Memotret Bunga Tulip

loading...

Memotret Bunga Tulip. Saya senang sekali, ada 2 pot tulip sudah mekar. Cantik tulip-tulipnya!. Yang satu pot lagi baru tadi pagi saya lihat ternyata sudah kelihatan bunganya, tapi masih kuncup, warnanya kuning, namanya tulip Yokohama.

Disini saya akan memperlihatan foto-foto dari 1 pot tulip dulu ya. Sesuai judulnya “Memotret Bunga Tulip” maka saya ingin menyajikan lebih banyak foto-foto bunganya.

*klik gambar untuk melihat ukuran besar

Memotret Bunga Tulip. 36 Bibit Tulip Rendam Bibitnya 24 Jam lalu Ditanam 17 Oktober 2012
36 Bibit Tulip Rendam Bibitnya 24 Jam lalu Ditanam 17 Oktober 2012

Ketika menanam bibit tanaman, saya selalu memperhatikan petunjuk penanamannya (etiket), jadi saya bisa menyesuaikan ukuran pot yang saya gunakan, apakah pot yang saya pilih sanggup menampung dan menopang tinggi tanaman nantinya.

36 bibit tulip yang saya tanam, yang paling tinggi saya tanam paling belakang dan yang pendek di bagian depan. Bisa juga diatur kombinasinya supaya yang pendek tidak tertutupi nantinya.

Dari Penanaman 17 Oktober Baru Mulai Terlihat Bibitnya Tumbuh Pada 28 Desember 2012
Dari Penanaman 17 Oktober Baru Mulai Terlihat Bibitnya Tumbuh Pada 28 Desember 2012

Isi potnya :
Tulip Darwin Hybrid warna merah muda 12 bibit perkiraan tinggi 60 cm. Tanam di bagian kiri belakang.
• Tulip Darwin Hybrid warna kuning kemerahan 6 bibit perkiraan tinggi 60 cm. Tanam di bagian kiri depan.
Tulip Triumph 6 bibit perkiraan tinggi 45 cm warna campuran. Tanam di bagian kanan belakang.
• Tulip Darwin Hybrid 6 bibit warna merah hati perkiraan tinggi 35 cm. Tanam di bagian kanan depan.

Terlihat Pertumbuhan yang Luar Biasa. Tulip Semakin Tumbuh Besar
Terlihat Pertumbuhan yang Luar Biasa. Tulip Semakin Tumbuh Besar

Setelah tulip tumbuh semakin besar, saya jaga jangan sampai kena suhu dingin yang ekstrim. Jadi kalau matahari bersinar cerah atau suhu diluar rumah sekitar 5 derajat saya keluarkan. Ada seminggu an selama bulan Januari potnya saya taruh diluar karena cuacanya bagus 5 hingga 10 derajat celcius hingga malam hari.

Sebenarnya tulip tahan cuaca dingin (suhu minus), namun pertumbuhan jadi agak lambat karena tanah menjadi keras (membatu). Jadi saya HARUS rajin memantau cuaca dan memindah-mindahkan potnya keluar dan ke dalam rumah.

Lihattt Tulip Mulai Muncul Bunganya
Lihattt Tulip Mulai Muncul Bunganya

Tulipku yang cantik pada 04 Februari 2013

Kamera yang saya gunakan hanya kamera (saku) digital biasa, merek : sony 4x optical zoom steadyshot dsc-w310. Tombol untuk pindah modus kamera ke Video dan sebaliknya sudah patah hiks karena kebanyakan di turun naik pindah-pindah modus :(.

Tulipku yang cantik pada 05 Februari 2013

Tulipku yang cantik pada 06 Februari 2013

Kemudian di kameraku ada bintik hitam di bagian bawah tengah, bukan lensanya yang kotor, karena lensanya sudah dibersihkan ko. Mau ganti belum ada dananya. Tetap bersyukur masih bisa menyalurkan hobby potretin tanaman-tanamanku. Bersyukur kedua, memori cardnya kapasitas 8 GB. Tahun lalu, suamiku memutuskan membeli memori yang lebih besar supaya saya bisa leluasa membuat banyak video singkat dan tentunya juga foto-foto ;-).

Tulipku yang cantik pada 07 Februari 2013

Tips Memotret Tanaman (bunga) :

Beberapa kali saya gunakan flash hasilnya tidak memuaskan, terlalu terang!. Mengikuti tutorial bebenyabubu.com maka saya mengandalkan sinar matahari sebagai sumber cahaya. Matikan flash kamera, cukup andalkan sinar matahari yang masuk dari jendela. Belakang saya lebih banyak memotret tanaman dalam rumah, karena diluar masih bersalju dan dingin. Hasil foto-fotonya bagus ga? Bagus bagus kan ;-).

Banyak yang bertanya ke blog saya atau mengirim email, menanyakan apakah tulip bisa tumbuh di Indonesia, nah kemarin Jhon Leah bilang tulip dia sedang berbunga tuh, berarti bisa dong yaaa asal ikuti tips penanamannya. Komentar Jhon Leah klik disini

 Komentar Jhon Leah. Ternyata Tulip bisa Tumbuh di Indonesia
Komentar Jhon Leah. Ternyata Tulip bisa Tumbuh di Indonesia

Tulipku yang cantik pada hari ini 08 Februari 2013

Seperti yang pernah saya katakan di tulisan sebelumnya mengenai tulip, bulb flower seperti tulip, hyacinth, Narcissus dll selesai berbunga jangan dibuang. Potong bunga dan daunnya yang telah mati hingga ke ujung umbinya, lalu umbinya di angin-anginkan selama 1-2 minggu atau hingga kering, masukkan dalam plastik (wadah berlubang-lubang) dan simpan di tempat kering dan sejuk. Nantinya bibit bisa di tanam kembali. Tips penanaman tulip dari saya klik disini

Tamanku dalam Rumah. 08.02.2013
Tamanku dalam Rumah. 08.02.2013

Video Menanam Bunga Tulip dari Bibit.

Siapa yang punya bunga ditulip? Hayoo warna apa yang kamu punya? 🙂

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

Baca juga: Kumpulan artikel Bunga Tulip yang Indah

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

119 thoughts on “Memotret Bunga Tulip

  • February 22, 2014 at 3:13 pm
    Permalink

    ka saya mau dong gmn cara dapet bibitnya….

    • February 23, 2014 at 9:06 am
      Permalink

      Hai Wulan, bibit tulip dan bibit bunga musim semi lainnya beredar lagi september hingga Desember 2014. Jika berkenan saya masukkan nama Anda ke daftar pemesan dulu ya, pada bulan sept akan email 🙂 .

  • March 17, 2013 at 10:39 am
    Permalink

    CANTIKNYOO!! XD
    Suka bunga tapi saya ga telaten masalah tanam-menanam, jadi penikmat saja deh

  • February 24, 2013 at 5:38 pm
    Permalink

    dulu selalu merasa kalau tulip itu bunga yang kaku lo Mba, tapi lihat di blog ini terasa kalau tulip adalah bunga yang luwes dan lemah gemulai. Hihihi. gitu deh yang saya rasakan. 😀

    • February 24, 2013 at 10:19 pm
      Permalink

      Tulipnya selalu mencari sinar matahari Dan, jadi kalau aku putar potnya tiap hari atau ganti posisi ya jadi berubah2 posisi tulipnya :D.

  • February 20, 2013 at 3:01 am
    Permalink

    tulip nya cantik.. seperti diri mu..
    info tulip yg menambah ilmu qu.. 🙂

    • February 19, 2013 at 8:58 pm
      Permalink

      Soalnya diluar masih dingin kadang minus :(, jadinya tamannya dalam rumah dulu :D.

      • February 19, 2013 at 9:03 pm
        Permalink

        Ooh kirain emang permanen di situ, tp keliatan bagus kok di situ 😀

  • February 15, 2013 at 1:37 pm
    Permalink

    wah..bagus sekali tulipnya mba ^^, kapan2 mau juga nyoba nanam di sini 😀

    url 4youblog.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 29.01.2017

    • February 12, 2013 at 10:14 am
      Permalink

      Iya sis Wany, kalau tulipnya sudah selesai berbunga umbinya saya bersihkan dan saya jual.
      Semuanya bagus yaa. Yang besar kelopaknya itu warna pink tua adalah jenis hibrida. Saya juga baru tau hibrida ternyata besar euy bunganya.

      • February 13, 2013 at 2:36 am
        Permalink

        iy sis,pengen yg wrn kuning n bergerigi tu!hahaha…..
        pemandangan yg luar biasa sis!
        kembangkn jg bibit bunga laen donk sis!hihihi…….

        • February 13, 2013 at 7:13 pm
          Permalink

          Bagus ya sis, bibit tulip lain? nantikan postingan berikutnya :D.

  • February 11, 2013 at 3:45 am
    Permalink

    aaaaakkkk, cantik kali mba bunganyaaa, pengen nanam bunga tapi kalo disini ketauan ada air tergenang bisa kena denda, untuk org slebor macam aku ini bisa ga slamet huhuhuuu

    • February 11, 2013 at 7:12 pm
      Permalink

      Hahahah slebornya spt apa mbak Riri? pernah diceritakan di blog ga? *penasaran hihii.

      • February 12, 2013 at 4:26 am
        Permalink

        belum pernah mba ahahhaaaa, tp ide bagus tuh untuk ditulis di blog mwahahaaa 😀

  • February 11, 2013 at 3:44 am
    Permalink

    Cantik banget kak bunganya…mau deh nanam2 gitu, tapi sayangnya tinggal di kos yang tak ada tempat untuk nanem2 bunga :”D

    • February 11, 2013 at 7:11 pm
      Permalink

      Bisa nanam2 di pot kok :D. Kontrakanku sekarang juga ga ada taman, krn kami tinggal di lantai 1, jadi aku nanam2 di balkon nantinya.

  • February 10, 2013 at 11:57 pm
    Permalink

    Dari menanam tulip bisa belajar kesabaran ya Kak. Dan benar, segala sesuatunya itu ada prosesnya….

  • February 10, 2013 at 8:44 pm
    Permalink

    Nellaaaa aduuhh ngiri bgt kamu nih telaten banget ya sama tumbuhan, aku kayaknya walaupun nyoba tp tetep pasti matik bunga nya/taneman nya. Mesti rajin2 liat tutorial kali ya? hehe.

  • February 10, 2013 at 3:25 pm
    Permalink

    cantik2 mbaaak 🙂 tapi benar2 harus sabar ya.

    salam
    /kayka

    • February 10, 2013 at 4:47 pm
      Permalink

      Iya mba Kayka, harus sabar dari bibit sampai keluar bunganya 4 bulan :D.

  • February 10, 2013 at 9:03 am
    Permalink

    Nella,, kamu bener2 bertangan dingin. Nanem apa aja tumbuhnya bagus. Kapan mulai dibisniskan nel?

    • February 10, 2013 at 11:17 am
      Permalink

      Sudah mulai dibisniskan mbak, nampaknya banyak yang berminat hanya pada tulip :D.

  • February 10, 2013 at 5:17 am
    Permalink

    Wow…wow…#sambil koprol.
    elok nian bunga tulipnya.suka deh…,^_^v

  • February 10, 2013 at 4:24 am
    Permalink

    Mbak Nella.. selamat ya.. cantik2 banget tulipnya.. pasti berkat usaha keras merawatnya ya mbak, sampe harus bongkar muat ke dalam dan luar rumah jika cuaca tidak mendukung,,, salam buat yang merah itu,hehe

    • February 10, 2013 at 11:15 am
      Permalink

      Heheheh thanks ya Evan, nanti saya sampaikan salam buat si merah yang cantik :).

  • February 9, 2013 at 11:26 pm
    Permalink

    cantik bangeeet kaaak 😀 aku ikut menikmati lewat foto-foto aja kak 🙂

    • February 10, 2013 at 11:13 am
      Permalink

      Terima kasih ya sudah berkunjung. Happy Sunday H0tchocolate :).

  • February 9, 2013 at 5:45 pm
    Permalink

    waah ternyata tulip bisa mengembang kalau sudah mekar ya mbak?
    selama ini saya kira tulip itu memang bunga yang cuma kaya kuncup. hehe

    • February 10, 2013 at 11:12 am
      Permalink

      Tulip bisa mekar, pas terang matahari bersinar cerah malah mekarnya besarr sekali :).

  • February 9, 2013 at 5:34 pm
    Permalink

    Bener2 puas ya kalo hasil jerih payah kita menghasilkan sesuatu yang sesuai harapan… 🙂 cantik banget bunga tulip-nya :mrgreen:

    • February 10, 2013 at 11:10 am
      Permalink

      Iya akang saya puas melihat hasilnya, dari bibit hingga bunganya mekar :).

  • February 9, 2013 at 9:18 am
    Permalink

    Wahhh, cantik tulip-tulipnya.
    Koleksi bebungaan yang di dalam rumah sudah seperti toko bunga saja. Kudos.

    Oh ya, kamera saya pun ada spot hitamnya. Keluhannya persis seperti yang ada di kameranya Nella. Tapi anehnya beberapa spot kadang muncul kemudian hilang. Yang awet, spot yang paling besar yang pas berada di tengah-tengah bidang bidik. Aarghhh…

    • February 9, 2013 at 10:54 am
      Permalink

      Iya spotnya pernah hilang (senang banget) besok2nya ko muncul lagi :(, kalau foto mungkin bisa di touch up, nah spot hitam di video saya ga ngerti ngilanginnya.

  • February 9, 2013 at 8:23 am
    Permalink

    Aku punya tulip putih… tpi udah mati.. ;( Bertahan selama 1 mingguan aja..

    • February 9, 2013 at 10:50 am
      Permalink

      Hai Helena, tulipnya mati selesai berbunga? potong daun-daunnya, nanti bisa ditanama lagi ko bibitnya :).

  • February 9, 2013 at 6:17 am
    Permalink

    waaa mba nellaa, cantik kali tulipnya. yang warna merah yang kecil kecil itu mba, unyuuu….
    wahh makasih buat infonya mba nella sama mas Jhon Leah. jadi gak sabar nunggu paketan dari mba nella deh.

  • February 9, 2013 at 6:02 am
    Permalink

    wah bunganya bagus, saya suka yang warna merah darah,, kecil imut-imut gitu,, 😀

    • February 9, 2013 at 9:38 am
      Permalink

      Iya imut-imut, karena pendek sengaja saya tanam dibagian depan supaya terlihat jelas :).

  • February 9, 2013 at 4:47 am
    Permalink

    selalu seneng kesini pas posting tentang bunga. seger jadi terasa mbak 😀

  • February 9, 2013 at 12:08 am
    Permalink

    Mba nella, biji tulip itu mirip2 bunga terompet ya kalo di indo

    • February 9, 2013 at 9:35 am
      Permalink

      Eh masah sih? saya belum pernah liat bibit bunga terompet :D.

      • February 9, 2013 at 3:15 pm
        Permalink

        Kapan ya aku ketemu aku foto deh. Apa bijinya mirip bawang ya? Duhhhh

        • February 10, 2013 at 11:08 am
          Permalink

          Kalau bibit tulip ya spt bawang merah & bawang putih, tapi yang tunggal.

  • February 8, 2013 at 7:44 pm
    Permalink

    waaa udah tumbuh tulipnya!!! 🙂
    sayang di gua kok gak semua fotonya bisa kebuka ya…

    • February 8, 2013 at 7:54 pm
      Permalink

      Iyaaa udah berbunga. Man aku malah ga bisa buka blog mu nih :(. Semalam komputerku kena virus trojan trus suamiku bikin accountku dengan pengamanan tinggi dari Kaspersky, dibikin pengamanan seperti pengguna untuk anak2. Mau buka blogmu ada warning Blocked by Parental Control huahuhu. Mesti tunggu suami pulang deh ga ngerti gini2an.

      • February 8, 2013 at 10:33 pm
        Permalink

        huahahaha kok lucu keblok sama parental control…. serasa isinya yang 17 th ke atas ya… 😀

          • February 9, 2013 at 9:14 am
            Permalink

            Ikut nimbrung, ah. Arman, kan blog-mu ada usia 30-nya itu. Mungkin parental control-nya khawatir. Hihihi..

          • February 9, 2013 at 10:51 am
            Permalink

            Hahahha mungkin juga ya, untunglah sudah dibukain ga ke block lagi D:.

  • February 8, 2013 at 7:31 pm
    Permalink

    Waaah..Mba Nella..saya naksir yg triumph kuning, kesannya fresh bgt..tulip ni pas nguncup cantik, pas mekar nggak kalah cantik yaa…

  • February 8, 2013 at 7:27 pm
    Permalink

    Nella, tulipnya cantik sekaliii… Memang ketelatenan itu berbuah manis ya.

  • February 8, 2013 at 7:26 pm
    Permalink

    Waah Mba Nella..saya naksir yg triumph kuning, kesannya fresh bgt..Tulip ni pas nguncup cantik, pas mekar nggak kalah cantik yaa..

  • February 8, 2013 at 6:31 pm
    Permalink

    Mba, punya berapa banyak pot bunga ya?
    Kalo hobi, berapa banyak pot pun gak masalah ya untuk merawatnya. Malah seneng aja yg ada. Begitu ya mba?
    Salam,

    • February 8, 2013 at 6:40 pm
      Permalink

      Hai mas Asa, waduuh saya belum pernah berapa pot bunga saya punya. Setiap selesai berbunga potnya bisa gunakan lagi untuk bunga musim berikutnya.
      Misalnya ini kan bunga musim semi, menjelang musim panas bunga2 tsb selesai berbunga jadi saya bersihkan pot2nya untuk mulai nanam bunga musim panas.

  • February 8, 2013 at 6:23 pm
    Permalink

    berarti kalau di dataran tinggi tulips bisa hidup sehat dong mba ya? asal dirawat betul2 🙂

    • February 8, 2013 at 6:37 pm
      Permalink

      Bisa subur kalau tempatnya terang tapi juga harus sejuk :D.

      • February 8, 2013 at 6:53 pm
        Permalink

        kayaknya di dataran tinggi Aceh bisa dicoba wacanakan tuh tanam bunga, membawa (kembali) negeri tulips kesana 😀

          • February 8, 2013 at 7:14 pm
            Permalink

            ada dataran tinggi mba beberapa wilayah, yg terkenal di Takengon, Aceh Tengah dan sekitarnya dan disana tumbuh pohon apel, kalau kopi disitu asalnya 🙂

  • February 8, 2013 at 5:22 pm
    Permalink

    Sis..they’re beautiful!! I like them all especially the orange-yellow ones…. I’m sure you’re so happy watching them grown into beautiful blossoms… 🙂

    url katrinafarahdianayusof.wordpress.com dihapus pemilik blognya. katrinafarahdianayusof.wordpress.com is no longer available.

    The authors have deleted this site. Update 07.01.2017

  • February 8, 2013 at 5:08 pm
    Permalink

    Wah bunga tulipnya cakep-cakep banget, Mbak Nella! Sesuai harapan dong ya 🙂

    • February 8, 2013 at 6:33 pm
      Permalink

      Iya Chris hasilnya sesuai yang diharapkan. Aku senangg :).

  • February 8, 2013 at 4:32 pm
    Permalink

    Aku suka banget bunga tuliiiip.. mauuu.. cantik2 banget itu tulipnya.. ^^
    Fotonya baguuus.. hihi.. cahaya matahari emang bikin keliatan natural banget deh.. *kasih jempol*

  • February 8, 2013 at 4:09 pm
    Permalink

    mba Nella ini loh rajin banget nanam nanam…keren sekali merah tulip nyaaaa 🙂

  • February 8, 2013 at 3:39 pm
    Permalink

    saya suka sekali bunga tulip, apa di Indonesia bisa nanam bunga tulip T___T ?

    • February 8, 2013 at 3:50 pm
      Permalink

      Bisaaa dong, lihat bagian bawah tulisan saya ada yang kasih komentar tulip dia lagi mekar :).

  • February 8, 2013 at 3:32 pm
    Permalink

    cantik2 bunganya. sampe sekarang saya masih belum nemu cara yang pas buat moto bunga biar keliatan bagus -__-“

  • February 8, 2013 at 3:29 pm
    Permalink

    wah senangnya kalau tanaman sudah berbunga …puasnya tak terkira ya Nel…, apalagi cantik dan segar begini…, terbayar ketekunanannya ya…

  • February 8, 2013 at 3:15 pm
    Permalink

    Mau dong, Nella….. I DO LOVE IT !!!! Makjaaaannngggg Cantiknya…

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: