Mengecek Link Patah Bikin Jari Keriting

Mengecek Link Patah Bikin Jari Keriting. Apakah sahabat bloger mengecek link patah (broken link) di blogmu secara teratur?. Berikut ini manfaat jika kita rajin membuang atau memperbaiki link patah di blog:

  1. Saat menuliskan komentar kalau tidak punya blog tolong ya jangan tulis macam-macam di kolom website, kosongkan saja. Banyak yang nulis alamat blog fiktif, misalnya nama yang komentar namadiri.com, ada juga yahoo.com, google.com dan banyak web alay lainnya yang ditulis. Bahkan banyak juga yang hanya tulis www saja 🙁 .
Mengecek Link Patah Bikin Jari Keriting. Hasil mengecek link patah, banyak sekali link yang harus dihapus karena tidak aktif atau linknya tidak benar karena hanya bikinan yang komen :D

Hasil mengecek link patah, banyak sekali link yang harus dihapus karena tidak aktif atau linknya tidak benar karena hanya bikinan yang komen 😀

 

Fyi kalau linknya fiktif alias pas diklik tidak terbuka itu bikin blog yang kamu komentari jadi jelek, iya loh, kan link mati (dead link) memberikan efek jelek buat blog tsb, istilah kerennya menurunkan kualitas SEO blog. Saat berkomentar alamat mesin pencari dituliskan di kolom website sepertinya tidak perlu deh, kalau tidak punya blog lebih baik dikosongkan saja 😉 .

Saya cape harus sering cek dead link begitu, waktunya lebih baik digunakan buat berkebun toh :mrgreen: . Makanya tiap ada yang komentar saya cek, apakah ybs nulis web alay atau tidak. Ada juga yang punya blog tapi dia mungkin tidak mau blognya dikunjungi, jadi tuh kolom web/blog ditulis dengan alamat yang salah (fiktif). Saya sih sudah tahu orang-orangnya, makanya tiap dia komentar pasti saya hapus saja nama blog dia. Kamu bisa ko hanya mengisi nama dan email kalian, maka komentar akan muncul. Tenang saja email kalian tidak terpajang secara umum, hanya saya yang bisa lihat. Bisa juga berkomentar dengan menghubungkan id sosial media yang kalian ikuti, misal fesbuk atau twitter.

  1. yang punya domain sendiri tidak nebeng misal sama wordpress atau blogspot tuh sering domainnya tidak diperpanjang lagi, jadi domainnya pas diklik tidak bisa dibuka. Itu namanya dead link juga. Pernah saya mengedit alamat blog si pengomentar, dari domain lama ke yang sekarang eksis. Duuhh keriting tangan bo, karena komentar ybs ratusan hahaha.
  2. Blog tidak aktif lagi, baik domain yang ada atau blog gratisan. Tangan saya keriting juga harus kosongin semua nama blog ybs dari kolom komentar dia. Nama diri dan komentar ybs tetap terpajang.
  3. Sorry saya tidak terima titipan jemuran (istilah sekelompok blogger), kalau komentar silakan komentar saja. Jangan promosi blog/tulisan kamu secara berlebihan. Kan sudah ada kolom untuk menuliskan alamat blog kamu, jadi tidak perlu menuliskan ulang link postingan terbaru kalian pada komentar yang kamu buat. Tahu ga sih kalau model nitip-nitip jemuran begitu adalah spam?, kalau tulisan kamu itu kamu hapus, itu bikin dead link ke blog saya!. Kalau lebih dari dua kali saya terima yang tiitp link dari orang yang sama, biasanya komentar ybs saya tandai spam.

Broken link berasal dari kata broken dan link, broken artinya pecah, mati, dan link artinya tautan, link. Jadi, broken link itu adalah Link yang mati, jika di klik maka akan menemukan halaman yang page not found. Page not found adalah halaman yang salah atau halaman yang tidak ada halamannya.

Kenapa saya kuatir sama link patah (broken link/dead link)?:
• Menurunkan kualitas SEO blog.
• Broken link mempengaruhi pagerank dan pengindeksan blog oleh mesin pencari (Search engine). Banyak link patah bikin pagerank blog jadi turun dong.
• Kalau terlalu banyak dead link di blog saya, blog saya bisa dianggap spam oleh search engine, karena yang dicari pengunjung tidak ada, karena link yang diklik pegunjung ternyata linknya patah.
• Kasihan pegunjung, mereka lihat komentar keren kamu, penasaran sama kamu dan lihat ada nama blog kamu, eh pas diklik blognya fiktif alias tidak ada not found.

Saya senang kalau tulisan saya dikomentari, maunya ya dikomentari secara positif dong ya 😀 . Belakangan ini banyak postingan saya buka kolom komentarnya. Dulu sempat terpikir akan saya tutup, alias semua postingan tidak bisa dikomentari lagi. Saat komentar tulisan di tutup jadi bisa fokus hanya nulis saja, termasuk bisa punya lebih banyak waktu untuk blogwalking.

Saya baca sana sini blog seo, timbang baik buruknya untuk tetap buka komentar atau tidak, bahkan blogdolar.com yang selalu saya baca, sekarang sudah ditutup kolom komentarnya. Kalau tulisan saya tutup komentarnya banyak blogger akan menjerit tidak bisa eksis di blog saya haha. Dulu ada yang komplain begitu hehe. Habis kadang saya kesal kalau ada yang komentar tapi minta dikunjungi balik 😛 .

Panjang sekali palagraf penutupnya! 😆 .

Saya biasanya cek link patah secara berkala menggunakan www.brokenlinkcheck.com katanya bisa juga mengecek melalui google analitik, cuma saya tidak ngerti caranya.

Seberapa sering kalian mengecek link patah di blog?.

 

Sumber:
http://haqiqiw.blogspot.de/2013/08/pengertian-broken-link-apa-penyebab-dan.html
http://infokubloggers.blogspot.de/2013/12/cara-cek-memperbaiki-broken-link-blog-brokenlinkcheck.html

 

Baca Juga: Cara Mengatasi Komentar Blog Tidak muncul

Advertisements
Advertisements

50 Comments

  1. prih May 29, 2015
  2. adhyasahib May 29, 2015
  3. Rere May 29, 2015
  4. citramanica May 29, 2015
  5. denaldd May 28, 2015
  6. joeyz14 May 28, 2015
  7. mayang_koto May 28, 2015
  8. nyonyasepatu May 28, 2015
      • nyonyasepatu May 28, 2015
  9. Heni Puspita May 28, 2015
  10. liandamarta.com May 28, 2015
  11. rumahkubahagiaku May 28, 2015
  12. Ria Angelina May 28, 2015
  13. -n- May 28, 2015
  14. niee May 28, 2015
  15. Arman May 28, 2015
  16. Dita May 28, 2015
  17. jampang May 28, 2015
  18. Puji May 28, 2015
  19. gustina May 28, 2015
  20. MS May 28, 2015
  21. ardiantoyugo May 28, 2015
  22. Anna Meutia May 28, 2015
      • Anna Meutia May 28, 2015
  23. pleisbilongtumi May 28, 2015
  24. Febriyan Lukito May 28, 2015
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: