Serunya Petik Bunga Liar Dandelion di Pinggir Jalan

Serunya Petik Bunga Liar Dandelion di Pinggir Jalan. Saya bersama jagoanku Benjamin, kita senang sekali petik bunga liar di pinggir jalan. Kegiatan mengasyikan ini kita lakukan dalam perjalanan pulang dari Taman kanak-kanak, atau kalau Ben tidak sekolah dan kita jalan-jalan saja ke pusat kota, sering kali kita menemukan aneka bunga liar yang menarik di pinggir jalan.

Serunya Petik Bunga Liar Dandelion di Pinggir Jalan

Bunga liar yang saya paling tahu namanya adalah Dandelion. Saat jagoanku melihat bunga liar ini dia akan bilang „Puste mama!“ (tiup mama!), itulah kenapa dandelion disebut juga Pusteblume (bunga tiup). Benjamin suka sekali meniup dandelion yang kemudian benihnya beterbangan dengan indahnya dibawa angin 🙂 .

Baca juga: Cerita Benjamin Masuk Taman Kanak-kanak

Saya baru tahu loh kalau yang putih abu-abu ditiup anakku dan beterbangan itu adalah bakal bibit/benih dari bunga dandelionnya yang disebut Taraxacum. Oh ya dalam bahasa Indonesia dandelion disebut bunga Randa Tapak .

Tulisan Terkini

Bunga dandelion sendiri berwarana kuning, dan saat masa berbunga sudah selesai, bunganya rontok berganti warna menjadi putih abu-abu seperti bentuk jarum-jarum tipis. Bentuk inilah yang menarik saat ditiup atau saat angin kencang, benihnya beterbangan kemana-mana dibawa angin.

Bunga Dandelion, benihnya, dan benihnya yang sudah rontok diterbangkan angin

Bunga Dandelion, benihnya, dan benihnya yang sudah rontok diterbangkan angin

Ada banyak bunga liar lainnya dari keluarga Asteraceae (suku kenikir-kenikiran) yang mirip dengan dandelion, nah yang mirip-mirip ini disebut dandelion palsu (False dandelions). Bunga dandelion ini banyak saya jumpai tumbuh liar di pinggir jalan, di depan rumah-rumah orang, atau dilahan liar.

Asal usul nama bunga dandelion: nama Bahasa Inggris dandelion (/ˈdændɪlaɪ.ən/ DAN-di-ly-ən awalnya adalah dari bahasa Perancis dent-de-lion yang berarti gigi singa, mengacu pada gerigi kasar daun. Pantas saja dalam bahasa Jerman disebut Löwenzahn. Dulu saya aneh kalau mendengar nama Jermannya Löwenzahn kedengaran lucu, artinya ya gigi singa 🙂 .

Ternyata ya keberadaan bunga liar dandelion ini dan benihnya Taraxacum penting sekali buat sekitarnya:

  • Benih Taraxacum adalah sumber makanan yang penting bagi burung-burung tertentu.
  • Dandelion adalah juga tanaman yang penting untuk lebah karena tanaman ini sumber nektar dan serbuk sari di awal musim semi.
  • Dandelion digunakan sebagai makanan oleh larva beberapa spesies Lepidoptera (kupu-kupu dan ngengat).
  • Dandelion juga digunakan sebagai sumber nektar kupu-kupu Pearl-bordered fritillary (Boloria euphrosyne), salah satu kupu-kupu yang paling awal muncul di musim semi.

Serbuk sari dandelion dapat menyebabkan reaksi alergi ketika tidak sengaja termakan, atau bisa terjadi reaksi alergi pada kulit yang sensitif. Sampai saat ini Benjamin baik-baik saja saat memegang aneka bunga liar.

Selain melihat aneka bunga liar seperti dandelion, yang bermekaran di akhir April ini ada pula bunga lilac (Syringa vulgaris) dan bunga Iris Germanica. Kalau bunga lilac wangi sekali, sedangkan iris German tidak ada wanginya. Kedua bunga tersebut saya punya di kebun balkonku, yang Iris Germanku belum pada berbunga 😉 .

Video Petik Bunga Liar di Pinggir Jalan Bersama Benjamin

 

Karena cuaca hangatnya datang lebih awal, padahal masih musim semi, maka aneka bunga yang biasanya bermekaran di awal musim panas, eh di bulan April ini sudah bermekaran.

Apakah bunga liar dandelion ini banyak juga kalian jumpai di Indonesia? 😀 .

 

Demikianlah cerita saya mengenai Serunya Petik Bunga Liar Dandelion di Pinggir Jalan. Kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke blog saya dan suka tulisan ini silakan subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan cerita dari Jerman berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

42 Comments

  1. nieeJuly 16, 2018
  2. Yos AdyaJune 20, 2018
  3. jessmiteMay 23, 2018
  4. jessmiteMay 17, 2018
  5. DianaMay 11, 2018
  6. mayang kotoMay 11, 2018
  7. annasherlyMay 10, 2018
  8. DianaMay 9, 2018
  9. mayang kotoMay 7, 2018
  10. adelescarletMay 7, 2018
  11. DianaMay 7, 2018
  12. YantiMay 6, 2018
  13. LianaMay 6, 2018
  14. mondaMay 5, 2018
  15. kaykaMay 4, 2018
  16. AnnaMay 4, 2018
  17. LuluMay 3, 2018
  18. Diajeng AstutiMay 3, 2018
  19. mayang kotoMay 3, 2018
  20. DianaMay 3, 2018
  21. FibertiMay 2, 2018
  22. Firsty ChrysantMay 2, 2018
  23. PypyMay 2, 2018
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: