7 Cara Membuat Blog Cepat Terkenal

loading...

7 Cara Membuat Blog Cepat Terkenal. Saya mendapat email dari Amri yang menanyakan bagaimana triknya supaya blog kita cepat terkenal. Pengalaman saya tidak ada cara instan untuk blog saya ini cepat terkenal. Kalau yang berkunjung ke blog saya melihat hits (page views) di sisi kanan blog yang angkanya sudah 1,8 juta, itu bukan pencapaian 1 tahun, bukan 2 tahun dan bahkan bukan 3 tahun melainkan total page views selama hampir 6 tahun ngeblog.

Email masuk nanya bagaiman supaya blog cepat terkenal
Email masuk nanya bagaiman supaya blog cepat terkenal

 

Saya mulai ngeblog Mei 2009. Pada Mei 2015 nanti blog saya akan berumur 6 tahun. 6 tahun menurut saya bukanlah waktu yang singkat untuk membuat blog dikenal banyak orang. 2 tahun pertama saya ngeblog, saya sering berkunjung ke salah satu blog fashion, yang punya orang Indonesia ko. Saat itu saya berdecak kagum ckckckc 1 juta views, bagaimana caranya?. Padahal kalau nol koma sekian persen dari penduduk Indonesia aja berkunjung ke blog kamu, pasti bisa dapat jutaan view dalam sehari πŸ˜€ .

Saya mulai ngeblog di friendster, lalu tutup tuh friendster entah tahun berapa. Saya belum sempat pindahin semua tulisan saya, jadi ya hilang begitu saja. Tahun 2009 saya mengenal wordpres (coba blogspot ribet).

Berikut ini saya kasih tahu mengenai trafik blog saya:

Laporan Trafik blog emaknya Benjamin
Laporan Trafik blog emaknya Benjamin

 

Tahun 2009 mulai ngeblog, saat itu saya membuat postingan mengenai pengalaman mengurus visa Belanda. Pengunjung (pembaca) dan komentar boro-boro deh! πŸ˜† . Tahun 2009 tersebut total viewnya hanya 146 saya nulis sendiri, baca sendiri dan komentarin blog sendiri haha.

Seingat saya, saya mulai mengenal blogwalking tahun ketiga. Jadi bisa dilihat trafiknya makin naik. Blog cepat terkenal kalau tidak ada isinya (konten bermutu) apa yang mau dikasih lihat ke pembaca toh?. Makanya saya mengisi blog saya dengan berbagai artikel.

Tujuan utama saya saat itu untuk ngeblog karena memang niat ingin berbagi dengan pengunjung (pembaca) blog ini. Bukan karena mengejar pengen cepat monetisasi blog (mendapatkan uang dari blog). Saya baru ikutan Wordads (WA) pada Februari 2013, saat itu saya upgrade blog saya ini dulu, punya domain sendiri baru bisa ikutan WA. Fyi sekarang WA tidak menerima lagi pendaftaran baru untuk blog bahasa Indonesia, namun kalau blog kamu sudah ikutan WA ya tetap jalan ko dan dapat duitnya (dolar).

Jadi yang saya lakukan buat blog saya ini adalah:
1. Membuat artikel secara kontinu.
2. Buat artikel yang saya kuasai (jangan kopi paste artikel orang!).
3. Buat artikel yang saya senangi, misal saya suka berkebun ya fokus di tema berkebun. Sesekali di tema cerita keseharian. Sudah ada anak ya ceritakan tentang anak.

  1. Buat artikel yang dicari banyak orang. Misalnya berbagai tips, berbagai panduan cara mengurus surat-surat, cara menanam tulip, bagaimana menanam bunga petunia dari benihnya dll tips berkebun dari pengalaman sendiri, cara mencari jodoh (bule) dari internet hahaha banyak yang masuk ke blog saya nih kata kunci terakhir tersebut, sampai kolom komentar tema tersebut saya non aktifkan males ditanyain melulu.

  2. Gunakan judul yang tepat dan membuat pembaca penasaran pengen baca (judul jangan menipu. Kalau judul dan isi tulisan tidak nyambung, bisa disambit pembaca haha).

  3. Buat tag lebih dari satu suku kata. Karena kalau hanya satu suku kata akan sulit bersaing dengan blog lain yang sudah berada dihalaman depan mesin pencari. Misal mau tulis pengalaman mengurus visa, maka buatlah tag : visa jerman (misalnya), jangan hanya tulis tag : visa. Saingannya ratusan blog.

  4. Rajin blog walking (akan saya bahas terpisah).

Kalau saya selalu melihat ke blogger keren lainnya (lagi melihat ke atas melulu hehe), trafik blog saya tidak ada apa-apanya. Kecil kan trafiknya tuh, namun hidup sebaiknya selalu bersyukur supaya bahagia, ga pusing mikirin trafik atau pengen blog ramai komentar. Tentu saja sesekali harus melihat ke bawah, banyak blog lainnya mungkin dibawah trafik blog saya ini, dan membuat saya harus bersyukur buat pencapaian hampir 6 tahun ngeblog.

Ada cara lain yang kamu lakukan supaya blog kamu di kenal banyak orang?, share pengalamanmu dong πŸ˜‰ .

 

Baca juga:
β€’ 3 Tipe Komentar yang β€œGa banget deh”
β€’ 5 Tips Etika Berkomentar di Blog
β€’ Rayakan Pencapaian Blog Anda

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

117 thoughts on “7 Cara Membuat Blog Cepat Terkenal

  • May 22, 2015 at 4:56 am
    Permalink

    Postingan mba selalu bikin pengunjung (terutama saya) pengen selalu baca. Makasi ilmunya, sangat berguna bagi blogger baru seperti saya πŸ™‚

  • April 30, 2015 at 10:25 am
    Permalink

    Silaturahmi Bu Nella. Sebelum buat blog, saya sudah lama baca blog bu Nella utamanya about flowers walau tidak banyak yang saya aplikasikan karena beda lingkungan. Tapi saya banyak ngambil ide dari obrolan2 bu Nella dan teman2. Dan mengenai tulisan Bu Nella di atas, saya melakukan hampir semuanya karena saya masih baru belum tahu apa2 n saya lihat banyak yang melakukan seperti itu ya I did it. Tujuan saya hanya agar blog saya dibaca, itu saja, syukur2 banyak temannya. Ternyata agar banyak follower harus rajin BW n aktif silaturahmi ya bu, laiknya di dunia nyata. Terima kasih Bu Nella telah β€˜memprotes’ dan berbagi rahasia.

    • May 5, 2015 at 3:46 pm
      Permalink

      Dear Bluepurplegarden terima kasih untuk silaturahmi nya πŸ™‚ . Kalau bunga musim panas saya rasa cocok di tempat Bluepurplegarden bermukim, di Kediri ya?. Kalau bunga musim semi spt tulip, krokus, dafodil dll memang sulit butuh penangganan khusus, misal di simpan dulu bibitnya di kulkas selama 3 bulan, baru ditanam. Benar sekali, kalau ingin banyak folower dan pembaca blog sebisa mungkin BW πŸ˜‰ .

      • May 13, 2015 at 4:44 am
        Permalink

        Fokus saya menyederhanakan/mpermudah all about flower, n mengadaptasikan bunga2 yg bukan asli dataran rendah. Saya udah cob pada krisan, n ini sedang menulis ttg anggrek ut si pemalas, namun terbentur gambar cos saya g punya kamera, pdhal saya kan juga harus sertakan bukti. Insya Allah saya suatu saat nanti akan coba2 bunga2 m.dingin, namun sebelumnya saya harus ‘taklukkan dulu bunga2 sulit yg ada di ind”

        • May 14, 2015 at 4:36 pm
          Permalink

          Saya kira sudah ada postingan ttg anggrek, soalnya koleksi anggrek saya sudah mati semua, ga ngerti ngurusnya. BUlan lalu beli 4 yg baru semoga bertahan lama πŸ˜€ .

  • April 14, 2015 at 5:14 pm
    Permalink

    Salam kenal Mbak, nyasar ke sini juga setelah blogwalking bacain komentarnya di blog bapaknya Andrew dan Emma hehe. Kalo aku sih ngeblog buat curhat curhat colongan dan berbagi hal favorit :p Jadi gak gitu peduli sama pengunjung sih hehe. Ya kayak istilah mbak tadi, nulis sendiri baca sendiri komen sendiri hahaha πŸ˜€ Mudahan nanti bisa lebih serius lg kali aja jadi uang atau gimana kan πŸ˜€

    • April 16, 2015 at 10:46 am
      Permalink

      Hai Dita, salam kenal juga ya. Hahaha sama dulu saya mulai ngeblog juga gitu nulis sendiri baca sendiri komentarin tulisan sendiri πŸ˜€ .

  • Pingback: Trik dan Tips Menaikan Blog Viewer | Triyanto Banyumasan Blog's

  • April 2, 2015 at 9:42 am
    Permalink

    wah ngak di respon nih mbak jerman saran monetasinya pie…?

    • April 2, 2015 at 11:47 pm
      Permalink

      Dear pak Cahyo, WA sudah tidak menerima pendaftaran baru blog berbahasa Indonesia.
      Klo mau monetasi pindah ke self hosted, bisa ikut GA dan banyak program periklanan lain. Mampirlah ke forum wp indonesia lagi hangat diskusi di situ yg pada pindah ke self hosted. Nama saya Nella bukan jerman, ada ko nama saya di bagian profile.

      • April 5, 2015 at 3:48 pm
        Permalink

        ok mba nella ada kah saran tutorialnya maklum bloger pemula belum faham self hosted…?atau info lainya sambil tak cari2 hehe…

        • April 5, 2015 at 5:07 pm
          Permalink

          Hai Cahyo, tujuannya mau monetasi blog atau sekedar ngeblog saja?, kalau mau monetasi gunakan self hosted karena wp.com WA (periklanan) nya sudah tidak terima blog bahasa Indonesia. Klo self hosted salah satu cara monetiasi utk pasang iklan, harus cari sendiri yg mau ngiklan di blog kita.

          • April 6, 2015 at 5:04 pm
            Permalink

            Yo mau monetasi blog to neng nella, kamsut saya misih asing dengan self hosted kayak apa mekanismenya,kemarin coba ke forum wp.com juga belum ketamu ada saran yang lebih pas kah buat saya mekanisme self hosted dan monenya…???

          • April 7, 2015 at 11:26 am
            Permalink

            Saya tidak tahu mekanismenya pak, belum kepikiran untuk pindah. Jadi yg mau self hosted selalu saya sarankan belajar di forum wp Indonesia πŸ™‚ .

  • April 1, 2015 at 1:22 pm
    Permalink

    ya kah wordards ngak terima pendaftaran lg, wah padahal saya lg pingin upgrade untuk jadi duit bisa kasih saran kah n mampir ke blog saya mba jerman hehehe..

  • April 1, 2015 at 5:04 am
    Permalink

    Gara-gara nyoba ikut Word Ads malah tulisanku ga jelas, saat ini masih ikutan mantau TKW yang nyari BUle di FB πŸ˜€ tapi tertipu scammer, kasihan mrk yg masih awam sama dumay. Berharap tulisanku bisa dibaca dan membuka wawasan mereka, walau beberapa copast.

      • April 2, 2015 at 4:49 am
        Permalink

        kalo copast pasti saya kasih link aseli mba, kalo terkait sama kisah scammer dan korban, kebetulan saya merujuk pada Artikel Bunda Fey di Kompasian yang sama-sama aktif di grup #WSC di FB, jadi sudah saling tahu, dan tentu saja link disertakan

        • April 2, 2015 at 10:00 am
          Permalink

          Bunda Fey rajin sekali membahas mengenai scammer, semoga banyak yg baca dan para penipu beralih profesi πŸ˜‰ .

          • April 2, 2015 at 10:40 am
            Permalink

            Iya, udah dibahas dan dinasehati jg masih banyak perempuan yg tdk percaya. Kasihan endingnya mewek mewek πŸ™

  • Pingback: Isi Tulisan Blog Yang Dicari Orang – Content is the KING | The Foot Steps...

  • March 30, 2015 at 4:09 am
    Permalink

    Neeeel…
    Postingan tantrum-mu itu bener2 membuka wawasan…
    Ternyata memang setiap anak itu beda, dan kita memang gak bisa menyamarata kan mereka…

    Trik ini berhasil di anak ini, belum tentu berhasil di anak yang lain πŸ™‚
    Tengkyu yah Neeeel πŸ™‚
    Love it!

    • March 30, 2015 at 12:03 pm
      Permalink

      Hai Erry, iya tiap anak punya keistimewaannya masing-masing.
      Cara yg digunakan ortu A belum tentu cocok untuk anak dari ortu B, begitu sebaliknya πŸ˜€ .

  • March 29, 2015 at 4:17 am
    Permalink

    Kayaknya dalam waktu dekat kemarin ada google update ya, pengunjung 2 blog saya turun semua.. Kayaknya harus rajin posting nih

  • March 27, 2015 at 7:50 am
    Permalink

    [Fyi sekarang WA tidak menerima lagi pendaftaran baru untuk blog bahasa Indonesia, namun kalau blog kamu sudah ikutan WA ya tetap jalan ko dan dapat duitnya (dolar).]
    Konfirm aja beneran nih mbak?

  • March 26, 2015 at 9:53 pm
    Permalink

    Hehehe nanti kalau blognya sudah rame, banyak yang nyopas. Mentah-mentah lagi nyopasnya hiks-hiks. By the way blog ini masih ada iklan Wordads-nya ya.. ^_^

  • March 26, 2015 at 3:09 pm
    Permalink

    Rajin berkunjung menikmati kebun Jeng Nella dan sekarang nengok Ben.
    Konten dan menjalin relasi melalui BW perlu dijaga ya Jeng.
    Salam

  • March 25, 2015 at 10:01 pm
    Permalink

    Baru mulai rajin ngenet waktu awal2 Mahn ke Jerman mb.. awalnya ngeliat pny mn nela, trs kpikiran pgn blognya komplit ky mb. Mmm tp Blogwalkingny blm rajin ni skarang2 heheh. makasi mbbb tlah menginspirasi

  • March 25, 2015 at 6:59 pm
    Permalink

    tipny pas bgt kak tapi yg blogwalking kadang susah sekalii

  • March 25, 2015 at 3:33 pm
    Permalink

    Hihi..
    Setelah baca tips diatas, saya mau langsung mempraktekkan point ke 7 nih..
    Izin komentar blogwalking yah, πŸ™‚

    Blog/url interiorkita.com dihapus karena blog tidak aktif lagi. Update 13.01.2016.

  • March 24, 2015 at 8:44 pm
    Permalink

    Tips menaikan trafik site blog ala saya (mohon dimaklumi kalau nyeleneh)

    Menuliskan dalam bentuk stiker URL blog kita di kaca mobil πŸ˜€
    Bagi yang suka posting-posting di forum, jangan lupa sertakan alamat blog kita pada bagian signature postingan (jika pihak forum mengijinkan)
    Sebar alamat URL blog kita lewat e-mail, SMS, messenger, dan lain-lain
    Submit ke beberapa search engine

    Agar tidak terjadi ‘feedback’. misalnya saat menaruh URL kita pada signature postingan.
    Contohnya saat mencantumkan pursuingmydreams.com kedalam signature di postingan forum, saat kita browsing di search engine dengan kata kunci ‘pursuingmydreams’ kok malahan yang muncul utama malah postingan kita yang di forum (bukan blog pursuingmydream.com).

    Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan tetap mencantumkan URL blog kita di signature forum, tetapi kita sebaiknya menggunakan penyingkat URL saja. Jadi URL blog yang kita cantumkan adalah menggunakan short URL (URL yang telah disingkat).

    Contoh penyedia short URL misalnya http://s.id/

    Terima kasih πŸ™‚

  • March 24, 2015 at 5:46 pm
    Permalink

    Mulai ngeblog 2010 tapi mulai aktif bikin artikel di tahun 2013, dari sini trafik naik ..
    awalnya bikin gak muluk” sebenernya hanya bagian dari keseharian yang selalu ada cerita lalu dituangkan dalam bentuk tulisan (blog).

    emang kudu rajin sih nih paling gak ada calendar diblog biar bisa dipantau 1 bulan keliatan berapa artikel yg di post ya mbak πŸ™‚

          • March 26, 2015 at 12:38 pm
            Permalink

            Jadi ceritanya gini nih itu erditya.wp yg lama di pindah ke sini, seiring berjalanya waktu dan banyak tampilan yg baru di wp ya di otak atik lagi dari tampilan dan lain” biar lebih fresh πŸ™‚

          • March 26, 2015 at 11:41 pm
            Permalink

            Ooohhh gitu ceritanya πŸ˜€ . Klo BW blog yg lama jangan dicantumkan lagi, klo ada yg pengen mampir eh ga ada isi blognya hehe.

          • March 27, 2015 at 12:54 am
            Permalink

            Iyaaaa πŸ˜€
            Nah itu dia pada salah juga ada kemarin follow tapi gak ada isinya πŸ™

  • March 24, 2015 at 5:22 pm
    Permalink

    kalo aku dulunya pake blogspot gratisan mba… trs ganti domain dan hosting, eh jd ulang dari nol lagi page view yg udh bnyk ;p Tapi gpp, krn toh aku nulis blog ini bukan ngejar page view ato yg bgitu2… krn aku suka nulis, udh itu aja :D… masalah blog kita jd rame, ya anggab bonus πŸ˜‰

    • March 25, 2015 at 7:54 am
      Permalink

      Oohh klo di blogspot pas ganti domain dan hosting ngulang trafik dari nol toh?. Klo di WP sih lanjut terus, yg dari awal alexa dan PR blog aja.

  • March 24, 2015 at 3:57 pm
    Permalink

    ehm,,tipsnya mb Nella bisa diterapkan untuk blog2 baru seperti blog saya πŸ˜€

  • March 24, 2015 at 2:40 pm
    Permalink

    Masih menganga lihat foto trafficnya Mbak. Keren abis.
    Sehari 200 aja dah ngos2an akunya.
    Tp memang tips membuat itu bnyk yang cari. Sampai sekarang panduan membuat pasport di blogku masih nomor satu.
    BW memang kunci Mbak.

    • March 25, 2015 at 7:56 am
      Permalink

      Awal-awal ngbelog aku juga gos-gosan sedih liat trafik haha.. Yg penting rajin posting dulu, gunakan tags yg sesuai plus BW deh πŸ˜€ .

      • March 25, 2015 at 8:02 am
        Permalink

        Iya Mbak. Blogging bukan masalah instant kan ya. Pelan2 jalani. Sesuai keinginan dari dalam.

  • March 24, 2015 at 2:39 pm
    Permalink

    Suka dengan tips nya nih Mbak…
    Betul juga yg blogwalking. Saya sering malas blogwalking, padahal ini cara yg efektif untuk bersilaturahmi juga di alam maya.
    Tetap semangat ngeblog Mbak…

    Salam dari saya di Sukabumi,

    • March 25, 2015 at 7:57 am
      Permalink

      Terkadang saya sulit juga mau BW, repot sdh ada anak. Nah ketika ada kesempatan, baru kejar tayang ngebut BW.

      Happy blogging ya mas Asa πŸ˜‰ .

  • March 24, 2015 at 10:23 am
    Permalink

    salam kenal….saya naomi, tinggal di Denpasar – Bali, saya suka mengikuti artikel – artikel yang ada terutama melihat perkembangan si cute Ben….

    Kalau punya waktu mampir ke blog saya (naomitomasoa.blogspot) yach….perlu advise….maklum baru belajar ngeblog

    • March 25, 2015 at 8:00 am
      Permalink

      Hai eda Angel salam kenal juga ya. Saya buka blognya ga bisa nih, tolong alamatnya yg lengkap dong πŸ˜‰ .

  • March 24, 2015 at 9:27 am
    Permalink

    Duh, blog ku catperku udah terkenal apa belum yah =) tips yang bagus ini buat para blogger πŸ˜€ Setuju sama rajin nulis atau konsisten, sama blog walking biar akrab sama blogger lain πŸ˜€

  • March 24, 2015 at 9:21 am
    Permalink

    Rajin nulis ya sepertinya biar blog cepat ramai πŸ™‚

  • March 24, 2015 at 9:08 am
    Permalink

    Tiap bulan wajib posting dan bw sesering mungkin biar banyak yg datang ke blog kita dan itu yg gw lakuin

  • March 24, 2015 at 8:59 am
    Permalink

    Aku sejauh ini cuma pake cara blogwalking biar dikenal dan mengenal banyak orang mbak :))

  • March 24, 2015 at 7:06 am
    Permalink

    Buat tag lebih dari satu suku kata —> lebih tepatnya mungkin satu kata ya mbak. sebab satu kata bisa terdiri dari beberapa suku kata.
    misal : visa –> satu kata, tapi terdiri dari dua suku kata yaitu vi-sa.

    kalau terkenalnya sebuah blog dikaitkan dengan alexa rang…. blog saya lagi turun nih πŸ˜€

  • March 24, 2015 at 6:15 am
    Permalink

    Mantep nih tipsnya. Makin termotivasi buat ngeblog

    url naratamaevan.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

  • March 24, 2015 at 5:17 am
    Permalink

    Makasih kak Nel sudah berbagi tips πŸ™‚ Blogwalking dah paling kece dah buat tambah banyak kenalan πŸ˜€

  • March 24, 2015 at 5:15 am
    Permalink

    Blog saya masih sepiii Mbak Nel kalo dibandingin dan sebelnya gegara blog copy paste itu WA jadi gak nerima blog dari Indonesia lagi. Huhuhu.

    • March 24, 2015 at 8:47 am
      Permalink

      Banyak yang dobel konten pada blog bahasa Indonesia, apalagi kalau ngebahas berita yg lagi hot diambil dr sumber yg sama ya jadi dobel begitu deh. Pemasang iklan ga mau tipe blog gitu πŸ™ .

      • March 24, 2015 at 8:49 am
        Permalink

        Iya Mbak Nel. Baca di forum-forum eh mereka ini pada gak ngaku loh kalo blog mereka copas an. Hih! Lha kalo isinya sama, 80 persen lah. Apa bukan copas ya mbak. Jadi kesian ama yang blognya emang bagus dan konsen bangun konten. Nyebelin deh orang-orang begini ini.

    • March 24, 2015 at 2:38 pm
      Permalink

      Setidaknya dirimu dah masuk WA Dan. Gw binun gmn lagi cara. Hahahaha

        • March 25, 2015 at 8:03 am
          Permalink

          Iya. Akunya nih. Ada ide gak mbak. Monetize yang cara lain

          • March 26, 2015 at 11:58 am
            Permalink

            Hai Ryan, monetize blog klo di wp.com hanya boleh dari WA. Klo mau yg lain ya pindah ke self hosted.
            Para blogger yg dicabut WA nya pada pindah ke self hosted, di forum mereka sharing mengenai monetize silakan klik Mantan Penjuang WA.

          • March 26, 2015 at 11:59 am
            Permalink

            Wah ada juga yang dicabut WAnya Mbak?
            Makasih ya infonya mbak. Ke TKP

          • March 26, 2015 at 11:42 pm
            Permalink

            Banyak banget yg dicabut WA nya, kata admin WA nya krn banyak blog bhs Indonesia dobel konten. Makanya aku langsung periksa blog sendiri, apa ada postingan yg copas hehe.

          • March 26, 2015 at 11:46 pm
            Permalink

            I see. Tapi kalau dlm blog mereka gak copas (ya mgkn copas utk ngutip aja), gak akan dicabut kan ya Mbak?

  • March 24, 2015 at 5:04 am
    Permalink

    Suka pembahasanya.
    Aku loe nel baru aja tumbuh paling masih bibij cos baru 1Tahun.
    Awalnya ya gara gara baca blog kece kaya punya kamu trus di motifasi Noni buat blog dewe n bukan hanya BW aja.
    Jadi dah blog aku sendiri walau masih Gratisan. Senangnya jadi buanyak Teman n kopdaran pula.

  • March 24, 2015 at 3:58 am
    Permalink

    gak ada tips si Mba, cuma aku ngerasa sejak BW trus pindah ke wordpress dan rajin update blog traffik naik tajam. apalagi kalau share resep pasti banyak banget (menurut aku yaaa)
    thanks tipsnya Mama Ben πŸ˜‰

    • March 24, 2015 at 8:49 am
      Permalink

      Iya Nis resep masakan tuh salah satu yg banyak dicari. Nah akunya sekarang males masak, ga asyik kan klo cuma kopi paste resep masakan ke blog kita hehe.

  • March 24, 2015 at 2:37 am
    Permalink

    iya artikel tips biasanya paling banyak traffic nya.
    udah lama nih gua gak bikin artikel tips…. mesti mikir2 nih bikin tips apa ya enaknya… hahaha.

  • March 24, 2015 at 2:11 am
    Permalink

    Mbak Nel, aku juga ngeblog dari 2009 tapi masih dikit kayaknya page viewsnya. Aku tuh baru “pede” untuk tegur2 sapa dengan blogger lain tuh bulan lalu mbak. Gatau deh… ga pede rasanya nulis, jadi selama ini aku yang “invisible” gitu. Blogwalking sering bgt, tp kalo komen aku nggak pernah pake account blog aku.. selalu pake google plus. Habis malu tulisannya dibaca orang… hehehe aneh ya aku :p. Skrg alhamdulillah udah pede.. dan seneng ya ternyata kenal sama blogger2 lain. Makasih tipsnya ya mbak πŸ™‚

    • March 24, 2015 at 8:52 am
      Permalink

      Nah tuh banyak juga blogger yg menyapa aku dikomentar namun mereka ga pakai id blog mereka, atau kolom blog dikosongkan, jadi ya sayang banget kan ga bisa dikunjungi. Pede aja yukkk πŸ˜‰ .

      • March 24, 2015 at 8:55 am
        Permalink

        Siiiippppssss mbak Nella β™₯

  • March 24, 2015 at 2:11 am
    Permalink

    Tipsnya bagus banget Mbak. Sangat bermanfaat. Terima kasih udah sharing. πŸ™‚

  • March 24, 2015 at 2:07 am
    Permalink

    ada saat2 kita harus rajin bw ya Nel.., kl udah punya banyak teman biarpun bw lagi berkurang teman2 tetap datang..

    • March 24, 2015 at 8:54 am
      Permalink

      Hahaha iya kak Monda tuh asyiknya punya banyak teman ya. Kalau lagi sibuk banget ga sempat BW. Berikutnya ngebut BW nya..

  • March 24, 2015 at 1:40 am
    Permalink

    Aku harus banyak belajar nih dari Mbak Nel. Makasih tipsnya, Mbak πŸ™‚

  • March 24, 2015 at 1:30 am
    Permalink

    ohh gituuu.. makasih infonya. bagus banget buat saya yg baru bikin blog πŸ™‚

  • March 24, 2015 at 1:11 am
    Permalink

    Wah bener banget ya mbak,harus bersyukur hehe
    Tipsnya bagus2 mbak πŸ˜€

  • March 24, 2015 at 1:07 am
    Permalink

    Tipsnya udah bagus banget Nel emang BW itu ngaruh banget ya

  • March 24, 2015 at 12:54 am
    Permalink

    Dari dulu coba daftar di wordads gak bisa-bisa, baru tau skrg udh gak bisa lagi daftar kn blog yg berbahasa di indonesia…

  • March 24, 2015 at 12:50 am
    Permalink

    Wah tipsnya simple tapi mantap nih… Kalau aku sih tujuan utama ngeblog pengen sharing dan penyaluran hobi plus pengen banyak teman mbak hehe… Syukur-syukur kalau dapat efek samping bisa terkenal haha.. πŸ˜€

  • March 24, 2015 at 12:14 am
    Permalink

    Wahh begitu tohh. Aku sihh hanya mau happy aja bikin blog saat ini. Ngak tau kedepannya seperti apa. Syukur2 1 bulan ada artikel masuk. Hahhaha. Tp makasih infonya to :).

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: