Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman

Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman. Halo sahabat berkebunku, apakah tanaman Anda tidak tumbuh seperti yang Anda harapkan?. Ditunggu-tunggu tidak muncul juga bunganya. Sudah sekian lama kenapa tidak berbuah?. Mungkin Anda seperti saya, pelit memberikan pupuk kimia buat tanamannya?. :mrgreen: Kalau saya pelit karena pupuk kimia mahal, beli pupuk yang murah malah buang-buang duit, karena pupuknya tidak bagus, mungkin kandungan terbesarnya cuma air saja.

My lovely Flowers. Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman

My lovely Flowers

Nah jika pupuk kimia sedang habis, kita bisa berikan yang non kimia. Antara lain, seperti berikut ini:

Pupuk/Nutrisi Tanaman non Kimia;

Air Bekas Cuci Beras
Daripada air beras dibuang begitu saja, saya selalu memanfaatkannya untuk menyiram tanaman. Jangan kena daun ya karena akan membuat bercak putih pada daun. Cukup siramkan langsung pada tanah.

Air cucian beras mengandung Vitamin B1 mempunyai peranan di dalam metabolisme tanaman dalam hal mengkonversikan karbohidrat menjadi energi untuk menggerakkan aktifitas di dalam tanaman, sehingga dengan demikian tanaman yang mengalami stres karena kondisi bare root (pengiriman tanpa media) ataupun dikarenakan pemindahan tanaman ke media baru, segera melakukan aktifitas metabolisme untuk beradaptasi dengan lingkungan ataupun media yang baru. Untuk tanaman yang sudah sehatpun akan menjadi lebih tidak gampang stres.

Air Teh
Kalau semalam Anda membuat teh dan lupa meminumnya. Jangan buang teh itu karena sangat bermanfaat. Salah satu manfaatnya dapat menyuburkan tanaman. Caranya cukup dengan menyiramkan bagian akar dan tanah dengan menggunakan air teh basi tersebut.

Ampas Kopi
Bila Anda gemar meminum kopi, jangan buang ampasnya. Ampas kopi kaya kandungan Nitrogen, Fosfor dan Potasium (NPK) yang dibutuhkan tanaman. Demikian yang dirilis oleh soil and plant laboratory inc California amerika serikat. Oleh karenanya tebarkan ampas kopi disekitar perakaran tanaman dan sayuran dipot. Kandungan hara diampas kopi terurai pelan-pelan. Sumber majalah trubus edisi 500

Air Sisa Rebus Telur
Telur adalah salah satu sumber protein yang sangat penting. Biasa Anda apakan air sisa rebusan telur?. Hampir semua orang pasti membuang air tersebut begitu saja. Ternyata air sisa rebusan telur tersebut dapat di gunakan sebagai pupuk tanaman.

 

untuk ke halaman berikutnya klik Next/Lanjut

Advertisements

86 Comments

  1. mariza
  2. willem
  3. Iwan SM
  4. Yana
  5. September 20, 2013
  6. September 12, 2013
  7. September 12, 2013
  8. September 12, 2013
  9. September 12, 2013
  10. wahyu saputro
      • wahyu saputro
  11. wahyu saputro
  12. September 8, 2013
  13. arianimartini
  14. ded
  15. nyapurnama
  16. turiscantik
  17. ronal
  18. KHARIS A. ARIEF
  19. RY
  20. ladeva
      • ladeva
  21. hani wahab
      • arif

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: