Kebunku di September Ceria Musim Gugur Belum Dingin

Kebunku di September Ceria Musim Gugur Belum Dingin. Hai sobat berkebun, kembali lagi dengan kebun emaknya Benjamin edisi Balcony Garden Tour. Saat ini sudah bulan September, masuk musim gugur, namun suhunya masih belum dingin. Tidak ada lagi panas membara, ah saya suka deh cuaca begini, summer nanggung gitu suhunya haha.

Kebunku di September Ceria Musim Gugur Belum Dingin

Kalau malam dan pagi hari dingin sekali, siangnya baru suhu musim panas. Tanaman-tanaman masih terpenuhi kebutuhannya akan cahaya matahari untuk proses fotosintesa. Sudah berakhir masa panen tomat, 4 tanaman tomat sudah saya bongkar.

Nah waktu masih banyak tomat yang bisa dipanen, tuh anak-anakku iseng melempar tomat-tomat. Ada yang nyasar mendarat di pot tanaman sempervivum eh malah numbuh bijinya, tanaman tomatnya sudah lumayan besar dan ada bakal bunganya, entah ya akan bisa matang tomatnya atau tidak sebelum musim dingin.

Tanaman cabe rawitku subur sekali, banyak buahnya. Kalau nantinya terlalu dingin, suhu hampir 5 derajat C saat malam, mungkin akan saya taruh rumah tanaman cabe-cabenya, supaya cepat matang cabenya.

Menanam cabe rawit di pot

Menanam cabe rawit di pot. Gambar kanan bawah cabe yg merah bukan jenis rawit. Menanam cabai di pot kecil ukuran 9×9 lalu pot-potnya saya taruh diatas polybag karung platisk. Didalam karung plastiknya saya timbun sampah dapur

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Dapur 

Untuk tanaman tomat saya tidak berniat taruh rumah, karena tanaman ini butuh sinar matahari yang terik, percuma juga di taruh rumah. Karena keisengan anak-anakku melempar tomat-tomat kecil, kutemukan banyak tanaman tomat yang baru pada numbuh. Kalau cuaca mulai dingin, media tanam lembab, maka benih/biji apapun juga cepat sekali numbuhnya.

Hanya satu tanaman tomat baru yang saya coba merawatnya, lainnya saya cabut begitu saya lihat numbuh menumpang di tanaman lain. Nih benih tomat kalau dibiarkan numbuh, akan tumbuh besar, akarnya itu loh akan subur dan merebut nutrisi tanaman yang ditumpangi.

Waktu awal musim semi, saya menanam banyak benih bunga, salah satunya saya menanam lebih dari satu jenis bunga moss rose. Saya tunggu sebulan tidak numbuh, kesal saya bongkar potnya, nanam tanaman lain, eh ko malah numbuh moss rose di pot bawang bombay.

Awalnya sangat kecil tanamannya, sekarang OMG suburnyaa. Indah sekali saat mekar sempurna. Bunga moss rose ini butuh full sun, dan saat matahri bersinar cerah sekali, mekar sempurna bunga moss rose, kelopak bunganya mekar.

Bunga moss rose nya numbuh disatu pot dengan bawang bombay, tidak saya ganggu keduanya, terlihat numbuh bagus, jadi saya biarkan saja. Bawang bombay ini awalnya agak busuk, ukuran kecil. Niat mau saya buang, ya saya tanjapkan ke tanah, eh ko malah numbuh subur dan membelah jadi ada 3 bawang Bombay 😀 .

Moss Rose flower bloom. Bunga moss ross

Moss Rose flower bloom. Yang ada warna merah mekar itu di satu pot, saya nanam dari benihnya.

Bunga dahlia sudah ada yang mekar sempurna, sudah beberapa kali dahlia pink ini mekar. Satu pot lagi sudah banyak bakal bunganya, yang pot lain, saya babat banyak sekali bakal bunganya, karena saya lihat bakal bunganya tumbuh jelek agak kehitaman, daripada dibiarkan juga tidak mekar dan akan membutuhkan nutrisi untuk si bakal bunga, jadi saya memilih membuangnya, supaya datang bakal bunga lainnya.

Dahlia pinelands princess nanam dari umbinya

Dahlia pinelands princess nanam dari umbinya

Bunga dahlia ini kalau dingin akan semakin subur, namun kalau sudah hujan setiap hari (bulan November), harus waspada juga sih karena umbinya bisa saja menjadi busuk, itulah kenapa saya sering kehilangan bunga dahlia dari tahun ke tahun karena tidak sempat membongkar tanamannnya, umbinya terlalu banyak menyimpan air, jadinya busuk.

Video Balcony Garden Tour – Kebunku di September Ceria

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Baca juga: Lisa Marie Anak Kecil yang Suka Berkebun

 

Video Edisi Kebun di Balkoni 2018:

Advertisements
Advertisements

12 Comments

  1. niee October 22, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen October 22, 2018
  2. Dhani Durasul October 1, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen October 9, 2018
  3. rumahkubahagiaku September 30, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen October 22, 2018
  4. rynari September 29, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 29, 2018
  5. Yos Adya September 28, 2018
  6. fiberti September 27, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 29, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: