June 3, 2020

Tinggal di Negara 4 Musim Ini 4 Tips Merawat Anggrek Bulan Agar Berbunga

Tinggal di Negara 4 Musim Ini 4 Tips Merawat Anggrek Bulan Agar Berbunga. Merawat anggrek bulan ada yang bilang susah membuatnya berbunga, pehobi anggrek lain mengatakan jenis anggrek ini malah paling mudah di buat berbunga. Saya punya anggrek bulan yang sudah 5 tahun saya rawat dan setiap tahun selalu berbunga, berdasarkan pengalaman saya, anggrek bulan ini tidak rewel dalam perawatannya.

Tinggal di Negara 4 Musim Ini 4 Tips Merawat Anggrek Bulan Agar Berbunga

Merawat anggrek bulan di 4 musim supaya rajin berbunga, perlu diperhatikan hal berikut ini:

Tips 1. Anggrek bulan butuh kecukupan sinar matahari. Anggrek bulan butuh cahaya matahari sekitar 60%, anggrek jenis ini tidak tahan sinar matahari langsung yang terik. Bagus sekali kena sinar matahari pagi.

Tips 2. Penyiraman anggrek bulan. Anggrek bulan butuh air saat akarnya sudah kering yakni berwarna abu-abu, kalau akar anggrek bulan masih hijau artinya belum butuh air. Anggrek bulan ini suka disiram kalau akarnya sudah kering, saat masih hijau akar aanggrek bulan nya disiram itulah yang membuat akar anggrek bulan rentan jadi busuk. Pemula yang baru merawat anggrek bulan seringkali gagal merawat anggrek bulan karena kesalahan penyiraman ini.

Saat musim dingin saya siram anggrek 7-14 hari sekali, kalau pot besar bisa tahan disiram setiap 2 minggu, sedangkan anggrek di pot kecil dan sedang tidak bisa disiram jarak lama sampai 2 minggu, jadi saya siram seminggu sekali.

Saat musim panas saya menyiram anggrek seminggu dua kali, karena medianya tentu saja lebih cepat kering dibanding saat musim dingin.

Menyiram anggrek saat musim gugur dan winter saya siram di pagi hari, supaya ada waktu medianya agak kering saat malam.

Saat musim semi dan musim panas, penyiraman anggrek saya lakukan di sore hari. Matahari lama terbenamnya bisa sampai jam 9-10 malam baru gelap. Saat sore hari stomata daun terbuka, penyerapan air dan nutrisi tanaman akan lebih baik di saat ini.

Baca juga: Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

 

Tips 3. Β Anggrek bulan membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Saya buka jendela setiap hari, kalau musim dingin saya buka jendela 1-2 jam sedangkan diluar musim dingin hampir sepanjang hari jendela saya buka, sehingga udara segar dan hembusan angin mengenai anggrek bulan.

Supaya sirkulasi udara baik, pada pot anggrek bulan saya beri banyak lubang.

Tips 4. Pemupukan anggrek bulan. Semua anggrek yang saya rawat, saya berikan pupuk organik cair dari air cucian beras dan air hasil rebusan kulit bawang merah dan bawang putih.

Baca juga: Daun Anggrek Bulan Layu dan Keriput Penyebab Berikut Cara Mengatasinya

Paling penting dari semua tips merawat anggrek bulan yang saya sebutkan diatas, trik cara membuat anggrek bulan berbunga adalah suhu lokasi anggrek bulan diletakkan harus berbeda sekitar 5 derajat C antara suhu siang dan malam.

Di negara 4 musim seperti di Jerman tempat tinggal saya, semua anggrek bulan saya akan mengeluarkan spike tangkai bunga saat pergantian dari musim panas ke musim gugur, dimana suhu udara sudah sejuk, maka anggrek bulan akan mengeluarkan spike nya.

Kalau di tanah air, saat musim hujan tentunya saat adanya perbedaan suhu yang drastis yang akan membuat anggrek bulan berbakti alias muncul spike (berbunga).

Tulisan Terkini

Video Tips Merawat Anggrek Bulan di Negara 4 Musim Agar Berbunga

Untuk media tanam anggrek bulan saya gunakan:

  • cacahan sabut kelapa (coconut husk chips/coco chips), satu pot anggrek bulan saya ada seluruhnya pakai media ini dan sangat cocok. Coco chips ini bagus sebagai media anggrek bulan karena dapat mempertahankan air lebih lama, jadi saya tidak perlu sering menyiramnya.
  • Cacahan kayu pinus (bark). Di negara 4 musim umumnya menggunakan media bark ini untuk hampir seluruh jenis anggrek. Beberapa nursery anggrek online saya cek, produk pinus mereka asal Indonesia karena kualitas nya bagus.
  • Hidroton/LECA. Saya gunakan pada dua seedling anggrek bulan spesies, saya gunakan system semi hidroponik, ada cadangan air pada bagian bawah pot anggrek nya.
  • Spagnum moss/moss putih. Saya gunakan campuran antara cacahan pinus dan sphagnum moss. Moss ini bagus untuk mempertahankan air lebih lama, sehingga tidak perlu terllau sering menyiram anggrek nya.

 

Baca juga: Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman Anggrek

 

Demikianlah pengalaman saya mengenai Tinggal di Negara 4 Musim Ini 4 Tips Merawat Anggrek Bulan Agar Berbunga, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini juga mendapat pencerahan yaa untuk anggrek bulan kesayangan kamu.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih πŸ™‚ .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya πŸ™‚ .

Klik disini semua postingan blog tentang anggrek emak Benjamin

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

6 thoughts on “Tinggal di Negara 4 Musim Ini 4 Tips Merawat Anggrek Bulan Agar Berbunga

  1. Mbak rajin sekali gardeningnya ya 😁kalo gak salah pernah nanem cabe juga ya? Dapet bibitnya dari mana mba? Kira-kira kalau dari cabe pasar bisa ngga ya… males ni aku beli cabe mulu, kadang kelamaan gak dipake kebuang juga. Mending nanem sendiri.

    1. Hai Mae, bibit cabe dan tomat beli online, kadang di garden center ada dijual bentuk tanamannya yang cabe pedas biasanya saya incer. Cabe dari pasar mau ditanam bisa ko, keluarin aja bijinya lalu angin-anginkan seminggu barulah ditanam, namun kalau biji cabenya mau langsung ditanam ya bisa juga. Biasanya cabe dan tomat dari pasar yang bentuk nya unik saya ambil bijinya untuk ditanam. Kalau punya tanaman cabenya kapan butuh ambil sendiri, tp pas winter kucoba simpan tanaman cabenya kaga bisa mati juga padahal kutaruh dalam rumah.

  2. Mbak, ternyata ada perlakuan khusus yang berbeda ya untuk merawat anggrek di tiap musimnya. Jadi variatif begitu caranya ya. Berbeda banget dengan perawatan anggrek disini yang cenderung sama perlakuannya karena cuma ada musim kemarau dan musim hujan saja.

    Anggrek itu memang bisa bertahan sampai berapa tahun Mbak? Itu Mbak punya anggrek yang sudah 5 tahun.

    Salam,

    1. Hai mas Asa, agak berbeda merawat anggreknya anatar di 4 musim dan di negara tropis seperti Indonesia. Kalau di negara tropis anggrek dirawat diluar ruangan, di 4 musim hanya saat musim panas bisa taruh di luar ruangan karena anggrek ga tahan dingin. Keacuali klo negara 4 musim nya ga ekstrim winternya ga sampai minus bisa rawat anggrek di luar ruangan.
      Anggrek bisa bertahan selama yang punya bisa merawatnya πŸ™‚ .

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: