Perkembangan Benjamin Usia 9 ke 10 Bulan

Perkembangan Benjamin Usia 9 ke 10 Bulan. Sudah menjadi kebiasaan kalau postingan milestone Benjamin selalu telat tayang dari usia anaknya :mrgreen: harap maklum ya yang pada nanyain tentang perkembangan Ben hehe. Sebenarnya saya sudah punya draftnya, saya selalu nulis perkembangan Ben di buku catatan dulu, jadi semacam buku diarilah, nah memindahkan catatan tersebut ke blog yang selalu terkendala macam-macam hal.

Saya menulis di buku catatan dulu karena kalau langsung nulis ke blog akan lama sekali untuk mikir ulang apa saja kemampuan Ben saat itu. Selain diari Ben, banyak topik yang saya buat dulu di buku catatan tersebut. Ada sedikit ide saya tulis, dapat point berikutnya tulis, jadi ketika saya tidak punya tema tulisan blog, saya akan buka buku diari saya πŸ™‚ .

Tabel kemampuan bayi usia 9 hingga 12 bulan

Tabel kemampuan bayi usia 9 hingga 12 bulan

 

Berikut ini kemampuan/perkembangan Benjamin saat jagoanku tersebut berumur 9 bulan:

β€’ 19 April 2015 untuk pertama kalinya Benjamin main-main saat makan. Makanan dalam mulut dikeluarkan sedikit lalu ketawa, makanan disembur ketawa girang sekali. Saya bilang β€žjangan begitu Ben, jadi kotor kan makanannya tersembur muncrat kemana-manaβ€œ. Eh tetap dia lakukan. Saya tidak tertawa sama sekali, karena nanti Ben pikir saya senang dia begitu. Iya sih lucu banget, apalagi saat Ben ketawa terpingkal-pingkal saat dia kira dia bisa melakukan hal tersebut pertama kali lucu banget tertawanya.

Keesokan harinya dia begitu lagi, hari berikutnya jadi anak baik, minggu depannya terulang lagi, lalu jadi anak baik begitu selang seling setiap hari. Saat bapaknya menemani makan, Ben begitu lagi sembur-sembur makanan dalam mulut, ketawa dong bapaknya, nah saya bilang β€žjangan ketawa, larang dong, nanti dikira Ben kita senang dia begituβ€œ. Orangtua harus kompak, saat ibu bilang β€žtidakβ€œ jangan si ayah membolehkan, nanti dikira si anak mending sama bapak saja kan boleh.

Bapaknya Benjamin bilang saya sebaiknya pakai jas hujan plastik saat memberi makan Ben jadi baju saya tidak kotor. Temannya dia begitu katanya, anaknya mirip seperti Ben sembur-sembur makanan. Ah saya belum tertarik ide tersebut πŸ˜› .

β€’ Ben sudah lancar merangkak super cepat, nah saat merangkak, mainan dipegang atau ada dibawah perut Ben, berisik sekali jadinya, Ben merangkak sambil seret-seret mainan. Suka sekali dia begitu πŸ˜† .
β€’ Kalian sudah pernah lihat video Ben saat mengejar kucing kan?, ada di postingan jalan-jalan Belanda. Ben memang berani mengejar kucing dan anjing. Kucing dan anjingnya malah lari karena dikejar-kejar Ben. Saya kira Ben tidak takut apapun, termasuk tidur malam tanpa lampu, tidak pernah takut. Nah di usia 9 bulan ini baru ketahuan Ben punya ketakutan juga, yakni takut serangga yang bisa terbang.

-Suatu malam saya suapi Ben, dia duduk di bangkunya, ada serangga terbang dilampu gantung diatas meja makan. Ben langsung histeris ketakutan.
-Pagi hari kami sedang diruang tamu, Ben asyik main sendiri, saya nonton tv. Terdengar suara lebah yang besar terbang di balkon. Depan ruang tamu ada balkon. Ben histeris ketakutan lalu merangkak cepat ke saya. Jendela ke balkon memang sedikit terbuka, jadi memang terdengar kalau ada lebah beterbangan di tanaman-tanaman saya.

Saya sering menjelaskan ke Ben β€žcuma serangga Ben, jangan takut, sudah terbang jauh tuh serangganyaβ€œ. Tetap saja besok-besok ada serangga terbang lagi, ya dia histeris ketakutan. Termasuk lalat didapur kan bisa terbang juga, Ben juga takut.

β€’ Bisa berdiri tanpa berpengangan. Duduk lalu diri bisa dong tidak berpengangan. Tahan berdiri setengah menit. Kami sebagai orangtuanya memang tidak pernah paksa Ben untuk berjalan, kapan si anak siap, dia akan mencoba sendiri.

Video Benjamin belajar berjalan

 

β€’ Di usia 9 bulan ini pertama kali saya kasih buah pepaya ke Ben. Cari pepaya juga susah, pas ada mahal sekali. Pepaya diblender lalu campur air jeruk. Saya berikan tiap hari, mumpung lagi ada pepaya bagus dan dan besar. Selama seminggu pup Ben bau kotoran burung kutilang hahaha. Dulu sekali dirumah orangtua saya banyak pelihara burung, asal muasal pelihara burung, karena ada burung kutilang nyasar ke rumah kami. Nah itu burung dikasih pepaya melulu. Jadi gitu deh baunya.

Di Jerman jarang ada pepaya besar begini. 1 pepaya harganya 7 euro sekitar Rp.100rb. Tersedia di Kaufland atau Rewe

Di Jerman jarang ada pepaya besar begini. 1 pepaya harganya 7 euro sekitar Rp.100rb. Tersedia di Kaufland atau Rewe

 

β€’ Sesuai saran Bebe di Swedia, supaya anak tidak pencet tombol-tombol. Itu tombol ditutupi karton. Karena saya sudah sering tarik urat untuk melarang Benjamin, jadi saya cobalah saran Bebe. Hingga saat ini tombol power tv amanlah tidak dipencet-pencet lagi, padahal kertas buat nutupnya putih dan tombolnya hitam, tapi Ben tidak buka loh. Tapiiiii tidak ampuh buat tombol power CPU computer. Kertasnya dicopot dan mau dimakan Benjamin, anaknya banyak akal haahaha.

Mengikutin saran Bebe swedia, tutup tombol power dengan karton supaya tidak dipencet-pencet, ternyata Ben banyak akal, dilepas dan dimakan tuh kertas haha

Mengikutin saran Bebe swedia, tutup tombol power dengan karton supaya tidak dipencet-pencet, ternyata Ben banyak akal, dilepas dan dimakan tuh kertas haha

 

β€’ Mengoceh atau ‘babbling‘ adalah tahap awal dari perkembangan berbicara anak. Makin seru ngoceh tatata ta tata tatata. Apalagi saat Ben kesal ngoceh nya heboh lucu sekali melihatnya. Saya sering ladeni Ben bicara tatata juga, nyambung kali bahasa saya karena Ben jadi ketawa girang. Fyi saat ini saya sudah tidak bicara tatata lagi, saya bicara dengan kalimat yang benar, karena begitu sebaiknya kata website pengasuhan anak yang saya baca. Memang lucu sih diladeni ngomong tatatata namun saya ingin dong Ben bisa bicara dengan kalimat yang benar, makanya pas bapaknya yang juga meladeni dengan gaya bicara seperti Ben, saya bilang supaya bicara dengan kalimat yang benar.

Video Ben serius dan asyik mainin hp jadul bapaknya

 

β€’ Diakhir usia 9 bulan ini, Ben mulai narik-narik benda-benda yang lebih tinggi dari dia. Ben jinjit sambil narik-narik benda yang ada dipingiran meja. Suatu hari saya dengar bunyi β€žgedebuukkβ€œ lalu hening tidak ada jeritan Ben. Ternyata Ben narik tempat buah yang berat dan buah-buahannya berjatuhan. Untung saja tuh tempat buah tidak bergeser. Jadi saya sudah jauhkan benda-benda dari pinggiran meja dapur. Kalau meja diruang tamu sudah lama atasnya kosong, bahkan tidak pakai taplak lagi, karena Ben senang tarik-tarik.

Perkembangan Benjamin Usia 9 ke 10 Bulan. Setiap kali di potret menggunakan tablet, gaya Benjamin selalu mulut terbuka lebar

Setiap kali di potret menggunakan tablet, gaya Benjamin selalu mulut terbuka lebar

 

β€’ Benjamin pintar main sendiri, ya memang tidak terus-terusan sendiri, terkadang kalau dia bosan akan mencari perhatian saya 😎 .

Video Benjamin asyik bermain sendiri

 

Sampai jumpa di milestone Benjamin berikutnya. Rencananya saya akan menyudahi bikin postingan milestone seperti ini sampai Benjamin usia 1 tahun. Setelahnya kalau ada yang wah banget mengenai Ben baru saya ceritakan πŸ˜‰ .

Oh ya biasanya saya menyebut suamiku tercinta β€žbabenya Benjaminβ€œ mulai kali ini saya ganti jadi β€žbapaknya Benjaminβ€œ. Karena saya sudah temukan widget penterjemah buat blog, jadi bapaknya Ben senang deh bisa kembali sedikit mengerti isi tulisan blog saya ini.

Beberapa foto tambahan, saat Benjamin usia 9 bulan:

 

Contoh Permainan anak 9 bulan. Masukan anak kedalam kardus beserta mainan kesayangannya. Sayang kardusnya kekecilan, tidak sempat cari yang besar hehe

Contoh Permainan anak 9 bulan. Masukan anak kedalam kardus beserta mainan kesayangannya. Sayang kardusnya kekecilan, tidak sempat cari yang besar hehe

 

Gaya Ben saat serius main sendiri

Gaya Ben saat serius main sendiri

 

Gaya Ben naik mobil, biasa kaki kebawah nih kali kaki naik bergaya gitu yaa

Gaya Ben naik mobil, biasa kaki kebawah nih kali kaki naik bergaya gitu yaa

 

Gaya senyum manis Benjamin dan gaya serius saat bermain

Gaya senyum manis Benjamin dan gaya serius saat bermain

 

Gaya Benjamin mainin hp papa. Bagaimana telp si papa ya, Ben pencet-pencet nomernya kenapa tidak nyambung. Ga nahan deh gaya berlutut si Ben lucuuu

Gaya Benjamin mainin hp papa. Bagaimana telp si papa ya, Ben pencet-pencet nomernya kenapa tidak nyambung. Ga nahan deh gaya berlutut si Ben lucuuu

 

Jurnal Benjamin lainnya bisa dilihat pada Jurnal anak – Benjamin.
Baca juga : Peran Ayah Dalam Keseharian Bayi

Advertisements
Advertisements

56 Comments

  1. adelinatampubolon June 16, 2015
  2. fildza June 4, 2015
  3. Abdul Wahab May 27, 2015
  4. Oma Kiarra May 26, 2015
  5. alrisblog May 26, 2015
  6. cumilebay.com May 25, 2015
  7. Bertha May 25, 2015
      • Bertha May 26, 2015
  8. Arman May 25, 2015
  9. Nora Mayasari May 25, 2015
  10. Nora Mayasari May 25, 2015
  11. sondangrp May 25, 2015
  12. dianryan May 25, 2015
  13. denaldd May 24, 2015
  14. Melissa Octoviani May 24, 2015
  15. prih May 24, 2015
  16. baiqrosmala May 24, 2015
      • baiqrosmala May 25, 2015
  17. niee May 24, 2015
      • niee May 25, 2015
  18. rumahkubahagiaku May 24, 2015
  19. fanny fristhika nila May 23, 2015
  20. Rifai Prairie May 23, 2015
  21. Reservasi.com May 23, 2015
  22. Puji May 23, 2015
  23. Ria Angelina May 23, 2015
  24. febiamalia May 23, 2015
  25. ardiantoyugo May 23, 2015
  26. Febriyan Lukito May 23, 2015
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: