Sang Matahari yang didambakan

loading...

Sahabat blogger, bagaimana cuaca di tempat kalian? Bagaimana keadaan tanaman-tanaman kalian (khususnya yang suka berkebun :smile:)?. Di tempatku sini, hari ini matahari bersinar cerah sekali. Suhunya 18 derajat C pada jam 10.30. Bangun tidur jam 7.30 pagi, langsung keluarin tanaman yang sejak 2 hari lalu saya taruh didalam rumah.

2 minggu belakangan ini cuaca disini buruk sekali, sering hujan, mendung, angin kencang silih berganti. Matahari di Indonesia sering dikutuk-kutuk sangking panasnya. Pas ngerasain di Jerman dingin banget, saya benar-benar mendambakan sekali matahari bersinar panas supaya tanaman dan bunga-bungaku cepat besar :mrgreen:.

Awal Mei ini sempat dua kali sepanas Jakarta, suhunya sih mentok di 25 derajat C, tapi rasa panasnya serasa di tanah air tercinta. Berkebun di sini (Eropa) pendek masanya. Bulan Mei ini belum benar-benar bagus cuacanya, bulan November sudah harus tutup kebun karena dingin.

Dihitung-hitung hanya bisa berkebun 6 bulan. Sayang juga sih tanaman tomat, cabe, ketimun, sayur mayur semua harus digusur ketika bulan November. Jadi buat yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia bersyukurlah kalian ya bisa berkebun sepanjang tahun, mataharinya tidak pernah ngumpet hehehe :lol:.

Berikut saya kasih lihat hasil foto koleksi tanaman saya, barusan di potretin nih semuanya :wink:.

Balkon Belakang
Tanaman di balkon ini, mulai tampak lebat dan menghijau, senang melihatnya. Saya tambah senang kalau setiap hari matahari bersinar cerah seperti hari ini. Balkon belakang ini mendapat sinar matahari pagi hingga sekitar jam 2 sore.

 

Kalau matahari bersinar cerah seperti ini, tanaman-tanaman saya taruh di tempat yang bisa terkena sinar matahari langsung. Di jemurlah supaya cepat besar.

 

Balkon Depan
Di balkon depan ini kena sinar matahari sore hari mulai jam 2 siang. Untuk tanaman tidak tahan matahari yang terik saya taruh disini.

 

Sekarang mari lihat koleksi tanaman yang didalam rumah.

 

Keluar rumah lagi yuk! saya mau kasih lihat tangga ke rumah bisa dihias dengan bunga-bunga yang cantik. 😎

Berikut ini yang pernah ditanyakan mbak Kayka. Ini adalah miniatur rumah petani atau peternak. Frank beli di Swiss ketika menetap disana.

Nah sampai disini dulu ya cerita-cerita mengenai tanaman saya. Selamat Berakhir pekan! ;).

“Flowers always make people better, happier, and more helpful; they are sunshine, food and medicine for the soul.” – Luther Burbank-

Artikel Berkebun Menarik lainnya:

DIY Menghias Pot Bunga
Update Bunga Musim Panas
Memotret Bunga Tulip
Burung-burung Ramai Mampir di Pekaranganku
Padatnya Kebun Tomatku

Advertisements

108 thoughts on “Sang Matahari yang didambakan

  1. sebener nya klo baca blog nya mbak yang satu ini aq suka iri…
    banyak banget bunga nya
    di rumah aq cuma ada melati ajah,, selebihnya bunga dari sayuran sawi/caisim, adas.
    pengen punya tanaman yang indah2 kaya mbak..

  2. Tentu saja nella bisa menikmati hari-harinya dengan merawat pohon-pohon yang kelihatan segar-segar ini.
    Waktu berjalan tanpa terasa, senang melihat perkembangannya hari demi hari.

    Di negara seperti ini, kadang-kadang baru terasa ya manfaat matahari buat kehidupan. Padahal orang-orang di Indonesia banyak yang mengeluh dengan panasnya cahaya matahari…… 🙂

  3. Wah pengeeeeeeeeeeen. Ini udah masuk musim panas yah. Hemm, penasaran dengan Eropa musim panas. Btw, temanku ada yang berangkat ke Jerman loh mbak malam ini, ke Ilmenau

  4. ngeliat tanaman2 Nella jadi kepingin, telaten banget ih Nella! bagus2… Nella tinggal di apartemen atau house sendiri? aku pingin nanem apa gitu (rose misalnya) tapi krn tinggal di apartemen rada susah.belum lagi kalau mau apa2 hrs ijin manajemen building dulu. huhu.

    disini juga kemarin weekend drop ke 9 derajat celcius padahal 2 hari sebelumnya 29 derajat. kacau deh spring tahun ini. tapi minggu depan udah june dan udah bakal 30 derajat, not bad akhirnya bisa menikmati sinar matahari yang ‘beneran’ hehehe.

    • Saya tinggal di rumah kontrakan mbak, lantai dasar yg punya rumah, nah saya diatasnya. Rumahku ini ada 2 balkon, pengen sih spt kontrakan lama ada tamannya walau kecil ya yg penting ada tanah langsung, kalau sekarang semua tanamanku didalam pot.. Ooo kalau di apartemen harus izin dulu toh klo mau punya tanaman? repot juga ya.

      Semoga bulan depan beneran summer spy tanaman cabe dan tomatku cepat besar :D.

  5. Wah seneng berkebun ya mbak Nella.. Bisa dipanen tuh, lumayan.. Hehe..

    Kalau saya mah cuman seneng liatinnya aja.. Tapi ngurusnya itu lho ga telaten.. :- P

  6. kak nella, kalau menanamnya sangat singkat begitu, apa sempat menikmati hasil buah tomat dan zuchinni? zuchinni itu kesukaannya si Matt lohh.. suka di masak kuah. hahha
    tanaman Zamio plame rumahku banyak sekali. ada 5 pot subur-subur. aku baru tau namanya zamio palme,. aku sering bilang bunga dollar. hahha.zamio palme itu tempatku pernah berbunga loh kak, bentuknya lurus panjang gitu, tapi gak ada mahkotanya. kayak lidi tapi gemuk. warna putih, 🙂 apa tempat kak nella pernah berbunga juga?

    • Hai Ren, sempat ko menikmati buahnya. Tomat, cabe, ketimun, zuccini masa tanam 3 bulan sdh berbuah ko, asal mataharinya panas. Semoga minggu depan cerah ;). Zuccini kan buat sayur ya Ren, km olah jd apa buat Matt?.
      Oo iyaa ada teman di Jakarta blg utu zamio palme bubfa dollar, kenapa ya Ren dinamakan gitu?, ya aku oernah lihat foto zamio palme milikmu, subur yaa.
      Belum pernah berbunga, coba ku perhatikan siapa tahu pas summer muncul bunganya :D.

  7. wow mbak Nella posisi ada di Jerman ya.. bisa nitip salam ucapan selamat buat Frank Ribery ya mbak hehehe

    salam kenal mbak Nella.. Jember sedang berawan hari ini

  8. Ketelatenan Jeng Nella tercermin dari koleksi tanamannya, sejak naik tangga sudah disapa ramah oleh pagar bunga pot. Berkebunpun mendatangkan kegembiraan luar biasa ya Jeng. Salam kebun

  9. Seruuu.. Banyak bangett koleksinya 😀 Ada juga ya bunga tahi ayam disana, kirain di Manado aja 😀

    Di Jakarta cuacanya ngalahin abegeh kak, pagi mendung, siang cerah cenderung panas, ehh.. sorenya hujan… jegerr..hahah

  10. Selalu mengagumkan Mba kl km posting tentang bunga2 dan kebun..Aku suka banget sama bunga yg dijadikan dekorasi tangga..Kl sambil naik tangga ngliatin tanaman2nya pasti nggak krasa capek deh itu :p
    Oya Mba Nella, tanya donk..kl nanam bibit bunga di pot kecil, setelah tumbuh tu tanahnya perlu diganti nggak Mba?

  11. Wowww… tekun banget bisa mengurus tanaman sebanyak itu…..
    Saya tinggal di desa di Yogyakarta. Tanah subur, sinar matahari melimpah, tapi justru malas berkebun…. Tapi ibu saya cukup rajin dan memang suka berkebun, hehe…

  12. Luar biasa kamu Nel. Telaten banget. Kalo aku suka males ngeluarin masukin tanaman.

    Tapi kalo lihat hasilnya cantik kayak difoto sih sebandinglah dengan perjuangannya 🙂

  13. Your balconies are magnificently beautiful. You definitely have a green thumb.

    url theobamacrat.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

  14. Wow, bunganya cantik-cantik euy. Secantik orang yang nanam hehehe 😛
    Saya paling ga kuat dengan cuaca dingin. Kalo di rumah kena AC aja bisa flu, hidung berair. Gimana kalo musim dingin seperti di eropa ya. Mesti pake baju hangat terus dong sepanjang hari, dan jadi malas keluar rumah

  15. disini cuacanya juga naik turun. weekend ini malah bakal mendung terus dan minggu depan ada kemungkinan ujan… paling males dah kalo ujan…

  16. waaa, calla lily nya udah mekar.
    singkat ya mba musim semi di eropa. bentar aja udah mau masuk musim dingin lagi. Kasian tomat, cabe nya. 🙁 padahal belum berbuah.
    kalau petani tomat sama cabe disana gimana mba?

  17. kagum saya ama koleksi dan ketelatenannya berkebun. krn saya gak bisa bertanam, orang bilang tuh, tangannya panas, nanam apapun, bakal mati… hehehe.. poinnya sih, ndak punya passion bercocok tanam. Tapi seneng dan seger kalau bisa menikmati kebun yang cantik.

  18. waduh banyak nyaaaaaa, aku coba nanam pohon nih gak keluar luar tanda tanda kehidupan hehehehe

    url kitikkitikatik.wordpress.com.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

  19. Wah disini sepanjang siang lg panaaaad banget mba.. pagi disirem siang tanahnya udah kering meletak..

    Cakep2.. banyak banget koleksi mba 🙂

  20. wow, benar-benar pecinta bunga..
    saya kagum dengan wanita yang suka bungan bukan pada koleksinya, tapi cara merawatnya..
    keren, benar-benar cinta bunga kalau yang satu ini..

    url ascomycotina.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 20.01.2017

  21. Waaa.. koleksi tanamanmu banyak banget ya Nel.. Nanti di apartemen baru aku juga kepingin deh mulai nanem apa gitu, biar ada ijo2nya.. tapi kata bubu “emang bisa ngerawatnya?” huhuhu..

Comments are closed.