Random Dibuang Sayang (2)

loading...

Berhubung belum ada cerita-cerita seputar tanaman (musim dinging tidak ada bunga atau tanaman diluar rumah), jadi harap maklum kalau saya jarang posting di blog ya 😐 . Bagi yang kangen dengan saya, iya deh saya mau cerita beberapa kegiatan harian yang saya lalui beberapa waktu lalu.

1. Bahagia itu sederhana

β€’ Sesederhana bisa makan nasi pakai kecap dan bakwan udang bikinan sendiri. Udangnya mahal, tutup mata jangan lihat harganya :mrgreen: .

Bikin Bakwan Udang. Nikmat Bangett

Bikin Bakwan Udang. Nikmat Bangett

β€’ Sesederhana bisa ngemil kerupuk sepuasnya. Untung pas ke Belanda September lalu dianterin ka Ephie ke toko Asia, saya borong banyak kerupuk, mie instan dan sambel botolan. Belanja hampir sejuta rupiah kalau di kurskan, biarlah persediaan juga kan. Berapa banyakpun kerupuk digoreng tetap aja langsung habis, jadi belakangan saya goreng sedikit-sedikit saja πŸ˜€ .

Bisa makan kerupuk di negri orang tuh sesuatu banget hehe. Kerupuk mie, kerupuk tempe, kerupuk udang, klo harga tutup mata pas mau beli

Bisa makan kerupuk di negri orang tuh sesuatu banget hehe. Kerupuk mie, kerupuk tempe, kerupuk udang, klo harga tutup mata pas mau beli

β€’ Sesederhana makan nasi dengan ayam goreng dan sayuran.

Sedap banget makan nasi entah dengan ayam goreng atau pangsit pokoknya harus ada sayurnya

Sedap banget makan nasi entah dengan ayam goreng atau pangsit pokoknya harus ada sayurnya

β€’ Sesederhana bisa nyambel dan bikin bihun goreng.

Nyambel sendiri, cabenya dari hasil kebunku. Kanan Bikin Bihun goreng pakai buncis sedapp

Nyambel sendiri, cabenya dari hasil kebunku. Kanan Bikin Bihun goreng pakai buncis sedapp

Cabenya hasil kebun sendiri dong πŸ˜‰ . Cabe spanyol dapat 372 gram, kemudian ada cabe cherry, ya lumayanlah bisa buat 3 kali bikin sambel.

 

2. Berburu Barang Bekas di Flohmarkt

Flohmarkt atau Pasar loak adalah jenis pasar yang berisi lapak orang yang ingin menjual / barter berbagai barang mulai dari barang berkualitas rendah sampai barang berkualitas tinggi dengan potongan harga atau barang bekas pakai (wikipedia).

Flea Market in Sinsheim Germany

Flea Market in Sinsheim Germany

Flohmarkt ini di adakan sekolahan di kota tempat tinggal saya. Berlangsung hanya dua hari, sabtu dan minggu 30 Nov dan 1 Desember lalu. Saya pergi ketika hari minggunya. Tahun ini saya pergi sendirian, karena Frank tidak mau ikut, pusing dia melihat orang-orang berdesakan berburu barang bekas hehe. Kalau musim panas biasanya pasar loak lainnya banyak diadakan di tempat terbuka.

Di Pasar Loak ini Keramik-keramiknya banyak yang berupa barang antik peninggalan para oma tempo dulu

Di Pasar Loak ini Keramik-keramiknya banyak yang berupa barang antik peninggalan para oma tempo dulu

Kalau ke Flohmarkt yang disekolahan ini membuat lapar mata, terutama keramik untuk pajangan atau peralatan makan. Harganya sangat murah, asal jeli mengecek kita akan dapatkan barang-barang yang kualitasnya masih bagus, malah beberapa barang masih baru dalam kemasannya.

 

3. Mengunjungi Pasar Natal

Pasar Natal awalnya merupakan tradisi di Jerman dan Austria, namun sekarang meluas ke berbagai negara di dunia. Dalam bahasa Jerman, tradisi ini disebut Christkindlmarkt, Christkindlmarket, atau Weihnachtsmarkt. (wikipedia)

Christmas market  2013 in Bad Wimpfen Germany

Christmas market 2013 in Bad Wimpfen Germany

Lokasinya di kota tua Bad Wimpfen. Saya sudah tiga tahun berturut-turut ke pasar Natal ini. Sepertinya tahun depan malas kesini lagi, karena semuanya sama saja πŸ™„ . Lokasi stand-standnya sama, penjualnya sama, yang didagangkan sama, bahkan ramainya ampun deh sama!. Pengennya sih bisa ke pasar Natal di kota besar seperti di Berlin, Munchen, Stuttgart, Hamburg dll, pasti lebih meriah πŸ˜‰ .

Stan-stan di pasar Natal berbentuk kios kecil yang dibangun dari kayu. Selain makanan dan minuman, di stan-stan pasar malam tersebut juga dijual mainan, kerajinan tangan, dan hiasan Natal. Ada pula panggung hiburan, paduan suara dan dansa. Komidi putar dan kincir merupakan permainan di pasar Natal yang digemari anak-anak (wikipedia). Di Bad Wimpfen hanya ada komidi putar, ramai melulu, banyak anak-anak merengek ke orangtuanya untuk naik berulang kali.

Saya keliling sendirian selama 2 jam, Frank turunin saya dilokasi jam 5 sore (sudah gelap gulita) lalu dia kerja mengunjungi pasien-pasiennya. Setelah lelah saya telp Frank untuk jemput saya. Tahun lalu saya juga jalan-jalan sendirian. Untung jugalah pergi sendirian, jadi tidak takut hilang atau saling mencari sangking ramainya lokasi.

Ke pasar malam begini membuat lapar mata, baru sampai beli Bratwurst sosis pedas pakai roti, lanjut jalan beli gebrannte mandeln (kacang bersalut gula), lanjut lagi beli magenbrot (roti jahe) jajan melulu πŸ˜† . *maaf tidak ada foto makanannya, jalan sambil makan ya tidak bisa leluasa memotret.

Christmas Gift Suggestions:
To your enemy, forgiveness.
To an opponent, tolerance.
To a friend, your heart.
To a customer, service.
To all, charity.
To every child, a good example.
To yourself, respect.”
Oren Arnold

 

You may also like:
β€’ Random Dibuang Sayang bagian I
β€’ Jalan-jalan ke Wilhelma Stuttgart
β€’ Brezeln, salah satu kesukaan saya di Jerman
β€’ Taman Mawar di Lottum, Belanda
β€’ Orang Jerman itu

Advertisements

79 thoughts on “Random Dibuang Sayang (2)

  1. Saya suka dengan ungkapan bahagia itu sederhana, mba. Dan mba mencontohkannya dengan bagus disini. Mungkin kalo bagi saya, bahagia itu sederhana, sesederhana kopi panas beserta pisang goreng yang disodorkan oleh si mamah waktu libur di Sabtu pagi…

    Salam dari jauh mba,

  2. Pengen komentar tentang sticky postnya, Mbak. πŸ™‚

    Analytic blognya keren. Google Analytics, Pagerank, Alexa, semuanya keren. Jadi pengen belajar soal analytic nih..

  3. Meski namanya pasar loak tapi cakep yah mba,
    Wah senangnya udah berasa suasana natal yah mba, pasti asyik bgt deh πŸ™‚

    ( link dianryan.blogspot.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 06.10.2016 )

  4. asik banget yah jalan-jalan liat pasar loak. mirip sih sama aku, bedanya aku senang banget kalo yang ‘diloakin’ buku-buku, alias bazaar. Hehehe.

  5. aiiih..cobeknya ada juga yang jual di sana ya…
    bisa sering2 nyambel dong Nel, enak makan ayam goreng pake nasi anget plus sambal…, dinginnya udara di luar pasti langsung ilang

  6. Aku baca kata-kata “makan nasi pake kecap” di awal postingan langsung laper mba.. Langsung ngebayangin kenikmatan nasi hangat + kecap + telor dadar. Aduh enak banget tuh. Bahagia itu (benar-benar) sederhana ya mbak πŸ˜€

    Btw, kalo lagi winter gini, taneman mba nella gimana mbak kondisinya?

    • Tanaman2nku sudah banyak yg ku bongkat spt dahlia dan gladiol umbinya di angin2kan, setelah kering bungkus koran simpan di gudang, tahun depan tanam lagi. Kalau sayauran termasuk cabe, tomat mati semua tanamannya, jadi layu krn kedinginan.

  7. emang ya mbak makan masakan Indonesia di luar negeri itu jadi berasa sesuatu sekali, apalagi tempe, krupuk dan sambel, mantaabh! btw aku pegel loh kalo ngulek pake ulekan begitu mbak…
    flohmarketnya indoor ya mbak??
    ngerayu Miku ke pasar natal ah… mbak aku mau dunk pernak pernik lucunya ituuuuu…:* *ngerayu tingkat dewa* mbak nella cakep deh πŸ™‚

    • Kalau lama nguleknya pegel Cha. Paling bawang dan cabe ku ulek, klo tomat blender aja spy cepat πŸ˜€ .
      Flohmarktnya iya indoor, summer baru deh banyak yang outdoor. Kmau juga cakeep ko Cha πŸ˜‰ .

  8. Bahagia sekali ya, Mbak, kalo butuh bumbu dapur semuanya ada di pekarangan kita. Istriku sekarang juga lagi seneng-senengnya nanem tumbuhan bumbu (cabe, tomat, kemangi, kunyit) dan sayur di pekarangan. Karena rumah cuma petak kecil saja, jadi kebun pekarangannya ya cukup pake pot saja πŸ™‚

    • Hai pak Rohmad salam kenal ya πŸ™‚ . Saya berkebunnya juga di atas balkon pak, maklum rumahnya di lantai 1 ga punya taman deh. Tanaman2ku semuanya dalam pot-pot, tetap bisa subur πŸ˜‰ .

  9. Hahaha nasib tinggal di Jerman ya nel makan indonesia gt kayaknya nikmat banget! πŸ™‚ Ga kebayang klo aku disuruh pindah ke sana, harus say good bye sama warung2 disini. Walaupun mahal tp at least masih ada yg jualan. Sukaaa bgt sama christmas market di Jerman, disini juga ada cm ga kayak di Jerman yg ampun deh rame nyaaa. Pernah 2x ke christmas market disana, sekali di Dortmund dan satu lg di mana ya lupa, di desa gt deh. Ada ice skating ring nya gak nel ?

    • Iya nih Pie nasibku harus terima, susah kalau mau beli bahan makanan Indonesia harus beli online ada ongkos kirimnya belum dipajak pula harga2nya. Tahun lalu aku pernah ditraktir di resto Indonesia di Belanda ya ampunnn enakkk bangett, yang masaknya ibu orang Indonesia.
      Ice skating harus ke kota besar deh, ditempatku sini ga ada.

  10. Ya ampun… cuma mau makan bakwan udang, nasi, dan kerupuk aja di sana harus merogoh kocek dalam-dalam ya, Mbak…. Tapi nggak apa-apa, yg penting bisa bikin bahagia, hehe….

  11. Bahagia itu menurutku klo dpt bumbu2 langka macam juniper berries kak…heheh
    btw, aku barusan bikin schweinshaxe pake junpery berry,
    satu lagi hal sederhana yg bs bikin bahagia, adalah senyum pasien balik klinik, walau senyum meringis post giginya diekstraksi, hehehe

  12. NEL..
    cerita cerita lg tenteng jerman, seneng dah.
    thanks ya..
    wah kalau nanti eh kalau suatu hari nanti aq pergi ke jerman aku janji bawain kamu kerupuk mentah yang buanyak and aneka rasa.
    nel cobek itu kamu bawa dari indo nel..?

  13. Mbak Nelaaa, kalau dirupiahin berapa harga udangnya ?? *penasaran* hehehehe
    Tapi emang nikmat banget makan nasi anget sama bakwan atau kalau di Bandung namanya bala-bala πŸ™‚

      • Waah lumayan juga ya, dikira di Jerman malah harga seafood lebih murah …

        Bala-bala sih nggak pake udang atau lainnya, tapi bakwan memang rata-rata pake udang. Apapun namanya tetep enak kalao dikasih udang diatasnya ya Mbak …

        hehehhe

  14. Wah ramai banget ya, bikin ngiler lihat barangny unik-unik. Eh ngomong2 mbak nel, suaminya suka makan nasi dan sambal jg ya?

  15. Bener2 sesuatu yahh kak makanan Indo disana, perjuangan yah ut menikmati πŸ˜€ Jadinya walau simple jadi bahagia bangett..

    Kerennn kak pasar natal nyaa. πŸ˜€ Lucu2 beneerrr dahh hiasan yang dijuall..

  16. Setuju, Mbak,. Bahagia itu sederhana sebetulnya. Selama pas di hati jadinya bahagia ya.
    Soal krupuk, sebetulnya aku lebih suka emping daripada krupuk. Mau digorengin sekaleng besar kalau sudah di depan comp atau sambil nonton, gak sadar sudah habis aja itu emping sekaleng πŸ˜€

  17. Mba, pasar natalnya seruu, tapi emang dimana2 jajanan makanan lebih menarikkk yaa hehehe. aku juga kalo misalnya kemana2, gak beli barang tapi jajanan makanannya pasti adaaa aja yang dicoba πŸ˜€

  18. wuiiihh, keren banget mbak Nell, nyambel pake cabe dari kebun sendiri. TOP!
    Haha, samaaaa… krupuk disini pun masih tetep idola, loh. Makan tanpa krupuk itu.. bagai… makan tanpa krupuk! Hahaha…

    • Iya Fit ga lengkap kalau ga ada kerupuk, tapi disini aku belum nemu kerupuk kaleng, itu loh yg bulet putih 3 tahun lalu harganya 100 perak, sering beli warung depan rumah πŸ˜€ .

  19. seru pasar natalnyaaa… kalo gak salah inget, gua pertama kali ke blog ini karena ngeliat pasar natalnya deh. πŸ˜€

    btw makan kerupuk pake kecap manis tuh enak… hahaha

Comments are closed.