Kebun Sayuranku

loading...

Kebun Sayuranku. Halo sahabat berkebun, minggu lalu saya buat dua video singkat mengenai kebun sayuran yang ada di halaman rumahku. Halaman (taman) yang ada tanahnya kecil sih paling 3 meter-an. Sebelah kiri saya tanam khusus bunga-bunga, sebelah kanan khusus sayuran. Video dibawah ini adalah liputat singkat kebun sayurnya.

Kebun Sayuranku

Kebun Sayuranku

Di bagian tersebut ada 4 pohon tomat (tomat besar), pohon-pohon kentang yang tumbuh subur, 3 pohon brokoli, dua bawang bombay, bibit-bibit wortel dan lobak yang mulai tumbuh, sebelahnya ada strawberry-strawberry liar yang saya satukan.

Oh ya kalau beli kentang, tidak langsung dimasak, maka dalam seminggu akan tumbuh mata tunasnya. Mata tunas saya pisahkan, lalu saya tanam, eh tumbuh. Karena tidak ada tempat kosong lagi, sedangkan mata tunas kentang banyak sekali, maka isenglah saya tanam di samping pohon bunga mawar, wahhh malah pada tumbuh subur ;-).

Video Pertama

 

Video kedua, yang berada dibawah ini, adalah kebun sayuran juga. Khusus yang ini sayurannya didalam Frühbeet atau No Dig Plot, coba cari-cari namanya dalam bahasa Indonesia tidak ketemu euy!, pokoknya kotak kayu yang bertutup, supaya tanaman terhindar dari angin, hujan deras, atau ketika musim dingin, supaya tanamannya tidak kedinginan gitu, bedengan kali ya namanya? ;-).

Frühbeet, Bedengan atau No Dig Plot ini dibuat suami tercinta saya, Frank. Buatnya sih sudah dua bulan lalu, tapi tutupnya baru minggu lalu dipasang, itu juga setelah bolak-balik saya tanya “kapan ya tutup frühbeet akan dipasang?” :D, penutupnya (plastik tebal) kurang setengah cm, jadi dibagian ujungnya frühbeet tidak benar-benar tertutup. Tadinya Frank mau cari tutup yang lebih baik, tapi saya bilang “udahlah pasang saja, tidak untuk dijual kok, tidak perlu bagus dan rapih deh daripada tanaman saya rusak kena hujan deras”.

Didalam Frühbeet ini ada wortel, sawi putih, brokoli, salad maikonig. Disisi kiri dalam wadah plastik, ada beberapa bibit tomat, paprika, beberapa jenis cabai yang mulai tumbuh, taruh frühbeet dulu supaya tidak kena angin kencang atau hujan deras. Oh ya ada juga pohon/tanaman ketumbar dipojokkan frühbeetnya.

Semua sayuran ini saya tanam dari bibit (biji) pada bulan Februari lalu. Pertama-tama bibitnya saya tanam di tray penyemaian, setelah muncul 3-4 daun saya pindahkan ke wadah lebih besar, seperti box bekas susu cair, setelah makin besar saya pindahkan ke frühbeet.

Video Kedua

 

Baca juga:
Daftar isi berkebun
Selamat Datang Musim Semi
Kilas Balik Gagal Totalnya Proyek Berkebun
Update My Garden

Advertisements

9 thoughts on “Kebun Sayuranku

  1. Pingback: Padatnya Kebun Tomatku :) | Rumah Silaen Salzgeber

  2. Allow again mbak nella..sori nich aku mo nanya dikit,tp nga ada hub nya ama sayuran euyyy…:-( Mo nanya tgl 6-8 juli 2012 di german ada moto gp kan mba??tepatnya di kota apa y?coz aku mo booking hotelnya mbak…secara aku arahnya dari kota assen belanda..tolong banget yachh mbak…soalnya takut nyasar boo..Big2 thanx voor u..mbak nella..hehehehhehe..;-)

Comments are closed.