Gerhana Matahari dan Supermoon 2015

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Gerhana Matahari (Solar Eclipse) 2015 . Tadi pagi saya menerima email dari sis Juwita di Jakarta, menanyakan mengenai gerhana matahari di Jerman. Dua hari lalu adik ipar saya menginformasikan mengenai fenomena alam yang akan terjadi tersebut, semalam saya baca koran (sekilas) mengenai gerhana matahari, bahkan pas sarapan tadi sama Benjamin, saya dengar siaran berita, katanya gerhana mataharinya di Jerman berlangsung selama 2 jam mulainya jam 9.30 . Sejak jam segitu sampai saat ini sudah lewat beberapa jam ga gelap ko hehe.

Gerhana matahari akan mulai dari pukul 08:30 GMT dan seterusnya ke barat selatan dan bergerak menuju timur laut. Paling jelas terlihat dari Atlantik Utara dan Samudra Arktik, Greenland, Islandia, Irlandia, Inggris, Kepulauan Faroe, Norwegia utara dan Murmansk Oblast

Bayangan gerhana akan terlihat di seluruh benua Eropa dengan tingkat persentase yang berbeda. Lokasi Southeastern hanya akan mengalami gerhana matahari parsial. Sebagai contoh, London mengalami 85% gerhana matahari, sedangkan Kepulauan Faroe di Laut Norwegia bisa melihat gerhana matahari secara total. (sumber : wiki. Terjemahan terjun bebas ala mak Ben semoga benar hehe) .

Tadinya saya mau tampilakan video proses gerhana matahari dari youtube eh ga bisa lihat di Jerman. Terkait hak cipta gitu deh, biasalah Jerman memang paling ketat mengenai hak cipta. Jadi saya ga pasang video dan foto gerhananya di tulisan saya ini.

Menurut mansaba.sch.id gerhana matahari total merupakan sebuah pemandangan indah tetapi juga membahayakan mata. Ketika sinar matahari sudah seluruhnya tertutupi oleh bulan dan hanya terlihat “corona” (lingkaran sinar yang mengelilingi matahari) maka aman bagi kita untuk melihat tanpa adanya pelindung pada mata kita. Tetapi selama gerhana matahari masih sebagian, melihat langsung ke atas dapat merusak retina mata kita. Ada beberapa cara untuk melihat gerhana matahari total dengan aman. Di antaranya dengan menggunakan kacamata khusus. Selain itu lebih aman lagi bila kita melihat gerhana matahari melalui siaran TV πŸ˜› .

Gerhana di Jerman: Kapan dan di mana?

 

 

Gerhana matahariWilayah yang bisa melihatTingkat Pengamatan
20 Maret 2015 (total)Greenland, Eropa, Afrika Utara, Asia Timur, Asia Utara (Kepulauan Faroe, Svalbard)antara 75 persen di Munich dan 83 persen di Hamburg

 

3 September 2081 (total)Eropa, Afrika Utara, Afrika Timur, Asia (Perancis, Jerman, Austria, Hongaria, Rumania, Turki, Suriah, Irak, Uni Emirat Arab)antara 100 persen di wilayah Danau Konstanz (bahasa Jerman: Bodensee) dan 80 persen di Rostock
7 Oktober 2135 (total)Eropa, Timur Tengah, Asia Selatan (Inggris, Jerman, Polandia, Rumania, Turki, Irak, Iran, Uni Emirat Arab, Indonesia)100 persen di Western Utara dan Tengah Jerman  (100 percent in North Western and Central Germany)

Hari ini saya yang bisa melihat fenomena alam gerhana matahari, tahun berikutnya apalagi tahun 2135 wooii di Indonesia tuh tapi yang bisa lihat ya sudah cucu-cucu saya kali ya hahaha.

By the way busway :mrgreen: selain gerhana mahatari, pada 20 Maret 2015 hari ini juga bertepatan dengan equinox Maret (juga dikenal sebagai musim semi atau vernal equinox). Fenomena alam lainnya adalah bulan super (supermoon), akan berlangsung malam nanti. Bulan super adalah istilah yang digunakan oleh para astrolog untuk menggambarkan keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan Bumi. Secara spesifik, bulan super bisa merupakan bulan purnama atau bulan baru, yang jaraknya dengan bumi sekitar 10% atau kurang dari jarak lintasannya dengan bumi. Ketika fenomena ini terjadi, bulan nampak lebih besar dan lebih terang, meskipun perubahan jaraknya hanya beberapa kilometer.

Jadi ntar malam coba saya amati langit deh penasaran lihat supermoon πŸ˜€ .

Waktu menonton tv saya lihat berita orang ngantri seperti kereta api panjang sekali, saya kira di luar Jerman tuh berita, eh ternyata di Jerman. Orang-orang ngantri mau beli kacamata khusus supaya bisa melihat gerhana matahari. Sampai segitunya ya hehe. Apa saya saja yang ga peduli dengan berita hot saat ini?, saya malah sibuk berkebun, hari ini mau menyemai 13 benih bunga dan sayuran. Apa kamu juga termasuk orang yang ikutan heboh kalau ada fenomena alam? πŸ˜† .

 

Keluarin bibit-bibit tanaman, mau menyemai ah. Eh sebelah kanan lihat ada Ben kan? :)

Keluarin bibit-bibit tanaman, mau menyemai ah. Eh sebelah kanan lihat ada Ben kan? πŸ™‚

 

Ada 13 benih yang saya mau tanam

Ada 13 benih yang saya mau tanam

 

Selamat hari Jumat dan selamat menjelang weekend 😎 .

 

Benjamin gak mau kalah sama maknya, ikutan sibuk juga dong

Benjamin gak mau kalah sama maknya, ikutan sibuk juga dong

 

Sumber : http://mansaba.sch.id/web_saba/science-/490.html#proses-gerhana-dan-mitosnya
http://www.wissen.de/sonnenfinsternis-deutschland-wann-und-wo
http://en.wikipedia.org/wiki/Solar_eclipse_of_March_20,_2015

Advertisements

57 Comments

  1. bonita
  2. MS
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: