Beli Adenium Bunga Tumpuk di Jakarta dan Bawa ke Jerman

Beli Adenium Bunga Tumpuk di Jakarta dan Bawa ke Jerman. Januari hingga awal April 2019 anak-anak dan saya berlibur ke Indonesia, hati berbunga-bunga saat lihat aneka adenium cantik nan unik di penjual tanaman hias di letjen suprapto dekat Cempaka mas.

Beli Adenium Bunga Tumpuk di Jakarta dan Bawa ke Jerman

Rasanya ingin saya borong aneka adenium dan tanaman hias di situ karena harganya sangat jauh lebih murah ketimbang di Jerman, akhirnya saya pilih satu adenium tumpuk ukuran kecil saja sekitar panjang 15-20 cm supaya bisa masuk koper. (Tonton disini (klik): Bunga Adenium dan Aneka Tanaman Hias di Jalan Letjen Suprapto depan Cempaka Mas )

Tulisan Terkini

Kemboja Jepang atau adenium (Adenium obesum) adalah spesies tanaman hias, batangnya besar, bagian bawahnya menyerupai umbi, batangnya tidak berkambium, akarnya dapat membesar menyerupai umbi, bentuk daunnya panjang ada yang lonjong, runcing, kecil, dan besar, warna bunganya bermacam-macam.

Adenium tumpuk saya beli dengan harga Rp.70.000 awaln ya si pak penjual buka harga Rp.90rb, untuk ukuran segitu di Jerman bisa sejuta an rupiah. Waktu saya beli sudah ada kuncup-kuncup bunganya, beberapa hari kemudian bermekaran kuncupnya.

Baca juga: Cara Membuat Adenium Cepat Berbunga di Negara 4 Musim

Saya ingin berbagi pengalaman bagaimana cara mempersiapkan adenium untuk di bawa naik pesawat.

Cara bawa Adenium naik pesawat lintas negara:

  • 1-3 hari sebelum berangkat, potong semua ranting adenium beserta daunnya.
  • Jangan disiram lagi seminggu sebelum berangkat.
  • Bersihkan adenium dari media tanam, kalau kering atau lengket metannya, rendam air dulu, supaya medianya lembek dan mudah dilepas.
  • Setelah adenium bersih dari metan, angin-anginkan, taruh ditempat teduh.
  • Pas hari H atau sehari sebelumnya, bungkus bonggol adenium dengan koran. Pastikan sudah kering bebas air ya. Masukkan ke kardus seukuran bonggol adeniumnya. Kardus saya bentuk sendiri.
  • Selipkan kardus adenium di pojokan koper besar yang untuk masuk bagasi.
  • Kalau mau pakai surat karantina datanglah 2-3 jam sebelum keberangkatan untuk mengurus surat karantinanya, kalau tidak pakai surat karantina bersiap diri kalau disita dibandara kedatangan 🙂 .
  • Adenium bunga tumpuk aman lolos keluar dari bandara Jerman. Saya dan anak-anak keluar paling belakangan, sampai di pintu setelah ambil barang tuh tidak ada penjaganya lagi.

Video Beli Adenium Tumpuk di Jakarta dan Bawa ke Jerman

 

Baca juga: Apakah Air AC Air Conditioner Aman Disiramkan ke Tanaman?

Menanam Adenium di negara 4 musim:

  • Sebelum di tanam Adeniumnya saya rendam air bagian akarnya selama 1-3 jam. Saya tanam saat minggu pertama bulan April 2019, kala itu musim semi jadi masih dingin cuacanya, makanya lama numbuh daun adeniumnya. Kalau dalam waktu sebulan tidak terlihat pertumbuhan, jangan kuatir, adenium tahan kering ko, yang bikin busuk bonggol adenium kalau kita berlebihan menyiramnya.
  • Penyiraman saya lakukan 1-2 minggu sekali, saya siram medianya pada tepi pot. Siram sedikit saja sampai terlihat numbuh daunnya.
  • Adenium saya ini mulai terlihat daunnya setelah 1,5 bulan penanaman (karena April masih dingin, si Aden butuh waktu menyesuaikan diri dari suhu di Indo selalu hangat 30 an derajat c, tiba di Jerman musim semi masih dingin suhu 15 an derajat C, didalam rumah suhu 20 derajat C.
  • Jelang musim panas (bulan Mei) taruh adenium di luar rumah, di lokasi terkena sinar matahari langsung yang panas terik. (Nanti saya bahas di judul baru ya cara membuat adenium berbunga di 4 musim).

Beberapa spesies asli Adenium yaitu:

  • Adenium arabicum, cirinya bentuk bonggol pendek dan besar, dengan banyak batang yang muncul dari atas bonggol tersebut. Bunganya berwarna paduan putih dan pink, kecil (diameter petal kurang dari 5 cm).
  • Adenium obesum, cirinya bentuk bonggol besar dan agak memanjang ke atas, satu batang tumbuh di atas bonggol, di atas batang muncul percabangan. Bunga berwarna paduan merah dan putih, berbunga besar (lebih dari 5 cm).
  • Jenis-jenis spesies adenium lainnya adalah Adenium Socotranum, Adenium swazicum, Adenium somalense, Adenium bohemianum.

 

Demikianlah cerita saya mengenai Beli Adenium Bunga Tumpuk di Jakarta dan Bawa ke Jerman,jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

 

Baca juga: Kumpulan Cerita Liburan ke Indonesia Bersama 2 Anak Kecil

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: