia, soalnya cpc blog Bahasa Indonesia tuh sangat amat memprihatinkan. Dari tahun baru 2018 sampai sekarang nilai kliknya 0,01 – 0,02 euro (Rp.150 – Rp.300). Eh tahun 2017 juga kecil ko nilai cpc blog bahasa Indonesia. Makanya saya yang trafiknya anjlok di tahun 2017 baru berhasil mencicipi duit dari google Adsense setelah kumpulin 4 bulan, itupun 20 euronya dari total hasil saluran youtube berkebunku.

Kalau sudah tahu cara mencari keyword yang tepat, tulisan di blog sudah ratusan dan mau diperbaiki keywordnya, maka timbul pertanyaan, artikel mana duluan yang perlu kita perbaiki keywordnya?.

Ini yang saya lakukan:
-Lihat dasbor blog bagian top posts and pages, klik summariesnya pilih per tahun dan sepanjang waktu (all time). Lihat 10-20 judul postinganmu tertinggi, lalu perbaiki kata kunci dengan long tail keyword. Buat catatan khusus mana yang sudah dikerjakan, mana yang belum. Saya kala itu dalam sehari misalnya bisa perbaiki keyword untuk 5 judul postingan.

-Perbaiki dari judul tulisan terbaru, ini juga perlu di buat catatan khusus jadi kita tahu sudah perbaiki sampai halaman berapa.

Sebenarnya saya lebih suka cara pertama, karena tulisan-tulisan terbaik kita akan semakin baik lagi di mesin pencari dengan adanya keyword Panjang. Akhirnya setelah selesai saya pilih 20 judul terbaik per tahun dan all time, saya perbaiki tulisan terbaru. Karena sudah tahu mengenai keyword Panjang ini, maka saat akan membuat tags tulisan baru saya akan buka tool keywordnya, yang mana sudah saya simpan (bookmark) di komputer saya, walaupun sebenarnya saya lupa nama tool nya kalau harus ketik ulang, karena sudah di bookmark lihat logonya kan jadi mudah 😉 .

Video Long Tail Keyword Tulisan Blog Darimana Dulu Kita Membuatnya?

Baca juga tulisan dari yoast.com ini befriend-the-long-tail

Mencari keyword yang tepat buat tulisan kita sangat penting loh, ibaratnya tentara mau berperang pasti pakai strategi kan, pasti bawa senjata yang tepat. Nah jadi kalau kamu mau tulisanmu dibaca banyak orang, buatlah kata kunci yang tepat, bantu mereka yang butuh pengalaman dan tulisanmu bisa sampai ke tulisanmu dengan tepat karena kamu telah memberikan kata kunci yang tepat buat tulisanmu.

Oh iya tulisan ini salah satu strategi untuk bakal postingan saya yang temanya “bagaimana saya mendapat 1 juta view dalam setahun”, soalnya kalau digabungin bakalan panjang sekali 😀 . Oke sobat bloger semoga tulisan saya ini berguna ya. Nanti kalau saya blogwalking iseng mau lihat lagi apa sudah pada praktek atau belum hasil baca tulisan saya ini 😉 .

Siapa tahu kamu tertarik juga dengan judul berikut:
Blogwalking Salah Satu Cara Bikin Blog Jadi Terkenal
Tips Mendapatkan Lebih Banyak Trafik Blog
7 Cara Membuat Blog Cepat Terkenal
Dukanya Tahun Kedua Ngeblog di Self Hosted

Advertisements
Advertisements

54 Comments

  1. Yos Adya June 20, 2018
  2. Rahmabalcı May 5, 2018
      • Rahmabalcı May 6, 2018
          • Rahmabalcı May 8, 2018
  3. nandakurniay April 11, 2018
  4. indy ummu neisha arfa March 30, 2018
  5. sozan March 24, 2018
  6. Fiberti March 21, 2018
  7. niee March 13, 2018
  8. rumahkubahagiaku March 11, 2018
  9. heru sb March 10, 2018
  10. jessmite March 7, 2018
  11. Fanny Fristhika Nila February 1, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 4, 2018
  12. yosefin respati January 29, 2018
  13. Eka Cahya Gumilar January 27, 2018
  14. Girindra Wiratni Puspa January 26, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 27, 2018
  15. Miss Mae January 25, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 25, 2018
  16. prih January 25, 2018
  17. n1ngtyas January 25, 2018
  18. Fiberti January 24, 2018
  19. desywu January 24, 2018
  20. mayang koto January 24, 2018
  21. ayanapunya January 24, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 24, 2018
  22. Triyanto Banyumasan January 23, 2018
  23. ardiantoyugo January 23, 2018
  24. Monda January 23, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 23, 2018
  25. GlentinaPasaribu January 23, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: