May 30, 2020

Serunya Petik Bunga Liar Dandelion di Pinggir Jalan

Serunya Petik Bunga Liar Dandelion di Pinggir Jalan. Saya bersama jagoanku Benjamin, kita senang sekali petik bunga liar di pinggir jalan. Kegiatan mengasyikan ini kita lakukan dalam perjalanan pulang dari Taman kanak-kanak, atau kalau Ben tidak sekolah dan kita jalan-jalan saja ke pusat kota, sering kali kita menemukan aneka bunga liar yang menarik di pinggir jalan.

Serunya Petik Bunga Liar Dandelion di Pinggir Jalan

Bunga liar yang saya paling tahu namanya adalah Dandelion. Saat jagoanku melihat bunga liar ini dia akan bilang β€žPuste mama!β€œ (tiup mama!), itulah kenapa dandelion disebut juga Pusteblume (bunga tiup). Benjamin suka sekali meniup dandelion yang kemudian benihnya beterbangan dengan indahnya dibawa angin πŸ™‚ .

Baca juga:Β Cerita Benjamin Masuk Taman Kanak-kanak

Saya baru tahu loh kalau yang putih abu-abu ditiup anakku dan beterbangan itu adalah bakal bibit/benih dari bunga dandelionnya yang disebut Taraxacum. Oh ya dalam bahasa Indonesia dandelion disebut bunga Randa Tapak .

Tulisan Terkini

Bunga dandelion sendiri berwarana kuning, dan saat masa berbunga sudah selesai, bunganya rontok berganti warna menjadi putih abu-abu seperti bentuk jarum-jarum tipis. Bentuk inilah yang menarik saat ditiup atau saat angin kencang, benihnya beterbangan kemana-mana dibawa angin.

Bunga Dandelion, benihnya, dan benihnya yang sudah rontok diterbangkan angin
Bunga Dandelion, benihnya, dan benihnya yang sudah rontok diterbangkan angin

Ada banyak bunga liar lainnya dari keluarga Asteraceae (suku kenikir-kenikiran) yang mirip dengan dandelion, nah yang mirip-mirip ini disebut dandelion palsu (False dandelions). Bunga dandelion ini banyak saya jumpai tumbuh liar di pinggir jalan, di depan rumah-rumah orang, atau dilahan liar.

Asal usul nama bunga dandelion: Β nama Bahasa Inggris dandelion (/ˈdΓ¦ndΙͺlaΙͺ.Ι™n/ DAN-di-ly-Ι™n awalnya adalah dari bahasa Perancis dent-de-lion yang berarti gigi singa, mengacu pada gerigi kasar daun. Pantas saja dalam bahasa Jerman disebut LΓΆwenzahn. Dulu saya aneh kalau mendengar nama Jermannya LΓΆwenzahn kedengaran lucu, artinya ya gigi singa πŸ™‚ .

Ternyata ya keberadaan bunga liar dandelion ini dan benihnya Taraxacum penting sekali buat sekitarnya:

  • Benih Taraxacum adalah sumber makanan yang penting bagi burung-burung tertentu.
  • Dandelion adalah juga tanaman yang penting untuk lebah karena tanaman ini sumber nektar dan serbuk sari di awal musim semi.
  • Dandelion digunakan sebagai makanan oleh larva beberapa spesies LepidopteraΒ (kupu-kupu dan ngengat).
  • Dandelion juga digunakan sebagai sumber nektar kupu-kupu Pearl-bordered fritillary (Boloria euphrosyne), salah satu kupu-kupu yang paling awal muncul di musim semi.

Serbuk sari dandelion dapat menyebabkan reaksi alergi ketika tidak sengaja termakan, atau bisa terjadi reaksi alergi pada kulit yang sensitif. Sampai saat ini Benjamin baik-baik saja saat memegang aneka bunga liar.

Selain melihat aneka bunga liar seperti dandelion, yang bermekaran di akhir April ini ada pula bunga lilac (Syringa vulgaris) dan bunga Iris Germanica. Kalau bunga lilac wangi sekali, sedangkan iris German tidak ada wanginya. Kedua bunga tersebut saya punya di kebun balkonku, yang Iris Germanku belum pada berbunga πŸ˜‰ .

Video Petik Bunga Liar di Pinggir Jalan Bersama Benjamin

 

Karena cuaca hangatnya datang lebih awal, padahal masih musim semi, maka aneka bunga yang biasanya bermekaran di awal musim panas, eh di bulan April ini sudah bermekaran.

Apakah bunga liar dandelion ini banyak juga kalian jumpai di Indonesia? πŸ˜€ .

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

42 thoughts on “Serunya Petik Bunga Liar Dandelion di Pinggir Jalan

  1. Iya disini ada banyak bunga liar, mungkin salah satunya itu ya Dandelion. Karena persis yang diceritakan mbak Nella. Kalki dan Kavin pun suka tiup Dandelion πŸ™‚
    Ternyata keberadaan bunga liar ini penting ya sebagai makanan burung, lebah, larva kupu-kupu dan ngengat.

    Oh ya ada lagi bunga liar yang sering dijumpai di daerah saya yaitu seruni. Kata suami, awalnya seruni dibudidayakan sebagai bagian dari TOGA tapi menjalar kemana-mana dan jadi liar ke kebun-kebun kelapa.

  2. Lucu pas Benjamin ngomong pakai bahasa jermaN ya, dulu pas kecil aku juga suka metik bunga pas pulang sekolah, jadi keingat masa kecil… Aku suka videonya, aku belum pernah lihat dandelion kayaknya, pengen nemu sih karna bagus buat ditiup2in kayak yg Benjamin lakukan… Makasih pengetahuannya tentang bunga-bungaan…

    1. Hai Yanti, si Ben ngomong dicampur-campur apa yg ada dipikiran ya itulah yg keluar hehe πŸ˜€ . Adikku juga suka petik bunga, termasuk punya tetangga juga pernah dipetik, nah pas apes pernah petik mawar berduri haha πŸ˜€ . Makasih juga sudah mampir ya ke blogku πŸ˜‰ .

  3. di Bogor, ada bunga mirip sekali dengan bunga dandelion Bun.
    mungkin sama. cuma kalo saya tiup suka susah copot haha

    engga banyak di pinggir jalan raya tp adanya di ilalang-ilalang dekat persawahan atau perumahan hihi
    baru tau nama bunga itu bun, menarik πŸ™‚

    makasih infonya dan video gemashnya.
    salam kenal.

  4. baru tau nama bunganya mbak nel πŸ˜€ btw ben udah gede aja ya. time flies… saya juga suka nih brenti kalo liat bunga-bunga lucu di pinggir jalan begini mbak nel tapi cuma tak fotoin aja buat stok foto di youtube πŸ™‚

    1. Hai mba Kayka, iya sama saya juga suka potretin bunga-bunga di pinggir jalan πŸ˜€ ; kalau tahu namanya seneng banget :mrgreen: :Bener mba waktu cepat banget ya berjalan, tahu2 si Benjamin hampir 4 tahun nih.

  5. Walahhh aku baru tauuu itu yg namanya Dandelion ??? katrok banget aku…
    Aku liat di kebun sini juga banyak mbak, kepengen tiup tapi takut petik ?? soalnya di Jerman sini kan banyak peraturan ya mbak jadi aku takut ? tapi eh ternyata boleh ya hehehehe

    1. Hai Anna kalau tidak ada pemiliknya ya boleh dong, kan ditepi jalan, kalau di kebun orang ya ga boleh diambil hehe πŸ˜€ . Buah2 di tepi jalan juga boleh diambil loh, kadang ada pohon apel ditepi jalan.

      1. Kadang ada loh mbak aku nemu di jalan kayak buah beri gitu tapi kata suamiku jangan dimakan karna dia sendiri gak tau itu bisa dimakan atau enggak ??

  6. kayaknya belum pernah nemu bunga dandelion beneran
    kalo bunga tepi jalan di sini mirip dandelion tapi kecil beud segede kancing πŸ˜€
    mungkin itu ya kak yg dinamakan false dandelion πŸ˜€

  7. Di Jakarta (atau setidaknya disekitar rumah) sudah jarang dandelion ini :(. Harus di lapangan atau semak2, baru ada. Padahal niup2 dandelion ini seru ya.

      1. Disana masih banyak tanah lapang ya mba, jadi bunga-bunga dan buah (kayaknya pernah baca di blog mba Nella kalo apel pun tumbuh liar) masih banyak πŸ˜€

        1. Ada aja sih mba tanah lapang gitu, tp ada juga lahan yg tadinya banyak hijau2 bikin seger mata, walau cuma rumput liar, eh dibangun, trus tiap kali lewat ingat klo dulu ditempat/rumah kosong itu ada tanaman mawar yg gedee banget tanaman dan bunganya, ada bunga peoni juga.. coba ya dibikin pengumuman siapa yg mau ambil tanamannya, pasti kuambil deh haha πŸ˜€ . Pohon apel ditepi jalan ada mba dekat rumah mertuaku, tp beliau sdh 2 tahun pindah rumah. Krn ga ada yg ambil, apel2 pada rontok sendiri dan bikin kotor jalanan.

          1. Ah, tanaman mawar yang gede banget pohonnya *LOVE*. Kok jadi inget gambar di buku-buku dongeng :D. Kalo nemu lagi, foto dan post di blog ya mba, Diana mau liat. Hehehe

          2. Iya spt di buku2 dongeng mba Di, sayang banget kan di babat pohonnya dan dibeton. Iya kapan2 saya luangi waktu ke tempat rumah orang yg banyak tanaman mawarnya, saya seneng klo lewat situ pas mawar2nya mekar πŸ™‚ .

  8. Walau saya suka melihat bunga tapi juga sangat tertarik sama lepidopteranya hahaha…padahal mereka pemakan Dandelionnya ya…

  9. Ya ampun.. Baru ngeh kak kalau dah beneran jadi bunga ternyata yang kuning itu ya dia..hahaha XD Kemana aja selama ini. Kirain bedaa..

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: