Nikmatnya Sayur Pak Choy Hasil Kebun Sendiri

Nikmatnya Sayur Pak Choy Hasil Kebun Sendiri. Siapa yang suka makan sayur pak choy, ayo tunjuk tangan?, apa suka nanam sendiri juga?. Sayur pak choy kalau di Jerman harganya 1,99 euro (Rp. 31.000) untuk 300 gram.

Di musim panas begini harganya segitu, kalau di luar summer wah bisa dua kali lipat harganya. Bagi yang tinggal di Jerman dan suka sayur pak choy ini kalau beli di Kaufland deh, ditulis berat 300 gram, saya seringkali nemu yang berat 500 gram an, lumayan banget kan πŸ˜€ .

Akhirnya sayur pak choy yang saya tanam bisa dipanen. Kudu segera dipanen sih, daripada keburu habis dimakan hama haha. Pas saya potong batang bawahnya aja mau lepasin dari akarnya, tuh ada belalang kecil hijau yang loncat, untung masih bisa saya matikan si hama, saya pukul pakai sendal πŸ˜€ .

Saya menanam sayur pak choy dari bibit/bijinya. Karena kala itu musim semi masih agak dingin jadinya agak lama baru besar pak choy nya. Pas summer jadi cepat numbuh besar, namun jangan lupa disiram kalau nanam sayuran begini, karena sayuran haus melulu hehe.

Saya berikan airnya dari bawah, kalau siram dari atas, daun yang kena tanah jadi ikutan basah dan bisa busuk. Potnya saya taruh diwadah bekas sayuran gitu, tidak ada lubangnya, saya isi air sampai separuh wadahnya, air akan menyerap ke media tanam.

Kalau dikasih air model begini dari bawah, bisa tahan sampai 2 hari baru diberikan air lagi, dan tanamannya jadi segar karena tercukupi airnya.

Bibit sayur pak choy yang ditanam dari bibit/biji masa panennya 60 hari, sedangkan kalau beli berupa youngplants (bibit tanaman bentuk tanaman tapi kecil imut deh) tuh dalam waktu 30 hari sayurannya sudah bisa dipanen.

Saya sebenarnya nanam bibitnya banyak banget, karena insiden greenhouse ambruk, jadi banyak semaian tanaman yang hancur, termasuk pak choy ada sekitar 6 tanamanlah yang bisa saya selamatkan. 3 pot saya taruh balkon depan, taruh ditempat tidak kena matahari langsung. Kalau siang sekitar jam 3 di balkon ini gila banget panasnya, namun sayur pak choy nya aman tidak kepanasan.

Video Terjadi Bencana di Kebun Balkonku – greenhouse ambrukΒ 

Nah 3 pot pak choy lainnya saya taruh dibalkon belakang, taruh di rak bunga. Eh ternyata ko kena matahari langsung. Saya tutupilah raknya dengan karton. Beberapa hari kemudian saya mau siram, ternyata sudah jadi santapan ulat-ulat dan saya juga lupa nambahin airnya! Haha πŸ˜† . Ya sudahlah saya biarin aja mati sendiri, sudah malas ngurusinnya. Biarlah jadi makanan enak buat tuh hama ulatnya.

Sayur pak coy yang saya panen ini sudah lewat dari 2 bulanan, untunglah tidak pahit loh. Kalau sayurannya ada kutu-ktunya, atau kotor, jangan kuatir, bisa dibersihkan ko.

Baca juga:Sayur Pak Coy Kenapa Pahit?

 

Cara membersihkan sayuran sebelum diolah:

  • Bisa dibersihkan satu persatu helaian daun sayur pak coy nya dibawah air mengalir. Kotoran dan kalau ada kutu (hijau menempel) bakalan lepas. Karena sayur yang saya panen tidak banyak, untuk sekali makan saja, jadi ya tidak butuh banyak waktu untuk cuci satu persatu.
  • Kalau sayurannya banyak, bisa taruh di baskom besar taburi garam (sedikit saja) isi air sampai sayurannya teredam. Saya lebih suka merendamnya pakai air dingin, supaya segar sampai saya mengolahnya. Nah tuh kalau ada kutu-ktuu bandel bakalan lepas dari sayuran dan mati.
  • Setelah itu barulah dipotong-potong sayurannya. Kalau dulu saya suka potong sayurannya dulu baru direndam, lalu dimasak, trus kata mamaku kalau begitu gizinya ikut kebuang pas dibersihkan, ya jadinya saya cuci dulu sayurannya barulah dipotong.

 

Saya tahu soal menaburi garam disayuran yang mau dicuci, hasil baca-baca di internet beberapa tahun lalu. Tahun lalu sayuran pak coy saya pas mau dipanen banyak sekali kutu (hijaunya), mau dibuang sungguh tidak rela, karena saya sudah merawatnya lama dan hasil nanam dari biji πŸ˜€ ; untunglah tahu soal merendam sayuran dengan sedikit garam, dan memang benar, kutu-kutunya jadi lepas, sayaurannya jadi bersih πŸ™‚ .

Cara saya masak sayur pak choy mudah tidak pakai ribet adalah dengan menumisnya pakai duo bawang merah dan bawang putih. Silakan lihat videoku dibawah ini ya:

Video Memasak Sayur Pak Choy Hasil Kebun Sendiri

Lisa makan dengan lahapnya pakai sayur pak choy, saya potong kecil-kecil dipiring dia, sedangkan Benjamin dia sih persis bapaknya tidak mau makan sayuran.

 

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Advertisements
Advertisements

25 Comments

  1. niee October 13, 2018
  2. rumahkubahagiaku September 30, 2018
  3. rynari September 29, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 29, 2018
  4. Bibi Titi Teliti September 23, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 25, 2018
  5. Yos Adya September 22, 2018
  6. yosefin respati September 20, 2018
  7. Melissa Octoviani September 20, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 21, 2018
  8. Monda Siregar September 20, 2018
  9. mayang koto September 20, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 20, 2018
      • mayang koto September 21, 2018
        • Emaknya Benjamin br. Silaen September 21, 2018
          • mayang koto September 27, 2018
  10. kayka September 20, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 20, 2018
      • kayka September 20, 2018
  11. fiberti September 20, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: