Cara Membuat Adenium Cepat Berbunga di Negara 4 Musim

Cara Membuat Adenium Cepat Berbunga di Negara 4 Musim. Saya tinggal di negara 4 musim (Jerman) dimana adenium dirawat secara indoor, aden ini tanaman padang pasir jadi tidak tahan suhu dingin, makanya dirawat didalam ruangan.

Cara Membuat Adenium Cepat Berbunga di Negara 4 Musim

Saya lihat tanaman adenium di garden center pada berbunga cantik, lah ko punya saya hanya daunnya saja yang banyak haha.

Saya sudah punya adenium 5 tahunan lebih, ada yang ukuran kecil dan dapat satu yang bonggol besar banget dari hadiah beli tanaman online, beberapa tahun kemudian si bonggol besar mati, bonggolnya busuk (lembek) karena medianya basah sekali.

Tulisan Terkini

Barulah tahun 2019 saya berhasil membuat adenium berbunga. Saya tahu trik nya setelah melihat langsung adenium di Indonesia (Bekasi dan Jakarta), ternyata adeniumnya di panggang matahari haha, terlihat tidak terawat ditaruh kena matahari langsung panas terik siang bolong jadi lebat bunganya.

Pantas saja adenium saya di Jerman tidak berbunga, walau kurawat indoor dan taruh kena matahari hasil pantulan sinar dari jendela, masihlah kurang kebutuhan mataharinya agar adenium bisa berbunga.

Adenium adalah spesies tanaman hias, batangnya besar, bagian bawahnya menyerupai umbi, batangnya tidak berkambium, akarnya dapat membesar menyerupai umbi, bentuk daunnya panjang ada yang lonjong, runcing, kecil, dan besar, warna bunganya bermacam-macam.

Video Tips Cara Membungakan Adenium di Negara 4 Musim

Bunga ini disebut juga dengan mawar padang pasir (desert rose). Karena berasal dari daerah kering, tanaman ini tumbuh lebih baik pada kondisi media yang kering dibanding terlalu basah. Disebut sebagai adenium karena salah satu tempat asal adenium adalah daerah Aden (Ibu kota Yaman). Dalam Bahasa Jerman Adenium disebutnya Wüstenrosen, Wüsten = padang pasir, rosen = mawar.

Baca juga: Anggrek Dikerubungi Semut Ini 5 Cara Mengusir Semut Pada Tanaman Anggrek

Tips cara membuat bunga adenium cepat berbunga di negara 4 musim:

  • Jelang musim panas, mulai bulan Mei taruh tanaman adenium di luar rumah.
  • Tempatkan dilokasi terkena sinar matahari langsung minimal 4 jam kena matahari (pagi atau simat siang sama saja). Adenium ini butuh sinar matahari yang banyak supaya bisa berbunga. Adenium ini tahan panas terik matahari. Adenium ini dijuluki mawar padang pasir, jadi tahan dan butuh panas terik matahari. Pengalaman saya, walau adenium sudah diberi banyak pupuk, kalau tidak kena sinar matahari langsung tidak keluar bunganya.
  • Bonggol Adenium janganlah ditanam terlalu dalam.
  • Hati-hati penyiraman adenium jangan terlau banyak. Jangan ada air tergenang pada pot. Penyiraman berlebih membuat bonggol adenium lembek dan busuk.
  • Masuk musim gugur (akhir September) taruh rumah kembali tanaman adenium nya. Masa berbunga akan selesai, daun-daunnya akan mulai rontok, tanamannya akan dorman (istirahat, berhenti tumbuh).
  • Penyiraman saat musim gugur dan winter sangat dijarangkan. Saya siram sebulan sekali saja, siram dari tepi potnya. Awal Maret penyiraman lebih banyak dimulai saat pertumbuhan dimulai lagi (seminggu sekali siramnya).
  • Untuk penggantian media tanam setiap 2-3 tahun sekali kalau pot sudah terlalu kecil. Repotting adenium bisa dilakukan saat jelang musim gugur atau awal musim semi saat pertumbuhan dimulai.

Baca juga: Beli Adenium Bunga Tumpuk di Jakarta dan Bawa ke Jerman

Demikianlah pengalaman saya mengenai Cara Membuat Adenium Cepat Berbunga di Negara 4 Musim, semoga postinganku berguna untuk kamu yang tinggal di 4 musim juga. Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: