Curhat Berkebun 2016 – Kebunku di Musim Panas

loading...

Halo sahabat berkebun, rasanya sudah lama sekali saya tidak update cerita mengenai kebun saya. Terakhir kali seingat saya adalah cerita mengenai bunga musim semi yang bermekaran di balkonku.

Nah kali ini saya akan cerita lumayan panjang nih, semoga kalian suka ya :mrgreen: .

Saya mulai dari aneka tanaman yang menghiasi tangga masuk rumah:

Bunga-bunga Penghias Tangga Bawah. Foto 05.07.2016

Bunga-bunga Penghias Tangga Bawah. Foto 05.07.2016

 

Di tempat ini saya taruh macam-macam tanaman yang tidak tahan panas terik. Kalau matahari pagi menyinari lokasi ini. Siangpun tidak terlalu panas disini. Ada 3 macam bunga lili, fucshia, calla ungu, hortensia dan beberapa jenis tanaman gantung. Oh ya belum lama ini 2 pot stroberi saya taruh disini juga karena taruh di balkon kena hama mite sangking panas kering.

 

2 jenis lili tiger nanam dari umbinya. 2 tahun lalu saya nanam yang bunganya orange dan tahun ini yang merah dan kuning. Keduanya cantik bunganyapun ramai.

Lili tiger red life nanam dari umbi

Lili tiger red life nanam dari umbi

 

Lili tiger king pete nanam dari umbi

Lili tiger king pete nanam dari umbi

 

Baca juga: Bunga Lili dan Perawatannya

Lili Apricot Fudge waktu nanam pesimis lihat umbinya yang ukurannya kecil. Ternyata tumbuh dengan baik dan bunganya persis seperti gambar katalog. Lili aprikot ini katanya lili jenis baru dimana bunganya menyerupai kelopak mawar yang berlapis. Hanya 2 bunganya, 2 lagi bakal bunganya kempes sendiri 🙁 (mungkin kurang nutrisi) .

 

Calla Vermeer saya nanam dari umbinya. 1 umbi ada 2 bunganya. Walau bunganya kecil tetap tidak mengurangi kecantikan si vermeer. Kecil bunganya sepertinya karena saya nanam di pot kecil, karena calla kuning yang saya tanam di pot besar, daunnya besar.

Calla vermeer akhirnya mekar, 1 umbi ada 2 bunganya

Calla vermeer akhirnya mekar, 1 umbi ada 2 bunganya

 

Fucsia beli diskonan, rapikan sedikit buang daun dan bunga yang sudah kering, pindah pot, siram dan hasilnya luar biasa, bunganya ramai sekali <3 .

Fuchsia di Indonesia dikenal juga sebagai bunga anting anting. Ramai nih bunganya

 

Begonia merah sepertinya jenis gantung, ini juga beli diskonan. Saat beli sudah ramai sekali bunganya. Masih belum dipindah pot belum ada waktu 😀 .

Bunga-bunga musim panas

Bunga-bunga musim panas

 

Tanaman gantung di tangga ini ada geranium, petunia, mint dan moss ross.

Aneka bunga Gantung, ada geranium, petunia, mint

Aneka bunga Gantung, ada geranium, petunia, mint

 

Mari lanjut ke balkon depan …

Disini ada greenhouse (GH) kecil 2 tingkat. Disamping GH ada 2 pot bunga lily. Lily nya tidak kena matahari langsung.

Aneka Tanaman di Balkon depan

Aneka Tanaman di Balkon depan

 

Sama seperti di tangga bawah, di balkon ini ada juga bunga gantung. 2 pot gantung besar saya tanam bunga geranium, petunia mini dan mint. Petunia jenis mini ini tahan kena hujan loh, kalau yang biasa sering kena hujan akan cepat busuk.

 Aneka tanaman gantungku di Balkon depan

Aneka tanaman gantungku di Balkon depan

 

Bunga gantung yang sudah rontok bunganya saya segera potong supaya muncul bakal bunga lainnya. Karena sudah menjuntai keluar jadi tidak semua bunga dan batang kering bisa saya buang.

Video Aneka Bunga Gantungku

 

Di balkon ini ada 6 pot gladiol sedangkan 1 pot lagi masih di pot kecil, belum lama nanam. Semua gladiol belum berbunga karena bunga akan muncul saat daunnya berjumlah 7 helai. Tiap hari saya siram daunnya karena begitu kering akan diserang hama mites yang menjengkelkan.

Aneka Gladiolku, semoga cepat pada berbakti yaa

Aneka Gladiolku, semoga cepat pada berbakti yaa

 

Baca juga: Beli bunga gladiol petik langsung dari ladangnya

 

Geranium gantung di balkon depan. Bunganya berlapis. Geranium ini beli jadi supaya cepat berbunga, kalau nanam sendiri dari bibitnya bakal lama muncul bunganya, keburu datang winter

Geranium gantung di balkon depan. Bunganya berlapis. Geranium ini beli jadi supaya cepat berbunga, kalau nanam sendiri dari bibitnya bakal lama muncul bunganya, keburu datang winter

 

Ada 2 pohon buah di balkon ini, awalnya 3 yang 1 mati kepanasan. Kentang nanam juga saya taruh pot besar. Nanam dari kentang supermarket, karena lama tidak dimasak yang 1 ini ko banyak sekali mata tunasnya yang tumbuh.

Goji berry alias Lycium barbarum dan kanan Lonicera kamtschatica alias Blueberry Siberia

Goji berry alias Lycium barbarum dan kanan Lonicera kamtschatica alias Blueberry Siberia

 

Tanaman kentangku makin subur, ini kena full sun

Tanaman kentangku makin subur, ini kena full sun

 

Balkon panas begini paling cocok nanam aneka bawang. Ada bawang merah dan bawah bombay mini yang daun-daunnya sudah lebat, sedangkan bawang putih belum tumbuh.

Nanam bawang bombay mini, pot bawah bawang merah, bawang putih belum numbuh

Nanam bawang bombay mini, pot bawah bawang merah, bawang putih belum numbuh

 

Payaahhh pak coy nya malah berbunga, biarin deh jadikan bibit saja

Payaahhh pak coy nya malah berbunga, biarin deh jadikan bibit saja

 

Ada 2 pot bunga dahlia. 1 pot nya ada kombinasi dahlianya dengan lavendel dan sedap malam putih.

Oh ya mungkin lavendel akan saya pindah nantinya, karena lavendel tidak suka terlalu basah, sedangkan dahlia media tanamnya harus selalu lembab.

Ada 2 pot mawar dari tahun sebelumnya, lainnya sudah mati semua 😥 . Mawar yang terakhir mati karena batangnya menghitam dari bagian atas. Saya sudah potong ternyata hitam lagi. Padahal itu root mawar beli tahun ini hiks.

 

Kesel nya sudah berlalu sih. Saya nunggu akhir musim panas, biasanya bunga-bunga mawar akan di diskon 50%, saya mau borong hehe 😀 .

 

Mari lanjut ke balkon belakang ..

 

Pemandangan kebunku di Balkon. Bahagia banget semalam habis hujan deras jadinya sejukk. 25.06.2016

Pemandangan kebunku di Balkon. Bahagia banget semalam habis hujan deras jadinya sejukk. 25.06.2016

 

Ada apa saja di balkon belakang ini? 😀

Di balkon ini ada bunga matahari yang tinggi menjulang 😀 . Saya nanam dari bibit/bijinya. Nanamnya di wadah/pot kecil dahulu, setelah 4 daun pindah ke pot besar. Biji-biji dari bunga yang telah kering saya tidak ambil, saya biarkan saya jadi makanan burung biar. Lumayan bisa mengundang burung liar berkicau dibalkon 🙂 .

Sunflowerku, keberatan bunganya jadi nunduk. Semua sun flowernya lebih tinggi dari badan saya

Sunflowerku, keberatan bunganya jadi nunduk. Semua sun flowernya lebih tinggi dari badan saya

 

Banyak tanaman bunga-bunga dan saya punya juga pohon buah :mrgreen:

Bleedingheart putih sudah selesai masa berbunganya lalu terbentuk polong dalamnya bakal bibitnya, dipetik saat bijinya hitam

Bleedingheart putih sudah selesai masa berbunganya lalu terbentuk polong dalamnya bakal bibitnya, dipetik saat bijinya hitam

 

Tanaman rambatku tidak sabar mau lihat bunganya

Tanaman rambatku tidak sabar mau lihat bunganya

 

Buah Cherry tetangga makin merah menggoda

Buah Cherry tetangga makin merah menggoda

 

Raspberry banyak numbuh tunas baru

Raspberry banyak numbuh tunas baru

 

Merapikan tanaman sempervivum

Merapikan tanaman sempervivum

 

Sampai disini dulu ya cerita kebunku, kalau banyak perubahan pada tanaman-tanaman saya akan saya update kembali.

Salam hijau selalu :mrgreen: .

 

Kebun di balkon belakang, sudah dirapikan jadi ada sedikit tempat buat melangkah hehe.

Kebun di balkon belakang, sudah dirapikan jadi ada sedikit tempat buat melangkah hehe.

Advertisements

35 thoughts on “Curhat Berkebun 2016 – Kebunku di Musim Panas

    • Hai pak Kurniawan klo di negara 4 musim nanam tulip saat musim gugur waktu cuaca sudah mulai sejuk, numbuh thn depannya saat musim semi. Klo pengen nanam di negara tropis spt Indonesia bibit/umbinya harus di cold treatment dahulu simpan di kulkas selama 3-4 bulan baru ditanam, dibuat begitu supaya sama perlakukannya seperti di negara 4 musim.

    • Hai Elly, iya ya lama gak bersua kita hehe. Sempervivum kebanyakan aku beli yg pot kecil trus kreasi sendiri deh ngatur2 di potnya, nih tanaman lumayan tahan air dan panas, dan ada jenis tertentu yg berbunga. Bisa El nih tanaman buat penghias jendela 🙂 .

  1. Bunga matahariku blm berbunga krn disini musim panas sejak juni ujan terus hmpir 1bln jd kurang matahari 😅 kentangku jg montok2 neh bunga lily ku jg dah mekar duluan di awal juni geranium udah 3x nya berbunga neh sejak bln mei beli bibitnya trus fuscia sisa tahun lalu jg tumbuh lg dan mulai berbunga…seneng bngt ! Eh bombayku kali ini montok2 loh klo tahun lalu gagal panen gara2 di serbu kelinci liar 😅

    • Hai Ima, sabar aja nanti bakalan mekar ko bunga mataharimu 😀 . kentangku 1 pot daunnya lebat banget tapi angkat potnya ko kentangnya sebesar biji jagung aja haha kurang air, gak dipotret kentang yg ini. Geranium sih rajin berbunga Im sampai mau winter bakal terus berbunga 🙂 . Fucsia blue aku beli youngplants malah skrg kering kesel ah, yg beli diskonan tuh subur 😀 .Hahaha wah kelinci suka makan bawang juga ya pdhl kan bau 😀 btw tangkap aja kelincinya Im buat di sate hehe 😀 .

      • Lha kentang itu kan nuggu berbunga dulu…trus setelah berbunga siram air yg banyak biar montok kentangya siap panen klo daunnya mulai menguning kyk kacang tanah gtu mbak nel 😅

  2. wah salut deh mbak nel. sampe sekarang keinginan saya utk berkebun belum benar-benar bisa diwujudkan. maju mundur terus takut gagal hehehhehe padahal setiap kali liat bunga dimana-mana kepengen banget lho.

    oh iya kapan itu saya dapet sepot bunga lili, udah tak pindahin ke pot yang lebih besar. sejauh ini sih masih ok bunga ya udah keluar. schau ma mal.

    salam
    /kayka

    • Hai mbak Kayka, kalau tahun pertama di Jerman tuh saya maruk banyak beli macem2 dan kebanyakan pada mati hehe.. klo skrg sdh bisa nahan dirilah gak semua yg ditoko dibeli kecuali klo diskon lewat 50% pas akhir musim 😀 . Bunga lily nya sudah pernah berbunga ada belum mbak?, ada bekas bunganya ga?.. klo sdh pernah berbunga semua daunnya harus dibabat habis sampai dekat umbinya, ganti media tanam baru, rendam dulu umbi sejam an dalam air, akarnya potong sedikit, nah tanam ulang deh umbinya, nanti akan berbunga lagi. Klo winter masukin rumah mbak ga tahan dingin si lily.

      • wah bener banget mbak nel, klo gak ditahan-tahan serasa ini mau diambil itu mau diambil.

        lily-nya baru baru aja berbunga mbak nel. vielen herzlichen dank untuk tipsnya mbak nel, akan saya praktekin.

        salam
        /kayka

  3. Halo mb Nella ..salut dgn semangat berkebunnya..ohya apakah di Eropa khususnya Jerman ada juga tanaman (hias) khas sana yang juga bisa dikonsumsi seperti kalau di Indonesia bunga Melati, juga rossela bisa dijadikan teh, juga mungkin tanaman lain yang bisa dijadikan toga (tanaman obat keluarga)?…dulu saya pernah beli semacam manisan/candy kalau gak keliru dari bunga lavender (bentuknya granul gak beraturan bentuknya, berwarna ungu dan bersalut gula pasir agak halus dan rasanya khas) apa memang iya bunga lavender biasa dikonsumsi dengan cara seperti itu?thanks a lot

    • Halo juga mbak Astuti, iya mbak banyak juga tanaman hias yang bisa dimakan, asal pas belinya baca etiket ada tulisan bisa dimakan, atau kalau beli bibit benih di olshop yang khusus herbs tuh misal ada marigold yang bisa dimakan. Mawar dan dahlia ada pula yang bisa dimakan. Mawar tentu saja daunnya yang dimakan, klo dahlia umbinya direbus, saya sih sayang ah dimakan bunga2nya hahaha. Lavendel ada juga yang jenis bisa dimakan atau buat bumbu. Kapan-kapan nanti saya bikin postingan tanaman7bunga di Jerman yang bisa dimakan 🙂 .

  4. Speechless ♡♡ .. karena kebunnya lengkap bangett, jujur aku nggak tahu banyak jenis tumbuh tumbuhan, ini aja baru belajar nanam beberapa dari cactus ( karena pikirku cactus mungkin cocok untuk pemula karena tidak perlu pemyiraman terus menerus ), sama kakak iparku di kasih lidah buaya..aku taruh di teras dan ku sirami secara teratur..tapi malah keliatan mulai layu? Apa seharusnya didalam ruangan ya? Aku juga mencoba menanam cabe tapi nggak tumbuh tumbuh… kayaknya aku nggak bakat kali ya? 🙁

    • Hai Anna aku “lapar mata” tiap kali main ke garden center, jadi penuh deh balkonku beli macem2 diskonana hehe 😀 . Kebanyakan aku nanam dari umbi/bibitnya, namun untuk jenis bunga tertentu seperti petunia, geranium mending beli youngplantsnya kalau nanam sendiri keburu winter baru berbunga hehe 😀 .

      Lidah buaya taruh dalam rumah, aku punya beli 2 bulan lalu taruh di luar layu lama-lama jadi kuning. Sudah 2x keluar masuk rumah, skrg taruh di ruang tamu melulu jadi hijau segar lagi spt pas beli. Klo ke garden center beli tanamannya perhatikan ngambil dari dalam atau luar ruangan. Tahun pertama di Jerman tanaman2ku banyak yg mati krn salah naruhnya 😆 .

      Cabe agak lama numbuhnya bisa 2 minggu an, media tanamanya harus selalu basah tapi gak becek, klo bulan ini gak numbuh juga gak usah nanam cabe atau tomat lagi Ann krn bakalan keburu winter baru pada berbunga dan berbuah, dan buahnyapun bakalan belum sempat matang nantinya.

  5. Eaaaaa kmrn aku liat Fuchsia hybrid ini di Garden by the bay, langsung naksir berat pengen tanem. Eh lihat lagi di sini, cakep yah warnanya masih naksir hahahahaa tapi entah bisa tanem Jakarta nggak yah? Asalnya Amerika kan

    • Hai Fel, bunga ini manja gak bisa ditempat panas. Fuchsia nya ku taruh di tangga bawah gak kena matahari yang terik, kalau di Jakarta mending nanam mawar deh tahan panas. Btw perasaan aku sdh pernah request baca blogmu lah ini ko ke privat lagi yaa hiks.

Comments are closed.