7 Cara Membuat Blog Cepat Terkenal

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

7 Cara Membuat Blog Cepat Terkenal. Saya mendapat email dari Amri yang menanyakan bagaimana triknya supaya blog kita cepat terkenal. Pengalaman saya tidak ada cara instan untuk blog saya ini cepat terkenal. Kalau yang berkunjung ke blog saya melihat hits (page views) di sisi kanan blog yang angkanya sudah 1,8 juta, itu bukan pencapaian 1 tahun, bukan 2 tahun dan bahkan bukan 3 tahun melainkan total page views selama hampir 6 tahun ngeblog.

Email masuk nanya bagaiman supaya blog cepat terkenal

Email masuk nanya bagaiman supaya blog cepat terkenal

 

Saya mulai ngeblog Mei 2009. Pada Mei 2015 nanti blog saya akan berumur 6 tahun. 6 tahun menurut saya bukanlah waktu yang singkat untuk membuat blog dikenal banyak orang. 2 tahun pertama saya ngeblog, saya sering berkunjung ke salah satu blog fashion, yang punya orang Indonesia ko. Saat itu saya berdecak kagum ckckckc 1 juta views, bagaimana caranya?. Padahal kalau nol koma sekian persen dari penduduk Indonesia aja berkunjung ke blog kamu, pasti bisa dapat jutaan view dalam sehari πŸ˜€ .

Saya mulai ngeblog di friendster, lalu tutup tuh friendster entah tahun berapa. Saya belum sempat pindahin semua tulisan saya, jadi ya hilang begitu saja. Tahun 2009 saya mengenal wordpres (coba blogspot ribet).

Berikut ini saya kasih tahu mengenai trafik blog saya:

Laporan Trafik blog emaknya Benjamin

Laporan Trafik blog emaknya Benjamin

 

Tahun 2009 mulai ngeblog, saat itu saya membuat postingan mengenai pengalaman mengurus visa Belanda. Pengunjung (pembaca) dan komentar boro-boro deh! πŸ˜† . Tahun 2009 tersebut total viewnya hanya 146 saya nulis sendiri, baca sendiri dan komentarin blog sendiri haha.

Seingat saya, saya mulai mengenal blogwalking tahun ketiga. Jadi bisa dilihat trafiknya makin naik. Blog cepat terkenal kalau tidak ada isinya (konten bermutu) apa yang mau dikasih lihat ke pembaca toh?. Makanya saya mengisi blog saya dengan berbagai artikel.

Tujuan utama saya saat itu untuk ngeblog karena memang niat ingin berbagi dengan pengunjung (pembaca) blog ini. Bukan karena mengejar pengen cepat monetisasi blog (mendapatkan uang dari blog). Saya baru ikutan Wordads (WA) pada Februari 2013, saat itu saya upgrade blog saya ini dulu, punya domain sendiri baru bisa ikutan WA. Fyi sekarang WA tidak menerima lagi pendaftaran baru untuk blog bahasa Indonesia, namun kalau blog kamu sudah ikutan WA ya tetap jalan ko dan dapat duitnya (dolar).

Baca juga: 5 Tips Etika Berkomentar di Blog.

Jadi yang saya lakukan buat blog saya ini adalah:
1. Membuat artikel secara kontinu.
2. Buat artikel yang saya kuasai (jangan kopi paste artikel orang!).
3. Buat artikel yang saya senangi, misal saya suka berkebun ya fokus di tema berkebun. Sesekali di tema cerita keseharian. Sudah ada anak ya ceritakan tentang anak.

  1. Buat artikel yang dicari banyak orang. Misalnya berbagai tips, berbagai panduan cara mengurus surat-surat, cara menanam tulip, bagaimana menanam bunga petunia dari benihnya dll tips berkebun dari pengalaman sendiri, cara mencari jodoh (bule) dari internet hahaha banyak yang masuk ke blog saya nih kata kunci terakhir tersebut, sampai kolom komentar tema tersebut saya non aktifkan males ditanyain melulu.
  • Gunakan judul yang tepat dan membuat pembaca penasaran pengen baca (judul jangan menipu. Kalau judul dan isi tulisan tidak nyambung, bisa disambit pembaca haha).
  • Buat tag lebih dari satu suku kata. Karena kalau hanya satu suku kata akan sulit bersaing dengan blog lain yang sudah berada dihalaman depan mesin pencari. Misal mau tulis pengalaman mengurus visa, maka buatlah tag : visa jerman (misalnya), jangan hanya tulis tag : visa. Saingannya ratusan blog.
  • Rajin blog walking (akan saya bahas terpisah).

Kalau saya selalu melihat ke blogger keren lainnya (lagi melihat ke atas melulu hehe), trafik blog saya tidak ada apa-apanya. Kecil kan trafiknya tuh, namun hidup sebaiknya selalu bersyukur supaya bahagia, ga pusing mikirin trafik atau pengen blog ramai komentar. Tentu saja sesekali harus melihat ke bawah, banyak blog lainnya mungkin dibawah trafik blog saya ini, dan membuat saya harus bersyukur buat pencapaian hampir 6 tahun ngeblog.

Ada cara lain yang kamu lakukan supaya blog kamu di kenal banyak orang?, share pengalamanmu dong πŸ˜‰ .

 

Baca juga:
β€’ 3 Tipe Komentar yang β€œGa banget deh”
β€’ Rayakan Pencapaian Blog Anda

Advertisements

115 Comments

  1. Emilia
  2. Evan Naratama
  3. MS
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: