Pengalaman Saya Dengan Water Culture untuk Anggrek

Pengalaman Saya Dengan Water Culture untuk Anggrek. Hai sobat anggrek, saya ingin berbagi pengalaman mengenai wco anggrek. Saya mencoba teknik wco pada anggrek sejak musim panas tahun 2020.

Pengalaman Saya Dengan Water Culture untuk Anggrek

Pertama kali coba wco pada anggrek bulan, diikuti pada 2 anggrek cattleya, kemudian anggrek seedling (anggrek bulan dan cattleya).

Apa artinya Water Culture Orchid (WCO)?. WCO anggrek adalah merawat anggrek menggunakan media air. Tehnik WCO ini menggunakan metode sistem hidroponik.

Hidroponik (bahasa Inggris: hydroponic) adalah salah satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah.

Tulisan Terkini

Apa itu WCO – FWC – SWC

WCO dibagi 2 cara :

  1. FWC =Full Water Culture
  2. SWC = Semi Water Culture

FWC = fase akar basah terus menerus.

cara menanam anggrek dengan media air: 1/3 akar direndam air terus menerus. Ganti air segera disaat mulai keruh. Bisa diberi pupuk dosis rendah 1x seminggu dilarutkan di air setelah tanaman adaptasi atau garam inggris sedikiit.

SWC = ada fase akar basah dan fase kering.

1 hari akar terendam sampai dekat pangkal tanaman (8-12 jam) dan beberapa hari (2-6 hari) akar dikeringkan tanpa air. Masa kering bisa disesuaikan dengan kondisi daerah kita. Untuk iklim tropis (Indonesia) 2 hari berturut-turut akan menyebabkan akar cepat busuk dan jeda 5 hari waktu kering anggrek akan dehidrasi.

Cara WCO yang cocok untuk iklim tropis Indonesia adalah 1 hari basah selama 8 sampai 10 jam dan 2 sampai 3 hari kering.

Saat fase perendaman bisa ditambahkan pupuk dosis rendah ke air atau sedikit garam Inggris (garam epsom). Garam Inggris = Magnesium Sulfat-MgSO4 (obat cuci perut belinya di apotik), garam Inggris banyak juga dijual online cari dengan kata kunci „pupuk magnesium sulfate MgSO4 atau garam inggris“. Garam Inggris selain berguna sebagai pupuk juga untuk menghindari jentik nyamuk pada wco anggrek.

Saya tinggal di 4 musim, jadi merawat anggrek didalam rumah, kecuali saat musim panas ada anggrek yang bisa ditaruh diluar rumah seperti cattleya, dendrobium dan vanda. Walau taruh diluar rumah bukan artinya anggrek kena sinar matahari panas terik ya, melainkan boleh kena sinar matahari langsung di pagi hari saja.

Mengapa memilih WCO untuk merawat anggrek?

  • Tidak punya waktu merawat (menyiram) anggrek tiap hari.

Anggrek saya belum ada diangka ratusan, namun untuk penyiraman anggrek butuh waktu 1 sampai 2 jam, kalau saya enek ngerjainnya kadang saya bagi 2 kloter keesokan harinya.

Penyiraman anggrek saya lakukan sabtu atau minggu (supaya mudah ingatnya). Karena ingin meminimalkan waktu pemberian air tersebut, makanya saya kepikiran mencoba water kultur anggrek.

  • Tidak repot menyiram.

Dengan metode WCO saya tidak kuatir anggrek kurang air. Anggrek terpenuhi kebutuhan air setiap harinya. Air sudah dicampur pupuk jadi kebutuhan nutrisi anggrek terpenuhi.

  • Kesenangan pribadi melihat akar anggrek yang segar berwarna hijau diwadah kaca.

 

Baca juga: Anggrek Dikerubungi Semut Ini 5 Cara Mengusir Semut Pada Tanaman Anggrek

Pertama kali saya coba metode semi hidroponik, karena masih takut dengan full wco merendam akar anggrek 24 jam dalam air. Metode semi hydro dengan menggunakan media Leca (hydroton). Mulai WCO hanya 1-2 cm akar masuk ke air. Nantinya akar akan semakin panjang dan akan masuk ke dalam air dengan sendirinya.

Hydroton adalah media tanam terbuat dari agregat tanah liat/lempung yang dalam pembuatannya dipanaskan hingga 1200 derajat C. Hidroton atau LECA (light expanded clay aggregate) bentuknya biasanya bulat dan oval, cocok untuk tanaman hidroponik (bercocok tanam tanpa menggunakan tanah).

Video Cairan Pupuk Anggrek Hidroponik yang Bikin Subur Anggrek

Anggrek bulan WCO

Juli 2020 saya coba semi hydro untuk satu anggrek bulan. Sebaiknya pilih anggrek yang sehat kalau mau coba WCO anggrek. Saat keluarkan anggrek dari pot lama, sekalian dibuang/gunting akar yang busuk, kopong dan tidak sehatnya.

Bulan Oktober 2020 saya coba full WCO. Cara mulai teknik wco pada anggrek hanya 1-2 cm akar terendam air. Caranya sudah dijelaskan diatas ya.

Nov. 2020 anggrek bulan WCO muncul spike bunganya.

Anggrek bulan wco berbunga

Anggrek bulan wco berbunga. Foto 31.01.2021

Maret 2021 dari FWCO kembali ke SWCO (semi hydro) pakai Leca lagi, karena akar angbulnya bintik-bintik hitam dan saya amati ko dengan FWCO tidak ada numbuh banyak akar baru, begitu balik ke semi hydro tidak sampai sebulan ada 4 tunas akar baru numbuh dan numbuh daun baru juga.

Setelah baca-baca dari dari Internet termasuk baca komen dan file forum WCO Indonesia, mungkin karena air yang saya gunakan kualitasnya tidak baik, makanya ada akar anggrek bulan bintik hitam bahkan busuk.

Kualitas air yang baik penting sekali untuk anggrek WCO. Untuk air WCO anggrek gunakan air hujan, air suling dan kolam (akuarium), kalau pakai air keran terlalu keras untuk anggrek, PH air keran nya juga tidak bagus, lalu ditambah pupuk (baik alami atau kimia) membuat PH air tambah naik.

Anggrek Cattleya WCO

Agustus 2020 mulai semi hydro pada anggrek cattleya karena saya repot kalau nyiram tiap hari. Saat musim panas anggrek cattleya, dendro dan vanda bisa taruh di luar rumah, nah kendalanya kalau taruh diluar ya anggreknya cepat sekali kering!.

Anggrek cattleya pernah 2 kali kehujanan, pas lihat agak kuatir karena pot kacanya penuh air hujan. Saya lap semua daunnya dan saya biarkan air hujan tersebut didalam wadahnya (eksperimen ceritanya).

Saya pernah pengalaman buruk daun cattleya kena air jadi kena sunburn, daun bercak hitam cepat sekali nular ke daun sebelahnya, ternyata cattleya semi hydro yang kehujanan baik-baik saja, malah saya lihat tanamannya bagus akarnya tetap hijau.

Sampai akhir April 2021 kedua cattleya tersebut tetap pakai system semi hydro pakai pupuk baru yang saya jelaskan divideo diatas.

Baca juga: 5 Macam Media Tanam Anggrek Bulan yang Bagus Bikin Subur

Demikianlah pengalaman saya mengenai Water Culture untuk Anggrek Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

Klik disini semua postingan blog tentang anggrek emak Benjamin

 

Sumber bacaan:

One Response

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: