Sang Matahari yang didambakan

loading...

Sang Matahari yang didambakan. Sahabat blogger, bagaimana cuaca di tempat kalian?. Bagaimana keadaan tanaman-tanaman kalian (khususnya sahabat yang suka berkebun :smile:)? . Di tempatku sini, hari ini matahari bersinar cerah sekali. Suhunya 18 derajat C pada jam 10.30. Bangun tidur jam 7.30 pagi, langsung keluarin tanaman yang sejak 2 hari lalu saya taruh didalam rumah.

2 minggu belakangan ini cuaca disini buruk sekali, sering hujan, mendung, angin kencang silih berganti. Matahari di Indonesia sering dikutuk-kutuk sangking panasnya. Pas ngerasain di Jerman dingin banget, saya benar-benar mendambakan sekali matahari bersinar panas supaya tanaman dan bunga-bungaku cepat besar :mrgreen:.

Awal Mei ini sempat dua kali sepanas Jakarta, suhunya sih mentok di 25 derajat C, tapi rasa panasnya serasa di tanah air tercinta. Berkebun di sini (Eropa) pendek masanya. Bulan Mei ini belum benar-benar bagus cuacanya, bulan November sudah harus tutup kebun karena dingin.

Dihitung-hitung hanya bisa berkebun 6 bulan. Sayang juga sih tanaman tomat, cabe, ketimun, sayur mayur semua harus digusur ketika bulan November. Jadi buat yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia bersyukurlah kalian ya bisa berkebun sepanjang tahun, mataharinya tidak pernah ngumpet hehehe :lol:.

Berikut saya kasih lihat hasil foto koleksi tanaman saya, barusan di potretin nih semuanya :wink:.

Balkon Belakang
Tanaman di balkon ini, mulai tampak lebat dan menghijau, senang melihatnya. Saya tambah senang kalau setiap hari matahari bersinar cerah seperti hari ini. Balkon belakang ini mendapat sinar matahari pagi hingga sekitar jam 2 sore.

 

Kalau matahari bersinar cerah seperti ini, tanaman-tanaman saya taruh di tempat yang bisa terkena sinar matahari langsung. Di jemurlah supaya cepat besar.

 

Balkon Depan
Di balkon depan ini kena sinar matahari sore hari mulai jam 2 siang. Untuk tanaman tidak tahan matahari yang terik saya taruh disini.

 

Sekarang mari lihat koleksi tanaman yang didalam rumah.

 

Keluar rumah lagi yuk! saya mau kasih lihat tangga ke rumah bisa dihias dengan bunga-bunga yang cantik. 😎

Berikut ini yang pernah ditanyakan mbak Kayka. Ini adalah miniatur rumah petani atau peternak. Frank beli di Swiss ketika menetap disana.

Nah sampai disini dulu ya cerita-cerita mengenai tanaman saya. Selamat Berakhir pekan! ;).

“Flowers always make people better, happier, and more helpful; they are sunshine, food and medicine for the soul.” – Luther Burbank-

Baca juga:
DIY Menghias Pot Bunga
Update Bunga Musim Panas
Memotret Bunga Tulip
Burung-burung Ramai Mampir di Pekaranganku
Padatnya Kebun Tomatku
Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

108 thoughts on “Sang Matahari yang didambakan

  • June 7, 2013 at 4:32 am
    Permalink

    pot yang ada tulisan Welcome-nya itu baguss..

    • June 7, 2013 at 8:49 am
      Permalink

      Thanks ya, iya cakep :D, kalau bunganya sudah mulai mekar akan saya taruh didepan pintu masuk rumah ;).

  • June 3, 2013 at 4:02 am
    Permalink

    sebener nya klo baca blog nya mbak yang satu ini aq suka iri…
    banyak banget bunga nya
    di rumah aq cuma ada melati ajah,, selebihnya bunga dari sayuran sawi/caisim, adas.
    pengen punya tanaman yang indah2 kaya mbak..

    • June 3, 2013 at 6:50 am
      Permalink

      Saya kadang lapar mata aja pas ke toko, lihat bunga2 yg cantik atau bibitnya dibeli deh :D. Sayuran paling saya tanam salad aja, thn lalu tanam sawi kena hama ulat, tanam brokoli lama panennya hehe.

      • June 3, 2013 at 9:42 am
        Permalink

        pengen punya bunga,,, tapi apa daya,,, daerah ku dekat laut,,, kasian klo kepanasan banget,, suka kekeringan
        nggak tega liat bunga jadi keriting n layu..

          • June 4, 2013 at 3:11 am
            Permalink

            aq pernah coba tanem bunga matahari,,,
            eeeehhhh…….
            di acak2 kucing, jadi pada patah,,,

          • June 4, 2013 at 8:26 am
            Permalink

            Ya ampunn sayang sekali, coba dikasih pagar di sekeliling bunganya ;).

          • June 7, 2013 at 3:12 am
            Permalink

            heheh iya,,,
            nanti mau saya coba tanam lagi,,,
            waktu itu nanem nya masih di rumah ibu,
            jadi kadang ibu suka komentar
            “halaman nya penuh neng,, mau di tanem dimana lagi..”
            Tapi sekarang udah ada rumah sama suami,,
            mau aq tanemin yang indah2..
            heheh..

          • June 7, 2013 at 8:40 am
            Permalink

            Balkon saya juga mulai ramai dengan tanaman nih :D, pot-pot sampai saya taruh juga di tangga luar rumah, supaya yang jalan kaki kan bisa melihat cantiknya bunga2ku :D. Ayo Lia mulai nanam bunga lagi ;).

          • June 7, 2013 at 9:19 am
            Permalink

            jangankan balkon,,,
            lantai 2 yang belum di jadikan kamar pun sudah penuuuhh…
            cinta banget sama taneman..

          • June 7, 2013 at 10:35 am
            Permalink

            enggak,,,
            aq nggak expose halamanku di blog,,,
            isi nya aq fokuskan untuk share kesehatan.

  • June 2, 2013 at 9:19 am
    Permalink

    Tentu saja nella bisa menikmati hari-harinya dengan merawat pohon-pohon yang kelihatan segar-segar ini.
    Waktu berjalan tanpa terasa, senang melihat perkembangannya hari demi hari.

    Di negara seperti ini, kadang-kadang baru terasa ya manfaat matahari buat kehidupan. Padahal orang-orang di Indonesia banyak yang mengeluh dengan panasnya cahaya matahari…… 🙂

    • June 2, 2013 at 9:46 am
      Permalink

      Benar pak Ded saya jadi malu sendiri klo dulu ngeluh matahari Jakarta panas banget, eh pas di Jerman ko malah maunya matahari Jakarta pindahin ke sini :D.

  • May 30, 2013 at 10:52 am
    Permalink

    Kagum terhadap Pecipta kita.
    Hasil karyanya luar biasa menyenangkan hati 🙂

  • May 30, 2013 at 10:16 am
    Permalink

    Wah pengeeeeeeeeeeen. Ini udah masuk musim panas yah. Hemm, penasaran dengan Eropa musim panas. Btw, temanku ada yang berangkat ke Jerman loh mbak malam ini, ke Ilmenau

    • May 30, 2013 at 11:02 am
      Permalink

      Hai Ardika, musim panas mulai bulan depan tgl 20 an. Menjelang musim panas masih adem nih, malah sering hujan. Teman-temanmu yang ke Jerman tujuannya beda-beda kota ya? tergantung jur. Univ.?.

      • May 30, 2013 at 11:38 am
        Permalink

        Yang ini ikut ISWI 2013 mbak.

  • May 28, 2013 at 4:04 pm
    Permalink

    disini panas banget dan hujan banget 🙂 bingung gak, kak? 😀 iklim sudah rusak kak 🙂

    • May 28, 2013 at 4:09 pm
      Permalink

      Kalau panas, panas sekali, kalau hujan deras sekali. Coba bisa separuh-separuh ya :D.

  • May 28, 2013 at 6:01 am
    Permalink

    ngeliat tanaman2 Nella jadi kepingin, telaten banget ih Nella! bagus2… Nella tinggal di apartemen atau house sendiri? aku pingin nanem apa gitu (rose misalnya) tapi krn tinggal di apartemen rada susah.belum lagi kalau mau apa2 hrs ijin manajemen building dulu. huhu.

    disini juga kemarin weekend drop ke 9 derajat celcius padahal 2 hari sebelumnya 29 derajat. kacau deh spring tahun ini. tapi minggu depan udah june dan udah bakal 30 derajat, not bad akhirnya bisa menikmati sinar matahari yang ‘beneran’ hehehe.

    • May 28, 2013 at 8:36 am
      Permalink

      Saya tinggal di rumah kontrakan mbak, lantai dasar yg punya rumah, nah saya diatasnya. Rumahku ini ada 2 balkon, pengen sih spt kontrakan lama ada tamannya walau kecil ya yg penting ada tanah langsung, kalau sekarang semua tanamanku didalam pot.. Ooo kalau di apartemen harus izin dulu toh klo mau punya tanaman? repot juga ya.

      Semoga bulan depan beneran summer spy tanaman cabe dan tomatku cepat besar :D.

  • May 28, 2013 at 5:17 am
    Permalink

    Wah seneng berkebun ya mbak Nella.. Bisa dipanen tuh, lumayan.. Hehe..

    Kalau saya mah cuman seneng liatinnya aja.. Tapi ngurusnya itu lho ga telaten.. :- P

  • May 27, 2013 at 5:15 pm
    Permalink

    kak nella, kalau menanamnya sangat singkat begitu, apa sempat menikmati hasil buah tomat dan zuchinni? zuchinni itu kesukaannya si Matt lohh.. suka di masak kuah. hahha
    tanaman Zamio plame rumahku banyak sekali. ada 5 pot subur-subur. aku baru tau namanya zamio palme,. aku sering bilang bunga dollar. hahha.zamio palme itu tempatku pernah berbunga loh kak, bentuknya lurus panjang gitu, tapi gak ada mahkotanya. kayak lidi tapi gemuk. warna putih, 🙂 apa tempat kak nella pernah berbunga juga?

    • May 27, 2013 at 5:25 pm
      Permalink

      Hai Ren, sempat ko menikmati buahnya. Tomat, cabe, ketimun, zuccini masa tanam 3 bulan sdh berbuah ko, asal mataharinya panas. Semoga minggu depan cerah ;). Zuccini kan buat sayur ya Ren, km olah jd apa buat Matt?.
      Oo iyaa ada teman di Jakarta blg utu zamio palme bubfa dollar, kenapa ya Ren dinamakan gitu?, ya aku oernah lihat foto zamio palme milikmu, subur yaa.
      Belum pernah berbunga, coba ku perhatikan siapa tahu pas summer muncul bunganya :D.

  • May 27, 2013 at 3:59 pm
    Permalink

    wow mbak Nella posisi ada di Jerman ya.. bisa nitip salam ucapan selamat buat Frank Ribery ya mbak hehehe

    salam kenal mbak Nella.. Jember sedang berawan hari ini

    • May 27, 2013 at 5:19 pm
      Permalink

      Hai Lozz siapa itu Frank Ribery? Saya salamin ke Fank suamiku aja ya, sama namanya :D. Disini mendung nih.

  • May 27, 2013 at 1:21 pm
    Permalink

    Ketelatenan Jeng Nella tercermin dari koleksi tanamannya, sejak naik tangga sudah disapa ramah oleh pagar bunga pot. Berkebunpun mendatangkan kegembiraan luar biasa ya Jeng. Salam kebun

  • May 27, 2013 at 7:27 am
    Permalink

    Disini puanas mbak Nella, siang siang sampe pasang AC hahaha 😀
    Itu lily nya cantik bangeettt

      • May 27, 2013 at 7:20 am
        Permalink

        Pas disini pasti males jg mba abis sangking panasnya jd sumuk trus. Duhhhh aku langganan mimisan kalo terlalu panas

        • May 27, 2013 at 7:24 am
          Permalink

          Jadi dirumah aja ya Non. Ya ampunn separah itu panasnya sampai kamu mimisan :(.

          • May 27, 2013 at 7:58 am
            Permalink

            Kalo lama2 di matahari biasanya malem mimisan atau kalo gak badanku bentol2 tapi ini juga berlalu kalo di tempat yg dingin hihi.

            Skr kalo dimedan gak penting2 males keluar mba. Polusinya jg parah soalnya

          • May 27, 2013 at 8:16 am
            Permalink

            Lah kebalikan denganku, dulu klo ke tempat dingin pas kemping aku malah bentol-bentol, istilahnya “giduan” ya? skrng sih ga pernah lagi sudah cocok dg udara sini :D.

  • May 27, 2013 at 5:04 am
    Permalink

    Seruuu.. Banyak bangett koleksinya 😀 Ada juga ya bunga tahi ayam disana, kirain di Manado aja 😀

    Di Jakarta cuacanya ngalahin abegeh kak, pagi mendung, siang cerah cenderung panas, ehh.. sorenya hujan… jegerr..hahah

    • May 27, 2013 at 7:19 am
      Permalink

      Ya Marigold namanya :D. Jadi penasaran apakah bunganya bau juga seperti tahi ayam hehehe. Sama Py cuacanya juga begitu disini.

  • May 26, 2013 at 9:55 pm
    Permalink

    Selalu mengagumkan Mba kl km posting tentang bunga2 dan kebun..Aku suka banget sama bunga yg dijadikan dekorasi tangga..Kl sambil naik tangga ngliatin tanaman2nya pasti nggak krasa capek deh itu :p
    Oya Mba Nella, tanya donk..kl nanam bibit bunga di pot kecil, setelah tumbuh tu tanahnya perlu diganti nggak Mba?

    • May 26, 2013 at 10:28 pm
      Permalink

      Klo bunganya berpotensi tumbuh besar ya harus dipindah spy tumbuh maksimal.ko buga2 ukuran kecil ya biar sajadi pot kecil 😉

  • May 26, 2013 at 7:56 pm
    Permalink

    Banyak banget koleksi tanaman nya, cantik2 🙂 ….. cuaca jakarta juga galau nich, masih sempet ujan 🙁

    • May 26, 2013 at 8:33 pm
      Permalink

      Thanks ya ;). Disini sampai minggu depan prakiraannya masih hujan :(.

      • May 27, 2013 at 4:57 am
        Permalink

        Padahal harus nya udah masuk musim kemarau di jakarta, pagi ini juga di sambut gerimis 🙂

        • May 27, 2013 at 7:17 am
          Permalink

          Cuaca di dunia makin tidak jelas, mungkin efek global warming :(.

  • May 26, 2013 at 11:35 am
    Permalink

    Aku jadi iri …
    kemarin tanaman hias di rumahku habis diserbu tikus got…

    • May 26, 2013 at 11:45 am
      Permalink

      Ya ampunn sayang sekali ya :(. Ada yang tersisa bisa diselamatkan?.

    • May 27, 2013 at 8:45 am
      Permalink

      Ada mba, cuma potnya sama tanah dan pupuknya yang sudah amburadulll … jadi males mbenerinnya… ntar deh aku upload foto-fotonya…

  • May 26, 2013 at 10:03 am
    Permalink

    Wowww… tekun banget bisa mengurus tanaman sebanyak itu…..
    Saya tinggal di desa di Yogyakarta. Tanah subur, sinar matahari melimpah, tapi justru malas berkebun…. Tapi ibu saya cukup rajin dan memang suka berkebun, hehe…

    • May 26, 2013 at 10:21 am
      Permalink

      Ayooo Ditter bantuin ibumu berkebun ;). Saya ngiri dg Indonesia yg mataharinya seoanjang thn, di sini panas singkat dari Juni hingga September saja.

  • May 26, 2013 at 3:31 am
    Permalink

    wahh, cantik mba koleksinya! 🙂
    btw itu kaktus kuat juga ya di hawa dingin gitu, bukannya taneman padang pasir ya dia?

    • May 26, 2013 at 10:15 am
      Permalink

      Kaktusnya taruh dlm rumah kan hangat 23 derajat C. Pas musim panas Juli nanti klo suhu diluar sdh 30 derajat C baru dikeluarin ;).

  • May 25, 2013 at 10:53 pm
    Permalink

    Telaten sekali dirimu mbak! Aku aja taneman satu aja udh mati aja seminggu, gak bs tahan lama 🙁

    • May 25, 2013 at 11:18 pm
      Permalink

      Pernah nanam apa Cha? harus tahu sifat bunga atau tanamannya Cha. Misalnya ada tanaman yg harus disiram banyak, ada yang malah cuma butuh sedikit air. Ada yang harus kena sinar matahari langsung, ada pula yang ga bisa kena matahari :D.

      • May 29, 2013 at 6:28 pm
        Permalink

        tuh basilika tadinya awet pas miku di rumah, pas giliran ditinggal Miku dinas luar eeh koit dah

  • May 25, 2013 at 10:01 pm
    Permalink

    Luar biasa kamu Nel. Telaten banget. Kalo aku suka males ngeluarin masukin tanaman.

    Tapi kalo lihat hasilnya cantik kayak difoto sih sebandinglah dengan perjuangannya 🙂

    • May 25, 2013 at 10:14 pm
      Permalink

      Kuatir tanamannya mati mbak karena yang sekarang kutanam ini kan bunga-bunga musim panas, jadi ku masukin dulu dalam rumah, pagi keluarin lagi ;).

  • May 25, 2013 at 8:22 pm
    Permalink

    Your balconies are magnificently beautiful. You definitely have a green thumb.

    url theobamacrat.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

  • May 25, 2013 at 8:21 pm
    Permalink

    Wow, bunganya cantik-cantik euy. Secantik orang yang nanam hehehe 😛
    Saya paling ga kuat dengan cuaca dingin. Kalo di rumah kena AC aja bisa flu, hidung berair. Gimana kalo musim dingin seperti di eropa ya. Mesti pake baju hangat terus dong sepanjang hari, dan jadi malas keluar rumah

    • May 25, 2013 at 9:57 pm
      Permalink

      Kalau dalam rumah hangat ko sekitar 22-24 derajat C, ya kalau mau keluar harus pakai jaket tebal, sarung tangan, penutup kepala dll ;).

  • May 25, 2013 at 7:19 pm
    Permalink

    disini cuacanya juga naik turun. weekend ini malah bakal mendung terus dan minggu depan ada kemungkinan ujan… paling males dah kalo ujan…

    • May 25, 2013 at 9:56 pm
      Permalink

      Dirumah ajalah kalau hujan terus :D. Sama disini mendung terus, pagi tadi sempat 3-4 jam mataharinya cerah, eh mendung lagi.

      • May 26, 2013 at 5:37 am
        Permalink

        iya kalo pas weekend sih enakan di rumah aja ya kalo ujan. masalahnya ini ujannya diperkirakannya bakal selasa rabu gitu. moga2 aja gak jadi. 😀

        • May 26, 2013 at 10:16 am
          Permalink

          Disini juga sampai Rabu depan hujannn :(. Cuaca makin ga jelas deh.

  • May 25, 2013 at 5:46 pm
    Permalink

    klo uda cinta semua dikerjain ya bund. bunda cinta bunga, bunga-pun pst bgitu, loh? 😆

  • May 25, 2013 at 5:30 pm
    Permalink

    waaa, calla lily nya udah mekar.
    singkat ya mba musim semi di eropa. bentar aja udah mau masuk musim dingin lagi. Kasian tomat, cabe nya. 🙁 padahal belum berbuah.
    kalau petani tomat sama cabe disana gimana mba?

    • May 25, 2013 at 5:37 pm
      Permalink

      Petani tomat, cabe pakai green house. Pas winter ya mengandalkan impor dari negara tropis 😉

      • May 25, 2013 at 5:52 pm
        Permalink

        :O gitu ya mba,
        sayang banget bunganya kalau ada yg belum numbuh. kalau selama musim dingin di masukin ke dalam rumah gimana ya mba 😀
        hahahah

        • May 25, 2013 at 6:04 pm
          Permalink

          Bisa sih taruh rumah paling 2-3 hari, krn tanamannya butuh sinar matahari langsung jd ga bisa lama dlmruangan, contohnya tomat, cabe dan sayuran 😉

          • May 26, 2013 at 10:13 am
            Permalink

            Iya Chit, lama-lama tanamannya layu sendiri. Contohnya cabe2ku thn lalu ku masukin rumah pas winter, ya gitu layu dan mati deh.

  • May 25, 2013 at 5:21 pm
    Permalink

    tanamannya banyak sekali, seneng ya ngeliatnya… kalo di jkt hari ini cuacanya panas mendung panas mendung, tipe2 cuaca yg bikin sakit hehehehe…

    • May 25, 2013 at 5:35 pm
      Permalink

      Klo ditempatku sini hujan mendung .. mendung hujan, mataharinya ngumpet :(.

  • May 25, 2013 at 4:59 pm
    Permalink

    Nggak cuma buat jiwa, Nel… buat mata juga.. 🙂
    Thanks ya udah berbagi keindahan…

    • May 25, 2013 at 5:16 pm
      Permalink

      Iya mbak, melatih kesabaran nih klo nanam2 begini :D. Hadiahnya klo muncul bunganya senang sekali ;).

  • May 25, 2013 at 4:56 pm
    Permalink

    Wah dengan tanaman sebanyak itu, repot juga kalau harus dikeluar masukkan ke rumah gara-gara cuaca ya Mbak?

  • May 25, 2013 at 4:05 pm
    Permalink

    kagum saya ama koleksi dan ketelatenannya berkebun. krn saya gak bisa bertanam, orang bilang tuh, tangannya panas, nanam apapun, bakal mati… hehehe.. poinnya sih, ndak punya passion bercocok tanam. Tapi seneng dan seger kalau bisa menikmati kebun yang cantik.

  • May 25, 2013 at 3:56 pm
    Permalink

    waduh banyak nyaaaaaa, aku coba nanam pohon nih gak keluar luar tanda tanda kehidupan hehehehe

    url kitikkitikatik.wordpress.com.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

  • May 25, 2013 at 3:07 pm
    Permalink

    Wah disini sepanjang siang lg panaaaad banget mba.. pagi disirem siang tanahnya udah kering meletak..

    Cakep2.. banyak banget koleksi mba 🙂

  • May 25, 2013 at 2:31 pm
    Permalink

    wow, benar-benar pecinta bunga..
    saya kagum dengan wanita yang suka bungan bukan pada koleksinya, tapi cara merawatnya..
    keren, benar-benar cinta bunga kalau yang satu ini..

    url ascomycotina.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 20.01.2017

    • May 25, 2013 at 2:37 pm
      Permalink

      Hehehe thanks ya Tina :). Saya memang tergila-gila dengan bunga-bunga.

      • May 25, 2013 at 2:39 pm
        Permalink

        Dulu belajar di mana mba cara mengurus bunga-bunga itu? kaktusnya.. jadi mikir bunga apa yang belum ada di situ..

        • May 25, 2013 at 3:18 pm
          Permalink

          Belajar semuanya sendiri, saya juga beli banyak buku2 berkebun (klo pas diskon), sering baca2 juga di internet dan di majalah ;). Yg belum punya pohon pepaya pengen deh, disini pepaya sekilo rp.60 rb :(.

    • May 25, 2013 at 2:33 pm
      Permalink

      Belum banyak warna warninya mbak, maklum masih agak dingin disini :).

  • May 25, 2013 at 2:26 pm
    Permalink

    Waaa.. koleksi tanamanmu banyak banget ya Nel.. Nanti di apartemen baru aku juga kepingin deh mulai nanem apa gitu, biar ada ijo2nya.. tapi kata bubu “emang bisa ngerawatnya?” huhuhu..

    • May 25, 2013 at 2:33 pm
      Permalink

      Cari yang ga repot ngerawatnya Be, jenis sempervivum cakep loh, ga perlu banyak air. Anggrek juga bagus :D.

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: