Jalan-jalan ke Wilhelma Stuttgart (Bagian 3)

loading...

Beruntung sekali, suami dan saya mengunjungi Wilhelma Stuttgart ketika musim semi, jadi kami (terutama saya) tentunya senang sekali melihat pohon-pohon bermunculan bunganya, banyak sekali bunganya, bahkan nyaris saya tidak melihat dedaunan di pohon-pohon tersebut, hanya bunga-bunga nan indah yang menyelimuti pohonnya ;).

Pohon Magnolia × soulangeana warna pink
Pohon Magnolia × soulangeana warna pink

Magnolia Soulangeana (saucer magnolia) adalah tanaman hibrida keluarga Magnoliaceae. Bunganya muncul (bermekaran) ketika musim semi dengan berbagai nuansa putih, pink, dan ungu. Setelah bunganya rontok, baru akan muncul daun-daunnya, unik ya, selama ini saya tahunya daun-daun yang lebih dahulu bermunculan, baru bunganya, lah pohon ini malah kebalikannya :grin:.

Magnolia soulangeana di Jerman di kenal dengan nama Tulpen Magnolie, tidak tahu juga kenapa di namakan tulpen (tulip) apa mungkin akan bentuk bunganya yang agak mirip bunga tulip ya.

Magnolia × soulangeana, April 2013. Wilhelma Stuttgart
Magnolia × soulangeana, April 2013. Wilhelma Stuttgart

Magnolia Denudata, dikenal sebagai Yulan magnolia (asalnya dari timur Cina. Bunganya dianggap sebagai simbol kemurnian di Dinasti Tang. Bunga Magnolia denudata adalah juga bunga resmi kota Shanghai. (sumber: Wikipedia)

Wilhelma memiliki luas 30 hektar, setara dengan 40 lapangan sepak bola :mrgreen:. Sebelah selatan berbatasan langsung dengan Rosenstein Park, sebelah timur berbatasan dengan sungai Neckar, daerah pemukiman disebelah barat dan bagian utaranya berbatasan dengan Stuttgart- Bad Cannstatt.

Pemandangan Taman Wilhelma

Setelah puas melihat tanaman-tanaman, lihat apa lagi di Wilhelma?. ➡

Burung

Ada sekitar 9.500 spesies burung yang dikenal berada di kebun binatang Wilhelma. Bangga deh melihat beberapa jenis burung asal Indonesia ada di kebun binatang Wilhelma ;).

Nah melihat burung-burung berikut ini, pengunjung bisa masuk ke kandangnya, asal jangan lupa langsung tutup pintunya, supaya burungnya tidak keluar.

Monyet

Ruang Serangga

PERHATIAN yang geli dengan serangga, yang lagi makan jangan lihat foto-foto berikut, ga nurut tanggung sendiri kalau muntah :lol:.

Lainnya

Ada 9000 hewan dengan 1000 spesies berada di kebun binatang Wilhelma ini.

Sudah 5 jam keliling Wilhelma. Lelah & puas. “..Lah belum lihat gajah, harimau, macan, beruang, zebra dll” .. ahh sudah sering melihatnya, paling gitu-gitu saja kan. Pulang aja yukkk :cool:.

Video Kebun Binatang Wilhelma Stuttgart

Yang ingin melihat taman Wilhelma 360-panorama http://www.wilhelma.de/de/besuch/360-panorama.html silakan atur sesuai yang kamu inginkan, gerakkan kursornya.

Nah sahabat blogger setelah melihat taman sekaligus kebun binatang Wilhelma, adakah yang tertarik megunjungi lokasi seperti ini? untuk berlibur, dibanding hanya ke mall saja toh, lebih baik ke lokasi seperti Wilhelma, kita bisa banyak belajar dan mengenal alam.

-Tamat-

Jalan-jalan ke Wilhelma Bagian I klik disini.
Jalan-jalan ke Wilhelma Bagian II klik disini.

Tulisan Terkini

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

82 thoughts on “Jalan-jalan ke Wilhelma Stuttgart (Bagian 3)

  • Pingback: Random Dibuang Sayang | Pursuing My Dreams

  • Pingback: Bunga Lili dan Perawatannya | Pursuing My Dreams

  • October 2, 2013 at 5:30 pm
    Permalink

    Magnolia bisa tumbuh kok di Indonesia cuma ya memang tidak bakal mekar seperti yang di negara 4 musim. Sepertinya kalau di sini mekarnya ada daunnya juga. Pernah lihat di web ada yang jual hasil stek magnolia saucer warna ungu tua baru 50cm harganya antara 400-500rb ya kalau ga salah. Karena mahal ya jd beli bijinya dan tanam sendiri. Dari 10 biji magnolia yulan cuma hidup 1 saja.

    • October 2, 2013 at 10:38 pm
      Permalink

      Klo ada teman datang ke Indo minta titip saja bibit (tanamannya), beredar pas musim dingin, murah ko yang masih kecil ga sampai rp.100rb.

  • Pingback: Cara Menanam Biji Pohon Wisteria | Pursuing My Dreams

  • Pingback: Jembatan Gantung Terpanjang di Indonesia | Pursuing My Dreams

  • Pingback: Taman Bunga Impian di Kota Tua | Pursuing My Dreams

  • Pingback: Penginapan Kami di Belanda | Pursuing My Dreams

  • Pingback: Jalan-jalan ke Pasar Malam di Belanda | Pursuing My Dreams

  • Pingback: Perpisahan dengan Salah Satu Teman Kursus | Pursuing My Dreams

  • Pingback: Serunya ke Museum Madame Tussaud Amsterdam | Pursuing My Dreams

  • Pingback: Cerita Kondangan Minggu Lalu | Pursuing My Dreams

  • May 7, 2013 at 7:52 am
    Permalink

    halo kunjungan perdana. 🙂
    bagus banget, kapan yah bisa ke sana, pengen foto sama bunga-bunganya.

  • May 5, 2013 at 5:27 pm
    Permalink

    magnolianya memesona sekali Mba 🙂

    url 4youblog.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 29.01.2017

  • May 4, 2013 at 5:10 pm
    Permalink

    Cantik sekali bunga magnolianya Jeng Nella, sekujur tanaman penuh bunga. Salam

    • May 4, 2013 at 10:34 pm
      Permalink

      Hai bu Prih cantik ya magnolia. Saat ini pohon-pohon magnolia mulai berguguran bunga-bunganya dan digantikan daun-daun yang lebat.

  • May 3, 2013 at 2:17 pm
    Permalink

    Ah, kalo disini suhunya berkisar 28 sampe 31 derajat celcius(suhu ruang si, saya punya thermometer ruang), kalo suhu diluar sekitar 30 sampe 35 derajat (liat di laporan cuaca…hahahaha…). Sinar matahari teriknya penuh seharian, kadang belum jam 9 pagi…matahari udah terik….sampe jam 5 masih terik…tanaman saya pernah ada daun mudanya ampe kering, malah mungkin bisa dibilang hampir hangus….kadang sehari tanaman bisa saya siram ampe 2 kali dan saya semprot pake spray waktu tengah hari…banyak yg bilang kalo siram tengah hari tu gak boleh, tp kalo gak disiram…tanaman saya bisa hangus daun mudanya…
    Daunnya hangus kayak kena api begitu…nanti deh kapan2 saya foto buat kasi liat sis Nella…

  • May 3, 2013 at 11:25 am
    Permalink

    pengen nongkrong disana,,,sambil makan nasi goreng + rujak cingur

    salam kenal mbak,,
    berkunjung ke blog saya ya mbak hehehe

  • May 3, 2013 at 7:47 am
    Permalink

    Sungguh saya pengen foto2 disana, gimana caranya saya bisa pindah tempat dalam sekejap kesana ya 🙂

  • May 2, 2013 at 8:57 pm
    Permalink

    suhu waktu musim semi sama musim panas berapa derajat, sis di Eropa, khususnya Jerman?
    Kalo lagi pas musim panas, panasan mana sama Indonesia?
    Saya lagi ngira-ngira suhu buat ngeletakin pot bunga, kira-kira perlu ditempatin dibawah naungan pohon/teras atau langsung kena sinar matahari…

    • May 2, 2013 at 10:19 pm
      Permalink

      Kalau musim semi sekitar 15-25 derajat. Musim panas sama seperti Jakarta malah kadang lebih panas, bisa sampai 40 derajat sengsara deh tanaman :D, sorenya langsung kasih banyak air, tapi kalau pagi adem. Musim panas saya siram tanaman pagi hari dan sore. Lily of valley jangan kena sinara matahari sis, kecuali klo pagi ya ga masalah. Bunga Lily bisa kena panas, tapi kalau terik sekali ya lebih baik dipindah potnya. Bunga lily selalu mencari sinar matahari langsung, kadang saya putar potnya, batangnya jadi meliuk-liuk karena bbrp hari sekali saya putar :D.

  • May 2, 2013 at 2:38 pm
    Permalink

    Huaaaa.. bunga2nya udah pada mekaaaar. Disini sakuranya udah berbunga Nel.. bagus banget.. seneng liatnya.. 😀

    • May 2, 2013 at 5:14 pm
      Permalink

      Sama Be disini juga udah pada mekar, mulai rontok, karena mulai panas kali ya :D.

  • May 2, 2013 at 2:46 am
    Permalink

    OH HOW BEAUTIFUL
    MOGA BISA KESANA

  • May 1, 2013 at 3:22 pm
    Permalink

    aaaakkk magnoliaaaa, aku suka buanget nget mb Nella sm magnolia hahahaa, bahkan dl parfumku scent magnolia blossom (sayangnya discontinued) 😀

  • April 30, 2013 at 9:51 pm
    Permalink

    pohon magnolianya cakep banget ya….
    taman wilhelma nya juga keren abis!!!

    yang ruang serangga itu sih geli ngeliatnya. hahahaa.

  • April 30, 2013 at 2:19 pm
    Permalink

    waaah,,bagus banget mba tempatnya,,kyknya kalau aku udah disana ga mau pulang tuh,,hehe
    itu bunga magnolia kalau diliat dari jauh kayak bunga sakura yah mba,,bagus banget pokoknya,,

  • April 30, 2013 at 1:40 pm
    Permalink

    thanks mbak nella jadi tau nih nama bunganya tulpen magnolie, cantikya 🙂

    btw cerbungnya udah selesai ya mbak?

    salam
    /kayka

    • April 30, 2013 at 1:51 pm
      Permalink

      Cerbung yg kawin campur? Belum sempat upload mbak, mungkin minggu ini ;).

      • April 30, 2013 at 2:04 pm
        Permalink

        sippp deh ditunggu tayangannya ya 🙂 itu bagian yg terakhir kan ya?

        salam
        /kayka

  • April 30, 2013 at 12:39 pm
    Permalink

    Burung mabruk (dara mahkota) ternyata nyampai sana juga.

  • April 30, 2013 at 11:17 am
    Permalink

    i guess you had a great time there,
    itu kecoa madagaskar jgn dianggep remeh loh, di petshop hargny 200 rb buat 2 pasang sm kandangnya….
    btw, pernah liat jamur truffle gak kak di jerman ?

    • April 30, 2013 at 12:18 pm
      Permalink

      Iya Ded aku baca juga itu kecoa madagaskar buat binatang pekiharaan, diaruh tangan, leher iiihhh gelii. Kata suamiku mahal babgett tuh jamur truffle 100 gramnya dirupiahkan sekitar 200 ribuan.

      • April 30, 2013 at 3:24 pm
        Permalink

        itu blcak truffle atau white truffle kak ?
        kira2 klo di krm ke Palembang rusak gak ya?
        aku penasaran bgt sama yg namanya fruffle, definisi”earthy flavour” itu bkinku penasaran…

        • April 30, 2013 at 3:27 pm
          Permalink

          Ga bisa kirim terlalu lama 2 mingguan baru sampai Palembang. Ada yg putih ada yg hitam, harus ditempat khusus yg high class tuh baru tersedia, di supermarket dekat2 rumahku ga ada, hrs ke kota besar ;).

          • April 30, 2013 at 3:31 pm
            Permalink

            oh gitu ya kak, klo yg udah di rendem di glass jar/toples atau di kalengina atau udah dikeringing ada gak ya?
            aku dah cr2 di Jkt gak ada….
            tnang aja kak, aku transfer uang beli sama kargonya……

  • April 30, 2013 at 10:34 am
    Permalink

    Tempatnya asik dan cantik banget ya Mbak…betah dech di sana 🙂

    • April 30, 2013 at 10:54 am
      Permalink

      Iya Deva, saya betah banget disana, makanya sampai 5 jam muter-muter :).

  • April 30, 2013 at 10:29 am
    Permalink

    Bunganya bagus-bagus ya. Tapi ada kecoa nya hiiiiiiiiiii 😛
    Ga ada harimau, singa, kuda zebra, buaya, dan lain-lain? Kalau saya ke kebun binatang pasti lihat mereka dulu. Selain itu, ikan-ikan air tawar dan air laut juga. Mungkin karena terlalu luas ya, jadi ga sempat lihat semuanya

    • April 30, 2013 at 10:31 am
      Permalink

      Adaaa tapi berhubung sudah pegel jalan-jalan 5 jam, trus kadang hujan kadang gerimis, ya pulang aja :D.

  • April 30, 2013 at 10:14 am
    Permalink

    Adem liat langit mendung, bunga basah & jalan lembab. berasa smpe sini aroma petrichorny ^^
    slam buat monyetnya bunda Nella 😛

  • April 30, 2013 at 8:11 am
    Permalink

    Guten tag aus Toulouse, France! 🙂 wonderful pix! I’ve been to Stuttgart several times to visit with “old”&close friends… it’s a pleasant city! 🙂
    – – –
    Have a serene day & good luck in all your endeavours! Alles gute, Mélanie

    • April 30, 2013 at 8:56 am
      Permalink

      hello Mélanie thank you for visiting my blog :). Liebe Gruße, Nella.

  • April 30, 2013 at 7:04 am
    Permalink

    Mba Nella aku br tau pohon magnolia. Dulu aku pikir itu bunga terompet hihi

  • April 30, 2013 at 6:08 am
    Permalink

    waaaaa, bunganya magnolia berarti hampir mirip bunga sakura ya mba?
    bisa hidup dinegara Indonesia gak yaaa :3

    • April 30, 2013 at 8:50 am
      Permalink

      Mirip warnanya Chit, mekarnya ketika musim semi. Belum pernah nemu bibit magnolia, kalau tanamannya ada di jual mulai dari ukuran 5 cm, 20 cm dstnya, aku naksir mau beli yang paling kecil kan murah tapi mikir lagi supaya pohonnya tumbuh sempurna butuh pot besarrr dong atau di tanam di tanah langsung ;).

  • April 30, 2013 at 5:17 am
    Permalink

    Kebun binatang yang lengkap dengan taman seperti ini selalu menjadi tempat yang menyenangkan untuk jalan-jalan ya Mbak.

    • April 30, 2013 at 8:47 am
      Permalink

      Iya Chris asyiklah pergi kesatu tempat bisa menikmati taman dan mengunjungi kebun binatang. Lokasi seperti Wilhelma ini satu-satunya di Jerman, biasanya taman & kebun binatang terpisah.

  • April 30, 2013 at 4:43 am
    Permalink

    Wah.. Bagus bunga magnolia nya. Baru kali ini lihat bunganya :p Keren yah bisa satu pohon full sama bunga aja..

    Btw, itu Madagascar kakerlake namanya? Orang manado bilang kecoa itu Kakarlak :p

    • April 30, 2013 at 8:45 am
      Permalink

      Hai Pypy masuk musim semi banyak pohon-pohon yang mengeluarkan bunga-bunganya dulu ya contohnya seperti magnolia & cherry blossom, masih banyak pohon yang lain. Kakerlake bahasa Jerman buat kecoa, wah mirip dengan bahasa Manado ya :D.

      • April 30, 2013 at 8:55 am
        Permalink

        Iya Mba, bahasa Manado memang banyak yang dari bahasa luar.. Kek Fork buat garpus, macis buat korek, dll :p

  • April 30, 2013 at 4:22 am
    Permalink

    Wow! 5 jam?! gak gempor mbak kakinya? haha..
    Itu yg bunga-bunga gugur itu sekilas kyk liat bunga sakura *salah fokus 😀
    Sayangnya satu, gak ada foto mbak Nella di situ.. klo ak jd mbak, dah rebahan di rerumputan itu trs foto-foto.. huahaha.. narsis level akut 😛

    • April 30, 2013 at 8:43 am
      Permalink

      Gempor sih Bunda, klo cape kan duduk dulu banyak bangku tamannya, capenya hilang lanjut jalan lagi ;). Iya banyak juga pohon seperti bunga sakuran namanya cherry blossom, saya tidak potret karena banyak sekali di sekitar rumah :D. Mau rebahan tapi rumputnya basah kena hujan :(.

  • April 30, 2013 at 3:33 am
    Permalink

    foto-fotonya segar sekali. btw itu habis hujan ya, kok magnolianya basah

  • April 30, 2013 at 2:53 am
    Permalink

    udah pasti mau banget main2 ke park spt Wilhelma..,
    pengen Jkt punya taman seluas dan secantik inii

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: