Edisi Bunga Musim Semi (Tamat)

loading...

Edisi Bunga Musim Semi (Tamat). Sahabat blogger, ditulisan ini saya akan menuliskan cerita sisa koleksi bunga-bunga musim semi yang saya miliki. Mau disatukan saja semuanya disini, jadi judul berikutnya akan membahas mengenai menanam bibit-bibit bunga musim panas :mrgreen:.

  • Narcissus atau dikenal juga Dafodil. Adalah tumbuhan dengan bunga atraktif yang hidup di daerah beriklim sedang dan subtropis. Karena keindahan bunganya, beberapa jenisnya dikembangkan menjadi tanaman hias yang berbunga pada musim semi. Tumbuhan ini berasal dari Eropa, Afrika Utara, dan Asia.
Pertumbuhan Bunga Narcissus aka Daffodil. Edisi Bunga Musim Semi (Tamat)
Pertumbuhan Bunga Narcissus aka Daffodil
Klasifikasi Ilmih :
Kerajaan:  Plantae
Divisi:   Magnoliophyta
Kelas:     Liliopsida
Ordo:     Asparagales
Famili:   Amaryllidaceae
Genus:   Narcissus
Narcissus Kecil saya satukan dengan Grape Hyacinth. Belum Muncul Bunganya
Narcissus Kecil saya satukan dengan Grape Hyacinth. Belum Muncul Bunganya

Saya mempunya 2 jenis Narcissus, yang ukurannya besar 12/14 cm dan yang ukurannya kecil. Yang kecil hingga saat ini belum muncul bunganya. Kira-kira ada 16 spesies Narcissus dan yang saya miliki adalah yang jenis Narcissus pseudonarcissus.

 

Narcissus Orangery. Tapi Warnanya ga Orange ah malah Kuning, tetap Cantik
Narcissus Orangery. Tapi Warnanya ga Orange ah malah Kuning, tetap Cantik
  • Spesies Narcissus, mengandung racun alkaloid lycorine, terutama di umbinya dan juga pada daunnya. Oleh karena itu tidak boleh dimakan ya ;).
  • Di Jerman, bunga Narcissus dikenal sebagai Osterglöckchen (lonceng Paskah), karena bunga ini akan bermekaran menjelang Paskah, dan bentuk bunganya mirip lonceng.

 

  • Crocus

Crocus adalah genus tanaman yang berasal dari wilayah besar dari pantai dan subalpin di Eropa Tengah dan Selatan (termasuk kepulauan di laut Aegea), Afrika Utara dan Timur Tengah, sampai Asia Tengah ke Tiongkok barat.

Bunga Crocus milikku hanya satu yang Muncul Bunganya
Bunga Crocus milikku hanya satu yang Muncul Bunganya
Klasifikasi Ilmih :
Kerajaan:  Plantae
Divisi:  Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo:  Asparagales
Keluarga:  Iridaceae
Genus:   Crocus
 

 

Bunga Crocus milik saya hanya satu yang muncul bunganya. Warna bunga Crocus bermacam-macam,  yang saya sering lihat dipasaran atau yang tumbuh di taman-taman adalah yang warna kuning, putih, ungu ataupun yang bergaris-garis misal bergaris ungu.

  • Camassia

Camassia adalah genus dari enam spesies asli Kanada barat, dan barat Amerika Serikat.. Nama-nama umum termasuk Camas, Quamash, Indian hyacinth, dan hyacinth liar. Tanaman ini tumbuh di alam liar dalam jumlah besar di padang rumput yang lembab, mereka adalah tanaman abadi dengan daun linier basal berukuran 20 sampai 81 cm panjangnya, yang muncul pada awal musim semi. Warna bunganya bervariasi ada yang ungu pucat atau putih ungu atau biru-violet.

Camassia Leichtlinii. Bunga Musim Semi yang Unik
Camassia Leichtlinii. Bunga Musim Semi yang Unik

Saya mempunyai dua jenis Camassia, yakni Camassia Leichtlinii dan Camasia Cusickii. Hingga saat ini yang Camasia Cusickii belum muncul bunganya.

Klasifikasi Ilmih :

Kerajaan: Plantae

Divisi: Angiosperms

Kelas: Monocots

Ordo: Asparagales

Keluarga:  Asparagaceae

Subkeluarga: Agavoideae

Genus: Camassia

 

Camasia Cusickii. Foto Paling Kanan per 28 Maret 2013
Camasia Cusickii. Foto Paling Kanan per 28 Maret 2013
  • Schachbrettblum

Saya sangat suka bunga yang satu ini, karena bentuknya yang sangat unik, kadang si bunga menghadap keatas, kadang menghadap kebawah. Oh ya selain yang ini ada juga yang warna putih, tapi tahun lalu bibitnya hanya ada yang warna campuran ungu saja.

Schachbrettblum Bunga Musim Semi yang Cantik
Schachbrettblum Bunga Musim Semi yang Cantik

 

My Beautiful Schachbrettblum
My Beautiful Schachbrettblum

Masih ada beberapa tanaman-tanaman yang belum muncul bunganya. Entah salah dimana. Bulan depan terpaksa saya bongkar saja, lalu bersihkan umbinya.

yang tidak muncul bunganya, antara lain:

Bunga Lonceng. Schneeglöckchen

Bibit Bunga Lonceng. Schneeglöckchen
Bibit Bunga Lonceng. Schneeglöckchen

 

Bunga Anemone Coronaria

Bibit Bunga Anemone Coronaria. Bibitnya tanam 21 September 2012 Ternyata Cepat sekali Tumbuh
Bibit Bunga Anemone Coronaria. Bibitnya tanam 21 September 2012 Ternyata Cepat sekali Tumbuh

Bibitnya saya tanam 21 September 2012. Dalam beberapa hari, ternyata cepat sekali tumbuh. Begitu masuk winter ya saya taruh rumah, kemudian tanamannya malah jadi layu, disiram segar lagi. Tanamannya selalu mencari matahari, jadi hanya padat (bergerombol) dibagian depan. Jadi saya potong semua, dan bongkar umbinya, dan tanam lagi malah belum numbuh-numbuh hingga sekarang :cry:.

Bunga Kaiserkronen

Bibit Bunga Kaiserkronen. Umbinya Bau sekali
Bibit Bunga Kaiserkronen. Umbinya Bau sekali

Tanam dua bibit, tanamannya tambah tinggi, tapi ujung daunnya layu dan ada yang coklat, saya ganti tanah baru, sempat tumbuh sedikit, lalu hilang lagi. Bibitnya bau sekali (pahit) jadi tidak akan digigit tikus.

Dibawah ini bunga-bunga musim semiku yang telah berbunga

 

Cara penanaman bunga-bunga diatas, sama saja seperti menanam bibit bunga tulip atau bulb flower, yakni rendam dulu bibitnya 24 jam sebelum penanaman. Cukup disiram seminggu sekali. Jangan berlebihan disiram, karena umbinya bisa busuk. Jika tanaman sudah mulai tumbuh, bisa beri lebih banyak air.

Bunga-bunga musim semi yang saya tanaman adalah bulb flower, jadi selesai berbunga, sisakan umbinya, keringkan dan simpan (dalam plastik berlubang) di tempat sejuk. Masuk musim gugur baru keluarkan lagi untuk ditanam kembali.

Oh ya sering ada yang menanyakan kepada saya, „apakah bulb flower,  setelah selesai berbunga, harus dibongkar dan di keringkan umbinya, apakah tidak bisa dibiarkan begitu saja di tanah?“. Sebenarnya bisa saja umbinya berada dalam tanah (pot), tinggal gunting daun-daun yang telah kering. Berhubung pot-pot saya terbatas jumlahnya, maka ya selesai berbunga saya bongkar semua, untuk tanam bibit-bibit bunga musim berikutnya. Kalau yang punya taman luas, ya biasanya dibiarkan saja umbi-umbi bunganya berada dalam tanah. Jadi dari tahun ketahun akan tumbuh lagi sesuai musimnya, malah beranak pinak. Tanamannya sadar diri loh, jadi kalau sudah musimnya mulai tumbuh deh.

 

Sahabat blogger apakah kalian sudah pernah melihat bunga-bunga musim semi seperti yang saya posting disini? ;).

 

When you face problems in life,

 don’t ask GOD to take them away.

 

 Ask Him to show His purpose,

 Ask ways how to live a day searching His purpose for you

Happy Good Friday! :).

 

Artikel terkait:

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

60 thoughts on “Edisi Bunga Musim Semi (Tamat)

  • September 16, 2013 at 5:31 am
    Permalink

    kakaaak bunga lonceng itu nmany snowdrop kn? udh lama nyariny :O

      • September 17, 2013 at 9:14 am
        Permalink

        kakak jual ga?

  • April 2, 2013 at 1:53 pm
    Permalink

    yups tentang bunga lagi :D…
    Camasia Cusickii itu kok kayak daun bawang ya mba 😛

    url ronalblog.com sudah tidak aktif lagi. Update 08.01.2017

    • April 2, 2013 at 2:01 pm
      Permalink

      Iya umbinya mirip bawang merah, bawang putihh, makanya daunnya juga mirip bawang. Tapi hanya tanaman hias ko ;).

  • April 2, 2013 at 6:57 am
    Permalink

    yang warna kuning bagus tuh!

  • April 2, 2013 at 3:06 am
    Permalink

    eloknya bunga-bunganya…,warnanya macam-macam pula, sedaplah dipandang mata…,^_^v

  • April 1, 2013 at 10:43 am
    Permalink

    Ah.. kak nella. seneng banget liat bunga-bunganyaa.. crocusnya cantik banget ya kak.. seneng sama crocus kombine biru putih. maniss sekali.. unik..
    kak, foto bunga kakak yg the best pic 24 jan 2013 bagusss banget yg warna pink itu.. dipandang kok bunganya mirip anggrek yaa.. hahaha.. aku kok naksir. apa bisa hidup disini? cari bibitnya susah gak kak?

    • April 1, 2013 at 10:51 am
      Permalink

      Hai Renny maksudmu bunga hyacint ya? Asal jangan kena matahari semoga tahan. Itu juga aku taruh rumah ;).

      • April 1, 2013 at 2:18 pm
        Permalink

        iya kak, bener yang itu..
        hmm.. bibitnya susah ya kak? di indo ada gak ya? apa kakak ada Jual? hehe 😉

        • April 1, 2013 at 2:44 pm
          Permalink

          Bibit hyacinth sama spt tulip beredar bulan sept, aq catat dulu nama Renny ya ;).

  • April 1, 2013 at 9:43 am
    Permalink

    Schachbrettblum-nya cantik, Mbak.. Saya nggak ngerti bunga-bungaan sama sekali, yang saya ngerti cuma mawar-melati-anggrek. Itupun yang biasa-biasa aja, yang jenis-jenis langka nggak tau.. 😀

    • April 1, 2013 at 10:48 am
      Permalink

      Dulu saya juga ga ngerti bunga2an mbak, karena ga punya waktu juga buat berkebun. Berhubung disini buanyak sekali bunga2 jadi suka deh ;).

  • April 1, 2013 at 4:45 am
    Permalink

    Mba agar saya tetap bisa mosting.. Jalurnya saya pindahkan dulu
    Atas dukungan Mba selama aku ucapkan terimakasih….

  • March 31, 2013 at 5:00 pm
    Permalink

    Aduuh..cantik cantik banget bunganya Mbak Nella…jadi ngiler banget ngelihatnya..Coba mudah dicari di indonesia,pasti sudah kutanam..

  • March 31, 2013 at 1:55 pm
    Permalink

    Ngomongin Narcissus jadi inget mitologi Yunani, seorang pemuda yang mengagumi dirinya sendiri. Eh, ternyata bunganya cantik juga ya 🙂

  • March 31, 2013 at 1:24 pm
    Permalink

    Hah? Dafodil itu nama lainnya bunga Narcissus? Baru tau aku kak

  • March 30, 2013 at 6:48 pm
    Permalink

    Yg crocus kayak ga asing, tp ga tau bener apa gak soale rasanya pernah liat di koleksi nya si Mama. Aaaa… Cantikk semua bunganyaaa..

      • April 2, 2013 at 12:26 pm
        Permalink

        Nanti deh Mba kalo pulang, jauuhh soale di Manado..hihihi…

  • March 30, 2013 at 9:14 am
    Permalink

    Bunga crocus nya cantik…kapan ya bisa liat aslinya hiks !

  • March 29, 2013 at 10:23 pm
    Permalink

    Mba, klo belum muncul bunganya, kayak sama semua tanaman itu, hehe

  • March 29, 2013 at 8:15 pm
    Permalink

    Wuahh,, namanya lengkap sekalii 😀
    Suka yang krokus, cantik deh! Warnanya bagus..

  • March 29, 2013 at 1:11 pm
    Permalink

    Kayaknya baru pernah ketemu sama yang namanya Crocus deh Mba Nella, tapi gatahu itu bener Crocus ato bukan sih. Hehehehe.
    Indah dan seneng ya ngelihat semua bunga bermekaran gitu Mba Nel.. 😀

      • March 29, 2013 at 3:11 pm
        Permalink

        Di beberapa taman di perumahan sini. Kalo beda iklim yang dibutuhkan dengan yang di Indonesia berarti mungkin keliru Mba. Hehehe. Maklum mata amatir banget kalo melihat jenis-jenis bunga.. 😀

  • March 29, 2013 at 11:10 am
    Permalink

    cantik ya crocus 🙂

    salam
    /kayka

  • March 29, 2013 at 10:48 am
    Permalink

    Scahbrettblum…haduh namanya susah …cantik bermotif jadi mirip anggrek ..
    cantik2 semua bunganya…dan belum pernah lihat semuanya
    nunggu bunga musim panasnya ah…, pasti tak kalah cantik ya Nel..

    • March 29, 2013 at 11:05 am
      Permalink

      Iya kak Monda, susah ya lidah kita kalau baca tulisan yang huruf matinya berjejer :D.

  • March 29, 2013 at 9:48 am
    Permalink

    Wah seandainya plantaesoloensis.org -q udah ada yang ngerjakan, aku minta mbak nella nyumbang dunia perbungaan deh. Itu rencananya mau jadi bank data tumbuhan untuk referensi adik-adik biologi. Sayangnya belum sempat ngurus, yang fisika.org masih berjuang nih.

    • March 29, 2013 at 11:04 am
      Permalink

      Wah Ardika ngurus web seputar tanaman juga, asyikk kalau sudah jadi kasih tahu supaya saya follow ya ;). Iya nanti saya nyumbang tulisan deh :D.

      • March 29, 2013 at 11:05 am
        Permalink

        He he, belum digarap mbak. Nanti ya setelah fisika.org-nya mandiri. He he he

  • March 29, 2013 at 1:20 am
    Permalink

    mbak Nella bunga Crocus itu cantik sekali. ungu putih dam orangenya tampak matching sekali. dan rasanya baru di blog ini aku melihatnya 🙂

    • March 29, 2013 at 1:24 am
      Permalink

      Hai mbak Evi, bunga krokus ini salah satu ciri akan datangnya musim semi, jadi kalau mulai banyank muncul ditaman, berarti mulai hangat cuacanya ;).

  • March 29, 2013 at 1:05 am
    Permalink

    kayak udah gak asing liat yg bunga Crocus putih itu.. mirip yg tumbuh liar di pinngir kolam ikan milik abah *salah fokus 😀

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: