Fakta Menarik Serangga Springtail Hewan Putih Kecil di Media Anggrek

Fakta Menarik Serangga Springtail Hewan Putih Kecil di Media Anggrek. Hai sobat berkebun saya mau berbagi pengalaman mengenai hewan putih kecil di media anggrek. Selama 2 tahun belakangan saya penasaran dengan mahluk putih kecil ini yang kerap saya jumpai saat saya merendam pot anggrek (memberikan air untuk anggrek). Saya bingung apakah mahluk kecil ini hama atau bukan?.

Fakta Menarik Serangga Springtail Hewan Putih Kecil di Media Anggrek

Media tanam anggrek yang umumnya digunakan di negara 4 musim adalah cacahan kulit pinus (bark). Pada media anggrek tersebutlah sprintail menetapnya. Saya perhatikan tanaman anggrek saya baik-baik saja, namun saya penasaran juga apakah itu mahluk kecil tersebut yang kerap kali loncat di permukaan air rendaman anggrek.

Akhirnya penasaran saya terjawab oleh Hendra Chaidrata pada salah satu video anggrek saya menulis komentar memberi tahu mengenai serangga putih ini.

Tulisan Terkini

Ekor pegas atau Collembola adalah hewan dari tiga garis keturunan dari hexapoda modern yang tidak lagi dianggap serangga (dua lainnya adalah Protura dan Diplura).

Springtail. Ekor pegas pot bunga Folsomia candida

Ekor pegas pot bunga Folsomia candida sering kali dapat ditemukan di dalam pot tanah atau kompos. Sebagai spesies yang hemat, mudah dipelihara dengan reproduksi yang cepat (partenogenetik), spesies ini juga menjadi organisme uji standar dalam uji laboratorium, misalnya pada ekotoksikologi

Hewan putih kecil ini berwarna putih atau putih pudar dengan tubuh memanjang dan pelengkap kenyal yang menonjol dari ujung punggung mereka.

Video Springtail Hewan Putih Kecil di Media Anggrek Apakah Berbahaya?

Berikut ini Fakta menarik serangga springtail hasil baca-baca beberapa website:

  • Springtail sebenarnya adalah arthropoda, dan jika kita lihat lebih dekat, hewan ini mirip dengan lipan. Dengan 6 hingga 12 kaki, dan panjang hanya 1/8 inci, (0,3 cm) makhluk putih kecil ini memiliki kerangka luar yang mereka ganti seiring waktu. Jika daging putih tidak bergerak, kamu mungkin melihat kerangka luar yang mereka tinggalkan.
  • Peningkatan aktivitas dapat dilihat segera setelah menyiram tanaman. Springtail dewasa dan larvanya biasanya hanya memakan bahan organik di dalam pot tanah dan jarang merusak tanaman hias. Namun, beberapa spesies memakan akar halus dan daun tanaman semai.
  • Cara mengatasi springtails dengan repotting tanaman dan agar akar tanaman terpapar sinar matahari, berarti pakai pot transparan atau merawat anggrek dengan cara semi hidroponik.
  • Serangga putih springtail ini baik atau buruk buat anggrek?, hasil baca orchideria.com kondisinya 50-50, disatu sisi hewan ini membersihkan media pot dari jamur dan disisi lain hewan in juga memakan akar baru yang sedang berkembang (mungkin jika sudah tidak ada bahan organik mati sumber makanannya?).
  • Springtail sebenarnya bermanfaat untuk media pot karena mereka memakan materi lama yang membusuk di dalam media anggrek. Kulit batang anggrek sangat cocok untuk springtail karena membutuhkan hidrasi, aerasi, dan banyak air.
  • Hewan putih ini mudah dikenali karena mereka adalah makhluk yang gugup dan merasa tidak aman. Kalau kita lihat sangat dekat, mereka akan menjadi gelisah, seperti kutu kecil yang ingin segera pergi. Mereka melompat cepat, tinggi dan sangat aktif.
  • Jika media anggrek (kayu pinus atau cacahan pinus/bark) ada hewan putih ini katanya kita beruntung, alasannya seperti yang disebutkan diatas springtail ini memakan jamur pada media tanam.
  • Cara mengatasi serangga springtail jika terlalu banyak jumlahnya dengan cara membuang semua daun mati dari atas tanah dan biarkan tanah pot benar-benar kering sebelum menyiramnya kembali. Tatakan pot dicuci bersih lallu dikeringkan, dan tempatkan tanaman dibawah air mengalir wastafel saat mau memberikan air. Tunggu sampai tidak ada air menetes dari pot lalu kembalikan pot ditempat semula.
  • Serangga springtail ini ada dijual online, seperti Hendra bilang hewan ini berguna untuk terranium untuk mengatasi fungi /jamur mold (jamur yang seperti kapas) dan algae. Kalau masukkan kata kunci „buy sprintails“ (tulis negara mana) atau di Indonesia dengan kata kunci „jual sprintail“ ; „beli sprintail“ akan muncul website atau deretan online shopnya. Selain untuk terranium, springtail berguna juga untuk kandang reptil dan yang pelihara serangga seperti tarantula misalnya.
Serangga Springtail Hewan Putih Kecil di

Komentar Hendra membuat penasaran saya terjawab apa itu serangga putih kecil yang loncat-loncat di air rendaman anggrek

Baca juga: 5 Macam Media Tanam Anggrek Bulan yang Bagus Bikin Subur

Demikianlah pengalaman saya mengenai Fakta Menarik Serangga Springtail Hewan Putih Kecil di Media Anggrek Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

Klik disini semua postingan blog tentang anggrek emak Benjamin

Sumber bacaan:

 

2 Comments

  1. niee April 13, 2021
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: