Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

You may also like...

97 Responses

  1. menarik bu, akan saya coba untuk tanaman di kebunku selada sawi dan brokoli. perbandingannya 1 sendok teh : 1 galon air ya bu?

  2. mariza says:

    Pengen belajar nanam dengan cara yg benar,, coz selama ini selalu g benar hehehe,,,

  3. chyshinji says:

    Kak Nell, Ajinomoto yg bening itu? Kalo penyedap rasa kaldu ayam ato sapi macem masako atau royco bisa gak? Ibu biasa pake MSG seratusan perak rentengan cap udang, kalo itu bisa kan?

  4. willem says:

    Air kelapa ya di fermentasikan dulu ato dikupas kelapa ya air ya langsung di pakai ke tanaman tank u

  5. Iwan SM says:

    Terima kasih infonya, ada yang pernah punya pengalaman cerita manfaat air beras untuk tanaman buah2an gak, boleh bagi ceritanya

  6. Yana says:

    tips tambahan obat tablet yang sudah kadarluasa juga bisa di jadikan pupuk, caranya dgn menaruh obat tablet tersebut pd pot tanaman

  7. wahyu saputro says:

    Apa gak di semutin mbak…????

  8. sondangrp says:

    wooow banyak banget yang bisa dipake ya Nel. Ih aku mau cobain buat cabe dan jeruk purutku deh, cuma itu taneman yang di rumah, tapi kan lumajen kalo jadi tumbuh sehat. Ini kayaknya kuskip deh bacanya dulu ihihi mikirnya isinya jenis pupuk yang ‘formil’.

  9. wahyu saputro says:

    Kalau pake air cucian beras apa bisa setiap hari mbak…?

  10. arianimartini says:

    Tanaman ternyata butuh juga suplemen yg bernama pupuk ya….trims sdh dpt ilmu lagi,oh iya kalau mertuaku seringnya ngasih vitamin yg gak habis utk tanaman juga lho,tapi dosisnya sedikit ,kalau bentuk tablet suka dihancurkan baru ambil sejumput utk tanaman….

  11. prih says:

    Sip Jeng Nella kiat memanfaatkan materi yang ada karena pada dasarnya masing-masing bahan tadi mengandung nutrisi bagi tanaman.
    Satu hal saja yang perlu dijaga adalah kelembaban media saat aplikasi aneka materi ini agar fungi tidak ikut numpang tumbuh subur bersama tanaman kita.
    Salam kebun

  12. ded says:

    Beberapa tahun yang lalu, saya pernah dapat info bahwa vetsin baik untuk tanaman……begitu juga dengan air bekas cucuian beras dan air kelapa. Tapi saya baru tau tuh Nel, bisa juga air bekas rebusan telur, bahkan kulit telur dan kacang ijau yang sudah basi…. 🙂
    Nel, terima kasih infonya

  13. abi_gilang says:

    Ternyata yang biasa dibuang-buang malah bisa bermanfaat untuk tanaman ya ? #edisibarutau 🙂

  14. nyapurnama says:

    u air cucian beras, kopi dan teh mama saya suka pake juga, tapi kalau telur sama vetsin baru tahu disini x)
    makasih mbak Nel info nya, lumayan buat dicoba-coba hihihi

    nyapurnama.com linknya dihapus karena domain tidak aktif lagi. 22.02.2016

  15. turiscantik says:

    Makasih infonya mbak will try it soon

  16. ronal says:

    kalo dulu alm. mama ku sih air bekas nyuci bahan masakan..maklum di kampungku air bersih suatu yg langka hehe

    url ronalblog.com sudah tidak aktif lagi. Update 08.01.2017

  17. PUPUK ORGANIK MAHAAALLLLL… Kalo nyiram pakai limbah cucian gimana ,mba?

  18. Max Manroe says:

    Pupuk dan nutrisi buat tanaman memang bagusnya dari bahan organik juga. Kalau dulu waktu saya masih ngerjain kebun, pupuknya pakai kotoran ayam yang sudah dikeringkan. Bau sih, tapi katanya bagus ya dikerjain aja.

    Selain itu ada juga tanaman yang katanya bagus dikasi sisa bubuk teh, saya ga tau tanaman apa, tapi pernah denger aja 😛

    • Dulu mamaku pelihara banyak ayam, ya kotorannya bikin subur tanaman, kalau bau ya di balik-balik tanahnya, jadi ga bau deh. Terima kasih Max buat infonya ;).

  19. wah pupuk diatas bener-bener pupuk hemat tapi menyuburkan 🙂
    kak nella, air beras juga bagus loh buat siram anggrek.. kadang aku juga nyiram anggrek pake air beras.
    kalo Vetsin emank bener, biasanya aku taruh buat bunga, soalnya gak punya tanaman buah. kalo taruh dikit aja di tanahnya seperti UREA, gak lama tanamannya jadi gemuk dan cepet berbunga 🙂

    • Iya Ren, pernah ada yg cerita anggrek bisa subur disiram air cucian beras, tp dikerubutin semut deh. Anggrek koleksimu apa begitu juga?. Thanks ya buat infonya aku memang mau coba praktekkin taburin vetsin ke bunga2ku, mau coba ke mawar dulu ;).

  20. Kalo aku biasa pakai bekas cucian daging Nel. Yang ada darah2nya katanya juga bikin subur.

    Oya, kalo vetsin pa ndak bahaya saat buahnya dimakan

  21. pagi mba 😀 *bangun kepagian*
    ilmunya mantep nih
    btw klo punya kulkas juga air bekas pendingin di frezer juga bisa buat tanaman (kata temen saya ) untuk sayuran dan tanaman obat lebih cepat pertumbuhan batang dan bakal bunganya kalo untuk bunga saya belum praktekan
    btw untuk gambar doc pribadi memang seharusnya memiliki wm(watermark) tapi karena mba masang gambar, bisa dengan photoshop melalui auto watermark
    http://photo.tutsplus.com/articles/post-processing-articles/quick-tip-automated-watermarking-with-photoshop/ dengan acdsee
    In Manage mode, select the images you want to watermark (ctrl+click)
    Then either right-click or go to Tools->Batch->Batch Edit
    In the batch edit dialog, put a check in checkbox #13 (Watermark), and click to select it and display the watermark options. –> ini tak ambil dari pertanyaan di yahoo
    semoga membantu:)

  22. Erit07 says:

    Air beras bisa???
    wah baru tau saya,mantap infonya mbak..

  23. Noer says:

    Kalo untuk cost pada penggunaan pupuk yg berasal dari air kelapa sudah ada yg ngitung belum ya mbak. Karena jika penggunaan pupuk pada skala besar, cost air kelapa lebih ngirit dibandingkan dgn yg kimia, ini menarik bagi petani….

  24. emmachan24 says:

    tipsnya ngena banget mba Nel, kebetulan aku jg males beli pupuk
    thank’s yaa ^_^

  25. monda says:

    kulit telur belum pernah kucoba Nel…trims ya ntar dipraktekin

  26. mamaku yg hobi berkebun sering menyiram air bekas mencuci beras yang sudah ditumpuk beberapa hari kak.. alhasil, anggreknya selalu subur 🙂

    • Trus Mes, bagaimana anggreknya dikerubutin semutkah? karena beberapa yang cerita, anggrek mereka setelah disiram air cucian beras didatangi banyak semut.

      • anggreknya nyokap dulu digantung di halaman belakang rumah, kak, soale banyak. atasnya ditutupi dengan jaring-jaring spaya tidak kena matahari langsung. jadi, aku gak perhatikan apakah dikerubungi semut atau tidak. selain dikasi air beras, nyokap juga disiplin menyemprot anggrek supaya tak penyakitan kayaknya.. aku nya aja yang nggak hobi bercocok tanam :D, tapi motret tanaman suka hahah 😀

  27. Mama juga sering ngasih air cucian beras ke anggrek..
    aku nyoba ngaish ke tanaman paprikaku,
    T_T
    paprikaku dikerubutin semut n akhirnya mati…

    • Ya ampunnn tragis banget :D. Teman di Medan jg siram anggreknya dg air cucian beras, trus dikerubutin semut. Klo aq paling kasih ke tanaman tomat dan paprika. Belum muncul semut disini mungkin krn masih dingin.

  28. RY says:

    Ibuku udah mempraktekkan beberapanya diatas Mbak, dan emang hasilnya emang bikin oke tuh tanaman 🙂

  29. Ah mbak, ini BAGUS!!! 😀
    gara-gara baca postingan mbak jadi senang berkebunkan saya.

  30. Gak nyangka taneman suka ngopi hihi

  31. siip Mbak! lanjutkan berkebunnya.
    hahahaha kadang gue suka usil menyiram tanaman di depan kantor saya dengan bekas kopi yang masih tersisa. eh! nggak tahunya bisa jadi pupuk ya?! 😀 wakakak bahkan air teh, air sisa es jeruk juga saya siramkan. :-p

  32. Riri says:

    aahh kacang ijo basiii, aku suka kelupaan makan, bisa jadi pupuk ya ternyata 🙂

  33. ternyata tanaman doyan micin juga toh, ini aku baru tau loh hehehehe…

  34. ladeva says:

    Kalo bokapku, Mbak Nel…doi sering naro sisa-sisa kulit buah atau potongan sayur di potnya gitu…katanya bisa jadi pupuk kompos. Nah, kalau suamiku sekarang lagi pengen coba bikin pupuk kompos nich…boleh request tulisan? Tolong bikin tips and trik bikin pupuk kompos dong Mbak Nel 😀 #kedipmanja

    • Nah aku juga sering tuh ngumpulin sisa potongan sayur atau kupasan bawang. Masalahnya jadi numpuk di tempat sampah dan sampah dapur tersebut butuh komposter untuk mempercepat pembusukan, aku belum jadi belinya. Ide bagus, kapan sempat nih saya buat draft dulu ngomongin membuat kompos ;).FYI untuk tahap awal bisa baca pembuatan kompos di https://www.facebook.com/groups/sayurherbakuliner/doc/310527648976113

    • kalau untuk membuat kompos skala rumah tangga bisa menggunakan keranjang takakura, mbak 🙂

      beli keranjang plastik yg biasa untuk tempat pakaian kotor itu,
      letakkan sekam bakaryg sudah dibunkus kain di dasar keranjang.
      Masukkan kompos yg dibeli di tukang tanaman.
      setiap kali membuang sisa2 potongan sayur atau kulit buah, masukkan kedalam keranjang itu. sesekali aduk2 sampahnya agar bercampurdengan kompos. diatasnya tutup lagi dg sekam bakaryg dibungkus kain. jadi deh,keranjang takakuranya 🙂

  35. hani wahab says:

    super! makasi mbak ^^

  36. Pypy says:

    Ahh benarrr.. Sama si Mama dulu abis nyuci beras airnya disirem ditanaman. Jadi gak terbuang percuma.

    Iya emang kadang malas bgitu yah, foto diambil seenaknya tanpa ada credit title.. 🙁

  37. chris13jkt says:

    Wah aku baru tahu yang ampas kopi bisa buat pupuk, Mbak.
    Terus itu memang betul kalau pakai pupuk kimia, lama kelamaan tanah bisa keras. Biasanya sih aku suka iseng balik-balikin tanah di pot yang dipupuk pakai pupuk kimia itu, selain mencegah supaya gak keras, juga sekalian supaya akarnya dapat kesempatan menghirup O2 segar. Hasilnya lumayan sih tanaman juga lebih segar dan cepat besar.

    • Iya kalau terlalu banyak pupuk kimia bisa membaut tanahnya jadi keras. Saya juga melakukan seperti Chris, membalik-balik tanahnya, mungkin air keran disini banyak kandungan kapur, jadi tanah bagian atas sering berwana putih, makanya saya balik-balik tanahnya.

  38. ryan says:

    info yang menarik nih untuk pupuk.
    kalau di rumah, mama pakai air cucian beras sih. plus pupuk juga.

    • Untuk air cucian beras sudah banyak yang menggunakannya ya bagus deh ;).

      • arif says:

        mbak kenalin sy Arif,…mau nanya mbak kalo vetsin di semprotkan ke tanamannya langsung apa yang terjadi,..? apa tambah subur,…? mohon penjelasan

        • Hai Arif setahu saya mecin bisa di aplikan pada mawar, ternyata ada teman saya memberikan mecin juga ke anggreknya. Yang terjadi tanaman jadi subur micin itu MSG (monosodium glutamat). Merupakan salah satu prekursor asam amino (asam glutamat) yang berguna untuk komunikasi sel. Fungsinya sering juga dipakai buat memacu pertumbuhan tanaman. Kalau saya biasanya bisa 1 atau 2 minggu sekali memberikannya. 1 sendok teh untuk 1 galon air. Atau paling mudah ditaburi saja ke tanah kemudian langsung siram banyak air supaya terserap. Saya kurang tahu apakah mecin cocok untuk semua tanaman, kalau mawar iya cocok.

  1. September 8, 2013

    […] sekali saya taburi mecin (penyedap rasa), ampuh loh mujarab membuat mawar rajin berbunga […]

  2. September 12, 2013

    […] Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman […]

  3. September 12, 2013

    […] Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman […]

  4. September 12, 2013

    […] Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman […]

  5. September 12, 2013

    […] Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman […]

  6. September 12, 2013

    […] Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman […]

  7. September 12, 2013

    […] Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman […]

  8. September 12, 2013

    […] Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman […]

  9. September 15, 2013

    […] Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman […]

  10. September 16, 2013

    […] Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman […]

  11. September 20, 2013

    […] Terkait: • Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman • Menanam Sayuran Yuk • Taman di Balkon Rumahku • Padatnya Kebun Tomatku 2012 • DIY […]

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: