Pride Month Alasan Mengapa Bulan Juni Banyak Berita LGBT

Pride Month Alasan Mengapa Bulan Juni Banyak Berita LGBT. Mungkin kamu salah satu yang penasaran lihat sosial media banyak hastag #pride dibulan Juni?. Atau melihat bendera pelangi di berbagai sosmed yang kamu ikuti?, bahkan pada 2 Juni 2021 hastag tersebut jadi trending di Twitter.

Pride Month Alasan Mengapa Bulan Juni Banyak Berita LGBT

Saya membuat postingan ini setelah beberapa hari terakhir baca banyak komen sadis di FB nya Deutsche welle (DW) Indonesia. Sebenarnya ada beberapa postingan lain di FB (bukan dari DW aja) terkait berita Pride Month ini. Saya punya akun di FB khusus buat ikutan forum berkebun dan baca apapun yang saya suka, tidak menerima pertemanan dan tidak mencari teman, bukan pakai nama sebenarnya πŸ˜† .

Saya bukan buzzer cuma mau keluarin isi otak ku saja saat ini haha..

Saya tahu kalau LGBT tidak diterima di Indonesia, jadi kalau ada berita tentang topik tersebut pasti jadi santapan lezat di bully oleh netizen Indonesia. Kalau saya sudah mulai baca komen satu per satu, ingin rasanya kusumpel mulut mereka haha.

Tulisan Terkini

Saya tidak dan bukan pendukung LGBT, dan bukan berarti saya bebas memaki bikin komentar jahat tentang LGBT ini kan. Kalau kita tidak suka suatu topik ya tutup saja halaman berita yang kamu baca tersebut dan pindah ke halaman topik lain yang kamu suka, semudah itu ko?.

Komentar Netizen Indonesia di postingan FB DW Indonesia terkait LGBT

Komentar Netizen Indonesia di postingan FB DW Indonesia terkait LGBT

Kenapa bulan Juni banyak berita LGBT?

Pride month apa itu?

Karena setiap bulan Juni adalah Pride Month. Pride = bangga ; Month = bulan. Kebanggaan gay atau kebanggaan LGBT adalah kegiatan positif melawan diskriminasi dan kekerasan terhadap orang lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT).

Kebanggaan, sebagai lawan dari rasa malu dan stigma sosial, adalah pandangan utama yang mendukung sebagian besar gerakan hak-hak LGBT. Pride digunakan namanya pada organisasi bertema LGBT, lembaga, yayasan, judul buku, majalah, stasiun TV kabel, dan Perpustakaan.

Apa itu LGBT?

LGBT atau GLBT adalah akronim dari “lesbian, gay, biseksual, dan transgender“. Istilah ini digunakan semenjak tahun 1990-an dan menggantikan frasa “komunitas gay” karena istilah ini lebih mewakili kelompok-kelompok yang telah disebutkan.

Singkatan lain seperti:

LGBTQ

LGBTQ+ tanda “plus” mewakili identitas seksual lain termasuk panseksual dan Two-Spirit.

LGBTQIA Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender, Queer, Intersex, dan Asexual.

SGL (“same gender loving”, pecinta sesama jenis).

MSGI” (“minority sexual and gender identities”, identitas seksual dan gender minoritas).

Akronim lain yang mulai menyebar pengunaannya adalah QUILTBAG (Queer/Questioning, Undecided (belum ditentukan), Interseks, Lesbian, Trans, Biseksual, Aseksual, Gay). Akan tetapi, istilah ini juga belum umum.

Bagi yang tertarik lebih jauh silakan baca di sini wikipedia.org/LGBT#cite_note-Gay_Pride_Nee-2

Juni 2021 adalah perayaan Pride Month ke 51 biasanya perayaan dilakukan dengan pawai dijalan, dan karena Pandemi jadi acara ini di berbagai negara mungkin saja tidak dilakukan.

Baca juga: 5 Cara Menghasilkan Uang di Rumah Selama Pandemi Covid-19

Arti warna bendera LBGT

Bendera pelangi, yang umumnya disebut bendera gay dan bendera LGBT, adalah sebuah simbol dari lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) dan gerakan sosial LGBT. (Penggunaan lainnya dari bendera-bendera pelangi meliputi sebuah simbol perdamaian.)

Warna-warnanya merefleksikan keragaman komunis LGBT, dan bendera tersebut sering kali digunakan sebagai sebuah simbol gay saat bendera tersebut dibawa-bawa pada pawai-pawai hak asasi LGBTQ+. Bendera tersebut bermula di California Utara, tetapi sekarang digunakan di seluruh dunia.

Bendera pelangi, yang umumnya disebut bendera gay dan bendera LGBT

“Retro 8” – Versi delapan garis asli yang dirancang oleh Gilbert Baker pada tahun 1978. Bendera pelangi, yang umumnya disebut bendera gay dan bendera LGBT. Sumber wikipedia

Awalnya dirancang oleh seniman Gilbert Baker, desain telah mengalami beberapa revisi sejak debutnya pada tahun 1978, pertama untuk menghilangkan warna kemudian mengembalikannya berdasarkan ketersediaan kain.

Bendera pelangi pertama Baker memiliki delapan warna, meskipun varian yang paling umum terdiri dari enam garis: merah, oranye, kuning, hijau, biru, dan ungu. Bendera biasanya dikibarkan secara horizontal, dengan garis merah di atasnya, seperti pada pelangi alami.

Pada 2008, varian paling umum terdiri dari enam strip, dengan warna merah, jingga, kuning, hijau, biru dan violet. Bendera tersebut umumnya dikibarkan secara horizontal, dengan strip merah di bagian atas, seperti halnya pelangi alam.

Bendera LGBT masing-masing memiliki arti: merah untuk kehidupan, oranye untuk penyembuhan, kuning untuk sinar matahari, hijau untuk alam, biru untuk harmoni dan ungu untuk semangat.

Hak LGBT di Indonesia

LGBT tidak diterima di Indonesia, bahkan saya pernah membaca situs dimana seseorang yang orientasi seksual nya LGBT akan dipecat atau dikeluarkan dari institusi kerjaannya, apalagi kalau kerja di pemerintahan jangan harap bisa terang terangan bilang punya orientasi seksual yang dianggap tidak wajar ini. Tertarik lebih jauh mengenia LGBT di Indonesia bisa baca disini Hak LGBT di Indonesia

Karena LGBT tidak diterima di Indonesia, maka banyak mereka (kaum lgbt) yang akhirnya pergi ke luar negeri, mendapat pasangan (bule) atau pasangan lgbt Indonesia dan menetap di luar negeri.

LGBT wni bikin saluran Youtube?. Berarti sudah siap dengan konsekuensi nya. Berbagai komentar jahat bakalan kamu terima. Paling saya lihat video nya kalau tetiba muncul di halaman depan Youtube ku.

Kalau ybs bikin konten bagus, tidak pamer kemesraan dengan pasangan gay nya biasanya saya tonton. Saya ambil hal positif dari yang saya tonton, toh kalau saya tidak suka, langsung pindah ke saluran lain tanpa kita menuliskan komentar jahat.

Ada yang niat banget sampai nulis komen β€œunfaedah, unfollow DW”. OMG Kalau tidak suka beritanya ya tinggal pergi saja tanpa laporan kan haha. Fyi per akhir Juni 2021 ini FB nya DW Indonesia ada ”926,118 orang yang suka (kasih jempol) dan 1,057,852 people follow”, jadi kalau 1 pergi memang ada yang peduli gitu? Haha.

Tadinya mau lanjut cerita tentang pasangan gay Indonesia di Jerman yang proses adopsi anak, ah sudah kepanjangan postingannya, kubahas dilain waktu saja kalau mood nulis ku muncul.

Baca juga: Belum Niat Pindah Warga Negara Perpanjang PASPOR Indonesia di Jerman Kedua Kalinya

Sekali lagi saya bukan pendukung LGBT dan kalau ada yang komen tidak baik di postinganku tentu saja akan langsung saya lempar ke tempat sampah ya haha. Beda pendapat boleh, beda pemikiran boleh asal jangan tunjukkan kebegoanmu di komentar walau di dunia maya sekalipun.

 

Demikianlah cerita saya mengenai Pride Month Alasan Mengapa Bulan Juni Banyak Berita LGBT. Kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke blog saya dan suka tulisan ini silakan subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

 

Sumber bacaan:

10 Comments

  1. festadellaverena July 2, 2021
  2. Una July 1, 2021
  3. niee July 1, 2021
  4. J'Γ©tais Parisienne June 30, 2021
  5. festadellaverena June 30, 2021
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: