Media Tanam Anggrek yang Ditempel Java Moss Lumut Hidup

Media Tanam Anggrek yang Ditempel Java Moss Lumut Hidup. Hai sobat berkebun, khusunya pecinta anggrek saya ingin cerita mengenai merawat anggrek yang ditempel pada kayu dan papan pakis.

Media Tanam Anggrek yang Ditempel Java Moss Lumut Hidup

Sejak tahun lalu saya tertarik mau coba mounted orchid, menempelkan anggrek pada kayu. Wah ternyata tidak seindah yang saya bayangkan haha..

Anggrek yang ditempel pada kayu atau papan pakis begini butuh perhatian setiap hari untuk menyiramnya, padahal saya tidak bisa tiap hari ngurus anggrek. Selain mounted orchids penyiraman saya lakukan seminggu sekali, kalau musim dingin malah bisa 10-14 hari sekali baru saya siram anggrek.

Saya tinggal di negara 4 musim dan saya merawat anggrek secara indoor. Saat musim panas, ada jenis anggrek yang tahan panas bisa ditaruh diluar rumah, seperti cattleya, dendro, dan vanda.

Sekitar 6 bulanan sudah saya merawat mounted orchids, ada saatnya saya mau nyerah pengen nanam semua mounted orchidsnya di pot saja, tapi ada 2 anggrek dendrobium remaja yang kalau ditaruh dipot, daunnya jadi menguning, hmm saya galau jadinya haha..

Baca juga: Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman Anggrek

Kelembapan udara di Jerman sangat rendah, didalam ruangan paling sekitar 30-40% an kelembapakan udaranya, padahal anggrek butuh kelembapan sekitar 60-70%.

Saya secara tidak sengaja liat postingan orang Jerman, mengenai merawat anggrek di ruang kaca kecil/ala teraninum gitu, anggreknya atau kayu buat nempelin anggreknya dilapisi lumut hidup Java moss supaya lebih lembab.

Jadilah saya dapat ide dan semangat lagi mau merawat mounted orchids. Java moss ini biasanya buat akuarium atau buat yang pelihara reptile, kandang reptile nya di kasih lumut hidup supaya lembab, mirip suasana habitat asli hewan reptile nya.

Tulisan Terkini

Lalu saya google dengan kata kunci tissue culture java moss keluar daftar online shopnya. Niat awal mau beli dari Inggris, eh akhirnya ketemu yang di Jerman, ya sudahlah ngapain beli impor kalau ada lokal, toh harga tidak terlalu beda jauh.

Bagi yang di Jerman dan negara sekitar kalau mau beli lumut hidup Java moss seperti saya beli:

  • Java Moss dari Moos Design. https://amzn.to/2VlzxQj harga 6,50 Euro. Ini bentuk besar 1 utuh tidak dipotong. Premium Terrarium Bodengrund Moos für Reptilien in Terrarien (1-Lage) Terra Substrat Untergrund Dekoration Moosmatten Moosplatten Plattenmoos echtes natur Moss.
  • Java Moss dari Moos Design https://amzn.to/3c72t52 harga 6,50 Euro. Ini bentuk sudah dipotong. Flachmoos Moosmatte Moosplatte Plattenmoos Natur Deko Moos echtes Moss Osterdeko Frühlingsdeko Deko-Moos frisches Natur Moos

Java Moss Lumut hidup kalau di Indonesia cari di Shopee banyak jual saya sudah google, tapi saya tidak tahu juga apa merawat anggrek di Indonesia butuh lumut hidup juga, karena kelembapan udara di Indonesia sudah tinggi.

Video Java Moss Lumut Untuk Media Tanam Anggrek yang Ditempel

 

Tips ini kalau sudah beli Java Moss nya lalu belum ada waktu buat nempelin ke papan media anggreknya, taruh lumut hidupnya di kulkas. Saya terima lumut hidupnya tidak basah dan dalam kemasan plastik rapat, tanpa saya buka saya langsung taruh kulkas.

Baca juga: Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya

Waktu saya terima lumut hidupnya saya kuatir bakal mati itu lumut karena saya belum ada waktu ngurus anggrek dan belum ada waktu ngurus Java moss nya kan harus ditaruh ditempat sejuk dan lembab, ya saya tidak tahu dimana ruangan lembab dan sejuk begitu dirumahku, jadilah tanpa pikir panjang saya simpan dikulkas. Eh ternyata aman sampai 1,5 bulan kemudian baru saya punya waktu nemeplin moss nya ke papan media anggreknya 🙂 .

Demikianlah share saya mengenai Media Tanam Anggrek yang Ditempel Java Moss Lumut Hidup, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini suka anggrek juga jadi kepengen mengunjungi TAR juga yaa.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

Klik disini semua postingan blog tentang anggrek emak Benjamin

Advertisements
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: