Salju yang Datang lebih Awal

Salju yang Datang lebih Awal. Kalau biasanya salju pertama datang saat Natal, makanya ada white Christmas ya, eh tahun ini ternyata saljunya datang lebih awal di akhir November dan awet banget setiap hari sampai saya posting tulisan ini salju tetap turun setiap hari.

Salju yang Datang lebih Awal

Pemandangan Salju dari Balkon Belakang

 

Bagaimana dinginnya?, jangan ditanya deh ya, soalnya, kalau tidak ada keperluan apapun maunya berdiam dirumah saja ๐Ÿ˜€ . Benjamin masih sekolah senin sampai Jumat. TK nya mulai libur tanggal 22 Desember dan akan masuk kembali 8 Januari 2018.

โ€ข Kalau kita naik bus jam 7 pagi sering suhunya nol derajat, masih gelap pula. Jalan harus hati-hati supaya tidak jatuh. Si bocah saya tuntun, untung lebih banyak nurutnya, sudah 3 tahun kan usianya makin besar harusnya makin nurut (mau emaknya haha). Kalau pas keluar bandelnya tidak mau dituntun, pas jatuh saya tambah omelin ๐Ÿ˜ก kesel kalau dibilangin tidak dengar ya di syukurin aja. Salah sendiri, biar anaknya sadar diri kudu nurut sama orang tuanya.

โ€ข Kesel kedua si Benjamin asal lihat air tergenang langsung dia loncat. Bagaimana saya tidak marah, sepatunya bakalan basah, mungkin juga kaos kakinya. Keselnya kalau baru keluar rumah sudah bertingkah begitu, ya saya ancam kita balik lagi pulang ke rumah. Pas usia 2 tahun dulu sih paling parah deh, asal lihat air tergenang, biar saya tuntun dia langsung meronta melepas tangan saya dan dan loncat ke genangan air. Pas usia 3 tahunan ini mulai bisa dibilangin, agak sedikit nurut. Kalau kita mau pulang dan sudah dekat rumah, ya saya biarkan aja dia loncat ke genangan air, kalau mengeluh kaos kakinya basah, saya syukurin, salah sendiri, rasain!. Jadi dia tahu hukum sebab akibat, berikutnya tidak melakukan hal tersebut lagi ๐Ÿ˜‰ .

โ€ข Dua kali ketinggalan bus saat mau antar Benjamin sekolah. Reseh banget tuh bus 2 menit kecepatan haha, saya cerita ke suami malah diceramahi disuruh harus berangkat 5 menit sebelumnya. Sekali busnya berhenti karena pak supirnya kenal saya. Pernah sekali lagi, padahal saya dan Benjamin lari gitu melewati depan dan disamping busnya, eh supirnya melengos aja. โ€œSyukurin siapa telat!โ€œ, gitu kali pikir pak supir haha. Jadilah kita jalan kaki ke halte bus lain untuk nunggu bus nomer lainnya.
Kita jalan sekitar 10 menitan.

Jemput anak pulang sekolah

Kita lagi nunggu Bus, habis jemput Ben pulang sekolah

 

Saat musim dingin jalan jauh cobaan paling berat deh haha. Sekali si Benjamin nangis melulu sepanjang jalan, selama 10 menitan, dia maunya diantar sama bapaknya, padahal bapaknya mau pergi kerja. Hampir kita balik lagi sangking keselnya saya. Fyi bus di Jerman hanya mau berhenti dihalte yang memang no. Bus tersebut buat berhenti, jadi kalau kamu nunggu tidak dihalte jangan harap dibukain pintu, kecuali kalau kamu kenal baik supirnya.

โ€ข Ketemu seorang ibu yang cerita kalau dia butuh sepatu musim dingin, sayangnya kaki dia ukurannya 42 susah katanya nyari sepatu wanita ukuran segitu. Tahun lalu pas winter dia bilang dia jatuh dijalanan dan celana panjangnya robek, lalu badannya sakit-sakit. Makanya pas mulai winter ini dia takut banget kejadian tahun lalu terulang kembali.

โ€ข Pertama kali melihat orang jatuh gegara jalanan licin. Kasihan si ibu lansia ini. Seorang bapak yang pas jalan lewat disebelahnya langsung sigap mau bantu si ibu berdiri, namun si ibu lansia menolak katanya dia bisa berdiri sendiri, padahal saya dengar bunyi gedebuk keras sekali, pasti sakit banget kan, tetap si ibu tidak mau dibantu. Saya sering deh melihat orang-orang di Jerman sini yang tidak bersedia ditolong kalau benar-benar sangat tidak butuh. Misalnya yang saya ingat seorang ibu yang pakai alat bantu jalan (Rollator) kalau mau naik turun bus dia tidak mau dibantu, tiap kali ketemu orang baru pasti dia menolak dibantu. Saya yang sudah sering ketemu ya diam aja hehe ๐Ÿ˜€ .

โ€ข Mau bersih-bersih balkon dan alat-alat berkebun sementara tidak bisa dulu karena semuanya jadi keras membantu ๐Ÿ˜€ . Air hujan dan salju yang mencairpun jadi membeku. Paling kalau mau beresin pot misalnya saya taruh kamar mandi dulu siram air panas, barulah dicuci. Kerjaan balkon tidak ada habisnya, maklumlah saya gila berkebun haha.

Pemandangan Salju di balkon

Pot-pot yang sudah kutanami aneka bibit umbi Bunga Musim semi. Mulai akhir Feb thn depan akan mulai keliatan numbuhnya

 

โ€ข Semua tanaman yang perlu ditutupi kain sudah saya kerjakan. Seperti mawar-mawar, dan beberapa tanaman lain. Tanaman tidak tahan dingin sudah saya buangin, soalnya pengalaman tahun lalu cape-cape dilindungi pakai kain, eh akhirnya mati juga. Kalau taruh didalam rumah, tidak ada tempatnya. Masukin tanaman cabe ke ruang tamu, saya ogah deh soalnya kalau kena kutu nanti kuatir nularin ke houseplants saya. Tanaman cabe dan tomat cepat numbuh ko, saat musim semi bisa nanam lagi bibitnya atau beli youngplants nya.

โ€ข Semua bibit/umbi bunga musim semi seperti tulip, daffodil, krokus dll sudah saya tanam. Memang sengaja beli tidak terlalu banyak, daripada tidak keburu ditanam semua kan. Saat ini tanahnya sudah membeku (keras). Bibit-bibit tersebut akan mulai terlihat pertumbuhannya tahun depan mulai akhir Februari. Bagi yang suka berkebun silakan mampir dan subscribe ke saluran berkebun saya. Saya lebih banyak update kegiatan berkebun di youtube.

Kebun Emaknya Benjamin on youtube:

 

โ€ข Suhu diluar nol derajat, sedangkan dalam rumah antara 18-20 derajat C . Kita beli alat yang dipasang dipemanas, jadi ada timernya kapan pemanas ruangnya akan hidup dan mati. Bisa diatur juga mau dibuat berapa derajat pemanasnya. Didalam rumah pakai baju berlapis, kalau pemanas ruang dibuat panas sekali kuatir nanti kena tambahan tagihan lagi haha, awal tahun ini kita diminta 200 euro (Rp.3 juta) sama pemilik rumah dibawah, katanya dia dapat tagihan 400 euro untuk rumah dia (dibawah) dan rumah kita diatas. Padahal salah dia yang punya rumah loh, kenapa waktu summer tahun 2016 pemanasnya masih pengaturan musim dingin. Dia bilang lupa balikkin pengaturan. Sewa rumah juga sudah dinaikin katanya dia banyak nombok.

Video Pemandangan Salju Pertama di Jerman

 

Sampai disini dulu ya cerita-ceritanya, nanti kalau ada yang menarik mengenai winter ini saya ceritakan lagi ๐Ÿ˜‰ .

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

โ†‘ Grab this Headline Animator

 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Winter di Jerman

51 Comments

  1. niee December 28, 2017
  2. Emaknya Benjamin br. Silaen December 25, 2017
  3. Arum Kusuma December 24, 2017
  4. inlycampbell December 18, 2017
  5. inlycampbell December 18, 2017
  6. Emaknya Benjamin br. Silaen December 16, 2017
  7. prih December 16, 2017
  8. Emaknya Benjamin br. Silaen December 15, 2017
  9. inlycampbell December 15, 2017
  10. Susleni December 14, 2017
  11. Emaknya Benjamin br. Silaen December 13, 2017
  12. Emaknya Benjamin br. Silaen December 13, 2017
  13. Susleni December 13, 2017
  14. inlycampbell December 12, 2017
  15. Emaknya Benjamin br. Silaen December 12, 2017
  16. Emaknya Benjamin br. Silaen December 12, 2017
  17. inlycampbell December 12, 2017
  18. monda December 11, 2017
  19. Emaknya Benjamin br. Silaen December 11, 2017
  20. Emaknya Benjamin br. Silaen December 11, 2017
  21. Emaknya Benjamin br. Silaen December 11, 2017
  22. Emaknya Benjamin br. Silaen December 11, 2017
  23. adelinatampubolon December 11, 2017
  24. inlycampbell December 10, 2017
  25. inlycampbell December 10, 2017
  26. Emaknya Benjamin br. Silaen December 8, 2017
  27. Emaknya Benjamin br. Silaen December 8, 2017
  28. Susleni December 8, 2017
  29. Emaknya Benjamin br. Silaen December 8, 2017
  30. Emaknya Benjamin br. Silaen December 8, 2017
  31. Emaknya Benjamin br. Silaen December 8, 2017
  32. baiqrosmala December 8, 2017
  33. rahmattrans December 8, 2017
  34. Fiberti December 8, 2017
  35. Aiko December 7, 2017
  36. imeldasutarno December 7, 2017
  37. mayang koto December 7, 2017
  38. Emaknya Benjamin br. Silaen December 7, 2017
  39. Emaknya Benjamin br. Silaen December 7, 2017
  40. Emaknya Benjamin br. Silaen December 7, 2017
  41. Oma Kiarra December 7, 2017
  42. imeldasutarno December 7, 2017
  43. Emaknya Benjamin br. Silaen December 6, 2017
  44. Emaknya Benjamin br. Silaen December 6, 2017
  45. Emaknya Benjamin br. Silaen December 6, 2017
  46. Emaknya Benjamin br. Silaen December 6, 2017
  47. Arman December 6, 2017
  48. Agung Rangga December 6, 2017
  49. Girindra Wiratni Puspa December 6, 2017
  50. Shiq4 December 6, 2017
  51. mayang koto December 6, 2017
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: