Update Bunga Musim Panas

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Update Bunga Musim Panas. Memenuhi permintaan Wany di Medan, maka saya turunkan tulisan ini. Saya akan memperlihatkan perkembangan bunga-bunga musim panas yang sudah saya tanam :smile:.

•Calla Lili

Calla kuning

Bunganya belum muncul, mungkin 1-2 bulan lagi. Daun-daunya saja sudah sudah mulai banyak bermunculan dan mulai membuka. Daun-daunnya unik deh, daunnya berbentuk gulungan, menempel pada batang di depannya, perlahan akan menarik dan gulungannya akan membuka sempurna. Daun-daunnya berintik-bintik putih, kalau diperhatikan lebih dekat bintik putihnya transparan. Jadi seperti kehilangan pigmen makanya bercak-bercak putih :cool:.

Calla Merah .

Calla yang ini saya satukan penanamannya dengan semanggi berdaun empat namanya Glücksklee (Oxalis Tetraphylla).

Calla jenis ini bintik-bintik pada daunnya hanya sedikit. Tanaman Calla jangan disiram berlebihan, batangnya bisa busuk. Punya saya ada satu yang ketika saya tarik pelan ternyata lepas, busuk :cry:. Air yang dipakai buat menyiram terlalu banyak kapur, jadi seringkali saya kira tanahnya kering karena berwarna putih, sering disiram eh kebanyakan.

Calla aka Zantedeschia Merah pada 9 Mei 2013. Update Bunga Musim Panas

Calla aka Zantedeschia Merah pada 9 Mei 2013

Calla dua umbi kuning dan Pink

Jenis yang ini jumbo loh, saya baru tanam tahun ini, kalau dua Calla sebelumnya bibit dari tahun lalu, yang saya tanam kembali.

Foto kiri: Rendam umbinya sebelum penanaman. Tanam 7 April. Foto Tengah, daun pertama mulai membuka pada 27 April 2013. Foto Kanan pada 9 Mei 2013, tingginya sudah 85 cm.

Foto kiri: Rendam umbinya sebelum penanaman. Tanam 7 April. Foto Tengah, daun pertama mulai membuka pada 27 April 2013. Foto Kanan pada 9 Mei 2013, tingginya sudah 85 cm.

Bibit ukuran 14+. Perkiraan Tinggi tanaman 50 cm. Tanam 7 April 2013 dan dalam waktu sebulan pada 7 Mei tinginya sudah 85 cm (pindahkan ke pot lebih besar). Daun-daunya juga lebar. Ukuran diameter tengah daun 12 cm, Panjang daun 23 cm. Jumbo deh! :mrgreen:. Sebelum dipindahkan ke pot besar, akarnya ada yang muncul ke permukaan tanah. Entahlah apa karena ditaruh pas dibawah jendela jadi Calla mencari Matahari makanya jangkung.

Oh ya tips nih, kalau kamu punya tanaman Calla (Zantedeschia) jangan siram Calla berlebihan karena tanaman ini akan mengeluarkan kelebihan airnya melalui ujung-ujung daunnya. Seandainya si Calla bisa bicara “Woiii cukup airnya, nih ku kembalikan airnya ya, tampung yaa” :grin:. Lihat pada video dibawah ini, saya buat pada 8 Juli 2012.

Video Calla yang kebanyakan disiram

Inilah Tiga Calla Koleksi saya. Tidak Sabar Melihat Bunganya. Foto 9 Mei 2013

Inilah Tiga Calla Koleksi saya. Tidak Sabar Melihat Bunganya. Foto 9 Mei 2013

•Bunga Dahlia

Hingga saat ini saya mempunyai 5 pot bunga dahlia. Satu pot besar saya tanam dua jenis dahlia, yakni Dahlia Park Princess dan dahlia pemberian mama mertua tahun lalu. Berhubung potnya besar jadi, selain bunga dahlia saya tanam juga bibit-bibit bunga yang ukurannya pendek, niatnya sebagai pengisi bagian pojok pot yang kosong. Eh ada numbuh satu bibit bunga matahari, sering begini deh karena burung-burung seenaknya saja nyampah :roll:.

Bunga dahlia membutuhkan sinar matahari sedikitnya 6 jam setiap harinya. Saya berharap banget kalau cuaca segera cerah suhu diatas 25 derajat dong!, supaya bunga dahliaku cepat keluar bunganya.

Bibit bunga dahlia yang baru-baru ini saya tanam, ada 3 jenis:

•Bunga Lili

Bunga Lili asiatic sudah berbunga, ternyata warnanya sama semua, yakni orange :wink:.

Pertumbuhan Bunga Lili dari Bibit. Tanam 2 Maret 2013 Lili Asiatic

Pertumbuhan Bunga Lili dari Bibit. Tanam 2 Maret 2013 Lili Asiatic

Tanam bibitnya 2 Maret 2013, kelihatan bakal bunganya pada 27 Maret dan mulai ada yang mekar sempurna pada 21 April. Termasuk cepat ya, kira-kira 1,5 bulan ditanam mekar deh ;).

Cantiknya si Orange Bunga Lili. Asiatic Lilien

Cantiknya si Orange Bunga Lili. Asiatic Lilien

Kalau ada yang bertanya-tanya mengapa bunga lili saya ini jangkung? Karena saya taruh dalam rumah, pada bulan Maret suhu diluar masih dingin sekitar 10 an derajat Celcius, kuatir rusak jadi saya taruh dalam rumah dulu.

Pertengahan April baru saya keluarkan. Selama dalam rumah saya taruh di dekat jendela. Posisi jendela ada di bagian atas. Bunga lili selalu mencari arah cahaya matahari, makanya tanamannya jadi jangkung. Saya putar potnya setiap beberapa hari sekali, supaya semua bagian terkena matahari. Karena sering diputar jadi batang lilinya meliuk-liuk :D.

Best Photo of Asiatic Lilien. 27 April 2013

Best Photo of Asiatic Lilien. 27 April 2013

Saya kasih jaring penyangga juga, kalau pas ada angin kencang supaya tidak rubuh. Itu jaring-jaring bikin sendiri, kalau beli mahal ah 💡 hehehe.

Lili jenis lain yang saya tanam baru-baru ini pada 25 April 2013 namanya Pfauenlilien dikenal sebagai The Tiger Flowers atau Shell Flowers.

Pfauenlilien (genus Trigidia)Tanam 25 April 2013. Sudah mulai tumbuh bibitnya. Foto 9 Mei 2013

Pfauenlilien (genus Trigidia)Tanam 25 April 2013. Sudah mulai tumbuh bibitnya. Foto 9 Mei 2013

Bunga Lili yang akan saya tanam berikutnya (minggu depan), soalnya tanah kemasan lagi habis, harus ke toko dulu nih beli :D. Mau tanam 4 jenis bunga Lili lainnya yang warna merah tua, pink kombinasi, dan warna putih.

4 Jenis Bunga Lili yang akan saya tanam. Ooo my God Cantik-cantik nya

4 Jenis Bunga Lili yang akan saya tanam. Ooo my God Cantik-cantik nya

Setelah bunga lili selesai berbunga, jangan dibuang ya, umbinya akan tumbuh lagi. Cukup potong bunganya yang telah layu, berikut batangnya potong, lalu ganti tanahnya dengan yang baru. Kalau beruntung kamu akan temukan anakan lilinya ;).

•Bunga Gladiol

Masih sama, belum ada perubahan. Yang kelihatan ada anakannya loh, asyikk deh :lol:.

  1. Gladiol Warna Campuran
  2. Gladiol Blue Isle
  3. Gladiol Far West
  4. Gladiol Green Star

•Bunga lain-lainya adalah:

“Flowers always make people better, happier, and more helpful; they are sunshine, food and medicine for the soul.” – Luther Burbank-

Baca juga:
Menanam Bibit Bunga Musim Panas
Menanam Bibit Bunga Musim Panas Bagian II

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

Advertisements

93 Comments

  1. eggyseptiadi
  2. Eggy
  3. Diah Mitasari (Mita)
  4. Sri Lestari
  5. LPKI JATENG
  6. danuakbar
  7. RY
      • RY
          • RY
          • RY
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: