Agar Video Youtube Kamu Lebih Lama ditonton Gunakan Fitur Timestamp

Agar Video Youtube Kamu Lebih Lama ditonton Gunakan Fitur Timestamp. “Bagaimana caranya agar video Youtube kita banyak yang tonton?“ ; “Cara agar yang nonton Youtube kita betah nonton lebih lama?“ ; “Pakai cara apa agar jam tonton saluran youtube cepat naik?“ ; „bagaiaman cara meningkatkan retensi penonton youtube”.

Agar Video Youtube Kamu Lebih Lama ditonton Gunakan Fitur Timestamp

Apakah kamu secara berkala melihat analitik saluran Youtube mu?. Apa kamu biasanya buat video rata-rata durasi 10 menitan bahkan lebih lama?, lalu berapa „durasi tonton rata-rata saluran kamu?“.

Tulisan Terkini

Retensi penonton 2021 youtube saluran kebun emak benjamin

Retensi penonton 2021 (Jan – 3 Juli) Youtube Saluran Kebun. Durasi tonton rata-rata naik berkat timestamp, tapi waktu tonton turun 70% karena ku bikin tema yang kusuka dan sedikit minat atau dicari netizen

Kalau untuk tema tutorial, biasanya durasi tonton rata-rata 30 detik sampai 1 menit sudah bagus. Kenapa?, karena tutorial „cara mengatasi laptop hang, cara mengatasi laptop tidak bergerak dan tutorial cara mengatasi hal lainnya“ kalau penonton sudah mendapat penyelesaian akan pergi, dan penonton yang cari cara mengatasi di Youtube biasanya tidak punya ikatan emosional dengan pemilik saluran, penonton tema begini cepat datang cepat pergi.

Kamu yang punya saluran tema tutorial sebaiknya tidak membuat penonton terlalu lama menemukan apa yang mereka cari, netizen model begini tidak segan akan memaki di kolom komentar kalau videonya terlalu lama.

Retensi penonton tahun 2020 saluran youtube kebun emaknya benjamin

Retensi Penonton Tahun 2020 (Jan – des). Saluran Youtube Kebun ku. Fitur timestamp mulai ada Nov 2020, langsung kubuat pada video baru. Jam tonton naik karena ada beberapa video naik daun alias sering direkomendasikan Youtube

Beda halnya dengan tema vlog jalan-jalan atau youtube tema keluarga, biasanya panjang kan, kalau membosankan penonton juga akan pergi dengan cepat. Hmm bisa saja videonya bagus banget, kinclong gambarnya, ya namanya netizen gitu loh kalau tidak sesuai minatnya bakalan kabur haha.

Kaburnya penonton sebenarnya bukan karena videonya tidak bagus, namun karena tingkat kebosanan menatap layar itu tinggi, baik bacaan (artikel/blog) atau video daya tahan seseorang menatap layar biasanya 1-2 menitan. Trik membuat penonton betah, setiap 2 menit video cobalah buat yang berbeda, misal memasukkan animasi, tulisan atau gambar bergerak.

Baca juga: Penyebab Video Trending di Youtube Padahal Youtuber nya Jarang Upload

Sejak November 2020 ada fitur Youtube yang bisa meningkatkan retensi penonton, dalam arti penonton diharapkan lebih lama betah menonton video kita, jika kita tampilkan fitur ini.

Timestamps Add Chapters Fitur Baru Youtube Meningkatkan Retensi Penonton

Dengan menggunakan Stempel waktu, kita bisa beritahu ini loh topik-topik yang saya tampilkan divideo Youtube ku ini, silakan dipilih mana yang suka dan mau ditonton, jadi penonton tinggal klik angka nya.

 

Fitur Youtube timestamps (stempel waktu)

  • Seperti daftar isi video fungsinya.
  • Setiap bagian tema diberi penanda waktunya.
  • Menautkan ke momen tertentu dalam video.
  • Mengarahkan video ke menit dan detik yang ditandai.
  • Video bisa diskip (diloncati) ke menit yang kita mau tahu isinya.
  • Mempermudah penonton loncat ke bagian tertentu.
  • Bagian video yang menarik dan penting tidak terlewat.
  • Meningkatkan retensi penonton.
  • Pada komenta bisa pula dibuat penanda waktu, misal 4:00 lucu banget ; 5:50 akar anggreknya sama seperti punyaku kena penyakit.
  • Stempel waktu dimulai dari 0:00 (silakan lihat contoh video ku)

 

 

Video Agar Video Youtube Kita ditonton Lebih Lama Bikin Penonton Betah

YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua di dunia dan situs yang paling banyak dikunjungi kedua setelah Google. Secara mengejutkan, 73% orang dewasa AS menggunakan YouTube, platform ini populer secara global – tersedia dalam 80 bahasa yang berbeda (di lebih dari 100 negara).

Dengan lebih dari 2 miliar pengguna yang masuk setiap bulan di Youtube, semua orang mulai dari perusahaan/brand atau pembuat video individu mengandalkan situs ini untuk menampilkan konten di hadapan penonton.

Cara meningkatkan retensi penonton Youtube

Audience retention atau retensi penonton adalah persentase rata-rata dari video YouTube yang ditonton orang.

Persaingan makin tinggi di Youtube, dengan banyak pilihan tontonan tentu saja penonton datang dan pergi dengan cepat, kalau kamu ingin video Youtube mu lebih lama ditonton (menaikkan jam tonton juga), jangan ragu gunakan fitur timestamp Youtube.

Stempel waktu tidak hanya membuat penonton betah di video kita, tetapi juga berfungsi untuk meningkatkan SEO video di Youtube dan Google. Kalau ada seseorang mencari sesuatu di google, mengetikkan kata kunci (misal) cara merawat anggrek bulan layu daunnya, akan muncul hasil pencarian bentuk artikel dan video. Saluran kebun Emaknya Benjamin paling banyak mendapat penonton dari mesin pencari, karena memang saya selalu riset 2-3 kata kunci sebelum video saya terbitkan.

Baca juga: 9 Tips Menjadi Youtubers Pemula Biar Cepat Dapat Subscribers

Cara membuat timestamp di Youtube

  • Fitur timestamp ini bisa diletakkan di video deskripsi bisa punya dibuat pada kolom komentar. Kalau mau buat di komentar, jangan lupa di „pin“ jadi akan selalu berada di bagian atas sebagai komentar pertama.
  • Agar dapat menggunakan segmen video, pastikan stempel waktu pertama dimulai dengan 00.00. Video harus memiliki minimum tiga stempel waktu yang tercantum dalam urutan menaik. Durasi minimum segmen video adalah 10 detik.
  • Angka menit timestampnya bisa ditaruh diawal atau akhir chapter.
  • Video lama dan video baru bisa dibuat timestamp nya, misal ada video lama masuk ke top 10 video di tonton minggu ini, supaya penonton makin betah nonton bagus kalau dibuat timestamp nya.

Demikianlah share saya mengenai: Agar Video Youtube Kamu Lebih Lama ditonton Gunakan Fitur Timestamp. Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan Youtuber lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan blog Pursuingmydreams berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Sumber bacaan:

 

4 Comments

  1. imavandam July 5, 2021
  2. imavandam July 4, 2021
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: