Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

 

Air sisa rebusan telur mengandung kalsium, mineral dan vitamin lainnya dari kulit telur yang direbus. Bahan-bahan tersebut sangat baik untuk tanaman. Caranya: dinginkan air rebusan semalaman karena bila terlalu panas juga tidak baik untuk tanaman. Air bisa dimasukkan ke tempat penyiram tanaman dahulu.

Kulit Telur
Kalau goreng telur, kulit telur jangan dibuang begitu saja. Kulit telur bisa dihancurkan kemudian taruh disekeliling tanaman biasanya saya berikan untuk tanaman tomat. Kulit telur kaya kandungan kalsium, bisa memperkuat batang pohon tomat.

Air Kelapa sebagai Pemacu Pertumbuhan dan Pembungaan Anggrek
Air kelapa ternyata memiliki manfaat untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman. Air kelapa yang sering dibuang oleh para pedagang di pasar tidak ada salahnya untuk kita manfaatkan sebagai penyubur tanaman. Selama ini air kelapa banyak digunakan di Lab sebagai nutrisi tambahan di dalam media kultur jaringan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa air kelapa kaya akan potasium (kalium) hingga 17 %. Selain kaya mineral, air kelapa juga mengandung gula antara 1,7 sampai 2,6 % dan protein 0,07 hingga 0,55 %. Mineral lainnya antara lain natrium (Na), kalsium (Ca), magnesium (Mg), ferum (Fe), cuprum (Cu), fosfor (P) dan sulfur (S).

Disamping kaya mineral, air kelapa juga mengandung berbagai macam vitamin seperti asam sitrat, asam nikotinat, asam pantotenal, asam folat, niacin, riboflavin, dan thiamin. Terdapat pula 2 hormon alami yaitu auksin dan sitokinin sebagai pendukung pembelahan sel embrio kelapa.

Penelitian di National Institute of Molecular Biology and Biotechnology (BIOTECH) di UP Los Baños mengungkapkan bahwa dari air kelapa dapat diekstrak hormon yang kemudian dibuat suatu produk suplemen disebut cocogro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk hormon dari air kelapa ini mampu meningkatkan hasil kedelai hingga 64 %, kacang tanah hingga 15 % dan sayuran hingga 20-30 %.

Dengan kandungan unsur kalium yang cukup tinggi, air kelapa dapat merangsang pembungaan pada anggrek seperti dendrobium dan phalaenopsis. Mulai sekarang, cobalah untuk menyisihkan sedikit air kelapa yang Anda minum untuk diberikan ke anggrek tercinta Anda. Sumber http://www.anggrek.org

Bubur Kacang Hijau Basi Kacang hijau (Phaseolus radiatus L.) mempunyai nama lain, yaitu mungo, mungbean, green-grain, golden grawn. Kacang hijau mempunyai nilai gizi yang cukup baik, mengandung vitamin B1 cukup tinggi (150-400 i.u.) dan vitamin A (9 i.u.). Kacang hijau yang sudah menjadi kecambah kaya kandungan vitamin E (tokoferol) yang penting sebagai anti oksidan, dalam mencegah penuaan dini, dan anti sterilitas.

Kandungan protein kacang hijau mencapai 24%, dengan kandungan asam amino esensiai seperti isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan, dan valin. Kacang hijau mengandung karbohidrat sekitar 58%. Pemanfaatan sifat fungsional dari patinya dapat dibuat sebagai tepung bahan berbagai bentuk makanan bayi sampai orang dewasa. Pati kacang hijau terdiri dari amilosa28,8%, dan amilopektin 71,2%. Kegunaan lain tanaman kacang hijau adalah sebagai pupuk hijau dan penutup tanah.

Selain Nutrisi organik diatas, beberapa waktu lalu Adrian di Jakarta, memberikan informasi berguna buat saya mengenai pupuk kimia:

• Pupuk buah memerlukan unsur K (Kalium) nya lebih tinggi.
• Unsur P selain untuk merangsang keluarnya bunga, bisa juga membuat bunga tidak cepat rontok.
• Unsur N itu lebih ke daun, tapi jangan kebanyakan. Tanaman dan pohon bisa mati atau bentuk dedaunannya akan menjadi tidak jelas (keriting atau menjadi coklat seperti terbakar).
• Jangan terlalu sering memberikan pupuk kimia karena lama-lama tanahnya bisa menjadi jelek (keras). Intinya berikan pupuknya sesuai aturan yang tertera di kemasan, perhatikan berapa banyak air yang harus dicampurkan dengan pupuk.

Vetsin, Mecin atau Penyedap Rasa
Vetsin (Monosodium Glutamat atau MSG) adalah garam natrium dari asam glutamat. Dibuat dari proses hidrolisa tanaman tebu. Keampuhannya sebagai pupuk, tidak jauh beda dengan urea. Karena komponen kimia yang diambil tanaman adalah Nitrogen dan Nitrat, maka “pupuk” ini lebih dipakai untuk tujuan pertumbuhan daun.

Caranya, taburkan sedikit vetsin ke permukaan media tanam dan siram dengan air bersih sedikit demi sedikit, hingga terlihat meresap ke dalam media. Ulangi setiap lima hari atau satu minggu sekali. Cara ini pernah diceritakan Chitra di Medan, saya baru tahu penjelasan ilmiahnya, akan saya praktekkan tahun ini :wink:.

 

Salam hijau selalu! :mrgreen: .

 

Sumber:
Baca-baca Sayurherbakuliner
• Pengalaman Pribadi
• Curcol dengan teman-teman

Baca juga: Ladang Bunga di Jerman

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

Kalau suka dengan artikel ini, bagikan ke teman-temanmu ya.
Tidak sampai 10 detik ko untuk menekan tombol share dibawah ini.
Because share is care! – Terima kasih 🙂

 

Advertisements

86 Comments

  1. mariza
  2. willem
  3. Iwan SM
  4. Yana
  5. September 20, 2013
  6. September 12, 2013
  7. September 12, 2013
  8. September 12, 2013
  9. September 12, 2013
  10. wahyu saputro
      • wahyu saputro
  11. wahyu saputro
  12. September 8, 2013
  13. arianimartini
  14. ded
  15. nyapurnama
  16. turiscantik
  17. ronal
  18. KHARIS A. ARIEF
  19. RY
  20. ladeva
      • ladeva
  21. hani wahab
      • arif
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: