Update Bunga Musim Panas

loading...

Memenuhi permintaan Wany di Medan, maka saya turunkan tulisan ini. Saya akan memperlihatkan perkembangan bunga-bunga musim panas yang sudah saya tanam :smile:.

•Calla Lili

Calla kuning

Bunganya belum muncul, mungkin 1-2 bulan lagi. Daun-daunya saja sudah sudah mulai banyak bermunculan dan mulai membuka. Daun-daunnya unik deh, daunnya berbentuk gulungan, menempel pada batang di depannya, perlahan akan menarik dan gulungannya akan membuka sempurna. Daun-daunnya berintik-bintik putih, kalau diperhatikan lebih dekat bintik putihnya transparan. Jadi seperti kehilangan pigmen makanya bercak-bercak putih :cool:.

Calla Merah .

Calla yang ini saya satukan penanamannya dengan semanggi berdaun empat namanya Glücksklee (Oxalis Tetraphylla).

Calla jenis ini bintik-bintik pada daunnya hanya sedikit. Tanaman Calla jangan disiram berlebihan, batangnya bisa busuk. Punya saya ada satu yang ketika saya tarik pelan ternyata lepas, busuk :cry:. Air yang dipakai buat menyiram terlalu banyak kapur, jadi seringkali saya kira tanahnya kering karena berwarna putih, sering disiram eh kebanyakan.

Calla aka Zantedeschia Merah pada 9 Mei 2013

Calla aka Zantedeschia Merah pada 9 Mei 2013

Calla dua umbi kuning dan Pink

Jenis yang ini jumbo loh, saya baru tanam tahun ini, kalau dua Calla sebelumnya bibit dari tahun lalu, yang saya tanam kembali.

Foto kiri: Rendam umbinya sebelum penanaman. Tanam 7 April. Foto Tengah, daun pertama mulai membuka pada 27 April 2013. Foto Kanan pada 9 Mei 2013, tingginya sudah 85 cm.

Foto kiri: Rendam umbinya sebelum penanaman. Tanam 7 April. Foto Tengah, daun pertama mulai membuka pada 27 April 2013. Foto Kanan pada 9 Mei 2013, tingginya sudah 85 cm.

Bibit ukuran 14+. Perkiraan Tinggi tanaman 50 cm. Tanam 7 April 2013 dan dalam waktu sebulan pada 7 Mei tinginya sudah 85 cm (pindahkan ke pot lebih besar). Daun-daunya juga lebar. Ukuran diameter tengah daun 12 cm, Panjang daun 23 cm. Jumbo deh! :mrgreen:. Sebelum dipindahkan ke pot besar, akarnya ada yang muncul ke permukaan tanah. Entahlah apa karena ditaruh pas dibawah jendela jadi Calla mencari Matahari makanya jangkung.

Oh ya tips nih, kalau kamu punya tanaman Calla (Zantedeschia) jangan siram Calla berlebihan karena tanaman ini akan mengeluarkan kelebihan airnya melalui ujung-ujung daunnya. Seandainya si Calla bisa bicara “Woiii cukup airnya, nih ku kembalikan airnya ya, tampung yaa” :grin:. Lihat pada video dibawah ini, saya buat pada 8 Juli 2012.

Video Calla yang kebanyakan disiram

Inilah Tiga Calla Koleksi saya. Tidak Sabar Melihat Bunganya. Foto 9 Mei 2013

Inilah Tiga Calla Koleksi saya. Tidak Sabar Melihat Bunganya. Foto 9 Mei 2013

•Bunga Dahlia

Hingga saat ini saya mempunyai 5 pot bunga dahlia. Satu pot besar saya tanam dua jenis dahlia, yakni Dahlia Park Princess dan dahlia pemberian mama mertua tahun lalu. Berhubung potnya besar jadi, selain bunga dahlia saya tanam juga bibit-bibit bunga yang ukurannya pendek, niatnya sebagai pengisi bagian pojok pot yang kosong. Eh ada numbuh satu bibit bunga matahari, sering begini deh karena burung-burung seenaknya saja nyampah :roll:.

Bunga dahlia membutuhkan sinar matahari sedikitnya 6 jam setiap harinya. Saya berharap banget kalau cuaca segera cerah suhu diatas 25 derajat dong!, supaya bunga dahliaku cepat keluar bunganya.

Bibit bunga dahlia yang baru-baru ini saya tanam, ada 3 jenis:

•Bunga Lili

Bunga Lili asiatic sudah berbunga, ternyata warnanya sama semua, yakni orange :wink:.

Pertumbuhan Bunga Lili dari Bibit. Tanam 2 Maret 2013 Lili Asiatic

Pertumbuhan Bunga Lili dari Bibit. Tanam 2 Maret 2013 Lili Asiatic

Tanam bibitnya 2 Maret 2013, kelihatan bakal bunganya pada 27 Maret dan mulai ada yang mekar sempurna pada 21 April. Termasuk cepat ya, kira-kira 1,5 bulan ditanam mekar deh ;).

Cantiknya si Orange Bunga Lili. Asiatic Lilien

Cantiknya si Orange Bunga Lili. Asiatic Lilien

Kalau ada yang bertanya-tanya mengapa bunga lili saya ini jangkung? Karena saya taruh dalam rumah, pada bulan Maret suhu diluar masih dingin sekitar 10 an derajat Celcius, kuatir rusak jadi saya taruh dalam rumah dulu.

Pertengahan April baru saya keluarkan. Selama dalam rumah saya taruh di dekat jendela. Posisi jendela ada di bagian atas. Bunga lili selalu mencari arah cahaya matahari, makanya tanamannya jadi jangkung. Saya putar potnya setiap beberapa hari sekali, supaya semua bagian terkena matahari. Karena sering diputar jadi batang lilinya meliuk-liuk :D.

Best Photo of  Asiatic Lilien. 27 April 2013

Best Photo of Asiatic Lilien. 27 April 2013

Saya kasih jaring penyangga juga, kalau pas ada angin kencang supaya tidak rubuh. Itu jaring-jaring bikin sendiri, kalau beli mahal ah 💡 hehehe.

Lili jenis lain yang saya tanam baru-baru ini pada 25 April 2013 namanya Pfauenlilien dikenal sebagai The Tiger Flowers atau Shell Flowers.

Pfauenlilien (genus Trigidia)Tanam 25 April 2013. Sudah mulai tumbuh bibitnya. Foto 9 Mei 2013

Pfauenlilien (genus Trigidia)Tanam 25 April 2013. Sudah mulai tumbuh bibitnya. Foto 9 Mei 2013

Bunga Lili yang akan saya tanam berikutnya (minggu depan), soalnya tanah kemasan lagi habis, harus ke toko dulu nih beli :D. Mau tanam 4 jenis bunga Lili lainnya yang warna merah tua, pink kombinasi, dan warna putih.

4 Jenis Bunga Lili yang akan saya tanam. Ooo my God Cantik-cantik nya

4 Jenis Bunga Lili yang akan saya tanam. Ooo my God Cantik-cantik nya

Setelah bunga lili selesai berbunga, jangan dibuang ya, umbinya akan tumbuh lagi. Cukup potong bunganya yang telah layu, berikut batangnya potong, lalu ganti tanahnya dengan yang baru. Kalau beruntung kamu akan temukan anakan lilinya ;).

•Bunga Gladiol

Masih sama, belum ada perubahan. Yang kelihatan ada anakannya loh, asyikk deh :lol:.

1. Gladiol Warna Campuran
2. Gladiol Blue Isle
3. Gladiol Far West
4. Gladiol Green Star

•Bunga lain-lainya adalah:

“Flowers always make people better, happier, and more helpful; they are sunshine, food and medicine for the soul.” – Luther Burbank-

Artikel Terkait:
Menanam Bibit Bunga Musim Panas
Menanam Bibit Bunga Musim Panas Bagian II

  • Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman
  • Jendela Rumahku dan Dekorasinya
  • Beberapa Lokasi Membeli Bunga di Jerman
  • Padatnya Kebun Tomatku
  • Bunga Mawar Koleksiku
  • Advertisements

    94 thoughts on “Update Bunga Musim Panas

      • Iya umbi gladiol direndam air dulu beberapa jam lalu ditanam. Gladiol suka lokasi kena matahari langsung. Umbinya tanam agak dalam, supaya kalau daun-daunnya panjang sekali akan kuat terkena angin.

    1. It’s very beautiful :)….Love it so muachhhhhhhhh 🙂 !!!!!!!!!!!!

      url diahmitasari.wordpress.com is no longer available.
      The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

    2. Pingback: Sang Matahari yang didambakan | Pursuing My Dreams

    3. bunganya bagus2….komentarnya banyak sekali sampai harus ke bawah2 😀

      url lpkijateng.wordpress.com is no longer available.
      This site has been archived or suspended for a violation of wp Terms of Service. Update 09.01.2017

    4. Calla Lily di di sini mulai banyak ditanam …, laku banget untuk karangan bunga ..
      nggak sabar lihat bunga2 musim panasnya ngembang

    5. Hebat ya kak nella, nanem bunga di 4 musim. aku seneng sama calla lily,
      kalau uda masuk musim panas, anggreknya taruh diluar dunk kak biar bunga. apa sudah bunga? penasaran sama anggreknya kak nella. uda brp derajat disana? tapi gk boleh kepanasan juga takut kering ya.

      • Hai Ren, disini pernah 2x panas 25 derajat C, trus seminggu ini hujan, mendung. Semoga minggu depan sudah panas, jadi tanaman2ku cepat besar. Iya rencananya panas summer mau ku taruh luar anggrek2nya ;).

    6. Koleksi lily dan dahlia hibrida nya cantik-cantik Jeng Nella. Kerajinan bertanam di negara 4 musim luar biasa, saatnya tanam bunga musim panas yang umurnya tidak terlalu lama. Salam kebun Jeng.

    7. Gila lo Pursuing!!! tanamannya banyak banget!! kirim dong ke rumah gue, hehehe
      kalo aku sih lebih senang nanem yang jenis bonsai! lebih eksotis. kapan-kapan giue posting deh!itu bunga lili-nya juga bagus!
      kalo gladiol aku pernah lihat
      calla lili itu kayak sejenis talas-talasan, hehehe
      anda benar-benar penggila bunga!
      😀

    8. Waduh, bunga sebanyak itu … rumah dan pekarangannya sebesar apa ya?
      Di pekarangan rumah saya juga ada beberapa bunga, tapi ga tau nama bunganya, dasar bukan pecinta bunga hehhehe

    9. What ever beauty the plant is, they won’t be grown up on my yard instead edible…..
      aku heran yah, knapa mamaku suka nanam anggrek sampe beli anggrek hitam yg najubilee harganya..
      padahal gak bs dikunyah..hehehe
      no offence kak…hehehe
      kykny emang hobi inang2 kli ya…

      • Yang meliuk-liuk itu bukan Calla, tapi semanggi berdaun empat, saya satukan penanamannya. Calla yang daunnya lebar. Lucu ya semangginya mencari sinar matahari langsung makanya meliuk-liuk gitu, daunnya belum terbuka.

    10. Mba, lili ku udah rontok, bunganya bertahan cuma 5 hari, hari 1-2 bunga masih bagus, hari 3, warna memudar. hari ke 4, bunga mulai layu, hari ke 5 gugur.
      XD
      hahahahahah
      oia mba, ,gimana lagi nih setelah bunganya udah gugut? nanti bisa berbunga lagi di pohon yg sama ga??

      • Klo sudah muncul bunganya jangan kena sinar matahari yg terik. Punyaku juga sudah mulai rontok satu persatu, karena ga bersamaan mekar, jadi lumayanlah hingga hari ini masih ada bunganya ;).

        Iya nanti bisa berbunga lagi. Kamu bongkar potnya, potong batangnya hingga dekat umbi, akarnya kalau kepanjangan potong juga, sisakan sedikit akarnya. Kasih tanah baru.

          • Setauku sih kalau umbi-umbian, ya mirip tulip deh ya, batangnya akan layu sendiri. Bisa juga dibiarkan gitu aja Chit, sampai rontok sendiri batangnya, ga perlu disiram lagi, taruh di pojokan rumah aja :D.

    11. Sebenarnya aku gak begitu ngerti soal bunga, tapi penjelasan tentang cara budidaya yg baru kubaca ini seperti menghasilkan ide membuat FF di kepalaku, tentang seorang pembudidaya bunga.
      Maaf tidak nyambung dari pembahasan 😀

        • sy kirain palingan 20 cm kak,soal ny klo di liat dr foto kakak,ukuran ny kcl!hehehe…..
          pengen kesana d,borong mawar2 indah ny! TT
          klo si mwr uda berbunga,postkan y kak?
          oh y asiatic lily kakak ngs bngt y?1 tanaman bs muncul byk bunga!

    12. akkk bagus-baguss mbaa. Mba Nella telaten sangat yah 😉
      Nggak sabar nungguin berbunga, biar bisa terapi warna hihihiii 😀

    13. esther demen banget ama calla lily. 😀
      di taman condo ada sih calla lily putih yang gede. kemaren ini udah berbunga dan sekarang udah pada ilang lagi bunganya.

      • Mungkin sudah selesai mada berbunganya Man, nunggu musim berikutnya. Aku juga suka calla lily, apalagi pas liat di toko bunga ada yg gedee banget bunganya, jadi pengen punya juga ;).

    Comments are closed.