Kaktus dan Pemeliharaannya

loading...

Sahabat berkebun, saya ingin memperlihatkan koleksi kaktus-kaktus saya. Jumlahnya tidak banyak ko. Hampir semuanya adalah punyanya Frank yang setelah kami menikah, malah jadi saya yang mengurus kaktus-kaktus tersebut. Ada kaktus yang beli, paling 2 atau 3 dan saya tidak berniat menambah kaktus lagi karena duri-duri kaktus menyeramkan! ๐Ÿ˜ฎ .

Foto dibawah ini adalah foto tahun 2012 pada musim dingin. Saat itu masih dirumah lama di Bad Rappenau.

 

Kaktus dan Pemeliharaannya. Kaktus-kasktus dipajang didepan Jendela supaya mendapat sinar matahari. Winter 14 Januari 2012 Bad Rappenau
Kaktus-kasktus dipajang didepan Jendela supaya mendapat sinar matahari. Winter 14 Januari 2012 Bad Rappenau

Saya suka model jendela yang panjang seperti pada foto diatas, bisa menaruh banyak pot tanaman. Tanaman mendapat banyak sinar matahari, sekalipun pada musim dingin. Tatakan (Tempat tanaman) didepan jendela tersebut namanya die Fensterbank, terbuat dari marmer, dibawahnya ada pemanas ruangan, jadi cocoklah untuk menaruh pot-pot kaktus. Sayangnya kontrakan saat ini Fensterbank nya kecil-kecil, jadi terbatas jumlah pot yang bisa ditaruh diatasnya.

Foto dibawah ini sudah dikontrakan saat ini. Jadi ada beberapa pot yang saya taruh diruang tamu dan lainnya dikamar tanaman.

 

Menurut cactiguide.com satu-satunya genus kaktus yang membingungkan adalah Echinopsis. Benar sekali, karena saya cari di wikipedia ada lebih 100 spesies dan tidak satupun sama seperti 2 milik saya dibawah ini.

 

Foto pertama dan kedua adalah kaktus Echinopsis yang sama. Mengalami perubahan bentuk karena kaktus tersebut banyak tumbuh anakannya, jadi induknya semakin kurus. Saya sudah pernah coba memisahkan beberapa anakannya, namun entahlah hidup atau tidak karena anakannya tidak berwarna hijau.

Tips Perawatan Kaktus

Media Tanam
โ€ข Beberapa bahan yang baik untuk membuat campuran media tanam kaktus meliputi: media tanam anggrek (orchid bark), perlit, tanah untuk pot, gambut , sabut, batu apung dan kerikil.
โ€ข cactiguide.com menemukan campuran yang bekerja baik pada koleksi kaktusnya, yakni: beberapa kulit anggrek kasar/ orchid bark (sekitar 25 %), campuran dalam beberapa pot tanah (25 %), gambut (25 %), dan sisanya sebagian besar perlit dengan 5 % kerikil kasar.
โ€ข Aspek yang paling penting dari campuran adalah drainase yang baik . Perlit membantu menjaga tanah longgar dan ” lapang ” dan begitu juga dengan kulit anggrek (orchid bark) . Selain itu kulit anggrek cenderung untuk menahan kelembaban lebih dari perlit atau kerikil . Batu apung dapat digantikan untuk perlit . Perlu diketahui bahwa kulit anggrek akhirnya akan terurai menjadi tanah . Ini akan membuat tanah yang sangat kaya yang mungkin tidak efektif dalam menjaga akar sehat.
โ€ข Media tanam bisa diganti setiap 2-5 tahun sekali. Dinegara 4 musim ganti media tanamnya pada musim semi. Sebelum atau selesai berbunga. Pada musim dingin kaktus JANGAN diganti media tanam, dibongkar atau diutak-atik, atau karena akan stress dan mati. Pada musim dingin masanya tidur alias istirahat (dormant).

Pemberian Air
โ€ข Air hujan merupakan yang paling baik untuk kaktus.
โ€ข Berikan air menggunakan botol semprot, sehingga pemberiannya tidak berlebihan. Beberapa kaktus-kaktus saya ada yang busuk dan terpaksa di operasi hehe, itu karena awal-awal memelihara kaktus, saya berikan airnya menggunakan siraman air, jadi selalu berlebihan.
โ€ข Berikan air seminggu sekali, atau kalau musim panas berikan lebih sering (2 kali seminggu), asal pemberian air berikutnya harus benar-benar ketika tanahnya sudah kering. Kaktus tidak suka air yang berlebihan.

Di negara 4 musim
โ€ข Pada musim dingin mulai bulan November hingga akhir Februari kaktus TIDAK PERLU disiram SAMA SEKALI, jadi kaktus akan sehat selama masa istirahat (dormant).
โ€ข Pada musim dingin diberikan air (semprot) jika kaktus di tempatkan (berada) dekat pemanas ruangan. Cukup siram sebulan sekali, sedikit saja.
โ€ข Suhu 12 โ€“ 15 derajat C adalah suhu ternyaman untuk kaktus pada musim dingin, suhu tersebut masih bisa ditoleran kaktus. Kalau suhu ruangan 18 โ€“ 25 derajat C semprotkan sedikit air ke ruangan supaya kelembapan tidak terlalu rendah.
โ€ข Kaktus mulai disiram dan dipupuk kembali pada bulan Maret.

Cahaya
โ€ข Kaktus membutuhkan banyak cahaya dan suka sinar matahari langsung. Kaktus suka cahaya matahari pagi dan sore. Perlu diperhatikan juga pada saat cuaca sangat panas (tengah hari), sebaiknya diberi pelindung atau dipindahkan ke lokasi tidak kena matahari langsung.
โ€ข Suhu 32 derajat C adalah suhu tertinggi yang bisa ditoleran.
โ€ข Kaktus yang masih kecil jangan terkena sinar matahari langsung karena akarnya belum kuat untuk menerima paparan sinar yang sangat terik. Sinar matahari akan memanaskan akar kaktus dalam pot ke temperatur yang lebih tinggi dibanding pada kaktus yang ditanam langsung pada tanah. Salah satu cara meminimalkan panas adalah hindari penggunaan pot berwarna hitam, sebaiknya gunakan warna putih.

โ€ข Jika kaktus ditaruh dalam rumah dan tidak mendapat sinar matahari, kita bisa menggunakan lampu tanaman untuk menggantikan sinar matahari.
โ€ข Di negara 4 musim, kaktus bisa ditaruh diluar rumah mulai bulan Mei hingga Oktober.
โ€ข Kaktus yang tidak mendapatkan cukup cahaya akan seperti kaktusku dibawah ini bentuknya kurus dan tumbuh tidak lurus.

Cleisto Cactus 18 Januari 2014. Kaktus yang tidak mendapatkan cukup cahaya akan seperti kaktusku ini bentuknya kurus dan tumbuh tidak lurus
Cleisto Cactus 18 Januari 2014. Kaktus yang tidak mendapatkan cukup cahaya akan seperti kaktusku ini bentuknya kurus dan tumbuh tidak lurus

Pemberian Pupuk
โ€ข Jangan diberi pupuk terlalu sering.
โ€ข Phosphate dan Kalium penting untuk kaktus. Misal NPK: 1:3:5 (tiap buku/literatur biasanya memberikan perbandingan yanag berbeda.
โ€ข Bisa juga berikan pupuk tomat (saya baru tahu nih, akan saya praktekkan pada musim semi nanti).

Bunga pada Kaktus

 

untuk ke halaman berikutnya klik โ‡’ Next/Lanjut

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

94 thoughts on “Kaktus dan Pemeliharaannya

  • March 16, 2014 at 7:39 am
    Permalink

    lovely kaktus love it! Which language do you speak and how do you say lovely?

    • March 16, 2014 at 9:29 am
      Permalink

      Thanks! ๐Ÿ™‚ . I speak Indonesian. Lovely = Indah ๐Ÿ˜‰ .

  • March 15, 2014 at 5:46 am
    Permalink

    Hihihi kaktusnya imut-imut ya mba, jadi pengen di bawa pulang ๐Ÿ™‚

  • March 10, 2014 at 5:24 pm
    Permalink

    Terimakasih artikelnya..
    Saya belakangan mulai senang koleksi kaktus karena ga terlalu susah ngerawatnya, cuma saya ga tau banyak tentang jenis2nya, kalau boleh minta saran, kaktus jenis apa ya yang masa hidupnya lama dan cepat berbunga?

    • March 10, 2014 at 7:05 pm
      Permalink

      Hai Candra, kaktus yang mudah berbunga, misalnya: Echinopsis, anggrek kaktus (Epiphyllum), Gymnocalycium, Mammillaria, Rebutia (- Aylostera) Notocactus, hingga kaktus Natal (Schlumbergera).

  • March 10, 2014 at 4:57 am
    Permalink

    Lhaa. Ribet banget ternyata. Punya saya malah dibiarin gitu aja. Kaktus biasa sih. Tapi saya suka kalo ada kembangya gitu.

    url pangeranrambee.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

  • March 6, 2014 at 5:12 pm
    Permalink

    Seneng deh mbak lihat kaktus-kaktus gitu…. Mungil-mungil cantik. Kayak gadis kesukaan saya #lho.

    Hahaha….

  • February 15, 2014 at 12:11 pm
    Permalink

    wahh dulu saya juga punya banyak,tapi hanyut semua kena banjir, bahkan ada yg busuk T.T jadi pengen koleksi lagi.. ๐Ÿ˜€

    • February 15, 2014 at 8:17 pm
      Permalink

      Mungkin husuk karena airnya terlalu banyak, klo mau siram gunakan botol semprot saja. Kaktus suka media berpasir dan kering ๐Ÿ˜‰ .

  • January 29, 2014 at 10:45 pm
    Permalink

    kalo kaktus yang dijual disini biasanya kaktus tempel Kak Nell, yang bawah yang halus gak berduri bentuk lurus tipis biasa baru atasnya yang bulet berduri dll. Kalo kaktus Kak Nella kan asli tuh, bukan tempelan 2 batang berbeda. Dan punyaku mati 2 :'( abis ujan teruuuss, pernah sampe dua tiga minggu gak ada panas matahari sama sekali, batang bawahnya langsung busuk tuh Kak Nell, padahal gak disiram juga kok. Kenapa ya Kak Nell? Apa emang batang bawahnya rentan busuk ato gimana ?

    • January 30, 2014 at 9:49 am
      Permalink

      Iya aku juga pernah lihat kaktus kecil, pengen beli krn bagian atas ada bunganya. Diperhatikan lebih teliti lah ko ada lemnya bening ๐Ÿ˜† jadi bunganya ditempelin, untung ga jadi beli. Klo curiga dg bentuk tanaman kita langsung bongkar mungkin tanahnya ga bagus lagi atau dibagian bawah (akar) banyak airnya. Bbbrp kaktus2ku pernah begitu kebanyakan disiram, jadi mulai thn lalu aku bikin catatan penyiraman tanaman.

  • January 27, 2014 at 6:17 am
    Permalink

    Kaktus sebanyak itu kayak mainan ya kalau kecil-kecil
    Tapi kalau gede ya nyeremin pas ketusuk ๐Ÿ˜
    Lebih doyan taneman buah/sayuran sih..bisa dijadiin makanan soalnya :)))

  • January 25, 2014 at 1:41 am
    Permalink

    baru ngerti, kaktus itu sehat kalo gemuk dan lurus ya..
    yang ukurannya kecil2 lucuuu ๐Ÿ™‚

    • January 27, 2014 at 9:24 am
      Permalink

      Kaktus yang belok/bergelombang karena tidak kena matahrai yang cukup ๐Ÿ˜€ . Iya kalau masih kecil lucu, pas besar serem durinya ๐Ÿ˜† .

  • January 23, 2014 at 11:09 am
    Permalink

    Mbak Nella, itu golden barrel-nya koq durinya bisa gondrong gitu? Golden barrel-ku gak se-gondrong itu ๐Ÿ™‚
    Tahu gak, karena sempat aku cuekin dan gak aku pindahin pot yang lebih gede, kemarin bentuknya sempat meninggi lho gak bulat lagi. Sekarang sih aku sudah pindahin supaya balik seperti bola.

    • January 24, 2014 at 10:56 am
      Permalink

      Hai Chris, ga tau nih ko durinya panjang-panjang aku serem lihatnya, takur ke tusuk ๐Ÿ˜€ . makanya taruh di pot agak besar. Aku penasaran lihat Golden barrel yg ga bulet hehe.

  • January 23, 2014 at 5:31 am
    Permalink

    ya ampunnn mba aku pikir just bunga2 aja taunya kaktus juga punyaaaaak…mbaa buka toko bunga ajaa abisnya lengkap sekali. tapi call me naive ya mba sriusan deh aku pikir kaktus ya gak dikasih air ..jadi klo dikasih air malah mati ahahahahah. dodol lo nisssssssss -___-”

    aku suka deh sama jendela panjang yang difoto paling atas itu mba, kesanya ruangan jadi terang dan cerah ๐Ÿ™‚

    • January 24, 2014 at 10:50 am
      Permalink

      Hai Nisa kamu skrng ngeblog di wordpress? blogspot masih? *oot banget ๐Ÿ˜€ .

  • January 23, 2014 at 4:28 am
    Permalink

    Duh, ternyata kaktus itu bentuknya bermacam macam, dan lucu juga yaaaah…
    Tapi aku orangnya suka malesan gituh nih Neeel…
    *alesan yang kurang elegan*

    • January 24, 2014 at 10:49 am
      Permalink

      Hahaha kaktus ga perlu terlalu sering diurusin ko Ry gampang deh ๐Ÿ˜€ .

  • January 23, 2014 at 1:59 am
    Permalink

    Mamaku kurang bgitu suka kaktus, katanya identik dengan kesedihan(mungkin krn sendirian di gurun kali ya???)
    btw, aku suka makan Mexican Nopal Cactus (pricky pearl cactus) mbak, rasanya krenyes2 berair…
    pernah nyobain makan kaktus???

    • January 24, 2014 at 10:48 am
      Permalink

      Aku pernah liat postingan Opuntia kaktus diolah jadi makanan, lihat pohonnya ko banyak durinya ternyata bisa dimasak ya ๐Ÿ˜€ .
      Aku belum pernah makan kaktus, rasanya bagaimana? ๐Ÿ™‚ .

  • January 22, 2014 at 3:19 pm
    Permalink

    mbak, kayaknya cocok deh bikin toko bunga gitu. soalnya keren banget, semua-semuanya tumbuh ๐Ÿ˜€

  • January 22, 2014 at 2:16 pm
    Permalink

    Hi Nella! nice cactus collection… ๐Ÿ™‚ have a great afternoon and friendly hugs, Mรฉlanie

  • January 21, 2014 at 1:21 pm
    Permalink

    Mbak Nella yang tanemannya cantik macem orangnya *haseeek*
    Aku kan baru mulai belajar nanem-nanem bunga sekarang.
    Aku tertarik banget nih sama kaktus. Kan disini panas ya hehe… Kira-kira buat pemula kayak aku, susah nggak buat ngerawat kaktus?
    Aku kemaren ke tempat yang jualan tanaman, trus katanya sih bisa nggak bisa gitu deh buatku. Ada saran nggak kaktus jenis apa buat aku?
    *udah sempet googling tapi belum nemu yg cocok, hehe*

    • January 21, 2014 at 8:19 pm
      Permalink

      Hai Winda pelihara kaktus mudah ko, asal kena cahaya (matahari) trus siramnya seminggu sekali. Kaktus banyak jenisnya, tiap orang biasanya punya kesukaan masing-masing ๐Ÿ˜€ . Oh ya baca deh tips merawat kaktus komentarnya Steven 3 komentar sebelum kamu ๐Ÿ˜‰ .

  • January 21, 2014 at 10:58 am
    Permalink

    Hmmm ๐Ÿ™‚ selalu suka kalo ebrkunjung ke sini. Gak tahu kenapa udah musim panas! tuh! ada bunga matahari. hehehe :p
    wah! ternyata Mbak nella menikah dengan Bule yang sudah “beranak” kaktus, wekekekk
    Belum baca semua sih Mbak, tapi bagus-bagus kaktusnya.
    kalo aku sih pasti nggak bisa nanam. soalnya pasti dibuang sama Emak. ๐Ÿ˜€ hahaha

    • January 21, 2014 at 8:15 pm
      Permalink

      Kalau tanamanmu gak dirawat ya dibuang emak mu lah ๐Ÿ˜€ .

  • January 21, 2014 at 7:07 am
    Permalink

    Aku pernah loh Mbak dulu nyoba melihara kaktus yang aku beli di puncak. Tapi karna mungkin cuaca di Bekasi panas, 2 minggu kemudian kaktusnya mati -_-

    • January 21, 2014 at 10:50 am
      Permalink

      Kalau pelihara kaktus tidak perlu media tanam yang aneh2 kok, cukup pakai media pasir malang dan pupuk kompos perbandingannya 2:1 atau 1:1. Bbrp jenis kaktus ada yang toleran dgn air ada juga yang tidak tahan disiram banyak air, contohnya astrophytum, ariocarpus(ini bbrp yang harganya lmyn mahal). Sedangkan yang cukup tahan dengan air jenis gymnocalycium, echinopsis.

      Penyiraman kaktus cukup 1 minggu sekali saja kok. Selama media tanamnya itu tidak menyimpan air terlalu lama ga perlu takut siram airnya kebykan lain cerita kalau potnya itu sering ada genangan air ya(biasanya pot bagian bawahnya terendam air, atau di bwh pot nya tidak ada dudukannya).

      Utk menanam kaktus dari biji, isi media tanamnya kompos nya 2 dan pasir malangnya 1 kemudian siram sampai air nya mengalir ke bwh pot. Tebarkan biji kaktus yang akan di semai, walaupun kecil-kecil bahkan ada yang seperti pasir usahakan diberi jarak utk tumbuhnya, kemudian atasnya bisa dikasih pasir halus sedikit biar waktu nanti kaktusnya tumbuh tidak miring atau akarnya tidak menancap ke media tanam (sewaktu kecil kaktus butuh air utk tumbuh, kebalik kalau sudah besarnya). Bungkus pakai plastik ziperlock, taruh di tempat yang hangat tapi tidak langsung terpapar sinar matahari. Bbrp jenis kaktus tumbuh dlm 7hari, bahkan ada yang 3-5 bulan baru muncul. Selama pertumbuhan kaktusnya jgn lupa di semprot air sedikit utk munyuplai air tapi jgn kbykan. Sampai ukuran kaktusnya 1cm diameternya sudah boleh di pindahkan ke pot dengan media tanam kaktus yang biasa.

    • January 21, 2014 at 8:10 pm
      Permalink

      Kalau panas siram lebih sering misal 2 hari sekali. Rata-rata kaktus tahan panas ko, asal jangan kena matahari langsung pas lagi terik ๐Ÿ˜‰ .

  • January 21, 2014 at 4:13 am
    Permalink

    Kayaknya Mba Nella nih kalo ketusuk duri kaktus udah kebal saking rajinnya ๐Ÿ™‚

    • January 21, 2014 at 8:09 pm
      Permalink

      Hahaha akang bisa aja, klo sampai sering ketusuk saya kapok pelihara tanaman lagi ๐Ÿ˜€ .

  • January 20, 2014 at 5:06 pm
    Permalink

    Wah banyak banget kaktusnya. tadinya nggak kebayang di Jerman kaktus timbuh dengan baik.Cara mindahinnya begitu ya.Aku baru tahu setelah melihat video ini..

    • January 21, 2014 at 8:08 pm
      Permalink

      Tanaman tropis juga banyak mbak disini, semuanya taruh dalam ruangan, kecuali pas musim panas baru deh taruh diluar ๐Ÿ˜‰ .

  • January 20, 2014 at 4:41 pm
    Permalink

    aku juga punya kaktus kak, suami yang beli di supermarket hahahaha… katanya kaktus itu bagus buat nyerap radiasi… dan ternyata si suami bener, nyiremnya ga boleh banyak2 air ya… kalo males ditaro di deket TV… pagi2 sebelum berangkat kerja, dipindahin di deket jendela hahahaha…

    • January 21, 2014 at 8:07 pm
      Permalink

      Wah aku baru tahu kalau yg nyerap radiasi ๐Ÿ™‚ . Iya Mel jangan sering disiram, paling seminggu sekali. Bener tuh taruh dekat jendela supaya kena sinar matahari ๐Ÿ˜‰ .

  • January 20, 2014 at 4:35 pm
    Permalink

    Asiiik mba Nella nulis soal kaktus, saya nggak terlalu suka bunga mba soalnya tangan sy ngga terampil…mati terus klo sy yg nanem. klo kaktus sy suka mba soalnya ngga perlu disiram terus2an hehee ๐Ÿ˜€

    • January 21, 2014 at 8:05 pm
      Permalink

      Hehehe iya kaktus sih gampang merawatnya, taruh tempat hangat atau kena sinar trus jarang disiram nah hidup deh ๐Ÿ˜€ .

  • January 20, 2014 at 10:46 am
    Permalink

    Wah aku selalu gagal kalau piara kaktus hehe.
    wah bentar lg harus ditaruh ditempat aman nel kaktus2 kamu.
    ntar bahaya…

    • January 20, 2014 at 12:36 pm
      Permalink

      Jangan kebanyakan disiram trus harus kena matahari, sedikitnya 6 jam tiap hari ๐Ÿ˜‰ .

  • January 20, 2014 at 10:15 am
    Permalink

    kaktus itu tanaman yang keren dan unik bentuknya ๐Ÿ˜€ pengen miara tp kamar kost ga ada sinara matahari sama sekali. Jadi cukuplah puas dgn lihat foto, dan kalo nemu ditoko suka dipandangi lama2 ๐Ÿ˜€

    • January 20, 2014 at 12:35 pm
      Permalink

      Iya Py nih kaktus-kaktus harus kena sinar matahari, kalau ga lama-lama mati. Aku kalau ke toko juga suka lama-lama lihatin kaktus-kaktus, unik-unik bentuknya tapi sekedar melihat aja ๐Ÿ˜€ .

  • January 20, 2014 at 10:09 am
    Permalink

    Wuihh baru tau kl ga kena matahari bs meleok2 gitu …

    Koleksinya banyak juga ya dan cakep2 ๐Ÿ™‚ .

    (mixedupalready.com/travel-story/asia/thaipussam-penang-2014 linknya dihapus karena link tsb domain tidak aktif lagi. 22.05.2016 )

    • January 20, 2014 at 12:34 pm
      Permalink

      Iya tumbuhnya jadi ga lurus. Ada kali setahun ku taruh di lokasi tidak terkena sinar matahari langsung, jadi gitu deh bentuknya ๐Ÿ™ .

  • January 20, 2014 at 10:08 am
    Permalink

    Wah kaktus kalian banyak banget ya? Aku suka kaktus tapi yg kecil kecil kalo gede aku lumayan takut liatnya…hahahaha. Di rumah punya 4 kaktus kecil kecil, beli di IKEA dan tahan banget udah 1 tahun ini hidup biasanya tanaman yg aku punya paling tahan 6 bulan trus mati ๐Ÿ™ Selain kaktus aku suka banget sama succulent, gampang dirawat kaya kaktus plus bentuknya lebih manis drpd kaktus.

    • January 20, 2014 at 12:33 pm
      Permalink

      Kalau mau dibonsai, kaktusnya jangan ditanam di pot besar, paling diganti tanahnya tiap 2-5 tahun sekali.
      Dulu tuh kupikir kasihan ya kaktus2nya potnya kekecilan, jadi kupindahkan ke pot lebih besar, walhhh ko jadi makin besarrr, eh dikasih tahu teman2 blogger jangan di tanam dipot besar jadi ukurannya tetap kecil deh. Sukulen aku juga suka, lebih suka dari kaktus karena ga ada durinya ๐Ÿ˜‰ .

  • January 20, 2014 at 8:00 am
    Permalink

    kalo cakep gitu aku juga suka mba Nel tapi males ngerawatnya, boleh nitip gak hehe

    • January 20, 2014 at 12:29 pm
      Permalink

      Kaktus mudah ko perawatannya Non. Butuh sinar matahari dan siramnya 1x atau max 2 kali aja dalam seminggu.
      Di pasar Berastagi mungkin ada deh yg jual :Wink: .

  • January 20, 2014 at 7:18 am
    Permalink

    melihat foto2 mba nella saja, ga suka sama durinya soalnya

    • January 20, 2014 at 12:28 pm
      Permalink

      Hehehe iya ya lihat-lihat ajalah, kalau pelihara mikir-mikir serem durinya kalau ketusuk. Saya nih ga berniat nambah kaktus lagi ๐Ÿ˜€ .

  • January 20, 2014 at 6:25 am
    Permalink

    jadi inget kaktus2nya papa dulu…
    walau berduri bunga2nya cantik
    aku sih cuma nonton aja Nel, nggak ikut rawat

  • January 20, 2014 at 6:23 am
    Permalink

    dihalaman ibu kosku ada beberapa tanaman kaktus,,ngeri mba nel duri2nya itu
    punya mba nel bagus2 tuh kaktusnya,,

    • January 20, 2014 at 12:27 pm
      Permalink

      Hai Emma iya duri-durinya ngeri, makanya ku tanam di pot agak besar supaya kaktusnya ditengah aja ๐Ÿ˜‰ .

  • January 20, 2014 at 6:23 am
    Permalink

    jadi inget jaman dulu waktu papa punya kaktus banyak
    aku sih cuma nonton aja Nel..he..he..

    • January 20, 2014 at 12:26 pm
      Permalink

      Kalau ke toko tanaman aku juga senang melihat2 kaktus2 yg unik kak, tapi yg dirumah ya harus ku urus deh ๐Ÿ˜‰ .

  • January 20, 2014 at 5:41 am
    Permalink

    Mr Frank pinter ya, begitu punya istri… tanggung jawab merawat kaktus langsung di operin ke istrinya. Hahaha.. Untuuungg istrinya emang hobi ngerawat tanaman. ๐Ÿ™‚

    • January 20, 2014 at 12:25 pm
      Permalink

      Hahahaha iya ya .. tapi kalau mau ganti tanah kaktusnya aku minta dia yang ngerjaian, serem duri-durinya ๐Ÿ˜€ .

  • January 20, 2014 at 5:07 am
    Permalink

    kalau ngeliatnya gini jadi pengen punya zzz

    • January 20, 2014 at 12:24 pm
      Permalink

      Setelah punya harus dirawat juga ya. Kaktus mudah ko perawatannya, dia butuh sinar matahari dan sedikit saja disiram ๐Ÿ˜‰ .

  • January 20, 2014 at 4:29 am
    Permalink

    informatif sekali kak, appreciate ๐Ÿ™‚

  • January 20, 2014 at 3:43 am
    Permalink

    aku pernah diberi kado kaktus, ngga sampai 2 bulan sudah mati.. sepertinya karena kebanyakan air deh, hiks

    • January 20, 2014 at 12:22 pm
      Permalink

      Hai Ning mungkin iya ya kebanyakan disiram atau kurang kena matahari.

  • January 20, 2014 at 3:21 am
    Permalink

    pengen golden barrel kk ๐Ÿ™
    gede n duri ny bgs2

    • January 20, 2014 at 12:22 pm
      Permalink

      Di Medan ga ada ya? bisa pelihara dari kecil lama-lama jadi besar ko ๐Ÿ˜‰ .
      Duri-durinya serem bangett, iya cantik sih ๐Ÿ˜€ .

      • January 24, 2014 at 9:25 am
        Permalink

        sy ada kak,tp msh kcl.hehehe…
        butuh bertahun2 tuk tumbuh bsr sprt pny kk. ๐Ÿ™‚

    • January 20, 2014 at 12:21 pm
      Permalink

      Kata Frank, tuh kaktus-katusnya dikasih ortunya yang udah ga mau merawat lagi, yang beli paling beberapa aja.

      • January 21, 2014 at 3:18 am
        Permalink

        tp tanaman Kak Nella bnaynak bneget ama d tangan mbak Nella jd berkembang aja

  • January 20, 2014 at 2:53 am
    Permalink

    Oh kaktus itu juga butuh air yaaaa, disemprot pake air ujan. Aku pikir dia hanya butuh paparan sinar matahari saja

  • January 20, 2014 at 2:06 am
    Permalink

    Mantap nian nih mba,
    Kalau nanti saya sudah punya rumah sendiri, pengen banget bertanam seperti yg mba lakukan ini…

  • January 20, 2014 at 1:14 am
    Permalink

    jadi makin tahu gimana ngerawat kaktus Mbak Nella,,,kebetulan saya di rumah punya lima buah kaktus. Cuma tahu nyiramnya ga boleh sering-sering, sisanya ga diapa-apain ๐Ÿ˜†
    sekarang jadi tahu gimana ngerawatnya biar tetep sehat

    • January 20, 2014 at 12:18 pm
      Permalink

      Coba dipupuk juga supaya berbunga, ya jarang banget sih bebrunga. Tidak tiap kaktus bisa berbunga, tapi pas ada yang bebrunga rasanya seneng bangettt ๐Ÿ˜‰ .

  • January 20, 2014 at 1:06 am
    Permalink

    Kaktus suka bikin galau mba nel. Galau waktu nyiramin kurang air apa enggak ya. Soalnya kebiasaan ngebanjirin taneman, hehehehe

    • January 20, 2014 at 12:17 pm
      Permalink

      Kalau aku sih sekarang bikin catatan tanggal penyiraman tanaman Dan, jadi kaktus kusiram seminggu sekali, itu nyiramnya disemprot supaya ga kebanyakan :Wink: .

  • January 20, 2014 at 12:51 am
    Permalink

    waaa tanaman lu bener2 komplit ya.. sampe kaktus juga ada! ๐Ÿ™‚

    • January 20, 2014 at 12:15 pm
      Permalink

      Hahaha yg belum ada pohon pepaya, pisang dll pokoknya pohon buah2an gw ga punya ๐Ÿ˜€ .

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: